Rekomendasi

Wajib Tahu! Gendongan Bayi ini Nyaman untuk Si Kecil

Wajib Tahu! Gendongan Bayi ini Nyaman untuk Si Kecil

Gendongan bayi yang ada sekarang ini sudah lebih bervariasi daripada zaman dahulu. Selain memiliki beragam bentuk, beberapa gendongan bayi sudah dilengkapi dengan standar keamanan yang telah melalui beragam penelitian untuk membuat bayi Ibu aman. Gendongan bayi pun dianggap salah satu perlengkapan bayi yang wajib Ibu punya terutama bila si kecil belum melalui fase berdiri atau berjalan sendiri.

Manfaat Menggendong Bayi

Manfaat menggendong bayi pun sangat banyak. Melansir dari laman Motherly, berikut ini ada berbagai macam manfaat menggendong bayi yang mungkin belum diketahui banyak orang:

  • Solusi Praktis Saat Bepergian

    Gendongan bayi bisa menjadi salah satu solusi praktis bila Ibu akan bepergian. Gendongan bayi juga biasanya lebih mudah dibawa ke mana-mana bila dibandingkan dengan stroller atau jenis dorongan bayi lainnya. Jaman dahulu jenis gendongan bayi hanya berupa selendang yang terbuat dari bahan yang lembut serta kuat untuk menggendong si kecil.

  • Membuat Bonding Ibu dan Anak Lebih Kuat

    Menggendong bayi akan membuat ikatan antara Ibu dan si kecil menjadi lebih kuat karena adanya skin to skin dan si kecil seperti dipeluk oleh Ibu. Dengan menggunakan gendongan bayi, Ibu menjadi lebih mudah berbicara langsung kepada si kecil sehingga si kecil akan merasa lebih dekat dengan Ibunya.

  • Bayi Cenderung Merasa Aman dan Nyaman Saat Digendong

    Perasaan aman dan nyaman pada bayi saat digendong sering terlihat karena biasanya si kecil akan lebih tenang serta tidak rewel. Tak heran bila tangisannya akan berhenti ketika Ibu menggendong si kecil. Jangan biarkan si kecil menangis terlalu lama karena akan membuatnya merasa terabaikan. Bila ini terus berulang maka akan berdampak tidak baik bagi tumbuh kembang si kecil.

  • Bayi Merasa Lebih Mendapat Perhatian

    Menjadi lebih dekat dengan Ibu saat digendong membuat bayi juga merasa lebih diperhatikan karena saat menggendong, jarak Ibu dan bayi yang dekat akan membuat Ibu semakin mudah mencurahkan kasih sayang seperti mencium, memeluk, membuat si kecil tertawa, atau bahkan bercerita. Ingat ya Bu, bila anak bahagia maka proses tumbuh kembang si kecil akan terbantu dengan baik.

  • Membuat Mental Ibu Lebih Sehat

    Sebaiknya tidak menjauhkan si kecil dengan Ibunya terutama setelah proses melahirkan. Biarkan Ibu menggendong si kecil supaya Ibu juga terhindar dari baby blues. Beberapa Ibu akan mengalami baby blues karena tidak terjadi skin to skin dengan bayinya. Kontak kulit antara Ibu dan bayi justru akan mengeluarkan hormon cinta pada ibu (oksitosin) yang dapat berpengaruh pada fisik dan psikis Ibu. Hormon oksitoksin sendiri dapat membantu ASI keluar atau membuatnya lebih lancar. Perlu dipahami bahwa menggendong bayi akan membuat bayi lebih manja dan bau tangan adalah sebuah mitos.

  • Membantu Meningkatkan Perkembangan Otak Si Kecil

    Siapa sangka kegiatan menggendong bayi yang dianggap hal biasa oleh sebagian orang justru punya dampak yang luar biasa pada otak bayi. Saat bayi digendong oleh Ibu, syaraf-syaraf pada otak si kecil akan saling terhubung dengan baik karena bayi merasa aman dan nyaman saat digendong. Selain itu, bayi akan lebih bahagia saat berdekatan dengan sang Ibu.

