Rekomendasi

Seru Dan Interaktif, 6 Rekomendasi Buku Cerita Untuk Bayi

Seru Dan Interaktif, 6 Rekomendasi Buku Cerita Untuk Bayi

Membacakan buku cerita untuk bayi memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Membacakan buku cerita untuk bayi juga bisa menambah kosakata bahasanya.

Sehingga, nantinya si kecil bisa lebih mudah untuk belajar bicara dan berkomunikasi dengan orang tuanya. Bahkan, buku cerita bayi yang dibacakan bisa dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan, lho!

Jadi, ketika bayi sudah lahir Ibu bisa membacakan buku cerita untuk bayi sebagai kebiasaan baik menjelang tidur. Cari buku cerita bayi yang interaktif lewar rekomendasi Ibumin ini, yuk!

Manfaat membacakan buku cerita untuk bayi


Melansir dari Kids Health, membacakan buku cerita untuk bayi bemanfaat dalam menambah kosakata baru, mengenalkan konsep dasar (angka, huruf, warna, bentuk), meningkatkan kemampuan berpikir dan memberi bayi pengetahuan tentang dunia sekitarnya. Wah, memangnya bayi sudah mengerti, ya?

Jangan mengira bayi tidak mengerti apa yang kita bacakan ya, Bu. Justru bayi sangat pintar. Mereka bisa memahami apa yang kita bacakan lewat buku cerita.

Ini semua merupakan kombinasi dari buku yang menarik, ragam emosi dan nada suara yang membacakan, serta pola interaksi yang bayi lakukan saat membaca buku, seperti menunjuk atau menirukan suara dari tokoh di buku.

Rekomendasi buku cerita untuk bayi

1. High Contrast Book by Rabbit Hole

Photo Source: Shopee Rabbit Hole

Rabbit Hole sudah terkenal sebagai penyedia buku cerita anak yang sederhana tapi sangat mengena. Seri buku high contrast milik Rabbit Hole ini, memiliki 3 buku mini dan 1 buku besar berwarna kombinasi hitam, putih dan merah, sesuai dengan kemampuan penglihatan bayi di awal kehidupannya.

Kalimat yang disajikan di buku pendek-pendek dan sederhana. Membantu bayi mencerna kalimat dengan mudah. Selain itu lewat buku-buku ini bayi belajar mengenali aneka perasaan dan belajar panca indra. 

Judul buku dalam seri ini adalah:

  • Aku
  • Hmm..
  • Sayang
  • Srrtt (buku besar untuk tummy time)

Untuk masing-masing 3 buku mini high contrast Ibu bisa mendapatkannya dengan harga Rp 48.000-an dan Rp 140.000-an untuk buku tummy time besar. Buku-buku ini juga bisa Ibu beli secara bundling, lho!

2. Seri Bayi Hebat BIP

Photo Source: Shopee buku_orie_bekasi

Seri Bayi Hebat dari Penerbit Bhuana Ilmu Populer ini ada banyak ragamnya. Buku cerita untuk bayi 6 bulan ke atas ini berisikan gambaran kegiatan sehari-hari bayi.

Beberapa di antaranya berjudul Pintar Makan, Belajar Ke Toilet, Saat Tidur, bahkan ada pula tentang Buah-Buahan. Buku-buku Seri Bayi Hebat ini dibanderol dari harga Rp 50.000-an saja.

3. Gajah Kecil by Ginuk Ginuk

Photo source:ginukginukbooks.co

Buku cerita untuk bayi 2 bulan ke atas berikutnya, berjudul Gajah Kecil yang diterbitkan oleh Penerbit Ginuk Ginuk. Buku ini merupakan buku hard book yang memiliki boneka jari kecil di dalamnya. Fitur ini membuat buku cerita untuk bayi yang satu ini seru dibacakan. 

Ibu atau Ayah bisa membacakan cerita sambil memainkan boneka jari kecil berbentuk belalai gajah. Bayi akan tertarik dengan boneka yang bergerak-gerak ini. Buku ini dibanderol dengan harga Rp 95.000 dan bisa didapatkan di toko buku online.

4. Baby All Baby by Mandira

Photo source: mandira.id

Buku-buku yang dipasarkan Mandira sudah banyak dikenal sebagai paket buku yang interaktif, bagus dan sesuai sebagai buku cerita untuk bayi. Jika Ibu sedang mencari buku cerita untuk bayi 3 bulan ke atas, buku ini cocok banget dibacakan untuk si kecil.

Mengedepankan konsep program pintar tumbuh kembang balita, buku-buku Mandira siap menemani petualangan anak-anak Ibu dengan cerita keseharian yang penuh moral.

Dalam seri Baby All Baby ini Ibu akan mendapatkan 15 buah buku yang berisikan cerita interaktif sederhana untuk bayi, yang terdiri dari:

  • 2 buku pengenalan tubuh
  • 4 buku pengenalan ekspresi dan emosi
  • 2 buku pengenalan sekitar
  • 5 buku stimulasi kecerdasan, dan
  • 2 buku kebiasaan baik sehari-hari.

Bahkan Ibu masih mendapatkan 1 tambahan buku kata ajaib dan 26 flashcard abjad. Paket buku ini, dibanderol dengan harga Rp 2 juta-an dan bisa dibeli dengan cara dicicil di semua reseller Mandira.

5. Seri Dongeng Halo Balita by Pelangi Mizan

Photo source: instagram @pelangi_mizan

Pelangi Mizan, merupakan penerbit Mizan yang khusus memasarkan buku cerita anak termasuk buku cerita untuk bayi. Dalam seri dongeng ini, ada 2 cerita tentang hewan yang mengajarkan tentang empati, kasih sayang dan emosi diri.

Judul buku dalam seri ini adalah Kuni Tak Sedih Lagi dan Rubi Tak Takut Lagi. Dibanderol dengan harga Rp 69.000 per buku, buku ini cocok sebagai buku cerita untuk bayi 4 bulan ke atas. Meski begitu, Ibu bisa tetap menjadikan buku ini pilihan sebagai buku cerita untuk bayi kurang dari usia tersebut.

6. Melody Sound & Story Sound Board Books by Igloo

Photo source: Shopee Happy Bunny Books

Salah satu penerbit buku anak impor yang direkomendasikan adalah Igloo Books. Dalam seri buku cerita dengan tombol suara, Igloo memiliki 7 variasi cerita yang menarik untuk dibacakan bagi bayi, di antaranya:

  • Twinkle. Twinkle. Little Star
  • If You’re Happy and You Know It
  • Head, Shoulders, Knees and Toes
  • Cute Kitten
  • Jingle Bells
  • Playful Puppy
  • Little Fire Engine

Harga buku cerita untuk bayi ini adalah, Rp 85.000 dan tersedia di toko buku online di Indonesia. Teks pada buku ini berasal dari lirik lagu sesuai dengan judul masing-masing.

Ibu bisa membacakan cerita sambil bernyanyi bersama bayi. Membawa pengalaman baru yang menyenangkan saat membaca cerita.

Buku cerita untuk bayi yang direkomendasikan ini, bisa Ibu bacakan menjelang waktu tidur bayi atau saat bayi sedang tummy time. Buku mana yang paling menarik untuk ditambahkan ke dalam koleksi?

Editor: Aprilia