Rekomendasi

8 Merek Kecap Inggris Ini Bikin Aroma Masakan Jadi Lebih Lezat!

8 Merek Kecap Inggris Ini Bikin Aroma Masakan Jadi Lebih Lezat!

Bagi Ibumin, kecap Inggris menjadi salah satu bumbu masakan yang nggak boleh dilewatkan tiap kali bikin aneka makanan. Kecap Inggris bikin aroma masakan jadi lebih sedap, dan menggugah selera.

Tapi, nggak semua merek kecap Inggris dapat digunakan untuk semua masakan, lho! Kesalahan ini, malah bisa membuat masakan jadi kurang sedap dan berujung jadi nggak dimakan.

Wah, jangan sampai jadinya malah membuang-buang makanan ya Bu. Cek dulu yuk, apa sih sebenarnya fungsi dari kecap Inggris? Biasanya, kecap Inggris untuk masakan apa saja, ya?

Fungsi kecap Inggris buat apa, sih?


Dikutip dari Go To Chef kecap Inggris mengandung vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, menurut penelitian, kecap Inggris juga mengandung antioksidan dapat mencegah penuaan dan juga memperbaiki penampilan kulit.

Vitamin C di dalam kecap Inggris juga bisa membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Tak hanya itu, kandungan Niacin yang terdapat di dalamnya dapat membantu pencernaan lebih baik.

Kalau di Indonesia sendiri, kecap Inggris sendiri seringkali digunakan untuk masakan seperti tumisan sayur, daging, aneka semur ayam maupun daging, bumbu pada saus daging steak dan bahkan untuk penambah cita rasa pada nasi goreng. Bahkan, mengutip dari Very Well Fit pada masakan Barat, kecap Inggris sering dijadikan bahan penambah rasa pada aneka daging bakar, beef patty (daging burger), bakso ataupun campuran meat ball.

Aroma kecap Inggris yang digunakan pada campuran masakan, secara otomatis dapat membantu menguatkan aroma daging tertentu. Dalam campuran nasi goreng, Ibumin paling suka menambahkan kecap Inggris yang sengaja dituang di pinggir panci bagian dalam, supaya aroma smokey makin keluar dan bikin masakan jadi lebih lezat.

Merek kecap Inggris yang enak di pasaran, ada apa saja ya?

1. Harum Sedap Kecap Inggris 


Harum Sedap Kecap Inggris adalah kecap Inggris, merupakan salah satu rekomendasi kecap Inggris yang sudah halal, dengan mutu dan kualitas tinggi. Kecap ini cocok dijadikan sebagai bumbu penyedap untuk campuran makanan, misalnya ayam, daging, ikan, dan sate.

Tokopedia

Shopee

2. ABC Kecap Inggris


Kecap Inggris ABC juga jadi salah satu merek kecap Inggris yang paling banyak dicari. Kecap Inggris ABC sudah bersertifikasi halal, dan dibuat dari perpaduan rempah pilihan Indonesia.

Sehingga, dapat menghasilkan kecap Inggris dengan cita rasa gurih, manis, dan aroma smokey yang istimewa. Kecap Inggris ini juga nggak memiliki warna yang terlalu pekat.

Masih bingung, kecap Inggris buat apa? Dengan menggunakan produk ini, kecap Inggris cocok untuk digunakan sebagai dressing ataupun untuk marinasi daging dan aneka seafood.  

Tokopedia

Shopee

3. Wan Ja Shan Organic Worcestershire Sauce


Wan Ja Shan Organic Worcestershire Sauce adalah merek kecap Inggris yang juga banyak ditemukan di pasaran. Kecap Inggris ini berkualitas tinggi, dan dibuat dengan bahan-bahan premium yang alami.

Dengan menambahkan sedikit kecap Inggris ini, dapat membantu memberikan rasa masakan yang lebih lezat, wangi dan menggugah selera. Wan Ja Shan Organic Worcestershire Sauce sudah tersedia di berbagai macam supermarket ataupun e-commerce.

Tokopedia 

Shopee

4. HEINZ Worcestershire Sauce

Selain dikenal dengan berbagai jenis saus yang lezat, ternyata HEINZ juga mengeluarkan varian kecap Inggris atau Worcestershire Sauce, lho! Kecap Inggris HEINZ ini diklaim terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi untuk menghasilkan rasa yang kaya dan istimewa.

Bahkan, katanya kecap Inggris dari HEINZ ini sudah dikembangkan dari resep Inggris kuno yang digunakan dalam berbagai resep. Berdasarkan pantauan Ibumin, selain dapat dibeli di e-commerce, kecap Inggris ini juga dapat dibeli di supermarket besar, yang punya koleksi aneka kecap-kecap impor yang ada di pusat kota Jakarta.

Tokopedia

Shopee

5. LEA & PERRINS

LEA & PERRINS pasti menjadi salah satu merek kecap Inggris yang sudah nggak asing di telinga Ibu. Eksistensinya konon sudah ada sejak tahun 1837, lho!

Kecap Inggris ini dibuat dari campuran bahan-bahan yang sangat berkualitas. Bahkan, untuk proses pembutannya sendiri, membutuhkan waktu 18 bulan. Supaya bisa keluar aroma umaminya yang dapat memberikan rasa unik dan lengkap pada makanan.

Tokopedia

Shopee

6. Kecap Inggris Sedap Wangi


Sekilas, bentuk dan warna dan produk ini memang mirip dengan produk pesaingnya ya, Bu. Namun, perbedaannya adalah, produk ini masih memiliki cita rasa tradisional yang khas karena mempertahankan resep turun-temurun. 

Komposisi, aroma, dan rasa khas kecap Inggris merek lokal ini sudah melegenda. Nggak heran, kecap Inggris ini sudah lama jadi andalan untuk para pedagang kuliner kaki lima di Indonesia, seperti nasi goreng, aneka seafood, masakan Chinese food dan lain sebagainya. 

Tokopedia

Shopee

7. Kecap Inggris Cap Sinar Mentari

Proses pembuatan kecap Inggris Sinar Mentari konon menggunakan resep tradisional, sehingga kecap ini wajib dicoba. Berdasarkan keterangan pada produk, kecap Inggris ini diproduksi secara rumahan menggunakan resep tradisional dari rempah-rempah Nusantara. 

Namun, fungsinya masih tetap sama yaitu dapat digunakan untuk membumbui berbagai jenis masakan. Kecap Inggris ini juga dapat memberikan aroma yang khas, dengan cita rasa umami yang membantu melezatkan makanan. 

Tokopedia 

Shopee

8. Bull-Dog Sauce Worcestershire Sauce

Bull-Dog Sauce merupakan produsen berbagai saus yang terkenal di Jepang. Selain mengeluarkan varian saus ala Jepang, Bull-Dog juga punya varian Kecap Inggris.

Saus ini punya rasa gurih umami, yang terbuat dari sayur dan buah. Berbeda dengan kecap Inggris lainnya, kecap Inggris Bull-Dog memiliki sedikit rasa asam dan pedas, saus kental berwarna cokelat tua ini ideal untuk masakan aneka daging dan seafood. 

Tokopedia

Shopee