Aturan Menggendong Bayi yang Benar

Meski jenis gendongan bayi cukup beragam dan menarik, namun yang paling penting adalah cara menggendong bayi harus tepat dan benar supaya si kecil terhindar dari displasia panggul. Displasia panggul adalah kondisi dimana letak tulang panggul tidak pas dan hal ini dapat terjadi pada satu atau dua tungkai kaki.

Menurut Ndu Ratri Karuniasari, Pengurus Komunitas Jabodetabek Menggendong, yang dilansir melalui laman Kumparan, mengungkapkan bahwa cara menggendong bayi yang benar supaya si kecil terhindar dari displasia panggul adalah dengan menerapkan posisi M-shape. Posisi M-shape ini adalah cara menggendong bayi dengan posisi tegak (bukan tiduran), dan posisi pantat bayi lebih rendah daripada kedua lututnya. Menggendong dengan posisi M-shape juga dapat menjaga kesehatan sendi panggul bayi.

Rekomendasi Gendongan Bayi

Lalu seperti apa sih gendongan bayi yang tepat dan aman untuk si kecil? Pada ulasan berikut ini, team Ibupedia berhasil merangkumkan beberapa rekomendasi gendongan bayi yang aman dan nyaman, dilansir dari berbagai sumber:

  1. Selendang (Jarik Gendong) Bayi

    Selendang (Jarik Gendong) Bayi

    Selendang bayi atau biasa dikenal dengan jarik gendong untuk bayi sudah dikenal sejak lama dan terbuat dari bahan yang nyaman serta tidak panas untuk bayi. Disarankan menggendong dengan jarik juga menerapkan prinsip M-shape supaya si kecil terhindar dari displasia panggul. Gendongan bayi ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan dapat dilipat serta dimasukkan ke dalam tas sehingga sangat praktis.

    Dapatkan Selendang (Jarik Gendongan) Bayi di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia 
    - Lazada 
    Blibli

  2. Boba Wrap

    Boba <em>Wrap</em>

    Boba wrap bentuknya hampir sama dengan selendang bayi dengan bahan yang lebih lentur sehingga mampu membungkus seluruh badan bayi. Selain bayi merasa lebih hangat dan nyaman saat digendong model M-shape, dengan gendongan ini Ibu menjadi lebih mudah menyusui si kecil. Beberapa info menyebutkan gendongan bayi jenis Boba Wrap bahkan bisa digunakan untuk menggendong 2 bayi kembar sekaligus. Kisaran harga di atas 500,000 rupiah. Ibu bisa membelinya di berbagai marketplace kesayangan.

    Dapatkan Boba wrap di e-commerce berikut ini:
    Shopee
    - Tokopedia 
    Lazada 

  3. Mamaway Baby Ring Sling

    Mamaway <em>Baby Ring Sling</em>

    Gendongan bayi Mamaway Baby Ring Sling dapat digunakan untuk bayi dengan rentang usia 5 hingga 3 tahun (tergantung berat badan bayi). Gendongan bayi Mamaway dapat digunakan untuk 3 posisi seperti depan, pinggang, dan belakang. Tetap terapkan model M-shape apapun posisi menggendongnya ya, Bu. Ring sling dengan berbagai macam pilihan warna menarik ini dibandrol dengan kisaran harga di atas 500,000 hingga jutaan. Selain mudah digunakan, ring sling Mamaway dapat langsung dijadikan kantong setelah dilipat, jadi tidak perlu kantong tambahan untuk membawanya.

    Dapatkan Mamaway Baby Ring Sling di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Lazada 
    Blibli

  4. Chicco Soft and Dream Baby Carrier

    Chicco Soft and Dream Baby Carrier

    Chicco Soft and Dream Baby Carrier hanya bisa digunakan hingga bayi berusia 9 bulan. Gendongan bayi ini dilengkapi penutup kepala untuk bayi dan dapat menjadi pilihan tepat untuk travelling karena selain penutup kepala, terdapat juga gesper keamanan untuk mengatur gendongan secara maksimal.

