Kehamilan

6 Fakta Doula Persalinan dan Rekomendasi Doula Terbaik!

6 Fakta Doula Persalinan dan Rekomendasi Doula Terbaik!

Doula persalinan sudah semakin umum dikenal oleh masyarakat untuk mendampingi momen persalinan Ibu

Banyak yang sudah jauh hari menyiapkan doula persalinan yang sudah berpengalaman untuk momen kelahiran si kecil nanti. Tak sedikit juga yang sengaja berkonsultasi dengan doula persalinan sejak awal kehamilan karena dirasa lebih nyaman dan menenangkan. 

Doula Indonesia juga sudah cukup banyak dikenal masyarakat luas, terutama doula yang berlokasi di daerah yang dekat dengan alam yang menenangkan. 

Tarif doula sendiri cenderung lebih beragam dan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan atau daerah di mana doula tersebut tinggal. Memilih doula persalinan, dokter kandungan, atau bidan adalah hak setiap orang tua dan ketiganya memiliki keahlian yang tidak jauh berbeda. 

Cari tahu terlebih dahulu mana yang lebih pas di hati Ayah dan Ibu ya!

Mengenal Doula Persalinan Lebih Jauh


Doula persalinan banyak dipilih saat ini karena beberapa orang tua kemungkinan ingin mengurangi intervensi medis selama kelahiran dan ingin melalui momen kelahiran secara alami. 

Berikut ini beberapa fakta doula persalinan yang perlu Ibu ketahui:

1. Doula Persalinan Dapat Hadir di Ruang Persalinan

Pilihan menggunakan doula persalinan tidak salah, beberapa doula persalinan juga ada yang hadir di ruang persalinan rumah sakit bila Ibu benar-benar menginginkannya. 

Sementara itu, doula persalinan tidak akan melarang juga keputusan orang tua atau dokter bila harus menggunakan jalur medis saat persalinan. Semua bekerja sama dengan baik, memilih jalan terbaik untuk kelahiran si kecil. 

Jadi apapun proses kelahiran yang Ibu alami, dengan siapapun Ibu melahirkan, prosesnya adalah sama dan pasti akan mendatangkan kebahagiaan bagi siapapun. 

2. Memprioritaskan Proses Kelahiran Alami

Intinya, bila menginginkan proses kelahiran yang lebih alami, doula adalah pilihan yang tepat. Namun Ibu tetap perlu mengecek terlebih dahulu kondisi kehamilan saat ini apakah memungkinkan atau tidak. 

Doula Indonesia sudah banyak yang terlatih dan berhasil mewujudkan kelahiran alami yang menyenangkan, terutama untuk sang Ibu.

3. Doula Memberi Dukungan Fisik dan Emosi

Melansir dari laman What To Expect, doula adalah seorang ahli yang terlatih untuk memberikan dukungan emosional, fisik, bahkan dengan senang hati memberikan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh para orang tua. 

Segala informasi yang diberikan oleh doula persalinan cukup lengkap, dimulai dari informasi selama masa kehamilan, saat proses kelahiran, hingga perawatan setelah kelahiran, serta juga pada periode awal pasca persalinan saat Ibu menjadi seorang Ibu baru. 

4. Doula Menawarkan Teknik Khusus

Uniknya, doula akan menawarkan teknik manajemen nyeri non-medis seperti pijatan, refleksologi, penggunaan aromaterapi, music, hingga mantra yang menenangkan. Doula akan melakukan kombinasi dari berbagai hal tersebut guna mengetahui teknik mana yang akan pas untuk proses persalinan Ibu. 

Ya, persalinan bersama dengan Doula akan mengedepankan teknik ketenangan untuk batin lalu kemudian tubuh Ibu akan mengikuti kemana emosi positif ini akan mengalir. Beberapa Ibu memilih doula persalinan bukan karena takut persalinan dengan medis, namun karena mereka ingin memiliki pengalaman persalinan yang berbeda.

5. Doula Menyarankan Dukungan Penuh dari Keluarga

Doula Indonesia dan yang tersebar di berbagai penjuru dunia juga sangat mendukung hadirnya anggota keluarga di ruang persalinan karena hal ini akan membantu seorang Ibu merasa lebih tenang dan santai. 

Doula adalah seorang pendamping kehamilan yang sangat profesional di bidangnya dan memiliki tujuan mulia untuk membantu keluarga memiliki pengalaman persalinan yang aman, sehat, bahagia, dan mendatangkan suasana positif.

6. Doula Berbeda dengan Bidan

Ada yang pernah berpikir bahwa doula persalinan sama dengan Bidan? Hampir semua orang mengatakan hal ini, namun faktanya, doula persalinan dan Bidan cukup berbeda. 

