Balita

11 Manfaat Air Kelapa untuk Anak ini Sangat Menyehatkan!

11 Manfaat Air Kelapa untuk Anak ini Sangat Menyehatkan!

Manfaat air kelapa untuk anak dapat juga dirasakan selain baik juga dikonsumsi untuk orang dewasa. Melansir dari laman Healthline, air kelapa mengandung kalori dan gula yang alami sehingga aman dan menyehatkan untuk tubuh dibandingkan minuman kemasan atau minuman soda lainnya. 

Air kelapa selain rendah lemak juga menyediakan sejumlah nutrisi yang baik seperti vitamin C, magnesium, potasium, kalium, kalsium, natrium, fosfor, klorida, dan banyak nutrisi penting yang baik untuk anak-anak serta orang dewasa. 

Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa juga bagus untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat si kecil selesai berolahraga. Kandungan potasium pada kelapa juga ternyata dua kali lipat  dari satu buah pisang sehingga tetap baik untuk tubuh.

Apakah Air Kelapa Bagus untuk Bayi?


Melansir dari laman Parenting First Cry, air kelapa untuk anak bayi sangatlah bagus karena tak hanya mengandung sejumlah nutrisi lengkap saja namun juga mengandung senyawa yang dinamakan monolaurin. 

Senyawa monolaurin ini akan membantu sistem kekebalan bayi dan anak-anak bekerja lebih baik dalam melawan penyakit, melindungi bayi dari demam, flu, atau pilek, dan dapat melawan sejumlah infeksi. 

Sejumlah manfaat air kelapa untuk anak dan bayi ini telah banyak dibuktikan bahkan beberapa pakar menyebutkan air kelapa merupakan salah satu dari sumber bahan makanan yang baik.

Kapan Bayi atau Anak Boleh Minum Air Kelapa?


Mengutip dari laman Parenting First Cry, idealnya air kelapa untuk anak bayi boleh dikonsumsi dengan rentang usia di atas 6 bulan atau setelah si kecil mulai mengkonsumsi makanan padatnya. 

Kurang dari usia itu, ada resiko yang harus dihadapi oleh Ibu seperti kemungkinan munculnya reaksi alergi karena mengandung gula dan natrium tinggi. Sebelum enam bulan, bayi hanya diperbolehkan mengkonsumsi ASI atau susu formula. Sementara itu, air kelapa untuk anak 1 tahun dapat mendatangkan banyak manfaat bagi tubuhnya.

Manfaat Air Kelapa untuk Anak Lainnya


Air kelapa dengan sejumlah manfaat yang disediakan pada setiap butirnya tak hanya bagus untuk menjaga kadar air dalam tubuh terutama bagi anak-anak yang sangat aktif bermain dan berolahraga namun juga dapat dijadikan alternatif air minum selain air putih biasa. 

Air kelapa juga dapat menggantikan minuman kemasan lain yang mengandung pemanis dan pengawet buatan yang tidak baik untuk anak-anak. Melansir dari laman Mom Junction, berikut ini manfaat air kelapa untuk anak yang perlu Ibu ketahui lebih lanjut:

1. Dapat Menjadi Sumber Energi

Salah satu manfaat air kelapa untuk anak yaitu dapat membantu proses rehidrasi dan membuat tubuh si kecil segar meskipun terus aktif seharian. Sebagian besar anak-anak punya energi yang cukup banyak untuk bergerak aktif seharian penuh. 

Meskipun kegiatan di sekolah sangat padat, saat kembali ke rumah siang atau sore hari kadang kala ia masih memiliki sisa energi untuk bermain. Air kelapa memiliki kandungan gula dan natrium yang rendah sementara itu kandungan kalsium, klorida, dan kaliumnya cukup tinggi. 

Kandungan nutrisi yang begitu banyak ini dapat menjadi sumber energi untuk si kecil terus aktif bergerak.

2. Membantu Pertumbuhan Tulang yang Kuat

Anak-anak adalah fase di mana semua organ dan segala sistem yang ada dalam tubuh masih terus berkembang dan disempurnakan. Manfaat air kelapa untuk anak salah satunya dapat membantu tulang tumbuh dengan kuat. 

Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada segelas air kelapa dapat membantu si kecil memiliki tulang yang kuat serta sehat. Pertumbuhan tulang yang kuat dapat diimbangi dengan olahraga dan gaya hidup sehat aktif. 

