Kesehatan

Bisa Pengaruhi Selera Makan, Begini Cara Mengatasi Mulut Pahit Saat Sakit

Bisa Pengaruhi Selera Makan, Begini Cara Mengatasi Mulut Pahit Saat Sakit

Kalau sudah sakit, terutama flu dan batuk, mulut terasa sangat pahit. Mau makan ataupun minum rasanya tetap nggak enak, sehingga bikin nafsu makan jadi menurun.

Ternyata mulut pahit saat sakit ini, bisa juga dialami nggak hanya pada orang dewasa, lho! Bahkan anak-anak sekalipun juga bisa mengalaminya, jadi jangan heran ketika anak sakit, nafsu makannya juga ikut menurun drastis.

Tapi, ada nggak sih cara untuk mengatasi mulut pahit saat sakit yang tepat? Karena terkadang, meski sudah menjaga kebersihan gigi dan mulut, nggak bikin mulut pahit terasa lebih membaik. Terkadang malah juga diikuti dengan tenggorokan yang terasa gatal dan sakit saat menelan.

Jangan khawatir ya Bu, yuk ketahui selengkapnya mengenai cara mengatasi mulut pahit saat sakit demam dan flu berikut ini.

Alasan mengapa mulut pahit saat sakit


Jangankan makan, minum air putih saja mulut rasanya pahit sekali ya Bu. Nggak jarang kondisi ini malah bikin Ibu jadi mual, bahkan rasa minuman ataupun masakan yang lezat sekalipun nggak akan ada artinya kalau Ibu sudah mengalami kondisi ini.

Sebenarnya mengutip dari Healthline lidah pahit saat sakit cenderung normal terjadi. Bahkan, bukan suatu tanda sebuah penyakit yang serius.

Mulut pahit saat sakit, biasanya muncul ketika Ibu mengalami flu atau batuk, infeksi sinus, atau penyakit lainnya. Kondisi ini merupakan reaksi alami tubuh untuk melepaskan protein yang dibuat oleh sel-sel di tubuh untuk mendorong dan memediasi peradangan.

Protein ini diperkirakan juga dapat memengaruhi selera makan dan minum. Sehingga, menyebabkan peningkatan kepekaan terhadap rasa pahit saat Ibu sakit.

Selain itu, mulut pahit saat sakit juga erat kaitannya dengan asam lambung yang naik dari kerongkongan ke mulut. Asam lambung ini, bisa terjadi ketika sfingter esofagus (otot bagian bawah esofagus) melemah.

Hal ini menyebabkan saluran yang membawa makanan dari mulut ke lambung juga ikut melemah. Sehingga, otomatis menimbulkan rasa pahit di mulut ketika sakit.

Apa hubungannya mulut pahit dan kehilangan nafsu makan?


Bisa dikatakan, ketika Ibu mengalami mulut pahit saat sakit, sangat berkaitan erat dengan nafsu makan yang menurun. Hal ini akibat meningkatnya produksi protein dalam tubuh yang bernama sitokin.

Menurut jurnal tahun 2015 yang berjudul: Regulation of bitter taste responses by tumor necrosis factor protein sitokin yang meningkat saat seseorang sakit, punya efek samping yang menyebabkan Ibu kehilangan nafsu makan. Akibatnya, sistem pencernaan jadi melemah dan Ibu jadi kehabisan energi untuk melawan virus atau penyakit yang menyerang tubuh.

Sehingga, hal ini bisa menyebabkan reflux asam menjadi naik ke kerongkongan atau mulut. Asam ini pun bisa menyebabkan mulut terasa pahit.

Bahkan, sekadar minum air putih saja bikin mulut makin terasa pahit dan nggak nyaman. Jadi nggak heran deh, kalau hal ini sangat instant membuat berat badan jadi turun secara drastis.

Cara mengatasi mulut pahit saat sakit demam


Mengutip Medical News Today sebenarnya mengatasi mulut pahit saat sakit cukup mudah dilakukan. Terlebih, ketika mulut terasa pahit saat sakit, tubuh jadi ikut lemas.

Mengatasi mulut pahit saat sakit, bisa diawali dari penyebab yang mendasarinya. Dokter biasanya akan menanyakan gejala dan pengobatan lain serta menjalankan tes untuk membantu mengatasi mulut pahit saat sakit.

Barulah, dokter dapat merekomendasikan perawatan yang tepat. Namun, sejatinya pengobatan rumahan bisa membantu meredakan gejalanya yang bersifat sementara.

Meskipun pengobatan tersebut mungkin tidak berhasil untuk semua orang, tapi nggak ada salahnya untuk dicoba, bukan? Cara mengatasi mulut pahit saat sakit dengan cara rumahan adalah sebagai berikut:

  • Merawat kesehatan gigi dan mulut: Cek terlebih dahulu, kira-kira adakah kemungkinan Ibu mengalami gigi berlubang. Lakukan perawatan gigi secara teratur, seperti menyikat gigi 2 kali sehari, flossing, dan menggunakan obat kumur antibakteri
  • Mengunyah permen karet bebas gula, agar air liur tetap mengalir di mulut
  • Pastikan Ibu tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari, meskipun Ibu mungkin kesulitan untuk menelan akibat lidah pahit saat sakit
  • Cobalah untuk menghindari faktor risiko naiknya asam lambung, yang bisa mengakibatkan mulut pahit. Hindari mengonsumsi makanan berminyak atau pedas, serta berhenti merokok dan minum alkohol
  • Cara mengatasi mulut pahit saat sakit yang juga bisa dicoba adalah, berkumur atau membilas mulut dengan satu sendok teh soda kue yang ditambahkan ke segelas air. Namun, cara ini sebaiknya dilakukan setelah menyikat gigi
  • Tetap penuhi kebutuhan nutrisi, dan makan makanan bergizi meliputi; protein, sayur dan buah-buahan

Mengatasi mulut pahit saat sakit, sebenarnya juga bisa jadi akibat efek mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik ataupun obat flu dan batuk. Namun, nggak perlu khawatir kondisi ini nggak akan berlangsung lama kok Bu.

Berdasarkan pengalaman Ibumin, kondisi ini terjadi hanya 2-3 hari selama sakit berlangsung. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, silahkan lakukan cara mengatasi mulut pahit saat sakit yang sudah Ibumin share dalam artikel ini ya, Bu. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh!