Kelahiran

Ide Nama Bayi dengan Tema Luar Angkasa

Ide Nama Bayi dengan Tema Luar Angkasa

Memilih nama untuk anak itu nggak gampang. Ya, kan, Bu? Biasanya, orangtua akan menamai anak dengan beberapa acuan, seperti nama idola mereka, yang mirip dengan nama mereka, nama-nama yang terkait dengan agama atau yang menurut mereka unik. Kira-kira, betul nggak acuan tersebut menurut pendapat Ibu? Memberi nama anak, memang tidak ada aturan bakunya, namun pastinya, berilah anak nama yang baik. Nama seseorang seringkali dikaitkan dengan doa, maksudnya, ketika memberi nama seorang anak, itulah yang kita harapkan bagi si anak kelak.

Berikut adalah beberapa saran untuk memberi nama bayi yang baik

  1. Punya makna baik

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebuah nama diharapkan menjadi doa bagi si anak. Maka, berilah anak nama yang baik, misalnya, yang memiliki arti ‘surga’, ‘pemimpin’ atau ‘cahaya’.

  2. Hindari nama orang yang tidak disukai

    Sebaiknya tidak memberi nama bayi dari seseorang yang tidak disukai, atau yang terkenal memiliki reputasi buruk, meskipun arti nama orang tersebut bukanlah suatu yang buruk. Soalnya, hal ini bisa nantinya berdampak buat si anak secara tidak langsung. Nama atau image buruk orang tersebut bisa melekat pada anak, dan anak bisa menjadi bahan ejekan orang di sekitarnya.

  3. Jangan asal unik

    Sekarang ini, banyak banget, orangtua yang memberi nama bayi yang unik. Mungkin, nama tersebut dirasa berbeda dengan nama-nama yang sudah ada atau bakal terdengar menggemaskan ketika disebut. Tapi mesti diingat, nih, Bu. Nama yang unik bakal terdengar lucu ketika dipasangkan dengan bayi, namun belum tentu baik untuk si anak ketika ia besar nanti, apalagi ketika anak sudah memasuki dunia kerja. Bahkan, nama bayi yang kelewat unik ini seringkali tidak ada maknanya, tidak gampang diingat, bahkan sulit untuk diucapkan.

  4. Jangan terlalu ‘berat’

    Kembali pada bahasan sebelumnya, nama yang terlalu ‘berat’ dikatakan bisa membuat anak tertekan, hal ini karena nama yang diberikan padanya meningkatkan ekspektasi orang-orang di sekitarnya mengenai si anak. Contoh, ketika menamai anak dengan nama Aristotle, pastinya anak tersebut diharapkan menjadi seorang pemikir yang andal, atau ketika diberi nama Muhammad, anak tersebut diharapkan memiliki banyak sifat hebat dan mulia.

  5. Nama panggil yang baik

    Selain nama panjang, mempertimbangkan nama panggil atau singkatan yang baik buat anak juga penting, nih. Misalnya ketika Ibu memberi nama bayi ‘Rika’, ketika besar nanti, panggilannya akan menjadi ‘Bu Rik’.

  6. Jangan terlalu panjang

    Lagi-lagi, ini biasanya dipicu oleh nama yang dirasa unik dan lucu, atau orangtua yang ‘berebut’ untuk memberi nama untuk anak mereka, belum lagi ada juga kakek dan nenek yang juga ingin namanya diturunkan untuk cucunya. Duh, terbayang, tidak, Bu, ketika nanti ia mesti menjalani ujian dan mesti memberi tanda untuk namanya di kertas ujian, bisa-bisa sepersekian waktunya habis lebih dulu.

  7. Terlalu umum

    Maksudnya, sebaiknya nggak memberi nama bayi 'sejuta umat' atau yang sudah sangat umum. Misalnya, Putri, Putra, atau Dian.

   

Nah, setelah memikirkan beberapa pertimbangan di atas, berikut adalah beberapa ide untuk nama bayi yang unik dengan tema galaksi atau luar angkasa. Nama-nama berikut terdengar wajar, simple dan tetap punya makna yang baik.


Ide nama bayi dengan tema luar angkasa untuk anak laki-laki 


Aerglo

Dari kata ‘airglow’. Ini merupakan cahaya alami langit malam yang dihasilkan dari berbagai reaksi yang terjadi di atmosfer teratas bumi.

Apollo

Nama dewa Yunani yang berkuasa atas matahari dan terang.

Arche

Merupakan nama bulan yang mengorbit di planet Jupiter.

Archer

Merupakan simbol dari kekuatan. Ini adalah nama kelompok bintang Sagitarius yang  dilambangkan dengan sosok setengah kuda dan setengah manusia.