Semakin tubuh aktif bergerak, maka kekuatan tulang dan otot tubuh semakin terasah dengan baik. Tulang yang kuat dapat menjadi sebuah investasi kesehatan jangka panjang.

3. Membuat Kulit Lebih Sehat

Tak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan kulit sehat dan bercahaya, anak-anak juga tetap membutuhkannya. Selain memiliki manfaat untuk organ tubuh bagian dalam, membuat kulit anak menjadi lebih sehat merupakan manfaat air kelapa untuk anak yang menakjubkan. 

Air kelapa sendiri memiliki sifat anti bakteri, anti mikroba, dan juga anti virus yang dapat membantu memulihkan kulit paska terjadi infeksi. Mengkonsumsi air kelapa untuk bayi juga dapat melembabkan kulit, menghilangkan minyak berlebih, mengencangkan kulit, hingga membuat kulit buah hati Ibu tampak bersih dan sehat.

4. Mengobati Penyakit ISK

Infeksi Saluran Kemih dapat terjadi pada orang dewasa namun ternyata hal ini lebih rawan terjadi pada anak-anak. Beberapa penyebab anak-anak mengalami hal ini antara lain adalah menahan pipis dalam waktu yang lama atau tidak menjaga kebersihan alat vital dengan baik. 

Manfaat air kelapa untuk anak salah satunya dapat mengobati infeksi saluran kemih karena air kelapa memiliki sifat diuretik. Air kelapa yang penuh nutrisi dan bergizi ini juga dapat meminimalkan resiko batu ginjal pada anak.

5. Membuat Pencernaan Anak Lebih Baik


Anak-anak terkadang sangat memilih makanan sehingga lupa mengkonsumsi buah atau sayuran yang penuh serat dan bagus untuk pencernaan. Kekurangan sayur dan buah dapat membuat si kecil kekurangan serat sehingga anak-anak juga rentan terhadap masalah pencernaan seperti susah buang air besar. 

Manfaat air kelapa untuk anak juga dapat dirasakan pada sistem pencernaannya karena mengandung serat yang tinggi. Selain bagus untuk pencernaan, air kelapa dapat membantu meminimalkan terjadinya refluks asam.

6. Mencegah Terjadinya Kram Otot

Manfaat air kelapa untuk anak yang sangat aktif bergerak dan suka berolahraga salah satunya dapat mencegah terjadinya kram otot. Hal ini dikarenakan air kelapa punya kandungan potasium yang tinggi. 

Berikan air kelapa setelah si kecil melakukan olahraga atau aktifitas fisik lainnya untuk mengurangi resiko terjadinya kram otot. Namun pastikan juga Ibu memberi peringatan pada si kecil untuk melakukan sejumlah pemanasan dan pendinginan sebelum atau setelah berolahraga.

7. Membantu Mengobati Cacingan

Selain mengkonsumsi obat cacing rutin, ternyata manfaat air kelapa untuk anak juga dapat dijadikan sebagai obat cacingan pada anak. Hal yang membedakan hanyalah waktunya saja, bila obat cacing dikonsumsi enam bulan sekali untuk mengobati cacingan, maka air kelapa bisa diminum kapan saja untuk membantu mengatasi masalah ini. 

Ingat juga untuk terus mengajak si kecil menjaga kebersihan tangan terutama bagian kukunya.

8. Menetralkan Efek Racun

Keracunan yang dimaksud adalah sifatnya yang tidak fatal dan cenderung masih bisa disembuhkan dengan air kelapa, misalnya tidak sengaja mengkonsumsi makanan laut yang kurang higienis, makanan yang hampir basi, atau mengkonsumsi suatu makanan penyebab alergi namun anak Ibu belum mengetahuinya. 

Pada beberapa kasus ini, manfaat air kelapa untuk anak dapat dijadikan sebagai penetral racun. Namun bila kondisinya belum membaik, Ibu bisa langsung membawanya ke rumah sakit dalam kurun waktu 24 jam tidak lebih.

9. Meningkatkan Sirkulasi Oksigen

Manfaat air kelapa untuk anak dapat juga membantu meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuhnya. Sirkulasi oksigen yang baik dalam darah si kecil harus terjaga dengan baik, selain untuk kesehatan, sirkulasi oksigen yang lancar juga akan membantu menyehatkan kulitnya.

