Ibupedia

Berencana Menambah Anak Ketiga? Ini 10 Hal Yang Wajib Dipertimbangkan

Berencana Menambah Anak Ketiga? Ini 10 Hal Yang Wajib Dipertimbangkan
Berencana Menambah Anak Ketiga? Ini 10 Hal Yang Wajib Dipertimbangkan

Dikaruniai buah hati yang lucu dan sehat adalah anugerah dari Tuhan yang patut untuk kita syukuri. Tiap pasangan yang sudah menikah tentu akan mengusahakan segala cara agar bisa memiliki anak.

Mengenai jumlah anak yang diinginkan biasanya berdasarkan kesepakatan bersama dengan pasangan. Terkadang ada pula pasangan yang bercita-cita memiliki anak lebih dari dua.

Alasannya macam-macam, salah satunya adalah agar rumah menjadi lebih berwarna dan menambah kebahagiaan keluarga. Nah, kalau kamu dan pasangan sedang merencanakan program hamil anak ketiga maka ada beberapa pertimbangan yang perlu kamu ketahui.

Sebab, meski sudah anak ketiga dan orang tua mungkin sudah lebih berpengalaman namun tiap anak tentu memiliki persiapan yang berbeda. Apalagi jika sebelumnya sudah memiliki dua anak dengan jarak kelahiran yang cukup dekat.

Tentunya persiapan mental sang Ibu pun harus dipersiapkan dengan matang. Untuk itu, sebelum memutuskan hamil anak ketiga simak terlebih dahulu yuk beberapa pertimbangan berikut ini!

Fakta hamil anak ketiga yang perlu dipertimbangkan


Merawat satu orang anak dalam pernikahan mungkin tampak lebih mudah untuk dilakukan. Begitupun jika kamu memiliki dua orang anak. Tapi, bagaimana jika memutuskan untuk memiliki anak ketiga?

Apalagi dengan jarak usia yang mungkin masih terhitung cukup dekat dengan Kakak-Kakaknya. Sebab, bukan tidak mungkin ketika menambah momongan aktivitas sehari-hari Ibu dan Ayah tentu terasa berbeda.

Untuk itu, melansir Parenting First Cry sebelum menambah anggota keluarga baru, berikut adalah beberapa fakta hamil anak ketiga yang perlu dipertimbangkan:

1. Anak pertama dan kedua akan sering mencari perhatian

Ketika calon anak ketiga lahir, orang tua mungkin akan lebih sering memperhatikan sang Adik ketimbang Kakak-Kakaknya. Mengingat sang Adik masih bayi dan butuh perhatian lebih ketimbang kedua Kakaknya.

Ini merupakan hal wajar yang sering dilakukan oleh orang tua. Sayangnya ketika sang Adik lahir ke dunia dengan jarak kurang dari 5 tahun dengan Kakaknya, terkadang dapat membuat keduanya lebih rewel dan sering mencari perhatian orang tua.

Di awal kehadiran Adik, mungkin mereka akan merasa bahwa perhatian orang tuanya terbagi. Sehingga ada rasa cemburu yang sulit untuk mereka utarakan.

Meski begitu tidak semua anak akan berlaku demikian ketika sang Adik lahir. Namun, sebagai orang tua, kamu dan pasangan tentu harus tahu terlebih peka terhadap hal ini ya Bu.

2. Suasanya rumah akan jadi lebih ramai

Jika memiliki dua anak sudah membuat rumah terasa lebih ramai, kamu pun harus menyiapkan telinga ketika memiliki anak ketiga. Kemeriahan di rumah tentu akan bertambah.

Keramaian ini bisa terjadi ketika anak menangis, berteriak atau sekadar berselisih karena berebut mainan. Meski tampak seru, namun terkadang hal ini bisa membuat orang tua stress jika tidak pandai mengontrol emosi dengan baik lho!

3. Pengeluaran bertambah

Seperti kata pepatah, banyak anak, banyak rejeki. Namun, selayaknya menambah anggota baru dalam sebuah keluarga tentu pengeluaran akan bertambah.

Hal ini karena memiliki anak ketiga tentu membutuhkan biaya tambahan mulai dari membeli kebutuhan makanan sehari-hari, biaya pendidikan sekolah, biaya untuk membeli susu dan diapers dan lain sebagainya. Jadi, kalau kamu berencana program hamil anak ketiga dalam waktu dekat jangan lupa pikirkan matang-matang mengenai hal ini ya Bu!

