Keluarga

Gratis! Ini Tontonan Anak Edukasi yang Tayang di Televisi

Gratis! Ini Tontonan Anak Edukasi yang Tayang di Televisi

Mencari tontonan anak di televisi tanpa menggunakan kuota internet cukup menantang bagi orangtua. Pasalnya, tontonan anak yang menyasar usia balita tidak sebanyak 10 tahun yang lalu. Selain itu, tidak semua orang tua memiliki akses internet yang mudah. Namun, tontonan anak mendidik di televisi saat ini cukup beragam loh! Sayang sekali banyak orang tua yang mengetahuinya. Padahal, banyak tontonan anak yang dapat ditonton secara gratis di televisi.

Menurut psikolog kondang Dr. Tanya Baron, menonton televisi dengan tontonan anak mendidik dapat memberikan beberapa dampak positif bagi anak. Beberapa efek keuntungan tersebut adalah:

  • Mengembangkan kemampuan analisis

    Anak-anak dapat belajar bagaimana mengasah kemampuan berpikir, melakukan prediksi dan menyelesaikan masalah. Beberapa tontonan anak balita juga dapat merangsang perkembangan imajinasi mereka sehingga bisa lebih kreatif

  • Mendapatkan pengaruh positif

    Anak-anak memiliki kemampuan meniru yang baik. Dengan melihat contoh yang baik dari tontonan anak di televisi, dapat membuat mereka terpengaruh untuk melakukan hal-hal yang baik pula

Rekomendasi Tontonan Anak di Televisi Tanpa Internet

Menyediakan tontonan anak mendidik juga memberi anak kesempatan untuk belajar sebanyak-banyaknya. Anak dapat mempelajari hal baru seperti tingkah laku hewan, hal-hal yang belum pernah dilihat atau pun tempat yang belum pernah dikunjungi. Tontonan anak di televisi juga kerap menunjukkan aktivitas-aktivitas menarik yang belum pernah dilakukan oleh anak sebelumnya. Ini membuat mereka tertarik untuk melakukan aktivitas serupa. Mereka juga dapat mempelajari bahasa Inggris lebih cepat dengan menonton tontonan anak berbahasa Inggris.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), anak-anak harus dibatasi hanya maksimal 2 jam menonton televisi dan gawai serta tidak diperbolehkan memiliki televisi di kamarnya. Para orang tua juga harus mendampingi anak saat menonton televisi. Terlalu banyak menonton televisi menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas dan mempengaruhi kemampuan intelektual anak.

Lantas apa saja tontonan anak mendidik yang dapat dinikmati secara gratis di televisi?

1. Riko the Series

Gambar: garissepuluh.com

Kelompok usia: 7-15 tahun

Jadwal penayangan: Senin-Minggu, pukul 18.30 WIB; Senin-Jumat, pukul 07.00 WIB; Sabtu dan Minggu, pukul 06.30 WIB.

Stasiun televisi: RTV

Merupakan serial anak asli Indonesia yang dirilis pada 9 Februari 2020. Para pengusungnya yakni Arie Untung, Teuku Wisnu, dan Yuda Wirafianto berharap dengan hadirnya serial ini dapat menambah keingintahuan anak-anak tentang ilmu pengetahuan dan Islam karena disajikan secara menarik.

Tontonan anak mendidik ini menyelipkan cerita para nabi rasul dan sahabat, sejarah, dan ilmu pengetahuan yang masih relevan dengan jalan cerita. Riko the Series merupakan kolaborasi oleh rumah produksi Garissepuluh, mahasiswa ITB, dan pemuka agama. 

Animasi anak ini berkisah tentang Riko yang usil, ceria, energik, humoris, dan memiliki rasa keingintahuan yang besar. Sifat-sifat ini membuat Riko gemar bereksperimen dengan hal-hal baru. Serial ini juga menampilkan tokoh-tokoh di lingkungan Riko seperti keluarga dan temannya sehingga memberikan kesan kasual serta hangat bagi penonton anak.

2. Upin Ipin

Kelompok usia:  3-15 tahun

Jadwal penayangan: Setiap hari; pukul 07.00, 16.30, 18.00; Senin-Jumat, pukul 12.00 WIB; Sabtu dan Minggu, pukul 10.30 WIB

Stasiun televisi: MNCTV

Upin dan Ipin merupakan sepasang anak kembar yatim piatu yang tinggal bersama Opah dan Kak Ros di Kampung Durian Runtuh. Mereka memiliki teman yang berlatar belakang heterogen seperti Mei Mei yang berdarah Tionghoa, Jarjit Singh yang berdarah India, Ehsan, Fizi, dan Mail yang berdarah melayu, hingga Susanti yang berdarah Indonesia dan merupakan anak pindahan dari Jakarta.

Merupakan serial animasi anak asli Malaysia yang ditayangkan sudah dengan terjemahan bahasa Indonesia. Bagus bagi anak untuk belajar toleransi, perbedaan agama, persahabatan, ilmu pengetahuan, dan karakternya pun dekat dengan keseharian anak

3. Kiko

Kelompok usia:  3-15 tahun

Jadwal Penayangan: Sabtu dan Minggu, pukul 09.00 WIB (RCTI); Sabtu dan Minggu, pukul 11.00 dan 16.30 WIB (MNCTV)

Stasiun televisi: MNCTV, RCTI

Tontonan anak ini akan mengingatkan Ibu kepada serial animasi Spongebob Squarepants yang berlatar di bawah laut. Kiko merupakan serial animasi anak asli Indonesia yang secara personifikasi mengisahkan tentang anak ikan mas koki dan keempat sahabatnya yang kerap melakukan petualangan seru dan menyenangkan. Sahabatnya bernama Lola si ikan diskus, Ting Ting si kepiting, Patino si ikan patin, dan Poli si ikan Cupang. Terdapat karakter antagonis yaitu Karkus si ikan lele dan Pupus di belut yang membuat petualangan Kiko dan teman-temannya semakin menegangkan.

4. Omar dan Hana 

Kelompok usia:  3-5 tahun

Jadwal Penayangan: Setiap hari, pukul 05.30 dan 14.30 WIB

Stasiun televisi: RTV   

Tayangan animasi asal Malaysia ini mengisahkan tentang kakak beradik Omar dan Hana beserta keluarga dan teman-teman mereka. Tontonan anak balita ini juga menyampaikan karakteristik dan nilai-nilai moral islami melalui lagu sehingga membuat anak lebih mudah menangkap pesan-pesan yang hendak disampaikan.

Tidak semua orang tua memiliki prinsip untuk memberikan tontonan anak balita. Bagi Ibu yang memperbolehkan, tidak sembarang tontonan anak yang bisa diberikan ke buah hati. Diperlukan tontonan anak dengan konten edukasi agar dapat dipastikan apa yang diserap anak benar-benar bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu mendampingi anak dan membatasi waktu menonton mereka.

Apa tontonan anak favorit si kecil di televisi?

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih