Rekomendasi

10 TK Di BSD Berbasis Agama Islam dan Katolik, Ibu Pilih Yang Mana?

10 TK Di BSD Berbasis Agama Islam dan Katolik, Ibu Pilih Yang Mana?

Mencari sekolah anak memang gampang-gampang susah ya Bu. Walau masih grade TK, namun orang tua tetap perlu memilih sekolah terbaik yang bisa membantu membentuk karakter anak-anak kita.

Nah, buat kamu yang tinggal di wilayah Tangerang Selatan atau BSD, ternyata ada banyak sekali pilihan TK di BSD yang cukup berkualitas. Apalagi, TK-TK tersebut juga sudah berbasis agama dengan sistem pendidikan khusus.

Sedang bingung mencari TK di BSD berbasis agama yang bagus dan berkualitas? Intip rekomendasinya berikut ini, yuk!

Tips memilih TK yang tepat


Taman kanak-kanak memang dianggap menjadi level pembelajaran, yang paling basic tapi seringkali diabaikan. Padahal di tahap ini, orang tua juga tetap penting memilih sekolah yang tepat.

Mengingat sekolah tetap menjadi ‘rumah kedua’ buat si kecil, untuk menuntut ilmu dan mendapatkan pendidikan yang baik. Bukan tidak mungkin bahwa, nantinya karakter anak bisa saja dibentuk dari sekolah tersebut.

Dikutip dari Sandiego Family Magazine catat tips penting dalam memilih sekolah TK untuk anak berikut ini:

  • Pertimbangkan mengenai lingkungan sekolahnya
  • Jangan lupa pertimbangkan bagaimana cara guru mengajar tiap hari. Anak TK biasanya lebih butuh guru dengan karakter yang antusias, ceria dan inspiratif
  • Perhatikan basic kurikulum yang diterapkan
  • Perhatikan berapa jumlah murid di dalam kelas. Untuk mengetahui seberapa fokus guru bisa mengajar dan memerhatikan tiap murid
  • Minta pendapat orang tua murid/kenalan/alumni dari sekolah tersebut
  • Cari tahu bagaimana sekolah memperlakukan anak yang berkebutuhan khusus/unggul maupun anak-anak yang tertinggal
  • Lokasi sekolah, sebaiknya masih dekat dengan rumah dan mudah dijangkau
  • Perhatikan penerapan sistem keamanan di sekolah
  • Pastikan sekolah TK yang dipilih sudah sesuai budget.

Rekomendasi TK terbaik di BSD

Photo source: Al Azhar BSD

TK Islam di BSD

1. Al-Azhar BSD

Rekomendasi TK di BSD yang pertama, berbasis agama Islam yaitu Al-Azhar BSD. Berlokasi di Jalan Puspita Raya No.2, Lengkong Gudang. Al-Alzhar sendiri menjadi salah satu TK di BSD dengan basis agama Islam yang nggak perlu diragukan lagi.

Kurikulum pengajarannya memang dilandasi dengan agama Islam yang cukup kental. Nggak heran jika, TK Islam Al-Azhar juga menjadi salah satu TK terbaik di BSD, yang memiliki tujuan untuk membentuk generasi muslim berakhlak mulia, berwawasan luas, terampil dan mandiri.

2. Cikal Harapan


Photo source: Cikal Harapan BSD

Cikal Harapan, juga menjadi salah satu TK di BSD yang berbasis agama Islam. Sekolah ini punya visi dan misi khusus yaitu, mendorong terwujudnya insan beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME serta bagi nusa, bangsa dan agama. 

Sekolah ini sendiri berada di bawah naungan Yayasan Permata Sari. Sekolah Cikal Harapan memiliki sistem pembelajaran yang tematik dengan model sentra: iman & taqwa, balok, seni kreatifitas, bermain peran, bahan alam, bahasa inggris, dan persiapan, juga pembiasaan ibadah bagi anak-anak. 

Dengan sistem pembelajaran yang seperti ini, TK Cikal Harapan berharap hal tersebut bisa membantu mengembangkan sisi iman dan kreatif anak baik di sekolah, maupun di rumah.

3. Al Fath School Indonesia

Photo source: Wikimedia Commons

Sekolah TK di BSD selanjutnya adalah TK Islam Al-Fath. Sekolah islam ini memiliki motto Sekolah Dwibahasa Berwawasan Islami, dengan tujuan mempersiapkan anak didiknya untuk mampu bersaing dalam wawasan global di era teknologi tinggi, dengan tetap mengedepankan akhlak mulia agama Islam.

Sekolah ini berada di bawah Yayasan Bina Insan Sakina,  dengan metode pengajaran yang mengadaptasi dari sekolah-sekolah Internasional. 