Melansir dari laman What To Expect, bidan dapat berupa bidan perawat bersertifikat (CNM) atau bidan dengan sertifikat (CM). 

Bidan bersertifikat dilatih untuk menangani kehamilan berisiko rendah, persalinan tanpa komplikasi, mengajukan sejumlah tes untuk Ibu hamil bila diperlukan, meresepkan obat, hingga dapat memberikan perawatan ginekologi rutin seperti pemeriksaan fisik. 

Biasanya bidan yang telah memiliki sertifikat juga telah selesai menempuh pendidikan pascasarjana yang ada di wilayahnya. 

Sementara itu, doula persalinan tidak membutuhkan pendidikan tingkat pascasarjana, tidak memerlukan sertifikasi (walaupun banyak yang sudah bersertifikat), dan cenderung tidak memerlukan prosedur medis dalam menangani pasien. 

Doula persalinan ataupun postpartum tidak diizinkan untuk meresepkan obat namun akan fokus untuk memberikan dukungan penuh secara moril dan emosional bagi Ibu dan keluarga. 

Ibu yang memilih doula persalinan juga disarankan untuk tetap memeriksakan kandungan ke dokter kandungan atau bidan terdekat. Bila dirasa aman, maka persalinan melalui doula juga banyak yang sudah diperbolehkan dan cenderung aman.

Jenis Doula dan Tugasnya


Menyiapkan doula persalinan yang tepat untuk masa kelahiran si kecil nanti tentunya tak serta merta karena mengikuti trend saja, Ibu wajib tahu informasi lebih lanjut tentang doula persalinan ini. 

Doula Indonesia yang tersebar di seluruh Nusantara ini salah satu doula terbaik lho. Tarif doula yang ditawarkan juga biasanya masih  lebih terjangkau. Sementara itu, doula adalah salah satu tenaga ahli non medis yang memiliki dua jenis, melansir dari laman What To Expect, berikut ini ada dua jenis doula yang perlu Ibu ketahui:

1. Doula Persalinan

Faktanya, kelahiran dengan menggunakan jasa doula adalah salah satu yang diminati tak hanya dari sisi alaminya saja. Kabarnya, persalinan yang didampingi oleh doula ini cenderung akan membuat emosi sang Ibu akan lebih tenang sehingga rasa sakit seakan dapat dikontrol dengan baik melalui pengelolaan emosi yang tepat. 

Doula persalinan biasanya akan membantu dari mulai Ibu menjalani kehamilan, proses menjelang persalinan, hingga saat kelahiran si kecil.

2. Doula Postpartum

Selain doula persalinan, ada juga yang disebut sebagai doula postpartum  dimana ia akan memiliki tugas utama membantu Ibu dan keluarga menghadapi periode postpartum  atau beberapa minggu pertama setelah bayi dilahirkan. 

Meskipun terbagi menjadi dua, namun biasanya seorang doula adalah ahli profesional yang mampu melakukan kedua tugas tersebut sekaligus. Jadi Ibu tinggal memilih doula Indonesia yang cocok dan tepat saja, jangan lupa untuk mengulik tuntas tarif doula sesuai pilihan Ibu nantinya.

Tugas utama doula persalinan maupun postpartum adalah memberikan sumber kenyamanan, dukungan penuh yang berkelanjutan (baik fisik maupun emosional), serta afirmasi positif selama persalinan berlangsung dan juga setelah persalinan. 

Doula Indonesia dan dimanapun akan berbeda dengan dokter kandungan atau bidan karena doula adalah tenaga ahli yang tidak memiliki pelatihan secara medis. 

Doula akan membantu Ibu untuk menjalani proses persalinan dengan teknik menenangkan atau relaksasi, latihan pernafasan, hingga informasi lain tentang proses persalinan yang terbaik untuk Ibu. 

Doula juga boleh hadir di ruang persalinan rumah sakit bila Ibu memerlukan dan menginginkannya karena doula dapat juga bekerja sebagai mediator dan advokat selama proses kelahiran di rumah sakit, tentu saja dokter kandungan akan tetap memandu jalannya proses kelahiran sesuai bidangnya.

Rekomendasi Doula Indonesia

Sudah mantap ingin menggunakan jasa doula persalinan nanti? Doula Indonesia sudah sama bagusnya dengan doula yang ada di seluruh penjuru dunia. 

Berikut ini beberapa daftar Doula Indonesia yang berpengalaman dan dapat menjadi rekomendasi untuk Ibu ya:

1. Lanny Kuswandi


Siapa yang tidak kenal dengan Oma Lanny Kuswandi? Awalnya, Oma Lanny ini merupakan seorang bidan yang juga merangkap sebagai doula. Selain itu, beliau juga merupakan pengembang Hypnobirthing di Indonesia sekaligus founder Hypnobirthing Indonesia. 

