Rekomendasi

Rekomendasi Sunscreen Anak Terbaik Dan Tips Penting Sebelum Memilihnya

Rekomendasi Sunscreen Anak Terbaik Dan Tips Penting Sebelum Memilihnya

Kita tahu bahwa manfaat sunscreen bisa membantu melindungi kulit dari sengatan matahari, yang diketahui juga bisa menjadi penyebab utama dari kanker kulit. Tapi, yang kita tahu selama ini, kebanyakan hanya orang dewasa yang diklaim lebih membutuhkan sunscreen.

Faktanya, si kecil juga butuh perlindungan khusus untuk kulitnya, lho! Saat ini, ada banyak sekali rekomendasi sunscreen anak yang beredar di pasaran. Sayangnya, nggak semua aman buat kulit anak yang cenderung masih sangat sensitif.

Nah, sebelum mengetahui rekomendasi sunscreen anak yang aman untuk kulitnya, ada baiknya simak terlebih dahulu bagaimana cara memilih merek sunscreen anak yang tepat.

Physical sunscreen dan chemical sunscreen, mana yang lebih aman?


Secara keseluruhan, ada dua jenis sunscreen anak yang beredar di pasaran yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Jika mengutip dari Kids Health keduanya bekerja dengan cara yang berbeda.

  • Physical sunscreen (mineral sunscreen): dirancang untuk menempel di permukaan kulit, secara fisik bentuknya lebih creamy sehingga butuh waktu untuk diserap kulit. Sunscreen jenis ini akan mulai bekerja sesaat setelah diaplikasikan, tetapi dapat dengan mudah hilang jika terkena air atau keringat. Sehingga butuh diaplikasikan secara berulang. Tipe sunscreen yang satu ini lebih aman paling disarankan untuk si kecil.
  • Chemical sunscreen: melindungi kulit dengan menyerap sinar matahari seperti spons. Karena mudah menyerap ke lapisan atas kulit, sunscreen ini tidak meninggalkan lapisan keputihan pada kulit. Namun perlu waktu 15-30 menit untuk sunscreen ini bisa bekerja secara maksimal

Sunscreen untuk anak sendiri tersedia dalam bentuk krim, gel, semprotan, dan stik. Bentuk krim paling baik untuk area kulit kering, stik membantu di sekitar area mata, dan gel cocok untuk area dengan rambut (seperti kulit kepala).

Sunscreen yang disemprot akan menyulitkan untuk mengetahui apakah Ibu sudah cukup mengaplikasikannya. Anak-anak pun pada akhirnya sangat berisiko menghirup asapnya. Beberapa semprotan juga mudah terbakar, jadi hindari percikan api atau nyala api saat menggunakannya.

Tips memilih sunblock anak


Kita tahu bahwa sunblock atau sunscreen punya fungsi penting dalam melindungi kulit dari sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) matahari, yang jadi salah satu penyebab kanker kulit. Dikutip dari Childrens produk rekomendasi sunscreen anak yang Ibu pilih dapat bekerja maksimal, berikut tips penting yang perlu diperhatian dalam memilih sunblock anak terbaik:

  • Pilih yang cakupan perlindungannya memiliki spektrum yang luas (artinya sunscreen anak diharapkan dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB)
  • Pertimbangkan apakah produk sunscreen anak yang dipilih bisa tahan air
  • Pilih sunscreen dengan perlindungan (SPF) 30 atau lebih
  • Pastikan sunscreen anak mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang sangat bermanfaat untuk kulit sensitif.

Rekomendasi sunscreen anak terbaik, Ibu wajib catat!

1. Expert Care Physical Sunscreen SPF 50+ PA+++


Photo source: Shopee

Expert Care Physical Sunscreen SPF 50+ PA+++ menjadi salah satu sunblock anak terbaik yang paling banyak dipilih para Buibu. Hal ini karena, klaimnya sebagai produk sunscreen pertama di Indonesia dengan tipe 100% physical sunscreen broad spectrum SPF 50+ PA +++.

Sunscreen ini bisa menjadi pilihan perlindungan terbaik terhadap UVA dan UVB dan bisa digunakan dari bayi usia 6 bulan, hingga orang dewasa. Rekomendasi sunscreen anak yang stau ini, sudah dilengkapi dengan colloidal oatmeal, 3x ceramides, niacinamide, dan hyaluronate yang penting untuk melembapkan kulit.

