Rekomendasi

8 Referensi Sikat Pembersih Lidah Bayi, Yang Aman Digunakan

8 Referensi Sikat Pembersih Lidah Bayi, Yang Aman Digunakan

Ibu, pernahkah kamu menemukan adanya bercak putih pada lidah bayi? Ternyata hal ini dapat menjadi salah satu tanda munculnya jamur di dalam rongga mulut di kecil, lho!

Sehingga, kita harus rutin membersihkan lidah bayi. Mengutip dari Pregnancy Birthbaby jika tidak dibersihkan, khawatir dapat menimbulkan infeksi jamur dan sariawan pada mulut bayi yang disebabkan oleh jamur Candida Albicans.

Tapi nggak perlu khawatir ya Bu, saat ini sudah banyak tersedia beragam jenis sikat pembersih lidah bayi yang aman digunakan oleh si kecil. Bahkan, beberapa jenis sikat pembersih lidah bayi juga sudah terbuat dari bahan silicone food grade, lho!

Meski begitu, nggak semua Ibu merasa nyaman menggunakan sikat pembersih lidah bayi dengan bahan silicone. Sehingga, berikut ini Ibumin rangkum beragam rekomendasi sikat pembersih lidah bayi yang bisa jadi pilihan. Cek dalam artikel berikut, yuk!

Sikat pembersih lidah bayi yang aman dan mudah digunakan

1. Huki Infant Tooth Brush


Baby Huki infant toothbrush merupakan sikat gigi sekaligus sikat pembersih lidah bayi yang juga banyak dipilih para Ibu. Sikat ini didesain khusus untuk bayi dan memiliki bahan yang lembut, karena terbuat dari silicone.

Tenang, meski terbuat dari bahan silicone, produk ini tetap aman digunakan oleh si kecil kok, Bu. Apalagi jenis silicone yang digunakan sudah berjenis food grade, dan tidak akan melukai rongga mulut bayi.

Sikat pembersih lidah bayi ini, dapat mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel di lidah. Sehingga lidah dan gigi anak bebas dari sisa-sisa bakteri penyebab jamur di rongga mulut. 

Harga pembersih lidah bayi: Rp 35.000

2. Little Palmerhaus reusable baby mouth cleaner


Dikenal dengan jenis-jenis handuk dan pakaian bayi yang lembut, Little Palmerhaus baru saja meluncurkan reusable baby mouth cleaner. Yes! Berbeda dengan siket pembersih lidah bayi lainnya, Little Palmerhaus reusable baby mouth cleaner, terbuat dari kain pilihan dan aman digunakan berulang kali. 

Produk yang baru diluncurkan pada 4 April 2023 ini, dibuat dengan menggunakan bahan cotton terry. Sehingga sangat lembut jika digunakan untuk membersihkan lidah si kecil. 

Nggak perlu khawatir, produk ini juga aman digunakan untuk bayi baru lahir seklaipun. Sebab, produk ini dibuat tanpa menggunakan bahan pewarna. 

Sikat pembersih lidah bayi ini dapat digunakan setiap hari, untuk membersihkan sisa ASI atau makanan yang menumpuk di lidah, gigi dan rongga mulut si kecil.

Harga pembersih lidah bayi: Rp 25.000

3. Pigeon Tooth Brush


Merek sikat pembersih lidah bayi yang satu ini, Ibumin jamin juga paling banyak digunakan oleh banyak Ibu di Indonesia. Apalagi, Pigeon juga diklaim menjadi produk perlengkapan bayi yang kualitasnya sudah nggak diragukan lagi.

Selain bisa membersihkan gigi, Pigeon toothbrush juga tersedia tiga pilihan sikat gigi yang didesain menyesuaikan pertumbuhan gigi bayi. Sikat ini juga dilengkapi cincin pelindung demi menghindari bayi tersedak. 

Bulu yang tebal pada sikat memiliki ujung bulu sikat yang lembut dan halus, sehingga aman digunakan untuk membersihkan lidah bayi maupun rongga mulutnya. Ibu sudah punya di rumah?

