Kesehatan

Sakit Kepala Hingga Leher, Bisa Jadi Akibat Gigi Bungsu Tumbuh Tidak Normal

Sakit Kepala Hingga Leher, Bisa Jadi Akibat Gigi Bungsu Tumbuh Tidak Normal

Ibu, coba diingat kembali yuk. Kira-kira usia berapa sih gigi bungsu Ibu tumbuh? Apakah saat gigi bungsu tumbuh, Ibu juga merasakan sakit yang cukup mengganggu? 

Yes! Mendengar kata gigi bungsu, kadang identik dengan rasa sakit yang konon terasa hingga ke kepala dan leher. Biasanya, hal ini terjadi akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal.

Sebab, posisi gigi bungsu yang tumbuh di akhir masa remaja (usia 17-25 tahun) ini seringkali tidak memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh. Tak heran, pertumbuhan gigi bungsu ini juga sering bertabrakan gigi lain yang sudah muncul terlebih dahulu ke permukaan gusi. 

Akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal, karena bentuknya yang miring, rentan menyebabkan inpaksi gigi dan rentan menginfeksi gigi yang sudah tumbuh di sebelahnya. Sehingga, operasi gigi bungsu biasanya cukup disarankan oleh pada dokter gigi.

Tapi gimana ya kalau memutuskan untuk tidak mencabut gigi bungsu sakit? Yuk, ketahui dampak lain akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal lainnya, terutama bila terus didiamkan tanpa tindakan tertentu.

Gigi bungsu dan akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal


Mengutip Medical News Today gigi bungsu adalah gigi terakhir yang menembus gusi di bagian belakang mulut tiap manusia. Pertumbuhan gigi bungsu ini, sering menyebabkan gusi sakit. 

Pengobatan rumahan dan obat-obatan mungkin dapat membantu meredakan rasa sakit tersebut. Namun, akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal pada seseorang mungkin perlu dicabut dengan cara operasi gigi bungsu.

Setidaknya ada total 4 gigi bungsu yang tumbuh, masing-masing di setiap sudut terjauh dari gusi atas dan bawah. Karena tidak memiliki banyak ruang untuk tumbuh, jadi salah satu penyebab mengapa gigi bungsu tumbuh menjadi sakit.

Kondisi ini juga dapat mempersulit flossing, membuat sisa makanan terperangkap, dan kemungkinan menyebabkan bakteri rentan masuk ke gusi. Selain rasa nyeri, akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal juga bisa menyebabkan: 

  • Gusi bengkak
  • Rasa kaku pada rahang
  • Sakit kepala
  • Sakit leher
  • Gusi menjadi lunak dan rentan berdarah
  • Sulit membuka mulut atau mengunyah
  • Menimbulkan bau mulut.

Sensasi gigi yang mendorong melalui gusi bisa terasa menyakitkan. Akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal dengan posisi miring atau tersangkut, juga dapat berisiko menginfeksi gigi lain yang sudah tumbuh. 

Hal ini disebut gigi bungsu yang terbentur, rentan membuat gusi pecah, tetapi gigi tidak sepenuhnya tumbuh. Makanan dan bakteri dapat terperangkap di gusi dan menyebabkan beberapa masalah, antara lain:

  • Penyakit gusi
  • Infeksi
  • Abses gigi
  • Kista.

Apakah semua orang akan merasa sakit saat gigi bungsu tumbuh?

Ternyata, nggak semua orang mengalami gigi bungsu sakit saat tumbuh, lho! Terkadang, gigi bungsu justru tumbuh dengan baik dan tidak menimbulkan masalah sama sekali.

Bahkan, jika mengutip dari Cleveland Clinic diketahui sebanyak 53% populasi manusia di dunia, tidak tumbuh gigi bungsu atau hanya memiliki satu gigi bungsu saja. Namun, pada kasus gigi bungsu tumbuh tidak normal, dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi gigi bungsu.

Tapi, kembali lagi, meski gigi bungsu tumbuh tidak normal, beberapa ada juga yang tidak menimbulkan masalah sama sekali. Sehingga dokter mungkin tidak menyarankan untuk melakukan operasi gigi. 