Aries

Adalah nama rasi bintang yang pertama. Umumnya, rasi bintang ini dikenal dengan istilah zodiak. Aries pas, nih, dijadikan nama bayi yang lahir di sekitar bulan Maret hingga April.

Aster

Berarti bintang dalam bahasa Yunani.

Aten

Aten adalah nama kelompok asteroid.

Atlas

Dikenal sebagai titan dalam dunia astronomi.

Awan

Selain punya makna menaungi, awan juga sesuatu yang indah ketika berpadu dengan langit yang biru cerah. Alternatif untuk tema ini adalah Van, yang berasal dari Bahasa Vietnam, atau Xia dari Bahasa Tiongkok. Bisa, nih, dipilih untuk nama bayi laki-laki dan perempuan.

Bintang

Bermakna sama dengan ‘Bulan’. Bintang juga bisa diubah dalam Bahasa lainnya, misalnya Nova atau Yuka yang artinya bintang yang bersinar, dan Stella yang bermakna bintang lautan. Pilihan lainnya adalah Tara, Selina atau Ellana. Ini bisa menjadi nama bayi perempuan juga.

Castor

Bintang paling terang di rasi bintang gemini. Nama kembaran dari bintang castor adalah pollux. Ini bisa digunakan jika Ibu punya anak kembar.

Columba

Rasi bintang Columba. Nama rasi bintang ini diambil dari nama merpati yang ada dalam cerita Nabi Nuh.

Cosmos

Seluruh alam semesta dikenal dengan istilah ‘cosmos’. Ini bisa berarti kalau si kecil adalah ‘alam semesta’.

Danica

Dalam bahasa Slavic memiliki arti bintang pagi.

Deimos

Nama salah satu bulan di planet mars.

Hercules

Nama rasi bintang. Artinya “prajurit” atau “pahlawan”.

Holmes

Nama salah satu komet terbesar di tata surya kita.

Hujan

Dengan nama ini, orangtua berharap bahwa kelak anak bisa membawa manfaat yang baik bagi kehidupan banyak orang dan menjadi penyejuk. Pastinya, sih, memberi nama bayi dengan kata ‘Hujan’, kurang pas, ya, Bu. Tapi ada alternatif nama lainnya, kok, misalnya Reva atau Varsha. Pilihan nama indah lainnya adalah Talia, yang artinya hujan dari langit. Ketiganya berasal dari Bahasa Hindi.

Janus

Nama salah satu bulan di Saturnus.

Jericho

Berarti ‘kota bulan’.

Jupiter

Nama planet terbesar di tata surya kita.

Langit

Langit identik dengan pemandangan yang indah, bahkan dramatis. Misalnya ketika kita melihat warna langit biru yang bersih dan cerah, atau langit di sore hari dengan warna oranye yang menawan. Langit juga seringkali dianalogikan dengan surga dan tempat bagi para malaikat. Jika Ibu suka dengan ide nama ini, Ibu bisa memilih kata Alya yang berasal dari Bahasa Arab.

Leo

Leo juga merupakan salah satu rasi bintang (constellation). Kalau Ibu punya bayi lahir di bulan Juli hingga Agustus, Leo bisa menjadi pilihan nama untuknya. Leo juga cocok banget untuk menggambarkan sosok laki-laki yang gagah dan pemberani.

Mars

Nama planet berwarna merah di tata surya kita.

Nash

Bintang gamma dalam rasi bintang Sagitarius.

Nova

Bintang paling cerah yang muncul dan hilang dalam beberapa bulan.

Oberon

Nama bulan di planet Uranus.

Orion

Rasi bintang paling terang di langit.

Pallas

Nama kelompok asteroid.

Perseus

Nama rasi bintang di bagian utara langit. Nama ‘perseus’ diambil dari nama putra Zeus, dewa Yunani.

Rigel

Nama bintang paling besar di rasi bintang Orion. Bintang ini biasanya digunakan sebagai petunjuk arah oleh orang-orang yang mengarungi samudra.

Tara

Bintang.

Taurus

Berasal dari bahasa latin, yang artinya ‘banteng’. Merupakan nama rasi bintang.

Themis

Nama kelompok asteroid.

Sky

Menggambarkan galaksi yang indah di alam semesta. 

Ide nama bayi dengan tema luar angkasa untuk anak perempuan

Adhara

Nama salah satu bintang paling terang di antariksa

Alula

Adalah nama bintang kembar yang pertama. Jikalau Ibu punya anak kembar, mungkin Luna bisa menjadi pilihan nama anak yang lainnya.

Amalthea

Nama kelompok bulan di Jupiter. Amalthea juga merupakan nama kambing betina yang merawat Zeus, dewa Yunani, selama masih bayi.

Andromeda

Putri cantik dari Cassiopeia yang namanya dijadikan salah satu nama rasi bintang.

Arpina

Artinya “terbitnya matahari”.