Shopee 

Tokopedia

2. Momami Itsy Bitsy Sun Stick SPF 50 PA +++


Photo source: Lazada

Momami Itsy Bitsy Sun Stick SPF 50 PA +++, merupakan salah satu rekomendasi sunscreen anak terbaik, yang diklaim bisa memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB dari sinar matahari. Bentuknya seperti stik, sangat mudah untuk diaplikasikan ke kulit anak.

Sunscreen ini, juga dapat digunakan sejak bayi berusia 6 bulan. Apalagi, klaimnya sunscreen anak ini sudah teruji secara hipoalergenik dan dermatologi, sehingga aman untuk kulit sensitif bayi.

Rekomendasi sunsblock anak yang satu ini, sudah diperkaya dengan sunflower oil dan squalane yang tidak hanya melindungi, tetapi juga membantu melembapkan dan menenangkan kulit bayi.

Shopee

Tokopedia

3. Banana Boat Kids Sensitive Sunscreen Lotion SPF 50+


Photo source: Amazon

Rekomendasi suncreen anak selanjutnya berasal dari merek Banana Boat Kids Sensitive Sunscreen Lotion SPF 50+. Banana Boat memang dikenal cukup lama, menjadi pioneer tabir surya terbaik untuk memberi perlindungan dari sinar matahari UVA dan UVB.

Produk ini dibuat di Amerika Serikat dengan formula ringan, mudah menyerap di kulit serta dibuat tanpa menggunakan bahan aktif seperti oxybenzone, paraben. Bahkan, klaimnya semua produk mereka juga dibuat tanpa tambahan minyak, dan pewangi, lho!

Shopee

Tokopedia

4. Sunplay Baby Mild Gentle Protection


Photo source: Shopee

Sunplay Baby Mild Gentle Protection, merupakan salah satu rekomendasi sunscreen anak terbaik yang juga jadi pilihan buat Ibumin nih, Bu. Klaimnya, sunscreen ini bisa melindungi kulit bayi dan anak-anak secara optimal terhadap radiasi sinar UVA dan UVB.

Tabir surya ini berjenis 100% physical sunscreen, jadi dipastikan aman digunakan pada bayi mulai dari usia 6 bulan ke atas. Nggak cuma itu, rekomendasi sunscreen anak terbaik yang satu ini juga sudah teruji secara dermatologis, jadi aman buat kulit bayi yang sensitif.

Shopee 

Tokopedia 

5. Mama’s Choice Sunscreen Anak dan Bayi SPF30++


Photo source: Lazada

Baru-baru ini, Ibumin juga sedang mencoba salah satu merek sunscreen anak dari Mama’s Choice Sunscreen nih, Bu. Sunscreen dapat digunakan sejak bayi dan balita ini, dilengkapi dengan SPF 30++ yang aman digunakan oleh bayi sejak usia 6 bulan ke atas, anak-anak, hingga orang dewasa.

Sesuai klaimnya, sunscreen ini memiliki SPF 30 PA++ broad spectrum yang efektif menangkal sinar UVA dan UVB. Uniknya dari sunscreen anak ini adalah, efektif mencegah kulit terbakar matahari dan waterproof selama 80 menit. Jadi, menurut Ibumin sunscreen ini cocok banget buat si kecil yang sedang hobi berenang.

Shopee

Tokopedia

6. Mustela High Protection Sun Lotion


Photo source: MumzWorld

Mustela High Protection Sun Lotion, juga menjadi salah satu rekomendasi sunscreen anak yang sudah dilengkapi dengan SPF 50+. Di mana SPF 50+ diklaim lebih efektif melindungi kulit dari efek buruk UVA dan UVB.

Suncreen ini juga dibuat dari bahan alami, yang teruji klinis dan tidak mengandung alkohol, paraben, phthalate. Hal ini membuat suncren dari Mustela, diklaim lebih aman dipakai oleh bayi berumur 2 bulan hingga orang dewasa.

Shopee 

Tokopedia 

7. Moell You Are My Sunshine Sunscreen


Photo source: Tokopedia

Moell menjadi salah satu rekomendasi sunscreen anak terbaik, yang belakangan juga sedang naik daun nih, Bu. Sunscreen berjenis physical sunscreen ini formulanya sudah dilengkapi dengan broad spectrum dan SPF 50 PA ++++. 

Selain itu, suncreen anak ini juga sudah berlabel broad spectrum serta waterproof. Suncreen anak dari Moell juga bisa diaplikasikan pada kulit anak, terutama di bagian wajah, punggung tangan dan kaki, ujung telinga dan belakang leher. 

Shopee 

Tokopedia