Rekomendasi

Review Sabun Untuk Eksim, Bantu Tenangkan Ruam Di Kulit Bayi

Review Sabun Untuk Eksim, Bantu Tenangkan Ruam Di Kulit Bayi

Buat para Buibu yang sedang merawat bayi yang punya masalah pada kulit seperti eksim, Ibumin paham betul bagaimana perjuangan Ibu untuk merawat kulitnya. Terkadang, kalau eksimnya sedang kambuh, tak jarang muncul ruam kemerahan, kulit jadi kering, gatal hingga bikin bayi nggak nyaman dan rewel.

Walau eksim sejatinya dapat diobati dengan salep yang tepat, namun diperlukan juga perawatan khusus agar eksim tak muncul lagi. Salah satunya dengan memilih sabun untuk eksim yang tepat.

Memang ada banyak sekali rekomendasi sabun eksim bayi yang beredar saat ini. Tapi, nggak semua cocok digunakan pada kulit si kecil yang cenderung sensitif.

Untuk itu, dalam memilih sabun untuk eksim harus benar-benar teliti. Terutama dalam memilih bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Berikut Ibumin rangkum, beberapa review sabun untuk eksim bayi yang dapat jadi pilihan Ibu.

Rekomendasi sabun untuk eksim bayi

1. Aveeno Baby Soothing Relief Creamy Wash


Photo source: Aveeno

Sabun Aveeno untuk eksim memang sudah nggak diragukan lagi keampuhannya ya, Bu. Sabun ini sudah dipercaya oleh banyak Ibu, dalam merawat eksim yang dialami bayi.

Aveeno Baby Soothing Relief Creamy Wash merupakan sabun mandi bayi yang teruji klinis melembapkan dan menenangkan kulit yang ekstra kering dan sensitif.

Bahan utama dalam sabun ini adalah ekstrak oat alami, yang bebas paraben dan memiliki sifat anti-inflamasi. Sabun Aveeno ini juga tidak mengandung pewangi, tidak terasa perih di mata, dan diformulasikan untuk melembapkan kulit selama 24 jam.

Tokopedia

Shopee

2. Buds Organics Super Soothing Hydrating Cleanser


Photo source: Tokopedia

Berikutnya, rekomendasi sabun untuk eksim bayi yang jadi pilihan Ibumin jatuh pada produk dari Buds Organics Super Soothing Hydrating Cleanser. Produk ini merupakan sabun dan sampo bayi yang diformulasikan untuk mengatasi kulit sensitif, iritasi, radang, dan eksim pada bayi.

Berdasarkan klaimnya, sabun untuk eksim ini mengandung 95% bahan organik yang dapat melindungi dan menjaga kesehatan kulit yang sensitif. Nah, yang bikin Ibumin suka dengan sabun ini adalah, kandungan bahan alaminya yang dapat  membantu menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit si kecil. 

Biasanya anak-anak yang memiliki kondisi kulit eksim juga tergolong memiliki kulit yang kering. Tapi, dengan menggunakan sabun dari Buds Organic, maka otomatis dapat sekaligus melembapkan kulit si kecil.

Tokopedia

Shopee

3. CeraVe Baby Wash and Shampoo


Photo source: Tokopedia

Sabun untuk eksim selanjutnya yang dapat dipilih berasal dari merek CeraVe Baby Wash & Shampoo. Selain sudah teruji secara klinis, ternyata sabun dan shampo bayi ini juga sudah diakui oleh National Eczema Association sebagai produk yang cocok untuk kulit bayi, balita, dan anak-anak yang rentan terhadap eksim. 

Sabun ini, diformulasikan secara khusus dengan berbagai zat pilihan yang berfungsi melindungi kulit, tanpa mengganggu lapisan pelindung kulit bayi yang lebih tipis dan sensitif. Selain itu, sabun ini juga diperkaya dengan asam hialuronat, vitamin E, dan ceramide yang membantu melembapkan dan menutrisi kulit si kecil. 