Harga pembersih lidah bayi: Rp 90.000 

4. Coconi Baby Oral Cleaner Gauze Stick


Sikat pembersih lidah bayi dari Coconi Baby ini, dibuat dari kain kasa steril yang dikemas satu per satu sehingga lebih higienis. Sikat pembersih lidah bayi yang aman ini, juga dapat digunakan sejak bayi baru lahir.

Sikat pembersih lidah bayi yang satu ini memiliki keunggulan yang terletak pada modelnya, apalagi jenis sikat pembersih lidah bayi ini tergolong disposable, atau sekali pakai. Sehingga, Ibu tak perlu mencucinya tiap selesai dipakai. Nah, jadi lebih praktis, bukan?

Untuk menggunakan produk ini, Ibumin sarankan sebaiknya celupkan ke dalam air hangat terlebih dahulu. Agar memudahkan Ibu dalam menyikat lidah dan membersihkan gusi si kecil.

Harga pembersih lidah bayi: Rp 82.000

5. Edison Tongue Cleaner


Edison Tongue Cleaner, dibuat mirip dengan lolipop yang mudah digunakan. Produk ini juga hanya berukuran sepanjang 12 cm, dan sangat menarik untuk anak. 

Cara memakainya pun cukup mudah, Ibu tinggal menggosokannya ke lidah si kecil layaknya seperti sedang makan permen karet. Ukurannya yang kecil, sangat memudahkan Ibu untuk membersihkan lidah si kecil.

Produk ini juga dapat digunakan pada bayi baru lahir hingga balita. Apalagi ukurannya yang kecil, sangat mudah di bawa kemana-mana. 

6. Jack N’ Jill Silicone Stage 1 Finger Brush


Jack N' Jill merupakan merk sikat gigi dan pasta gigi yang cukup dipercaya para Ibu di Indonesia. Kali ini, Jack N' Jill juga mengeluarkan produk inovasi 2 in 1, untuk memudahkan Ibu membersihkan lidah, gigi dan gusi si kecil bersamaan.

Bagian sikatnya bisa digunakan untuk membersihkan gigi, sementara sikat berbintilnya dapat membantu membersihkan gusi dan lidah si kecil. Apalagi bayi yang diberikan ASI secara langsung, biasanya akan lebih mudah timbul bercak putih di gusi dan lidahnya.

Hebatnya lagi, sikat berbintil ini bisa juga Ibu manfaatkan untuk memijat gusi si kecil kala sedang tumbuh gigi, lho! Sikat pembersih lidah bayi yang satu ini juga dibuat dari bahan silicone food grade, bebas BPA & PVC. Yuk, di order sekarang!

Harga pembersih lidah bayi: Rp 98.000 

7. I.Q Baby Finger Glove Toothbrush


I.Q. Baby Finger-Glove Toothbrush juga menjadi salah satu referensi sikat pembersih lidah bayi pilihan Ibumin, nih! Terbuat dari bahan silicone halus dan aman saat menyentuh gusi, gigi dan lidah bayi, produk ini juga sangat mudah digunakan.

Sebelum digunakan, Ibumin sarankan untuk mencuci produk dengan air hangat, kemudian pasangakan pada jari telunjuk. Usap dengan lembut di bagian lidah dan rongga mulut bayi.

Produk I.Q Baby ini, juga dibuat dengan bahan yang aman bagi bayi dan sudah BPA Free. Sikat pembersih lidah bayi ini tersedia dengan dua pilihan warna yakni pink dan hijau.

Harga pembersih lidah bayi: Rp 89.000

8. Momi Homi Baby Oral Care


Momi Homi adalah rekomendasi sikat pembersih lidah bayi, khusus untuk bayi berusia 0-18 bulan. Produk ini juga terbuat dari bahan silicone yang lembut dan nyaman bagi bayi yang lidahnya cenderung sensitif.

Terdapat box penyimpanan khusus, yang bikin sikat pembersih lidah bayi ini mudah di bawa kemanapun, tanpa takut kotor. Nah, dari semua produk di atas, Ibu pilih yang mana, nih?

Harga pembersih lidah bayi: Rp 69.000