Kesehatan

Kenali 13 Penyebab Payudara Gatal dan Penangannya

Kenali 13 Penyebab Payudara Gatal dan Penangannya

Banyak wanita penasaran apa penyebab payudara gatal dan adakah hubungannya dengan penyakit serius? Penyebab payudara gatal yang dialami para wanita dapat berarti hal biasa, tetapi bisa juga sebuah penanda adanya masalah kesehatan. Berikut pembahasannya.

Penyebab Payudara Gatal


Ada banyak penyebab payudara gatal, dan tidak semuanya pertanda hal serius. Seperti gatal karena keringat berlebih atau gatal karena gesekan pakaian dalam. Tetapi bisa juga karena pengaruh eksim atau infeksi jamur.

1. Eksim

Dermatitis atopik maupun dermatitis kontak iritan dapat menjadi penyebab payudara gatal. Kulit penderita eksim tidak mampu mengunci kelembapan sehingga selalu kering, mudah bersisik, memerah, dan terasa gatal. Apalagi di bagian tubuh yang tersembunyi dan terkena gesekan dengan pakaian. Penderita eksim sangat mungkin mengalami payudara gatal.

2. Infeksi Jamur

Penyebab payudara gatal berikutnya adalah infeksi jamur. Infeksi jamur yang mungkin terjadi adalah infeksi jamur kandidiasis di bagian bawah payudara yang membuat iritasi, merah dan gatal. Jamur dapat disebabkan karena berbagai hal, salah satunya adalah kondisi lembab pada payudara. Bra yang menutupi payudara hendaknya sering diganti, apalagi jika sudah basah. Meskipun bra mongering, tetapi jika dikenakan kembali maka jamur akan menetap dan menginfeksi daerah lebih luas.

3. Psoriasis


Pertumbuhan sel yang terlalu cepat dalam tubuh rupanya dapat menjadi penyebab payudara gatal. Penderita penyakit ini merasakan gatal, kemerahan dan muncul kulit mati di permukaan payudara.

4. Cuaca yang Terlalu Kering

Dilansir dari WebMD, cuaca yang kering dapat menyebabkan kulit pada payudara ikut mengering. Sehingga potensi terasa gatal menjadi lebih tinggi. Semakin digaruk, semakin gatal rasanya saat cuaca sedang kering.

5. Sensitif Terhadap Suatu Bahan di Sabun/Lotion/Sabun Cuci

Sabun, lotion, deterjen, atau kosmetik memiliki kandungan bahan tertentu yang tidak ramah di beberapa jenis kulit. Bahan ini akan menimbulkan reaksi gatal pada payudara.

6. Bahan Kain Pakaian Dalam


Dermatitis kontak iritan biasa terjadi pada penyebab payudara gatal yang satu ini. Kulit wanita bisa saja sensitif terhadap bahan kain tertentu, apalagi yang digunakan sebagai bra atau pakaian dalam.

7. Gesekan dengan Bra

Gesekan dengan bra apalagi jika bra cukup ketat akan menimbulkan rasa gatal pada payudara. Tidak jarang bahkan melukai puting sehingga selain gatal aka nada juga rasa nyeri di puting. Ini akan menghilang setelah bra dilepaskan, dan sebaiknya jarang dipakai.

8. Masa Kehamilan

Masa kehamilan juga menjadi penyebab payudara gatal. Adanya perubahan hormon yang drastis membuat kulit mengering dan mudah gatal. Tak hanya di payudara, di bagian tubuh lain pun bisa terjadi sensai gatal. Tenang saja, Bu. Payudara gatal saat hamil bukanlah pertanda buruk.

9. Masa Menyusui


Menyusui melibutkan payudara, sehingga aktivitas payudara meningkat. Ini akan menjadi penyebab payudara gatal dan nyeri. Perubahan ukuran akan meregangkan kulit pada payudara, sehingga menyebabkan rasa gatal. Selain itu, aliran ASI dalam jaringan payudara membuat sensasi geli di payudara kemudian menjadi gatal. Bisa juga, adanya jaringan payudara yang tersumbat oleh ASI yang tidak berhasil keluar juga menyebabkan payudara gatal saat menyusui. 

Bahkan, jika ASI yang tersumbat dibiarkan, akan terinfeksi dan terjadila mastitis. Tak hanya gatal, mastitis juga berupa payudara yang bengkak, merah dan sangat sakit untuk disusukan.

10. Masa Menopause

Hormon yang tidak stabil akan memengaruhi reaksi di payudara dan rahim. Mood jadi kena dampaknya juga. Payudara terasa gatal bisa juga karena wanita mulai memasuki masa menopause.

11. Payudara Bertumbuh

Menurut laman Healthline. Payudara yang bertumbuh juga menjadi penyebab payudara gatal. Pubertas, hamil dan menyusui, serta naik atau turun berat badan. 

12. Adanya Suatu Penyakit


Tumor jinak, tumor ganas, kanker, dapat menjadi penyebab payudara gatal. Utamanya jika letak tumor atau kanker tersebut di bagian payudara. Radiasi kemoterapi dalam pengobatan kanker juga memengaruhi rasa gatal di payudara.

13. Organ Dalam Mengalami Masalah

Di beberapa kasus yang sangat jarang, penyebab payudara gatal adalah salah satu organ di dalam tubuh tengah mengalami stres. Bisa karena bekerja terlalu berat, bisa juga karena dipengaruhi dari pikiran pemilik tubuhnya.

Penyebab-penyebab itulah yang dapat menjadi penyebab payudara gatal. Masalah ini menjadi sangat serius ketika ada indikasi keluarnya nanah dari payudara atau perubahan warna kulit yang drastis. Bila sudah seperti ini, maka sebaiknya menemui Dokter untuk berkonsultasi. Dalam beberapa masalah, Dokter juga akan meresepkan antibiiotik. Nah, jika ini tidak terjadi dan gatal pada payudara termasuk ringan, maka Ibu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

Cara Mengatasi Payudara Gatal


  1. Gunakan bra yang nyaman dan usahaka  berbahan katun agar keringat terserao sempurna.
  2. Hindari menggunakan bra yang terlalu ketat atau sering memakai bra berkawat.
  3. Bila terjadi karena aliran ASI, susukan pada bayi atau pompa untuk melembutkan payudara.
  4. Gunakan sabun, lotion, atau deterjen yang hypoallergenic dan sebisa mungkin bebas SLS.
  5. Rutinlah mengganti bra terutama jika sudah basah.
  6. Oleskan obat anti jamur dan minum antibiotik yang semuanya diresepkan Dokter.
  7. Hindari menggaruk payudara yang gatal karena justru akan memperparah kondisi kulit.

Penyebab payudara gatal bukanlah masalah yang rumit, tetapi bukan berarti dapat begitu saja diabaikan. Jika penangannya tepat, rasa gatal akan berkurang dan sembuh.

Editor: Dwi Ratih