Kelahiran Dibaca 2,384 kali

16 Ide Nama Bayi dengan Tema Luar Angkasa

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie

Terakhir diperbaharui 12 September, 2019 04:09

16 Ide Nama Bayi dengan Tema Luar Angkasa

Memilih nama untuk anak itu nggak gampang. Ya, kan, Bu? Biasanya, orangtua akan menamai anak dengan beberapa acuan, seperti nama idola mereka, yang mirip dengan nama mereka, nama-nama yang terkait dengan agama atau yang menurut mereka unik. Kira-kira, betul nggak acuan tersebut menurut pendapat Ibu? Memberi nama anak, memang tidak ada aturan bakunya, namun pastinya, berilah anak nama yang baik. Nama seseorang seringkali dikaitkan dengan doa, maksudnya, ketika memberi nama seorang anak, itulah yang kita harapkan bagi si anak kelak.

Berikut adalah beberapa saran untuk memberi nama bayi yang baik

1. Punya makna baik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebuah nama diharapkan menjadi doa bagi si anak. Maka, berilah anak nama yang baik, misalnya, yang memiliki arti ‘surga’, ‘pemimpin’ atau ‘cahaya’.

2. Hindari nama orang yang tidak disukai

Sebaiknya tidak memberi nama bayi dari seseorang yang tidak disukai, atau yang terkenal memiliki reputasi buruk, meskipun arti nama orang tersebut bukanlah suatu yang buruk. Soalnya, hal ini bisa nantinya berdampak buat si anak secara tidak langsung. Nama atau image buruk orang tersebut bisa melekat pada anak, dan anak bisa menjadi bahan ejekan orang di sekitarnya.

3. Jangan asal unik

Sekarang ini, banyak banget, orangtua yang memberi nama bayi yang unik. Mungkin, nama tersebut dirasa berbeda dengan nama-nama yang sudah ada atau bakal terdengar menggemaskan ketika disebut. Tapi mesti diingat, nih, Bu. Nama yang unik bakal terdengar lucu ketika dipasangkan dengan bayi, namun belum tentu baik untuk si anak ketika ia besar nanti, apalagi ketika anak sudah memasuki dunia kerja. Bahkan, nama bayi yang kelewat unik ini seringkali tidak ada maknanya, tidak gampang diingat, bahkan sulit untuk diucapkan.

4. Jangan terlalu ‘berat’

Kembali pada bahasan sebelumnya, nama yang terlalu ‘berat’ dikatakan bisa membuat anak tertekan, hal ini karena nama yang diberikan padanya meningkatkan ekspektasi orang-orang di sekitarnya mengenai si anak. Contoh, ketika menamai anak dengan nama Aristotle, pastinya anak tersebut diharapkan menjadi seorang pemikir yang andal, atau ketika diberi nama Muhammad, anak tersebut diharapkan memiliki banyak sifat hebat dan mulia.

5. Nama panggil yang baik

Selain nama panjang, mempertimbangkan nama panggil atau singkatan yang baik buat anak juga penting, nih. Misalnya ketika Ibu memberi nama bayi ‘Rika’, ketika besar nanti, panggilannya akan menjadi ‘Bu Rik’.

6. Jangan terlalu panjang

Lagi-lagi, ini biasanya dipicu oleh nama yang dirasa unik dan lucu, atau orangtua yang ‘berebut’ untuk memberi nama untuk anak mereka, belum lagi ada juga kakek dan nenek yang juga ingin namanya diturunkan untuk cucunya. Duh, terbayang, tidak, Bu, ketika nanti ia mesti menjalani ujian dan mesti memberi tanda untuk namanya di kertas ujian, bisa-bisa sepersekian waktunya habis lebih dulu.

7. Terlalu umum

Maksudnya, sebaiknya nggak memberi nama bayi 'sejuta umat' atau yang sudah sangat umum. Misalnya, Putri, Putra, atau Dian.

   

Nah, setelah memikirkan beberapa pertimbangan di atas, berikut adalah beberapa ide untuk nama bayi yang unik dengan tema galaksi atau luar angkasa. Nama-nama berikut terdengar wajar, simple dan tetap punya makna yang baik.