  5. I-Angel Hipseat Carrier Miracle

    I-Angel Hipseat Carrier Miracle

    Gendongan bayi keluaran I-Angel ini memiliki kelebihan dapat digunakan untuk si kecil pada usia 1-36 bulan dengan maksimal berat 20kg. Selain itu, hipseat carrier sendiri diklaim mampu mengurangi sakit punggung, panggul, atau tulang belakang yang dirasakan saat menggendong si kecil. I-Angel Hipseat Carrier Miracle ini punya desain yang fashionable serta pilihan warna yang elegan, cocok sekali untuk para Ibu yang sangat tertarik dengan fashion dan gaya trendi. Kisaran harga I-Angel Hipseat Carrier Miracle adalah 3 jutaan.

  6. Ergo Baby 4 Positions 360

    Ergo Baby 4 Positions 360

    Gendongan bayi ergo baby ini dapat digunakan untuk menggendong dengan empat posisi yaitu depan, belakang, samping, dan juga gendongan punggung. Ergo baby diklaim dapat digunakan untuk si kecil hingga usia 3 tahun. Gendongan bayi ini juga terbuat dari bahan yang halus dan lembut sehingga membuat si kecil nyaman. Harga untuk satu buah Ergo Baby mencapai 2,8 juta rupiah.

  7. Mooimom Lightweight Hipseat Carrier

    Mooimom Lightweight Hipseat Carrier

    Mooimom Lightweight Hipseat Carrier diklaim menjadi gendongan super ringan saat digunakan dan dibawa dengan berat gendongan hanya sekitar 800 gr saja. Selain itu, waistband pada hipseat ini termasuk yang paling panjang dengan ukuran 123 cm serta velcro atau perekat yang lebar. Dudukan pada gendongan bayi ini pun terbuat dari bahan ramah lingkungan yang tahan lama, memiliki kelembapan yang baik, dan dapat tahan dengan suhu berapa pun. Gendongan bayi Mooimom dapat digunakan untuk bayi usia 3-36 bulan dengan berat bayi maksimal 20 kg. Untuk harga terbilang lebih terjangkau dibandingkan merk lainnya, yaitu sekitar 600,000 rupiah.

    Dapatkan Mooimom Lightweight Hipseat Carrier di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia 
    Lazada 

  8. Cimo Baby dan Kids Geos

    Cimo Baby dan Kids

    Ibu lebih suka menggunakan geos? Bila iya, maka disarankan memilih geos dengan bahan yang aman dan tidak mudah sobek ya Bu. Gendongan bayi milih Cimo Baby dan Kids Geos ini juga layak dipertimbangkan. Harganya terjangkau dan memiliki tekstur bahan yang elastis serta lembut. Dapat digunakan untuk si kecil hingga usia 3 tahun.

    Dapatkan Cimo Baby dan Kids Geos di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia 

Tips Memilih Gendongan Bayi

Masih ragu memilih gendongan bayi jenis apa? Ada baiknya Ibu simak tips memilih gendongan bayi seperti berikut ini, dilansir melalui laman alodokter:

  • Pastikan Memilih Gendongan Sesuai Usia Si Kecil

    Berbagai macam gendongan bayi yang ada belum tentu dapat digunakan di berbagai rentang usia. Oleh karenanya, Ibu harus tahu terlebih dahulu jenis gendongan apa yang tepat. Biasanya, merek gendongan akan menunjukkan target usia untuk produk gendongannya yang tertera di kemasan.

  • Pilihkan Gendongan yang Nyaman

    Hindari memilih gendongan dengan bahan yang panas karena akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dan justru membuatnya rewel. 

  • Terbuat dari bahan yang kuat

    Tidak semua jenis gendongan bayi memiliki kain yang elastis dan kuat menopang tubuh bayi. Lihat kembali apa gendongan bayi pilihan Ibu terbuat dari bahan yang elastis serta kuat untuk menggendong si kecil dengan berbagai kondisi.

Penulis: Luciana
 Editor: Dwi Ratih