4. Akan lebih sibuk

Menambah anak ketiga itu berarti kamu pun harus siap untuk menjadi lebih sibuk dari biasanya. Dari yang tadinya bisa meluangkan waktu me time seminggu sekali, kini harus direncanakan jauh-jauh hari.

Bahkan ketika sang anak ketiga masih bayi, jangankan untuk me time, mungkin pergi ke toilet saja akan terasa sangan sulit. Karena si kecil tidak ingin berada jauh dari sang Ibu.

Tapi hal ini tergantung dari bagaimana kemampuan financial orang tua. Jika memiliki budget lebih, kamu mungkin bisa memilih untuk mencari Asisten Rumah Tangga (ART) agar bisa membantu mengurus si kecil. Sehingga kamu tetap memiliki waktu untuk me time.

5. Kebahagiaan bertambah

Melihat tumbuh kembang dan canda tawa antar Kakak dan Adik-Adiknya sedikit banyak membuat Ibu dan Ayah merasa sangat bahagia. Apalagi sejak kelahiran anak ketiga di tengah Kakak-Kakaknya yang mulai beranjak besar.

Meski terasa lelah mencari nafkah atau mengurus anak-anak setiap hari, namun ketika melihat senyum dan tawa mereka rasanya membuat hati orang tua terasa adem dan membuat kebahagiaan bertambah.

6. Rejeki lebih mengalir deras 

Setiap anak yang lahir ke dunia telah terjamin rezekinya masing-masing oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehingga ketika menambah anak ketiga, nggak perlu khawatir soal beban ekonomi yang kamu akan hadapi. Percayalah bahwa rezeki justru akan terus mengalir deras jika kamu memiliki anak.

7. Keluarga menjadi lebih kompak

Melansir Healthline menambah anak ketiga akan membuat anggota keluarga menjadi lebih kompak dan solid. Apalagi jika orang tua pandai mendidik anak-anaknya dengan baik.

Selain lebih kompak, hubungan antara Kakak dan Adik akan sangat terasa menguntungkan ketika mereka sudah dewasa nanti. Mereka akan saling support dan membantu satu sama lain ketika salah satunya mengalami kesulitan.

8. Bersiap jika si Bungsu lebih manja

Melansir Psychology Today anak ketiga cenderung memiliki karakter yang lebih energik dibanding kedua Kakaknya. Ia mungkin akan lebih sering mencari perhatian orang tua dan lebih manja.

Sehingga membuat kedua Kakaknya jadi lebih sering mengalah. Meski begitu, anak ketiga mungkin bisa menjadi penghibur yang baik dan membuat suasana keluarga menjadi lebih berwarna.

9. Rumah jadi lebih berantakan

Tentu saja hal ini bukanlah sekadar isapan jempol belaka. Apalagi jika jarak usia anak ketiga dan dua anak sebelumnya cenderung cukup dekat.

Mainan yang berserakan di lantai, remahan biskuit yang ada di sudut meja makan tentu saja menjadi pemandangan yang sudah biasa. Terlebih jika kamu tidak memiliki ART di rumah, tentu hal ini bisa jadi membuat mood Ibu berantakan.

10. Hamil anak ketiga tak selalu lebih mudah 

Meski sebelumnya sudah punya pengalaman melahirkan dua kali, namun ketahuilah tiap kehamilan tentu akan mendatangkan pengalaman yang berbeda-beda. Bisa jadi program hamil anak ketiga jadi lebih mudah untuk Ibu atau mungkin sebaliknya.

Selain harus menjaga kandungan agar tetap sehat hingga waktunya melahirkan nanti, Ibu juga tetap harus mendidik dan menjaga anak-anak lainnya dengan kondisi kehamilan yang berbeda.

Memiliki anak ketiga mungkin memang sedikit menimbulkan pro dan kontra. Namun, semua kembali ke pilihan masing-masing ya Bu. Pikirkan matang-matang mengenai 10 fakta hamil anak ketiga di atas, agar kehamilan kali ini bisa lebih terencana dan kelak kehidupan si kecil bisa terjamin oleh orang tuanya.

Editor: Atalya