Faktanya, manusia modern saat ini memang tergolong nggak membutuhkan gigi bungsu untuk proses mengunyah makanan. Dahulu, gigi bungsu dianggap penting perannya, mengingat manusia primitif zaman dulu masih sering mengonsumsi aneka makanan dengan tekstur keras seperti kacang-kacangan atau daging mentah.

Namun, seiring dengan berkembangan zaman dan munculnya berbagai macam peralatan makan yang canggih, membuat proses pengolahan makanan di mulut lebih mudah. Sehingga, saat ini kita sudah terbiasa dengan perubahan pola makan, terutama setelah tubuh kita mengalami beberapa perubahan evolusioner kecil. 

Misalnya seperti, bentuk rahang yang menjadi lebih kecil. Inilah sebabnya mengapa banyak orang tidak memiliki cukup ruang di mulut mereka untuk tumbuhnya gigi bungsu.

Mencegah rasa sakit akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal


Perawatan rumahan dan medis tertentu dapat menghilangkan rasa sakit akibat gigi bungsu tidak normal. Pada beberapa kasus yang cukup parah, dan sampai mengganggu aktifitas, dokter gigi mungkin akan merekomendasikan untuk melakukan operasi gigi bungsu.

Mengutip dari Healthline berikut adalah beberapa cara mengatasi rasa sakit akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal yang bisa kamu lakukan:

Perawatan rumahan

1. Berkumur dengan air garam

Salah satu obat paling populer untuk sakit gigi adalah berkumur dengan air garam. Namun, hal ini bukan tanpa alasan, menurut sebuah penelitian tahun 2016 berjudul; Rinsing with Saline Promotes Human Gingival Fibroblast Wound Healing In Vitro menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam hangat, dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan membunuh bakteri berbahaya.

Hal ini karena, air garam memiliki efek anti-inflamasi yang mirip dengan larutan chlorhexidine 0,12% (alias Peridex). Apalagi, akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal terkadang dapat melukai gigi. Sehingga, berkumur air garam bisa membantu menjaga mulut tetap bersih dan membunuh bakteri yang tersangkut pada gigi.

2. Peppermint 

Daun peppermint diketahui memiliki sensasi dingin karena mengandung mentol. Senyawa pendingin alami ini sedikit banyak bisa berfungsi sebagai penghilang rasa sakit sementara.

Gunakan peppermint untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal, dengn cara merendam bola kapas dengan sedikit ekstrak peppermint. Kemudian oles ke gusi yang sakit, atau gosokkan minyaknya langsung ke gigi.

 3. Minyak cengkeh

Bahan aktif dalam minyak cengkeh, seperti eugenol, memiliki efek antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan. Kamu bisa merebus 4-6 buah cengkeh dengan air dan kemudian dapat dipijat atau kumur ke gusi yang sakit.

 4. Kompres air dingin dan panas

Mengompres dapat dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan, yang sering muncul di pipi akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal. Air panas atau dingin, bisa memunculkan efek mati rasa yang dapat mengurangi rasa sakit. 

Bahkan, kompres air dingin atau panas dapag menghilangkan saraf yang tegang dan meningkatkan aliran darah ke area gigi yang sakit. Kompreskan air panas atau dingin ke area yang sakit selama beberapa menit sesering mungkin.

 5. Lidah buaya

Lidah buaya kaya antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Sehingga dapat digunakan untuk menenangkan dan mengurangi peradangan di area di mana gigi bungsu akan tumbuh. Ini juga dapat membantu menyembuhkan gusi jika tergores saat gigi hendak tumbuh.

 6. Bawang putih dan jahe yang dihaluskan

Menggabungkan bawang putih dengan jahe yang dihancurkan dapat membantu membunuh bakteri yang rentan menginfeksi garis gusi yang pecah. Oleskan pada gusi ataupun gigi yang terasa sakit.

Perawatan medis

Obat-obatan seperti aspirin, Ibuprofen ataupun akupuntur juga bisa mengurangi rasa sakit akibat gigi bungsu tumbuh tidak normal. Namun, pada kasus yang sudah sangat mengganggu, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan operasi gigi bungsu agar rasa sakitnya tidak muncul kembali.