Rekomendasi

8 Rekomendasi Kecap Manis Pilihan Keluarga, Ada Yang Less Sugar Juga, Lho!

8 Rekomendasi Kecap Manis Pilihan Keluarga, Ada Yang Less Sugar Juga, Lho!

Kalau si kecil sedang GTM, Ibumin punya ‘senjata rahasia’ yang ampuh buat mengatasi hal tersebut nih. Salah satunya adalah menggunakan kecap manis dalam masakan.

Apapun lauk pauknya, kalau makanan tersebut disajikan menggunakan kecap manis, si kecil pasti auto lahap makan deh! Tapi, nggak semua kecap manis aman dikonsumsi oleh keluarga ya Bu.

Mengingat sesuai namanya, kecap manis memiliki rasa yang cenderung manis dan gurih. Tapi, Ibumin punya rekomendasi kecap manis yang aman dikonsumsi keluarga nih.

Coba cek di dapur sekarang, siapa tahu salah satu rekomendasi kecap manis untuk keluarga ini sedang kamu gunakan di rumah!

Kecap manis, terbuat dari apa?


Jika dikutip dari Wander Cooks kecap manis lebih akrab dikenal dengan sweet soy sauce dalam bahasa Inggris. Kecap manis sangat populer di Indonesia, dan menjadi salah satu saus andalan masyarakat sejak turun temurun.

Kecap manis biasa dicampur ke dalam sup, bakso, mie goreng atau nasi goreng. Rasanya yang manis dan gurih, bikin kecap manis selalu digemari masyarakat, baik tua maupun muda.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat kecap manis adalah, kacang kedelai hitam. Kemudian dicampur dengan gula kelapa, garam dan juga air.

Nggak heran, rasa dari kecap manis ini cenderung sangat manis dan sedikit gurih. Konon kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam pilihan, perlu dilakukan proses fermentasi terlebih dahulu agar siap diolah menjadi kecap.

Hasil fermentasi ini, konon juga baik untuk tubuh kita, karena mengandung asam amino yang baik untuk mendukung kesehatan pencernaan. Namun, konsumsi kecap manis ini tetap perlu dibatasi ya Bu. Sebab, segala yang berlebihan tentu nggak baik buat kesehatan, terutama bila dikonsumsi oleh si kecil.

Rekomendasi kecap manis pilihan keluarga

1. ABC Kecap Manis


Rekomendasi kecap manis yang pertama berasal dari merk ABC. Yes! ABC kecap manis adalah salah satu merek kecap manis pilihan keluarga yang berasal dari produsen Wings Food.

Kecap manis ini, diolah secara sempurna melalui proses pemurnian ganda. Sehingga, dapat menghasilkan citarasa kecap yang gurih dan lezat. Biasanya, rekomendai kecap manis ABC yang satu ini cocok untuk semua sajian masakan Nusantara, seperti nasi goreng, ayam bakar, sate ayam/kambing dan lain sebagainya. 

Shopee

Tokopedia

2. Indofood Kecap Manis


Rekomendasi kecap manis pilihan keluarga selanjutnya datang dari merek Indofood Kecap Manis. Uniknya dari kecap manis yang satu ini adalah, dibuat melalui 6 tahap proses fermentasi alami, gurih manis tanpa bahan kimia tambahan.

Sehingga, membuat kecap manis ini memiliki citarasa yang cenderung lebih gurih untuk masakan, topping, ataupun cocolan makanan. Selain itu, kecap ini juga dapat menghasilkan aroma masakan yang lebih istimewa, tanpa pewarna, pengawet, juga penguat rasa. 

Shopee

Tokopedia

3. Bango Kecap Manis


Kecap manis Bango, juga jadi salah satu kecap manis yang paling banyak jadi pilihan keluarga. Bahkan, eksistensi kecap ini sudah ada sejak tahun 1928, lho!

Wah, bisa dikatakan ini merupakan merek kecap manis legendaris ya, Bu. Walaupun legend, nggak bikin kualitas kecap ini berubah.

Sebab, kecap manis Bango terbuat dari varietas Malika yang merupakan biji kedelai hitam berkualitas tinggi. Rasa manis dari kecap ini, menurut Ibumin juga nggak berlebihan kok Bu.

