Rekomendasi

10 Rekomendasi Car Seat Bayi Terlengkap

10 Rekomendasi Car Seat Bayi Terlengkap

Sedang mencari rekomendasi car seat bayi?

Car seat adalah salah satu barang wajib yang harus dimiliki oleh Ibu jika memiliki kendaraan mobil. Car seat memiliki banyak manfaat terutama menjaga keselamatan si kecil saat berkendara menggunakan mobil. Car seat dapat digunakan langsung semenjak baru lahir.

Tips memilih car seat bayi


Ibu bebas memilih car seat bayi. Harga car seat bayi sangat bervariasi. Ibu tinggal menyesuaikan dengan anggaran, kebutuhan, gaya hidup, dan selera.

Tersertifikasi

Pastikan car seat bayi yang ibu gunakan sudah tersertifikasi dan lolos uji keselamatan. Car seat yang dijual Indonesia ada  yang memenuhi standar Amerika dan standar Eropa. Cara mudahnya adalah merk car seat tersebut memiliki website resmi serta tipenya terdaftar dalam website. 

Ibu juga bisa mengecek langsung di internet apakah car seat bayi tersebut sudah tersertifikasi atau belum. Dengan adanya sertifikasi, artinya car seat tersebut sudah melewati uji keselamatan yang ketat. Ibu tentu tidak ingin mempertaruhkan keselamatan anak saat berkendara bukan?

Sesuai kebutuhan

Ada dua jenis car seat yang bisa dipakai bayi, yaitu infant car seat dan convertible car seat. Infant car seat memiliki dimensi lebih kecil namun terbatas hanya bisa dipakai sampai usia 15 bulan atau bisa lebih cepat tergantung tinggi dan berat badan bayi. Sementara, convertible car seat memiliki dimensi yang besar dan dapat digunakan sampai usia 4-5 tahun.

Car seat harus cukup ditaruh di mobil. Jika ibu memiliki anak banyak dan mobil city car, pilihlah car seat bayi yang berukuran relatif kecil agar pemasangannya juga tepat. Jika ibu memiliki anak yang tidak banyak dan mobil yang besar, Ibu bisa relatif memilih merk dan tipe car seat yang beredar. Selanjutnya tingga fitur, selera, dan anggaran yang menyesuaikan.

Simak rekomendasi car seat bayi 0 bulan atau yang bisa dipakai dari lahir beserta harga car seat bayi!

Infant car seat

Infant car seat memiliki bentuk yang ringkas dan memiliki pegangan di atasnya yang bisa dijinjing. Tipe car seat bayi ini biasanya dapat diletakkan di stroller sehingga Ibu tidak harus membangunkan bayi jika perjalanan sudah sampai dan hendak memindahkannya ke stroller. Ibu harus mengecek tipe car seat yang dimiliki apakah kompatibel dengan stroller yang dimiliki. Dengan dimensinya yang kecil, jenis infant car seat ini cocok buat Ibu yang memiliki mobil kecil atau anak dengan jumlah dua atau tiga.

1. Joie Meet Gemm

Sumber: joiebaby.com

Joie Meet Gemm merupakan rekomendasi car seat bayi dengan harga ekonomis.  Dilengkapi dengan kanopi yang dengan mudah dilepas dan dipasang. Selain itu, car seat bayi 0 bulan ini dijual sepaket dengan base yang dapat memudahkan ibu memasang dan melepaskan car seat bayi dari mobil. Dilengkapi dengan insert untuk bayi baru lahir sehingga lebih nyaman.

Harga: Rp 1.200.000

Dapatkan Joie Meet Gemm di e-commerce berikut ini:

2. Nuna Pipa

Sumber: nunababy.com

Rekomendasi car seat bayi berikutnya adalah Nuna Pipa. Car seat bayi 0 bulan ini memiliki bahan dudukan yang lembut dan nyaman serta juga dilengkapi insert dan dan kanopi. Beratnya cukup ringan, hanya 2,3 kg. Fitur menarik lainnya adalah kanopi memiliki lapisan UPF (ultraviolet protection factor) 50+. Nuna Pipa dijual dilengkapi dengan base sehingga mempermudah Ibu untuk memasang dan melepaskan car seat. Base  dapat dipasang baik menggunakan ISOFIX ataupun sabuk pengaman biasa.

Harga: Rp 3.100.000

Dapatkan Nuna Pipa di e-commerce berikut ini:

3. GB Idan

Sumber: gb-online.com

GB Idan menjadi rekomendasi car seat bayi yang menawarkan berbagai pilihan warna yang menarik. Fitur yang ditawarkan car seat bayi ini adala Linear Side-Impact Protection System untuk melindungi bagian tubuh bayi dari samping lebih ekstra. Kanopi dari GB Idan dapat dilepas pasang dengan mudah. Namun, GB Idan tidak dilengkapi dengan base sehingga jika Ibu ingin memasang dan melepaskan car seat ini dari mobil sedikit lebih rumit. Pemasangannya hanya menggunakan sabuk pengaman.