Oma Lanny sudah sangat terkenal sebagai doula andalan terutama di kalangan selebritis tanah air seperti Nagita Slavina, Caca Tengker, dan masih banyak lagi. Mengenai informasi tarif doula, Ibu bisa langsung menghubungi Oma Lanny Kuswandi melalui nomor whatsapp : 08129329943 atau 082158574124 ya!

2. Jamilatus Sa’diyah


Doula persalinan berikut ini adalah Ibu Mila atau Ibu Jamilatus Sa’diyah yang juga sudah sangat terkenal dan sempat ikut membantu persalinan kalangan selebritis tanah air. Salah satu yang pernah berkonsultasi dengannya yaitu Aurel Hermansyah. 

Doula Indonesia yang satu ini juga turut serta bergabung bersama dengan Oma Lanny Kuswandi di Hypnobirthing Indonesia. 

Ibu Mila juga merupakan praktisi prenatal gentle yoga dan kerap kali membagikan banyak info penting lain seputar kehamilan, kelahiran, hingga menyusui. Info lebih lengkap dapat segera menghubungi beliau melalui laman Instagram @jamilatus.sadiyah atau klik link melalui bio-nya.

3. Birth I’m With You


Adakah yang sudah follow instagram @birth.imwithu? Melalui laman instagram ini, Birth I’m With You banyak membagikan informasi terkait momen kelahiran seperti birth photography, kelas edukasi dan yoga, hingga pendaftaran doula persalinan. 

Beberapa doula yang cukup terkenal dan layak untuk dipertimbangkan adalah doula Irma Rakhma dan doula Sinta Joyosumarto. Selengkapnya silahkan langsung menghubungi instagram @birth.imwithu ya!

4. Nujuh Bulan Studio


Melalui Nujuh Bulan Studio, Ibu akan mendapatkan informasi terkait doula persalinan yang tersedia di sini. Founder Nujuh Bulan Studio ini adalah Ibu Tia Pratignyo yang juga merupakan salah satu doula bersertifikat, educator persalinan, dan juga pelatih yoga. 

Terdapat beberapa pelayanan di Nujuh Bulan Studio ini seperti doula kehamilan, doula persalinan, doula pascapersalinan, hingga doula kesuburan. Sesi yang ditawarkan di sini cukup unik karena Ibu akan mendapatkan sesi privat yang lebih intens sehingga Ibu lebih leluasa nantinya. 

Selain Ibu Tia Pratignyo, Ibu juga dapat bertemu doula persalinan handal lainnya salah satunya seperti Ibu Zahra Khayra. Tarif doula dapat langsung diketahui saat Ibu mengunjungi laman IG @nujuhbulanstudio lalu kemudian klik link pada bio.

5. Melati Yuliandari


Doula persalinan bersertifikasi dari Amani Birth ini berdomisili di Bandung, jadi Ibu yang berada di kawasan bandung dapat langsung bertanya melalui beliau. Selain seorang doula persalinan, Ibu Melati Yuliandari ini juga merupakan pengajar bersertifikat dan bidan di Bumi Sehat Bahagia. 

Tarif doula yang ditawarkan cukup terjangkau, silahkan langsung menghubungi beliau melalui nomor: 083822315165 atau e-mail melati.my@gmail.com.

6. Margareta Saulinas

Doula persalinan yang juga memiliki sertifikat Amani Birth adalah Ibu Margareta Saulinas yang berdomisili di Jakarta. Ibu Margareta Saulinas juga biasa dikenal sebagai Mak Doula Etha, beliau tak hanya seorang doula persalinan namun juga berperan sebagai konselor menyusui, terapis, hingga praktisi meditasi. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan dan tarif doula yang ditawarkan, Ibu bisa langsung menghubungi 081310239523 atau melalui e-mail margreats@gmail.com

7. Dyah Pratitasari (Teman Lahiran)


Dyah Pratitasari doula persalinan yang juga merupakan bagian dari Teman Lahiran. Ibu Prita tak hanya berperan sebagai doula persalinan saja namun juga sebagai instruktur yoga kehamilan, fotografer persalinan, konselor menyusui, hingga founder komunitas Gentle Birth untuk Semua. 

Untuk info lebih lanjut mengenai program layanan yang ada di Teman Lahiran maupun tarif doula yang ditawarkan, Ibu dapat langsung mengunjungi laman IG @temanlahiran.

Editor: Dwi Ratih