Nggak heran, kecap ini juga cukup banyak digunakan oleh beberapa pedagang makanan kaki lima. Apakah Ibu sudah pernah mencoba kecap manis ini sebelumnya? 

Shopee

Tokopedia

4. Bango Kecap Manis Light Less Sugar


Rekomendasi kecap manis selanjutnya masih berasal dari merek Bango. Baru-baru ini, kecap manis Bango juga mengeluarkan varian less sugar, tanpa mengubah ciri khas utama bahan pembutannya yaitu varietas kedelai Malika.

Kecap Bango Light Less Sugar ini, mengandung pemanis alami stevia dengan kandungan gula 45% lebih rendah. Bikin kecap manis yang satu ini juga lebih aman dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet.

Kecap manis Bango Less Sugar, juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, lho! Karena juga mengandung garam 50% lebih rendah. Meski begitu, Bango menjamin bahwa rasa gurih dan lezatnya masih tetap sama.

Shopee

Tokopedia

5. Kecap Manis Nasional


Kalau Ibu sering jajan makanan kaki lima, pasti nggak asing dengan rekomendasi kecap manis yang satu ini. Yup! Nasional merupakan merek kecap manis yang seringkali jadi andalan para penjaja kaki lima seperti sate ayam, sate kambing, ayam bakar dan penjaja nasi goreng.

Bahkan, bisa jadi kecap ini menjadi salah satu bumbu rahasia andalan yang bikin masakan mereka jadi lebih lezat. Nasional adalah merek kecap manis yang rasa manisnya tidak terlalu mencolok.

Jika dibandingkan merek kecap manis lain, kecap ini juga cenderung memiliki warna yang lebih light. Ibu wajib coba gunakan kecap manis Nasional sebagai campuran pada nasi goreng untuk sarapan besok pagi, dijamin ketagihan deh! 

Shopee

Tokopedia

6. Kecap Manis Bumbu Bunda Elia


Selain dikenal sebagai kecap manis khusus anak-anak, kecap manis Bumbu Bunda juga bisa digunakan untuk masakan keluarga, lho! Kecap manis ini punya citarasa yang lembut dan nggak terlalu manis.

Aapalagi, kecap manis ini diklaim terbuat dari kedelai dan gula Jawa organik. Nggak heran, kecap manis ini seringkali jadi salah satu bahan wajib saat hendak membuat MPASI si kecil. Rasanya yang gurih, sudah pasti disukai seluruh keluarga, termasuk si kecil yang sedang GTM.

Shopee

Tokopedia

7. Kecap Manis Benteng SH


Ibumin pertama kali melihat kecap manis yang satu ini, di salah satu supermarket besar di Jakarta yang punya koleksi ragam kecap manis yang lengkap. Tapi ternyata, rekomendasi kecap manis Benteng SH ini sudah menjadi kecap manis andalan warga Tengerang sejak lama, lho!

Konon, hampir setiap pedagang keliling dan kaki lima di sana, selalu menggunakan kecap manis Benteng SH sebagai bumbu ataupun pelengkap sajian. Kecap manis ini memiliki rasa yang manis, asin dan gurih yang begitu lembut.

Ketika kecap ini dicampur dengan makanan lain, nggak akan mengubah rasa. Justru penambahan kecap manis ini dalam makanan, dapat membuat rasa masakan jadi lebih lezat. Pastikan Ibu sudah pernah mencoba kecap manis ini di rumah, ya!

Shopee

Tokopedia

8. Kecap Manis Tropicana Slim


Rekomendasi kecap manis yang terakhir berasal dari merek Tropicana Slim. Kecap manis yang satu ini, aman dikonsumsi oleh pelaku diet sehat dan penderita diabetes, lho!

Kecap manis Tropicana Slim, nggak menggunakan pemanis sorbitol yang rendah kalori. Produk ini, bahkan hanya memiliki kadar garam 30% lebih rendah daripada kecap manis biasa. Sehingga, diklaim cukup aman dikonsumsi. Ibu sudah pernah coba?

Shopee

Tokopedia