Balita Dibaca 2,233 kali

Ini Biaya Membesarkan Bayi di Indonesia

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 20 Juli, 2019 03:07

Ini Biaya Membesarkan Bayi di Indonesia

Membesarkan bayi tentunya tidak murah! Sebagai orang tua, Bunda pasti ingin memastikan si kecil mendapatkan yang terbaik mulai dari makanan, pendidikan, mainan, dan sebagainya. Meskipun Bunda tidak keberatan untuk mengeluarkan banyak biaya untuk membesarkan bayi, ada baiknya jika Bunda mengetahui perkiraan jumlah yang harus Bunda siapkan untuk si kecil. Hal ini agar Anda dapat memiliki rencana keuangan yang baik.

Nah, berikut ini adalah daftar pengeluaran yang paling sering dikeluarkan untuk membesarkan bayi. Simak yuk!

Susu Formula

Harga: Rp.300.000 – Rp.800.000 per bulan

Di Indonesia masih banyak bayi yang diberi susu formula demi mendapatkan nutrisi tambahan. Tapi sebenarnya akan jauh lebih baik jika Bunda menyusui si kecil selama Bunda bisa. Selain dapat berhemat, manfaat ASI untuk kesehatan si kecil sangatlah banyak. Tapi jika Bunda memiliki masalah dalam proses menyusi, tetap usahakanlah untuk tetap dapat menyusui si kecil. Pengeluaran susu formula dapat dialihkan untuk konsultasi laktasi, membeli breast pump, serta mungkin beberapa obat-obatan dari dokter untuk memperlancar ASI atau makanan pelancar ASI.

Popok

Harga: Rp.180.000 – Rp.225.000

Jika Bunda ingin berhemat, Bunda dapat menggunakan popok kain modern (clodi) yang dijual di pasaran dengan harga paling murah Rp.60.000. Jika diasumsikan popok kain dapat digunakan selama 2 tahun, Bunda dapat membeli 24 popok kain yang digunakan secara bergantian setiap hari. Ini dapat menghemat pengeluaran lebih besar. Tetapi, jika Bunda memilih untuk menggunakan popok sekali pakai, cara terbaik untuk menghemat pengeluaran Bunda adalah dengan membeli popok dalam jumlah besar di online shop atau toko grosiran.

Perlengkapan Bayi

Harga: Bervariasi

Perlengkapan bayi yang dimaksud bisa berupa stroller, car seat, high chair, freezer ASI, mainan bayi dan lain-lain. Mungkin ada beberapa dari Bunda yang ingin membeli semua barang itu dan berencana untuk menggunakannya kembali jika diberi kesempatan untuk memiliki anak lagi. Tapi jika Bunda ingin berhemat, Bunda dapat menyewa perlengkapan bayi di toko-toko atau situs online yang sudah mulai banyak muncul. Selain itu, Bunda juga dapat membeli perlengkapan bayi secondhand melalui komunitas ibu atau kenalan serta saudara Bunda.

Pakaian

Harga : Rp.200.000 – Rp.500.000 per bulan

Membeli baju bayi merupakan kebutuhan pokok yang harus Bunda keluarkan tiap bulan. Untungnya jika Bunda termasuk pasangan yang baru dikaruniai anak pertama, Bunda mungkin mendapatkan banyak hadiah pakaian bayi dari kolega atau saudara Bunda. Setelah itu, Bunda dapat berhemat untuk memenuhi kebutuhan pakaian bayi Bunda dengan cara mengajak teman yang juga ingin membeli pakaian bayi belanja bersama. Beli dalam jumlah banyak dapat memotong pengeluaran Bunda dibanding beli satuan. Mencari baju turunan dari saudara juga bisa dilakukan untuk berhemat mengingat anak akan tumbuh dengan pesat dan seringkali ada baju yang masih bagus tapi sudah tidak muat lagi.

Makanan

Harga: Rp.170.000 – Rp.270.000 per bulan

Ketika si kecil menginjak usia 6 bulan, Bunda pasti ingin mulai mencoba memberinya makanan padat. Tidak jarang para ibu membelikan buah hatinya sereal susu atau biskuit bayi. Bila Bunda mau menekan pengeluaran, Bunda bisa mengganti makanan tersebut dengan makanan buatan sendiri. Bahan makanannya bisa didapatkan dari makanan yang biasanya dimakan keluarga. Bunda dapat menghaluskannya atau memblendernya untuk si kecil. Tentunya akan lebih hemat, bukan?

(Atalya)