Tokopedia

Shopee

4. Cetaphil Baby with Organic Calendula Wash & Shampoo


Photo source: Shopee

Nggak perlu diragukan lagi, Cetaphil merupakan salah satu merek perawatan kulit bayi yang banyak dipercaya oleh para Ibu, karena dikenal memiliki formula alami yang gentle. Salah satunya adalah produk Cetaphil Baby with Organic Calendula Wash & Shampoo.

Sabun bayi ini mengandung ekstrak calendula yang bersifat anti-inflamasi alami yang baik untuk mengobati eksim. Nah, yang bikin menarik adalah, sabun untuk eksim ini punya tekstur yang kental tapi lembut di kulit.

Menariknya, kekentalan dari produk ini diklaim  dapat menenangkan, melembapkan, dan melembutkan kulit, serta membantu mencegah eksim muncul kembali. Kira-kira Ibu sudah pernah coba produk ini, belum?

Tokopedia

Shopee

5. Mustela Stelatopia Cleansing Oil


Photo source: Mustela

Mustela Stelatopia Cleansing Oil adalah sabun untuk eksim bayi yang memang secara khusus diformulasikan untuk mengobati kulit eksim atau dermatitis atopik. Sabun ini bisa digunakan saat eksim si kecil mulai kambuh, atau sebagai sabun untuk pemakaian sehari-hari.

Dengan formula avocado perseose dan sunflower oil yang baik untuk melindungi, memperkuat, dan menjaga kelembapan kulit bayi, sekaligus mencegah peradangan pada kulit si kecil yang sensitif.

Tokopedia 

Shopee

6. Sebamed Baby Gentle Wash


Photo source: Shopee

Mengatasi eksim pada kulit bayi, ternyata juga perlu memerhatikan tekstur sabunnya lho! Sabun yang dihasilkan harus lembut di kulit bayi, agar masalah eksim tidak semakin parah. Salah satu sabun yang lembut untuk bayi adalah Sebamed Baby Gentle Wash. 

Sabun ini diperkaya dengan lipids yang mirip dengan vernix, yakni lapisan untuk melindungi dan menghidrasi kulit bayi. Nah, untuk membantu menjaga kelembapan setelah mandi, sabun ini juga diperkaya dengan allantoin dan squalane bikin kulit bayi jadi lebih lembap dan tenang.

Tokopedia

Shopee

7. PureBB Liquid Soap


Photo source: Pure Premium Care

PureBB Liquid Soap juga menjadi salah satu sabun untuk eksim bayi pilihan Ibumin. Selain harganya yang cukup affordable alias ramah kantong, sabun ini juga cocok untuk bayi dengan iritasi eksim yang terbilang masih ringan.

Sabun ini juga aman digunakan sejak bayi baru lahir, lho! PureBB Liquid Soap juga menjadi sabun khusus yang dibuat tanpa SLS dan dilengkapi dengan moisturizer, yang dapat membantu melembapkan kulit dan menjaga kesehatan kulit bayi.

Selain itu, terdapat pula kandungan ekstrak chamomile, oat kernel, dan pro vitamin B5 yang bisa bantu menenangkan kulit si kecil yang sangat sensitif.

Tokopedia

Shopee

8. SensiCare Gentle Hair & Body Wash


Photo source: Shopee

Cussons Baby Sensicare Gentle Hair & Body Wash, mungkin menjadi salah satu sabun untuk eksim yang terbilang jarang ditemui di pasaran ya Bu. Namun meski begitu, sabun ini ternyata cukup ampuh dalam menenangkan kulit bayi yang punya masalah dermatitis atopik.

Selain berfungsi sebagai sabun, produk ini juga bisa digunakan untuk shampo bayi. Sabun dari Cussons yang telah teruji secara dermatologi ini tidak pedih di mata, dengan fungsi utama yaitu dan dapat menjaga kelembapan kulit, dengan aroma oat yang menenangkan.

Tokopedia

Shopee