Kehamilan

Tengorokan Sakit Saat Hamil? Simak 9 Cara Mengatasinya

Tengorokan Sakit Saat Hamil? Simak 9 Cara Mengatasinya

Tenggorokan sakit saat hamil adalah salah satu keluhan Ibu hamil. Sejatinya, sakit tenggorokan bisa menimpa siapa saja, baik anak-anak ataupun dewasa, perempuan maupun laki-laki. 

Tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh radang tenggorokan. Radang tenggorokan biasanya disebabkan karena infeksi bakteri tonsilitis atau Streptococcus yang kemudian terjadi inflamasi pada tenggorokan.

Sakit tenggorokan saat hamil apa obatnya?

Tenggorokan sakit saat hamil biasanya merupakan gejala awal flu dan dapat disembuhkan dengan bahan alami dengan waktu relatif singkat. Namun, kadangkala tenggorokan sakit menunjukkan gejala serius dan harus ditangani oleh medis profesional.

Cara mencegah tenggorokan sakit saat hamil terjadi dengan cara menerapkan pola hidup sehat seperti cukup tidur, rajin minum air putih, rajin olahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat.

Apa saja penyebab tenggorokan saat hamil?

Penyebab tenggorokan sakit saat hamil

tengorokan-sakit-saat-hamil-simak-9-cara-mengatasinya-1

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh iritasi yang terjadi pada bagian belakang tenggorokan. Gejala yang umum dirasakan adalah rasa nyeri, gatal, bahkan sensasi terbakar pada tenggorokan. Beberapa penyebab tenggorokan saat hamil antara lain:

  • Infeksi dan virus bakteri. Umumnya penyebab tenggorokan sakit saat hamil disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.
  • Faktor lingkungan. Faktor lingkungan berupa udara kering, debu, asap, serbuk sari, dan bahan kimia dapat menjadi faktor lingkungan yang menyebabkan tenggorokan sakit saat hamil
  • Asam lambung naik. Proses pencernaan yang lambat dan tingginya hormon progesteron dapat mengakibatkan asam lambung naik. Mulut bagian belakang akan terasa asam serta terasa sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
  • Faktor dari hormon kehamilan. Ibu hamil mengalami perubahan hormon kehamilan yang menyebabkan munculnya berbagai gejala seperti haus berlebihan, mulut kering, hingga tenggorokan sakit

Cara mengatasi tenggorokan sakit saat hamil

tengorokan-sakit-saat-hamil-simak-9-cara-mengatasinya-2

Seperti yang beberapa dilansir dari Parenting Firstcry, cara rumahan untuk mengobati tenggorokan saat hamil meliputi:

1. Memperbanyak minum air putih

Sakit tenggorokan saat hamil apa obatnya? Sebagian besar tenggorokan sakit saat hamil akan sembuh sendiri tanpa diobati dengan khusus. Memperbanyak minum air putih adalah cara mengatasi tenggorokan saat hamil yang paling sederhana.

Setidaknya dianjurkan minum air putih sebanyak dua liter untuk membantu meredakan tenggorokan sakit saat hamil. Ibu hamil harus memastikan sudah cukup terdehidrasi karena jika tenggorokan makin kering maka semakin memperburuk radang terjadi.

2. Minum air hangat dicampur madu

tengorokan-sakit-saat-hamil-simak-9-cara-mengatasinya-3

Cara mengatasi tenggorokan sakit saat hamil berikutnya adalah minum air hangat dicampur dengan madu. Madu terbukti efektif meredakan proses peradangan menurut beberapa penelitian. 

Selain itu, madu dapat meredakan batuk terutama batuk malam hari yang sangat mengganggu. Pastikan menggunakan madu alami yang tidak menggunakan pemanis buatan dalam kandungannya.

Ibu dapat mencampurkan satu sendok teh madu kedalam air atau teh hangat. Selain itu, Ibu juga dapat menambahkan lemon pada teh untuk memberikan rasa yang lebih enak.

3. Minum air garam campur madu

Tidak hanya mencampurkan madu dengan air hangat dan teh hangat saja. Ternyata mencampurkan madu dengan air garam juga termasuk cara mengatasi tenggorokan sakit saat hamil.

Ibu dapat mencampurkan air garam dengan satu sendok teh madu. Pastikan juga madu yang digunakan merupakan madu asli dan tidak menggunakan pemanis buatan.

4. Makan yoghurt

Mengkonsumsi yoghurt dipercaya dapat membantu mengatasi tenggorokan sakit saat hamil. Pilihlah yoghurt alami tanpa rasa dan mencampurkannya dengan potongan buah. Pastikan juga yoghurt yang dikonsumsi tidak memiliki kadar gula yang tinggi karena dapat memperparah penyembuhan sakit tenggorokan

5. Makan sup hangat

Makan sup hangat dapat melegakan tenggorokan sakit saat hamil. Usahakan sup yang dimasak menggunakan banyak sayuran seperti potongan wortel, seledri, dan lain-lain. Jangan lupa tetap pastikan asupan protein untuk tubuh. Ibu dapat membuat sup daging atau sup ayam juga untuk dikonsumsi saat tenggorokan sakit. 

6. Berkumur dengan air garam

Berkumur air garam dipercaya dapat membantu mengatasi tenggorokan sakit saat hamil. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat dan berkumurlah. Cara ini membantu melembabkan selaput tenggorokan dan membuatnya terasa lebih lega. Ibu hamil dapat berkumur dengan air garam beberapa kali dalam sehari.

7. Minum air jahe

tengorokan-sakit-saat-hamil-simak-9-cara-mengatasinya-4

Jahe memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan tubuh. Itulah sebabnya rempah ini populer digunakan di Indonesia sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai macam keluhan kesehatan, salah satunya tenggorokan sakit saat hamil.

Jahe juga memiliki sifat antibakteri dan jamur sehingga cukup ampuh mengatasi sakit tenggorokan akibat infeksi jamur dan bakteri.

8. Oatmeal

Ternyata mengkonsumsi oatmeal bisa juga menjadi usaha untuk meredakan sakit tenggorokan saat hamil. Ibu dapat menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi protein dan sayuran yang cukup ya bu.

9. Susu

Rasa sakit tenggorokan membuat Ibu kesulitan untuk menelan makanan. Ibu dapat membantu menambah asupan dengan mengkonsumsi susu. Selain untuk mencegah dehidrasi juga dapat mengenyangkan.

Sakit tenggorokan hamil apa obatnya? Pada dasarnya tenggorokan sakit saat hamil akan hilang dengan sendirinya. Selain itu Ibu juga dapat melakukan 9 cara mengatasi tenggorokan saat hamil.

Editor: Dwi Ratih