10. Mencegah Dehidrasi dan Mengobati Penyakit Lainnya

Dehidrasi pada anak perlu diwaspadai, inilah mengapa banyak yang menyarankan mengkonsumsi air kelapa untuk anak diare karena dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik selain mengkonsumsi air putih. 

Air kelapa untuk anak muntah juga dapat diberikan karena akan membantu mengurangi rasa mualnya. 

11. Air Kelapa untuk Anak Demam, Pilek, dan Flu

Mengutip dari laman Parenting First Cry, manfaat air kelapa untuk anak dapat juga dirasakan ketika ia sedang demam, pilek, ataupun flu. Hal ini disebabkan karena air kelapa mengandung jumlah vitamin, mineral, dan garam yang tepat untuk mengobati demam, pilek, maupun flu. 

Meski air kelapa dapat menjadi obat yang alami untuk demam, pilek, ataupun flu, namun Ibu tetap perlu waspada dan membawa si kecil ke dokter bila kondisinya tidak membaik.

Petunjuk Memberikan Air Kelapa untuk Anak


Meskipun air kelapa punya banyak manfaat bagi si kecil, namun dalam pemberiannya tidak bisa sembarangan. Melansir dari laman Parenting First Cry, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan air kelapa supaya manfaat air kelapa untuk anak lebih maksimal:

1. Berikan Kelapa Segar

Manfaat air kelapa untuk anak akan terlihat dengan baik bila Ibu memilih air kelapa yang berasal dari sebutir kelapa yang segar, terutama kelapa muda. Bila harus membeli air kelapa dalam bentuk kemasan, pastikan air kelapa tersebut murni tanpa tambahan gula atau pengawet lainnya yang justru berbahaya untuk tubuh si kecil.

2. Minumlah Secara Perlahan

Sebenarnya ini berlaku untuk segala macam minuman yang diberikan kepada si kecil, air putih maupun air kelapa segar sebaiknya diminumkan secara bertahap dan tidak sekali teguk untuk si kecil untuk menghindari dari bahaya tersedak atau bahaya lainnya. Selain itu, memberi air kelapa secara bertahap dapat membantu Ibu untuk mengenali reaksi si kecil apakah ia suka atau justru ini bukan pilihan yang tepat.

3. Perhatikan Alergi Si Kecil

Tidak semua anak cocok mengkonsumsi air kelapa, beberapa anak akan timbul reaksi alergi walaupun diberikan pada usia yang tepat. Ketahui dulu apakah si kecil memiliki riwayat alergi atau tidak karena bila ia alergi terhadap buah atau kacang, sebaiknya air kelapa tidak diberikan.

4. Ketahui Cara Penyimpanan yang Tepat

Air kelapa tidak seperti air putih yang dapat disimpan kapan saja dalam lemari pendingin karena bila terlalu lama, rasa dan teksturnya dapat berubah. Air kelapa dapat disimpan di dalam kulkas selama 24 jam, dan dapat disimpan pada suhu kamar selama 5 hingga 10 hari dengan catatan air kelapa ditaruh ditempat tertutup. 

Jangan berikan air kelapa yang sudah dibuka dalam waktu yang lama pada si kecil karena ditakutkan akan menimbulkan reaksi lainnya. 

5. Cek Tekstur Air Kelapa

Beberapa air kelapa ada yang disajikan dengan potongan halus ataupun kecil, namun ada juga yang disajikan hanya air kelapanya saja. Untuk menghindari bahaya tersedak karena si kecil belum bisa mengunyah dengan sempurna, Ibu bisa menyaring air kelapa terlebih dahulu supaya lebih aman saat dikonsumsi.

6. Berikan Air Kelapa Sesuai Anjuran

Jangan memberikan air kelapa dingin kepada si kecil yang sedang kedinginan, untuk menyiasatinya, Ibu bisa menaruhnya terlebih dahulu pada suhu ruangan dengan wadah yang masih tertutup. Air kelapa juga tidak dianjurkan untuk bayi di bawah usia enam bulan atau saat mereka belum diperbolehkan mengkonsumsi makanan padat.

7. Air Kelapa dapat Dikreasikan

Tak hanya diminum begitu saja, nyatanya air kelapa dapat dijadikan untuk mengolah bahan makanan lainnya seperti puding, sayuran, atau lainnya. Pastikan air kelapa yang dikonsumsi segar untuk rasa yang lebih baik dan lebih menyehatkan.

Editor: Dwi Ratih