Ascella

Nama bintang di rasi bintang Sagitarius. Cocok untuk bayi perempuan yang lahir di bulan Desember.

Astra 

Bintang dalam bahasa latin.

Aurora

Ini adalah pilihan nama indah lainnya. Aurora merupakan sebuah fenomena alam yang menampilkan permainan warna yang indah di langit malam. Saking indahnya, orang berbondong-bondong ingin melihat keindahan aurora di langit Islandia.

Belinda

Nama bulan ke-9 di planet Uranus. 

Bellatrix

Nama sebutan salah satu bintang di rasi bintang orion. Dalam bahasa latin, artinya adalah ‘pejuang perempuan’.

Bianca

Adalah alternatif nama yang tidak kalah cantik dengan nama-nama sebelumnya. Nama ini juga berasal dari nama salah satu bulan planet Uranus.

Bulan
Selain sesuatu yang sedap dipandang, nama bayi ‘Bulan’ juga diharapkan kelak si anak mampu menerangi kehidupan orang-orang di sekitarnya. Pilihan nama ini juga bisa dikreasikan, loh, misalnya menjadi ‘Chintya’ atau ‘Cindy’, yang berasal dari Bahasa Yunani, yang merupakan dewi bulan. Dalam Bahasa Latin, bulan juga disebut dengan Diana.

Capella

Nama bintang paling terang ke-11 di langit. Capella juga berarti kehormatan dan kekayaan.

Carina

Nama rasi bintang yang merupakan rumah dari Canopus, bintang paling terang kedua di langit.

Cassiopeia

Ibu dari Andromeda yang namanya dijadikan nama rasi bintang.

Celestial

Berarti planet, bintang, atau surga.

Chara

Berarti ‘sukacita’. Nama salah satu bintang di rasi bintang.

Cressida

Nama bulan ke-4 terbesar di planet Uranus.

Despina

Nama satelit di planet Neptunus.

Elara

Nama bulan di planet Jupiter. Elara merupakan kekasih dari Zeus, dewa Yunani.

Eris

Di tahun 2005, Eris merupakan planet ke-10 yang ditemukan di tata suya kita.

Gaia

Berarti ‘mother earth’ atau ‘bumi’.

Halley

Nama salah satu komet yang dapat dilihat dengan mata telanjang dari bumi.

Helia

Berarti ‘matahari’ dalam bahasa Yunani.

Juliet

Nama bulan di planet Uranus.

Larissa

Bulan ke-5 di planet Neptunus.

Leda

Nama bulan di planet Jupiter.

Libra

Nama rasi bintang. Artinya orang yang bijaksana, adil, dan seimbang.

Luna

Artinya bulan dalam bahasa latin.

Lyra

Rasi bintang yang bentuknya mirip harpa. Berasal dari kata Lyre, yang berkaitan dengan Mitologi Yunani.

Matahari

Matahari, tentunya memiliki makna yang dalam, ya, Bu. Karena matahari begitu besar fungsinya di dalam kehidupan. Matahari membuat seisi bumi menjadi hangat, menerangi bumi dan menopang kehidupan makhluk hidup. Memberi nama ‘Matahari’ secara langsung mungkin masih terdengar sedikit aneh, namun masih ada banyak pilihan nama yang mengandung arti matahari. Contohnya, Aftab yang berasal dari Bahasa Afrika, Ishan dari Bahasa Sankerta, Eliana atau Levant.

Miranda
Nama yang cantik ini, adalah nama salah satu dari bulan (satelit) utama planet Uranus. Awal katanya adalah Mirandus, yang berasal dari Bahasa Latin, dengan makna ‘sesuatu yang mesti dikagumi’. 

Nashira

Nama bintang di rasi bintang Capricorn

Norma

Nama rasi bintang kecil yang berada di selatan bumi.

Pelangi

Pelangi menggambarkan banyak hal, seperti sesuatu yang indah atau penuh warna, dan nama ‘Pelangi’ sekarang ini sudah cukup umum. Ada nama lain dari pelangi, yaitu Iris dalam Bahasa Yunani.

Rhea

Bulan di Saturnus

Stella

Dalam bahasa latin artinya bintang dari seluruh dunia.

Titania

Juga merupakan salah satu bulan utama dari planet Uranus dan merupakan bulan paling besar ke delapan di dalam tata surya kita.

Vega

Punya harapan agar kepribadian anak bersinar dengan terang? Ibu bisa memberinya nama Vega. Vega adalah nama bintang yang sinarnya paling terang ke lima di dalam tata surya kita.


Itulah beberapa pilihan nama bayi yang bisa dipilih. Nama-nama tersebut juga bisa dipadukan, satu sama lain, atau menggambarkan waktu kelahiran anak. Ibu dan Ayah, suka nama yang mana?

(Stephanie, Atalya / Dok. Freepik)