Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ketan Putih: Fakta atau Mitos?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ketan Putih: Fakta atau Mitos?

Bolehkah Ibu hamil makan ketan putih?

Mungkin Ibu sedikit merasa resah saat mendengar imbauan yang tidak jelas asalnya dari mana perihal tidak boleh ibu hamil makan ketan. Padahal, ketan adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Energi yang berasal dari makanan yang dikonsumsi nantinya diperlukan oleh tubuh sebagai bahan bakar bagi organ-organ tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. 

Pasalnya, bagi orang Asia ketan adalah makanan yang lazim dikonsumsi sehari-hari, baik sebagai makanan pokok ataupun camilan.

Tapi, sebagai Ibu hamil mungkin tetap akan bertanya-tanya perihal bolehkah Ibu hamil makan ketan hitam dan putih.

Pandangan dokter tentang bolehkah ibu hamil makan ketan hitam dan putih

bolehkah-ibu-hamil-makan-ketan-putih-fakta-atau-mitos-1

Bolehkah Ibu hamil makan ketan putih?

Dr. Yan William yang merupakan seorang dokter umum di daerah Petamburan memberikan pendapatnya soal polemik bolehkah ibu hamil makan ketan hitam dan putih. Menurutnya, larangan soal bolehkah makan ketan putih saat hamil hanyalah mitos.

Ibu hamil sarat dihadapi oleh larangan makanan ini dan itu, misalnya larangan mengkonsumsi air kelapa, air dingin, makanan pedas, ketan hitam, ketan putih, dan sebagainya. Sebagai Ibu hamil yang kerap khawatir dengan kondisi janinnya, bukannya tidak sering termakan oleh mitos yang tidak beralasan seperti itu.

Prinsipnya, Ibu hamil tidak memiliki larangan makanan apapun selain makanan yang dapat menyebabkan alergi berupa gatal-gatal atau bentol akibat konsumsi makanan tertentu. Itulah pandangan dokter menjawab polemik bolehkah ibu hamil makan ketan putih

Kandungan nutrisi dalam ketan putih dan hitam

bolehkah-ibu-hamil-makan-ketan-putih-fakta-atau-mitos-2

Bolehkah Ibu hamil makan ketan putih dan hitam? Mungkin Ibu harus mengetahui kandungan nutrisinya terlebih dahulu sebelum mendapatkan jawabannya.

Ketan merupakan makanan yang mirip nasi namun memiliki rasa nikmat dan tekstur lengket yang gurih. Dalam satu cangkir ketan mengandung kalori sebesar 169 kalori, 37 gram karbohidrat, 4 gram protein, dan 0 gram lemak.

Selain itu, ketan juga mengandung potasium, kalsium, serta seng yang baik bagi perkembangan janin. Dengan kandungan nutrisi ketan tersebut, berikut manfaat konsumsi ketan bagi Ibu hamil: 

1. Mengelola kadar gula darah dalam tubuh Ibu hamil

Kandungan karbohidrat dan kalori ketan memang tinggi jika dibandingkan dengan nasi putih dan nasi merah. Namun, jenis karbohidrat dalam ketan adalah karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks sendiri berbeda dengan karbohidrat sederhana. Jika Ibu mengkonsumsi ketan dengan wajar, maka akan membantu mengelola gula darah Ibu hamil. Ini akan menjawab pertanyaan perihal bolehkah Ibu hamil makan ketan putih dan hitam.

2. Sumber energi

Karena ketan merupakan sumber karbohidrat, maka ketan menjadi salah sumber bahan bakar tubuh untuk menghasilkan kalori. Kalori yang terbakar akan menjadi sumber energi bagi otot dan otak Ibu hamil.

Secara garis besar, efek dari mengkonsumsi ketan dan nasi adalah sama-sama membuat kenyang. Namun, mengkonsumsi ketan lebih cepat terasa kenyangnya. Diharapkan dengan informasi bahwa ketan merupakan sumber energi, akan menjawab pertanyaan Ibu soal bolehkah Ibu hamil makan ketan putih dan hitam.

3. Membangun jaringan ikat pada janin

bolehkah-ibu-hamil-makan-ketan-putih-fakta-atau-mitos-3

Ketan juga mengandung mangan yang bertugas untuk mengolah protein. Selain itu, mangan juga bermanfaat membangun jaringan ikat dan tulang rawan karena memiliki kandungan proteoglikan.

Dengan mengkonsumsi ketan, bayi diharapkan bisa lahir dengan sehat dan mencegah terjadinya kelahiran prematur. Bolehkah Ibu hamil makan ketan putih? Tentu boleh.

4. Meningkatkan kinerja sel

Bolehkah ibu hamil makan ketan putih?

Tentu boleh mengingat salah satu manfaatnya adalah meningkatkan kinerja sel. Penting untuk Ibu memiliki tubuh yang terus bermetabolisme dengan baik saat hamil. Agar terus bermetabolisme dengan baik, diperlukan kinerja sel yang baik pula.

Kandungan vitamin B5 dalam ketan akan mendukung sintesis hormon dalam tubuh Ibu agar menjadi lebih baik. Ini akan mencegah masalah akibat perubahan hormon seperti morning sickness. 

5. Serat yang baik

Sama halnya dengan nasi, ketan juga memiliki serat yang baik. Meski ketan lengket dibandingkan nasi biasa, ternyata ketan memiliki serat yang lebih banyak ketimbang nasi. Kandungan penting ini dapat melancarkan Buang Air Besar pada Ibu hamil. Manfaat serat yang baik juga cukup menjawab pertanyaan bolehkah Ibu hamil makan ketan putih.

Makanan yang harus dihindari Ibu hamil

bolehkah-ibu-hamil-makan-ketan-putih-fakta-atau-mitos-4

Sesungguhnya tidak ada larangan makanan bagi Ibu hamil sepanjang yang dikonsumsinya tidak memicu alergi. Yang terpenting dari nutrisi Ibu hamil adalah nutrisi seimbang untuk calon si buah hati.

Namun, tidak dapat dipungkiri ada sejumlah makanan yang tidak dapat dikonsumsi oleh Ibu hamil karena efek sampingnya berbahaya. Jenis makanan yang dimaksud adalah:

1. Daging mentah

Ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi daging sapi maupun ayam mentah karena jenis makanan ini berisiko terkontaminasi sejumlah bakteri seperti coliform, toxoplasmosis, dan salmonella yang berbahaya untuk Ibu hamil. Oleh karena itu, diharapkan Ibu hamil yang memesan steak harus daging yang sudah matang ya!

2. Ikan tinggi kandungan merkuri

Ikan memang bagus untuk Ibu hamil, tapi Ibu harus menghindari konsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti. Mackerel, Hiu, dan ikan pedang. Mengkonsumsi ikan tinggi merkuri terbukti dapat mengakibatkan keterlambatan perkembangan dan kerusakan otak janin. Ibu bisa memilih mengkonsumsi ikan rendah merkuri seperti ikan sarden, lele, nila, dan sebagainya.

Tampaknya pertanyaan Ibu mengenai bolehkah Ibu hamil makan ketan putih sudah terjawab ya! Makan ketan putih boleh, asal tidak berlebihan.

Editor: Dwi Ratih