4. TK Mutiara Harapan


Photo source: Mutiara Harapan Islamic School

TK di Tangerang Selatan yang satu ini, juga menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Parents yang sedang mencari sekolah TK berbasis agama Islam. Selain sistem pendidikan yang berbasis agama Islam, sekolah TK Mutiara Harapan pembelajaran, juga bertumpu pada tema dan subtema yang terintegrasi, yang dikemas dengan pendekatan bermain dan beraktivitas.

Harapannya, anak jadi lebih mandiri dan kreatif nantinya. Karena pembentukan karakternya sudah dibentuk secara independen di sekolah ini.

5. Hanifa Islamic School


Photo source: Hanifa Islamic School 

TK Islam di BSD yang jadi salah satu pilihan Ibumin adalah, Hanifah\ Islamic School. Sekolah TK di BSD ini konon memiliki sistem pembelajaran yang menitikberatkan pada penanaman pendidikan Islam dan karakter berlandaskan pada Al Qur’an dan hadist. 

Harapannya, para siswa dan siswi nantinya bisa mengamalkan Tahsin dan hafalan Al Qur’an, dengan lebih mudah dalam kehidupan sehari-hari. Meski begitu, sekolah ini juga tetap mengajarkan para siswa dan siswinya untuk belajar bahasa asing seperti, bahasa Arab dan bahasa Inggris.

TK Katolik di BSD

Photo source: Sekolah Katolik Swasta Terbaik Di Kota Tangerang

1. TK Santa Laurensia

TK di BSD berbasis agama Katolik yang satu ini berlokasi di Jalan Suvarna Sutera, Cikupa, Tangerang. Santa Laurensia merupakan sebuah sekolah Katolik, yang kurikulumnya menawarkan kebebasan bagi anak untuk mengeksplorasi apa pun yang ingin mereka pelajari dan kuasai. 

Harapannya agar si kecil bisa lebih mandiri dan berkembang. Seperti layaknya sekolah Katolik lainnya, sekolah ini juga rutin mengadakan kegiatan keagamaan seperti bulan bahasa, paskah, festival, dan perayaan natal. 

2. TK Kanaan

Photo source: Sekolah Kanaan

TK di BSD selanjutnya yang berbasis agama Kristen adalah Sekolah Kanaan. Sekolah ini memiliki basis pendidikan pendidikan berkualitas berdasarkan nilai-nilai Kristiani. 

Sekolah ini juga fokus dalam pengembangan kognitif terutama asing yaitu, bahasa Inggris dan Mandarin, dengan metode Montessori. Sehingga, si kecil nantinya menjadi lebih mudah memahami. 

3. Saint John BSD


Photo source: Saintjohn.sch

TK di BSD Serpong yang satu ini, merupakan salah satu sekolah internasional yang bekerja sama dengan Schulen: Partner der Zukunft. Uniknya, sistem kurikulum di sekolah ini menerapkan beberapa prinsip meliputi et Vita, Virtus, dan Scientia yang mempunyai arti kehidupan, kebaikan, serta pengetahuan. 

Konon, Saint John Catholic School BSD menjadi salah satu sekolah internasional terbaik dan berkualitas di Tangerang, lho! Lokasi sekolahnya sendiri berada di Jalan Kencana Loka Raya Sektor 12 No.8 BSD City, Rw. Buntu, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

4. Santa Ursula BSD


Photo source: Sanur BSD

Santa Ursula, atau Sanur menjadi salah satu sekolah TK di BSD yang berbasis agama katolik yang juga cukup banyak diminati oleh para orang tua. Sekolah ini menyediakan program pendidikan lengkap, mulai dari jenjang TK hingga SMA.

Santa Ursula menekankan pendidikan karakter bagi tiap siswanya. Tapi tak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, para pengajar di sekolah ini juga melatih siswanya untuk berbuat baik terus menerus, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Soal fasilitas, sepertinya sekolah TK di BSD yang satu ini nggak perlu diragukan lagi ya Bu. Karena, fasilitas yang tersedia cukup lengkap yaitu; ruang kelas dengan smart board, ruangan ber AC, ruang komputer, laboratorium, lapangan basket/futsal, perpustakaan hingga kolam renang.

5. Stella Marris


Photo source: WartakotaLive

Stella Maris, merupakan sekolah TK di BSD yang berbasis Cambridge internasional, dengan adaptasi agama Katolik. Tak hanya menerapkan kurikulum internasional, sekolah ini juga menggabungkan kurikulum nasional yang disesuaikan dengan kemampuan tiap jenjang pendidikannya.

Secara keseluruhan, sekolah TK di BSD ini tentunya juga sudah dilengkapi fasilitas yang sangat mumpuni mencakup: ruang kelas dengan AC, ruang auditorium, perpustakaan, lapangan olahraga, ruang doa Kristen, klinik, ruang seni dan lain sebagainya.