Kehamilan

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Madu mengandung beragam manfaat, lalu apakah manfaat madu untuk Ibu hamil?

Ibu hamil harus terus memastikan nutrisi yang didapat tiap harinya cukup. Oleh karena itu, Ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga tumbuh kembang janin pun optimal. Salah satu makanan mengandung gizi yang baik untuk Ibu hamil adalah madu. Benarkah ada manfaat madu untuk Ibu hamil?

Madu tersusun dari glukosa, fruktosa, dan air. Selain itu, cairan yang berasal dari lebah ini mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, protein, zat besi, kalsium, asam askorbat, asam pantotenat, niacin, dan juga riboflavin.

Manfaat madu untuk ibu hamil

manfaat-madu-untuk-ibu-hamil-yang-jarang-diketahui-1

Banyak sekali manfaat madu untuk ibu hamil muda, oleh karena itu biasanya Ibu hamil banyak yang senang mengkonsumsi madu rutin. Bahkan menurut para ahli, madu dapat membantu mengatasi keluhan-keluhan yang dirasakan sepanjang kehamilan. Agar Ibu lebih yakin, simak manfaat madu untuk ibu hamil berikut ini!

1. Mengurangi keluhan mual (morning sickness)

Salah satu manfaat madu untuk ibu hamil muda adalah membantu mengatasi keluhan mual. Mual dan muntah yang kerap dirasakan oleh Ibu hamil trimester pertama kehamilan disebabkan oleh perubahan hormonal. Madu yang dicampurkan dengan madu atau cuka apel dapat membantu Ibu mengatasi rasa mual.

2. Menjaga kesehatan Ibu hamil dan janin

Madu merupakan makanan kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh Ibu hamil. Itulah manfaat madu untuk Ibu hamil muda lainnya.

3. Meredakan batuk secara alami

manfaat-madu-untuk-ibu-hamil-yang-jarang-diketahui-2

Saat hamil, obat-obatan yang dapat dikonsumsi menjadi sangat terbatas. Madu adalah salah satu obat alami yang dapat Ibu konsumsi. Di dalam madu terdapat zat anti radang dan antibakteri. Madu yang dikombinasikan dengan bahan alami seperti jeruk nipis dan jahe dapat membuat khasiat madu untuk Ibu hamil semakin baik.

Ibu dapat mencampurkan satu sendok makan madu ke dalam satu cangkir susu panas untuk mengurangi batuk. Bisa juga dicampurkan dengan tumbukan bawang putih ke dalam madu. Simpan campuran ini di dalam toples setidaknya selama 24 jam hingga tercampur dengan baik. Cukup konsumsi satu sendok makan campuran ini dapat meredakan batuk.

4. Mengurangi nyeri tenggorokan

Manfaat madu untuk Ibu hamil trimester 3 juga cukup banyak, salah satunya adalah mengurangi nyeri tenggorokan. Madu diketahui memiliki zat anti nyeri yang dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan. Campurkan satu sendok makan madu dan beberapa tetes jeruk nipis ke dalam air hangat. Ibu bisa menggunakan larutan ini baik sebagai larutan kumur atau minuman untuk meredakan nyeri tenggorokan.

5. Meredakan hidung tersumbat

Salah satu manfaat madu untuk Ibu hamil trimester 3 adalah dapat meredakan hidung tersumbat yang mengganggu. Ibu dapat mencampur satu sendok makan madu dengan tetesan jeruk untuk meredakan hidung tersumbat.

6. Mengobati iritasi lambung


Manfaat madu untuk Ibu hamil trimester 3 adalah dapat mengobati iritasi lambung. Pencernaan yang melambat akibat perubahan hormonal dan pembesaran rahim dapat menekan usus dan lambung sehingga kerap membuat Ibu hamil merasa begah. Ini berakibat menjadi rasa perih pada lambung khususnya pada trimester akhir kehamilan. Satu sendok makan madu dicampur dengan segelas susu panas dapat mengurangi ketidaknyamanan akibat iritasi lambung.

7. Mencegah pertambahan berat badan berlebih

Ibu bisa menggunakan madu sebagai pemanis alami. Karena madu alami, sifatnya lebih baik dari pemanis buatan. Meskipun begitu, Ibu jangan mengkonsumsi madu secara berlebihan untuk menjaga berat badan selama kehamilan.

8. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Tidak hanya segelas susu hangat yang dapat membantu membuat tidur menjadi lebih lelap, minum madu dicampur air hangat juga dapat meningkatkan kualitas tidur Ibu hamil.

9. Menjaga kesehatan kulit

manfaat-madu-untuk-ibu-hamil-yang-jarang-diketahui-3

Ibu hamil banyak mengalami masalah hormonal, salah satunya kulit wajah kusam, berjerawat, kemerahan, hingga muncul flek hitam. Ibu bisa memanfaatkan madu sebagai masker alami yang membantu menjaga kesehatan kulit.

10. Mengatasi keluhan ketombe

Ternyata madu tidak hanya mengatasi keluhan di wajah maupun tubuh. Perubahan hormon pada Ibu hamil juga membuat Ibu merasakan keluhan gatal dan ketombe di kulit kepala. Ibu bisa memanfaatkan madu sebagai obat alami untuk mengatasi keluhan ini. Encerkan madu dengan air hangat kemudian usap dan pijat lembut kepala Ibu. Diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

11. Sebagai penambah energi

Saat Ibu memasuki trimester ketiga kehamilan, Ibu akan merasa lemas seiring dengan semakin beratnya janin yang dikandung. Mengkonsumsi madu bisa menjadi pilihan penambah energi alami yang aman bagi Ibu hamil.

Selain madu mengandung cukup kalori, madu bisa juga meningkatkan metabolisme tubuh.

Madu yang dapat dikonsumsi oleh Ibu hamil

manfaat-madu-untuk-ibu-hamil-yang-jarang-diketahui-4

Madu juga diketahui memiliki komponen untuk mengurangi reaksi alergi. Madu yang baik bagi Ibu hamil adalah madu murni tanpa zat tambahan apapun, terutama gula. Selain itu, pastikan madu yang akan dikonsumsi telah melewati proses pasteurisasi.

Proses pasteurisasi pada madu merupakan proses pemanasan hingga 72 derajat Celcius untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab penyakit. Pastikan saat membeli madu Ibu memperhatikan label yang tertera. Belilah madu di tempat yang terpercaya.

Manfaat madu untuk Ibu hamil sangatlah banyak. Ibu hamil dapat mengkonsumsi madu rutin asal tidak berlebihan.

Editor: Dwi Ratih