Harga: Rp 1.700.000

4. Chicco Keyfit 30


Sumber: chiccousa.com


Chicco Keyfit 30 menjadi rekomendasi car seat bayi karena memiliki pilihan warna netral, bahan dudukan yang empuk, hingga memiliki kemudahan pemasangan. Car seat bayi ini dilengkapi dengan base sehingga memudahkan Ibu memasang dan melepaskan car seat di mobil. Car seat dapat dipasang dengan menggunakan sabuk pengaman maupun LATCH.

Harga: Rp 2.700.000

Convertible car seat

Convertible car seat ini adalah rekomendasi car seat bayi jika Ibu memiliki pilihan yang ekonomis karena bisa dipakai sampai bertahun-tahun. Car seat bisa menghadap belakang ataupun depan. Namun, jenis car seat ini memiliki dimensi yang cukup besar sehingga Ibu harus matang-matang mempertimbangkannya dengan menyesuaikan mobil yang dimiliki beserta jumlah anggota keluarga lainnya. Area yang dibutuhkan untuk memasang convertible car seat terutama dalam posisi hadap belakang sangat memakan tempat.

1. Graco 4ever

Sumber: amazon.com

Graco 4ever adalah rekomendasi car seat bayi yang sangat ekonomis karena dengan harga yang cukup masuk akal, car seat dapat digunakan mulai dari bayi baru lahir hingga berusia 10 hingga 12 tahun. Tidak hanya dengan menggunakan sabuk pengaman pada car seat, car seat ini juga bisa dipakai dengan mode highback booster ataupun booster pada anak usia 7 sampai 12 tahun. Pemasangan car seat bisa menggunakan sabuk pengaman dan LATCH.

Harga: Rp 2.300.000

Dapatkan Graco 4eve di e-commerce berikut ini:

2. Joie Every Stage FX

Sumber: id.joiebaby.com

Rekomendasi car seat bayi tipe convertible berikutnya adalah Joie Every Stage FX. Seperti Graco 4ever, car seat bayi ini bisa digunakan dari bayi hingga anak berusia 10 hingga 12 tahun. Namun, Joie Every Stage FX berukuran cukup besar sehingga sangat memakan tempat di mobil terutama pemasangan hadap belakang. Saat pemasangan hadap belakang pun sabuk pengaman mobil yang terpasang sedikit menghalangi Ibu saat memasang dan melepaskan bayi di car seat. Joie Every Stage FX dapat dipasang dengan menggunakan sabuk pengaman dan ISOFIX.

Harga: Rp 2.500.000

Dapatkan Joie Every Stage FX di e-commerce berikut ini:

3. Oyster Aries


Sumber: blibli.com


Oyster Aries ditempatkan sebagai rekomendasi car seat bayi teringan untuk kategori convertible car seat. Beratnya kurang lebih hanya 4 kg saja. Car seat bayi ini bisa digunakan sampai anak berusia 4 sampai 5 tahun. Mesk ringan, bagian gesper bayi agak terasa ringkih. Dengan beratnya yang ringan, Oyster Aries cocok untuk Ibu yang sering memindahkan car seat antar mobil. Car seat ini hanya dapat dipasang dengan menggunakan sabuk pengaman saja.

Harga: 1.850.000

4. Nuna Rava

Sumber: nunababy.com

Nuna Rava adalah rekomendasi car seat bayi tipe convertible yang paling nyaman dan memiliki fitur tidak biasa. Salah satu keistimewaan Nuna Rava adalah cara mengubah sudut sandaran car seat bayi semudah menekan tombol. Selain Nuna Rava dilengkapi dengan material dudukan yang berkelas. Rangka juga terbuat dari bahan logam yang kokoh. Harga car seat bayi ini cukup sebanding jika dibandingkan dengan fiturnya. Dapat digunakan sampai anak berusia 4 sampai 5 tahun dan hanya bisa dipasang dengan menggunakan sabuk pengaman.

Harga: Rp 3.200.000

Dapatkan Nuna Rava di e-commerce berikut ini:

5. Combi Coccoro


Sumber: combiusa.com


Rekomendasi car seat bayi dengan dimensi paling tidak lebar adalah Combi Coccoro. Ini cocok jika Ibu memiliki mobil berukuran tidak besar dan memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak. Bentuknya yang ramping simpel membuat 3 car seat bayi ini bisa diletakkan sebanyak 3 buah dalam satu baris. Pilihan warnanya juga menarik. Karena ukurannya yang kecil, car seat bayi ini hanya bisa digunakan sampai usia 3 hingga 4 tahun. Combi Coccoro hanya dapat dipasang dengan menggunakan sabuk pengaman.

Harga: Rp 2.750.000

6. Britax First Class

 

Sumber: mothercare.co.id

Britax First Class merupakan car seat bayi yang berasal dari Inggris. Memiliki desain yang ergonomis dan eksklusif serta menawarkan fitur keselamatan yang baik. Rangkanya sangat kokoh dan material dudukannya sangat empuk. Britax First Class dapat digunakan dari bayi baru lahir hingga berusia 4 sampai 5 tahun. Carseat ini hanya dijual di Mothercare 

Harga: Rp 5.200.000

Dapatkan Britax First Class di e-commerce berikut ini:

Itulah 10 rekomendasi car seat bayi beserta harga car seat bayi  yang dapat Ibu pilih sesuai kebutuhan. Mana yang menjadi favorit ibu?

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih