Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kulit Tubuh yang Banyak Tidak Diketahui

Manfaat Kunyit Untuk Kulit Tubuh yang Banyak Tidak Diketahui

Tahukah Ibu kalau ternyata banyak manfaat kunyit untuk kulit tubuh?

Kunyit (Curcuma Longa) memang lebih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur. Ternyata, manfaat kunyit tidak hanya sebagai bumbu masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Manfaat kunyit untuk kulit tubuh juga banyak karena kunyit bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Hal ini tidak terlepas karena kunyit mengandung kurkumin sebagai komponen bioaktif. Kurkumin lah yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Seperti yang dilansir dari Healthline, banyak penelitian yang mempelajari manfaat kunyit untuk tubuh. Simak manfaat kunyit bagi kulit di bawah ini!

Manfaat kunyit untuk tubuh

manfaat-kunyit-untuk-kulit-tubuh-yang-banyak-tidak-diketahui-1

1. Mencerahkan kulit

Kunyit yang bersifat antioksidan dan komponen anti-inflamasi membuat salah satu manfaat kunyit untuk tubuh berupa mencerahkan kulit dan membuatnya lebih berkilau. Jika ingin membuktikannya, Ibu dapat menggunakan masker kunyit untuk kulit wajah. 

Cara membuat masker kunyit juga sederhana. Ibu bisa mencampurkan kunyit yang dihaluskan dengan pisang. Bisa juga kunyit yang dihaluskan dicampurkan dengan yoghurt. 

Masker kunyit alami ini bisa langsung dioleskan ke wajah. Biarkan masker meresap selama 15 menit dan kemudian bersihkan dengan air.

2. Membantu menghilangkan bekas jerawat

Ternyata, manfaat kunyit untuk tubuh lainnya adalah kemampuan menghilangkan bekas jerawat. Kandungan pada kunyit dapat membantu mengurangi jerawat dan bekas jerawat yang mengganggu penampilan. 

Sifat anti-inflamasi dari kunyit dapat merapatkan pori-pori dan menenangkan kulit yang sedang meradang karena jerawat. Kunyit juga dikenal memiliki manfaat mengurangi jaringan parut. Diharapkan, dengan mengambil manfaat dari kunyit secara rutin, wajah lebih mulus dari jerawat.

3. Menyembuhkan luka

Kurkumin yang terdapat pada kunyit dapat membantu menyembuhkan luka dengan cara mengurangi peradangan dan oksidasi. Ini juga dapat menurunkan respon tubuh terhadap luka kulit sehingga luka pun akan lebih mudah sembuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kunyit berdampak baik dengan cara mempengaruhi jaringan dan kolagen. Bahkan, Jurnal Life Sciences merekomendasikan untuk menerapkan kurkumin sebagai salah satu formula yang dioptimalkan untuk membantu menyembuhkan luka di kulit yang merupakan manfaat kunyit.

manfaat-kunyit-untuk-kulit-tubuh-yang-banyak-tidak-diketahui-2

4. Membantu psoriasis

Manfaat kunyit berikutnya adalah dapat membantu penyembuhan psoriasis. Kualitas anti-inflamasi dan antioksidan pada kulit dapat mengendalikan pemicu dan gejala lainnya dari psoriasis.

National Psoriasis Foundation juga menyatakan bahwa Ibu dapat menggunakan kunyit sebagai salah satu kandungan suplemen atau langsung menambahkannya ke makanan meski sampai sekarang belum ditemukan dosis yang tepat untuk penggunaan kunyit bagi penderita psoriasis.

5. Menyingkirkan mata panda

Ternyata, dengan membuat masker kunyit dan mengaplikasikannya ke muka, Ibu dapat mengambil manfaat kunyit untuk menghilangkan kantung mata.

Cara membuat maskernya, Ibu dapat mencampurkan kunyit bubuk dengan setengah sendok air perasan lemon. Kemudian, tambahkan sedikit tepung dan satu sendok teh jus tomat. Masker pun siap dan dapat dioleskan merata pada lingkaran hitam di sekitar mata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Mengangkat sel kulit mati

Bahkan, manfaat kunyit berupa mengangkat sel mati bisa diambil dengan cara membuat scrub dari bahan dasar kunyit lho.

Ibu dapat mencampurkan 2 sendok teh bubuk cendana, 2 sendok teh bubuk kunyit, ½ cangkir tepung kacang, dan sedikit minyak almond atau mentega. Kemudian, campuran tepung ini ditambahkan dengan sedikit air. Aduk perlahan sampai berbentuk pasta. Oleskan masker ini di sekitar wajah dan leher. Biarkan sampai mengering kemudian bilas dengan air bersih.

Kombinasi masker kunyit

manfaat-kunyit-untuk-kulit-tubuh-yang-banyak-tidak-diketahui-3

Masker kunyit memiliki manfaat yang hebat bagi kulit karena bersifat anti-inflamasi dan antioksidan. Ibu dapat memilih resep masker kunyit di bawah ini sebagai sumber inspirasi.

1. Masker kunyit kasturi

Masker kunyit juga bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan komedo di wajah. Ibu dapat mencampurkannya dengan minyak kasturi. Oleskan di bagian yang berkomedo selama 10 menit, kemudian pijat lembut bagian T-zone. Bilas dengan air hangat dan lakukan rutin untuk menjaga wajah dari komedo.

2. Masker kunyit dan pepaya

Masker dari buah pepaya biasanya cocok untuk semua jenis kulit wajah, termasuk kulit wajah sensitif. Ini disebabkan pepaya memiliki enzim papain yang dapat meminimalisir pertumbuhan rambut halus dengan memecah folikel tempat rambut bertumbuh. 

Ibu dapat mencampurkan pepaya tumbuh dengan satu sendok makan kunyit segar yang dihaluskan untuk mengembalikan elastisitas kulit.

Risiko yang dapat muncul akibat penggunaan kunyit pada kulit

manfaat-kunyit-untuk-kulit-tubuh-yang-banyak-tidak-diketahui-4

Di balik banyak manfaat dari kunyit, tidak menutup risiko bahwa penggunaan kunyit secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, selalu perhatikan dosis dan jenis produk yang Ibu gunakan. Selain itu juga perhatikan reaksi kunyit terhadap kulit atau kombinasi penggunaan dengan produk lainnya.

Kunyit memiliki sifat bioavailabilitas yang rendah sehingga metabolisme Ibu membakar lebih cepat dan menyerapnya lebih banyak.

Tidak semua orang cocok dengan masker atau scrub yang berbahan dasar kunyit. Ada beberapa orang yang alergi terhadap beberapa jenis rempah tertentu. Jika kulit Ibu termasuk yang sensitif dan tidak biasa menggunakan rempah, uji coba dahulu pada wajah sebelum diaplikasikan.

Caranya, oleskan sedikit kunyit di punggung tangan. Diamkan beberapa saat. Jika tidak ada reaksi pada kulit seperti gatal atau kemerahan, Ibu dapat mengaplikasikan masker atau scrub berbahan dasar kunyit pada wajah.

Ibu dapat berdiskusi dengan dokter perihal penggunaan kulit pada kulit tubuh.

Editor: Dwi Ratih