  1. Langit
    Langit identik dengan pemandangan yang indah, bahkan dramatis. Misalnya ketika kita melihat warna langit biru yang bersih dan cerah, atau langit di sore hari dengan warna oranye yang menawan. Langit juga seringkali dianalogikan dengan surga dan tempat bagi para malaikat. Jika Ibu suka dengan ide nama ini, Ibu bisa memilih kata Alya yang berasal dari Bahasa Arab.

  2. Bulan
    Selain sesuatu yang sedap dipandang, nama bayi ‘Bulan’ juga diharapkan kelak si anak mampu menerangi kehidupan orang-orang di sekitarnya. Pilihan nama ini juga bisa dikreasikan, loh, misalnya menjadi ‘Chintya’ atau ‘Cindy’, yang berasal dari Bahasa Yunani, yang merupakan dewi bulan. Dalam Bahasa Latin, bulan juga disebut dengan Diana.

  3. Bintang
    Bermakna sama dengan ‘Bulan’. Bintang juga bisa diubah dalam Bahasa lainnya, misalnya Nova atau Yuka yang artinya bintang yang bersinar, dan Stella yang bermakna bintang lautan. Pilihan lainnya adalah Tara, Selina atau Ellana.

  4. Matahari
    Matahari, tentunya memiliki makna yang dalam, ya, Bu. Karena matahari begitu besar fungsinya di dalam kehidupan. Matahari membuat seisi bumi menjadi hangat, menerangi bumi dan menopang kehidupan makhluk hidup. Memberi nama ‘Matahari’ secara langsung mungkin masih terdengar sedikit aneh, namun masih ada banyak pilihan nama yang mengandung arti matahari. Contohnya, Aftab yang berasal dari Bahasa Afrika, Ishan dari Bahasa Sankerta, Eliana atau Levant.

  5. Pelangi
    Pelangi menggambarkan banyak hal, seperti sesuatu yang indah atau penuh warna, dan nama ‘Pelangi’ sekarang ini sudah cukup umum. Ada nama lain dari pelangi, yaitu Iris dalam Bahasa Yunani.

  6. Hujan
    Dengan nama ini, orangtua berharap bahwa kelak anak bisa membawa manfaat yang baik bagi kehidupan banyak orang dan menjadi penyejuk. Pastinya, sih, memberi nama bayi dengan kata ‘Hujan’, kurang pas, ya, Bu. Tapi ada alternatif nama lainnya, kok, misalnya Reva atau Varsha. Pilihan nama indah lainnya adalah Talia, yang artinya hujan dari langit. Ketiganya berasal dari Bahasa Hindi.

  7. Awan
    Selain punya makna menaungi, awan juga sesuatu yang indah ketika berpadu dengan langit yang biru cerah. Alternatif untuk tema ini adalah Van, yang berasal dari Bahasa Vietnam, atau Xia dari Bahasa Tiongkok. Bisa, nih, dipilih untuk nama bayi laki-laki dan perempuan.

  8. Aries
    Adalah nama rasi bintang yang pertama. Umumnya, rasi bintang ini dikenal dengan istilah zodiak. Aries pas, nih, dijadikan nama bayi yang lahir di sekitar bulan Maret hingga April

  9. Leo
    Leo juga merupakan salah satu rasi bintang (constellation). Kalau Ibu punya bayi lahir di bulan Juli hingga Agustus, Leo bisa menjadi pilihan nama untuknya. Leo juga cocok banget untuk menggambarkan sosok laki-laki yang gagah dan pemberani.

  10. Miranda
    Nama yang cantik ini, adalah nama salah satu dari bulan (satelit) utama planet Uranus. Awal katanya adalah Mirandus, yang berasal dari Bahasa Latin, dengan makna ‘sesuatu yang mesti dikagumi’. 

  11. Titania
    Juga merupakan salah satu bulan utama dari planet Uranus dan merupakan bulan paling besar ke delapan di dalam tata surya kita.

  12. Bianca
    Adalah alternatif nama yang tidak kalah cantik dengan nama-nama sebelumnya. Nama ini juga berasal dari nama salah satu bulan planet Uranus.

  13. Lyra
    Berasal dari kata Lyre, yang berkaitan dengan Mitologi Yunani.

  14. Vega
    Punya harapan agar kepribadian anak bersinar dengan terang? Ibu bisa memberinya nama Vega. Vega adalah nama bintang yang sinarnya paling terang ke lima di dalam tata surya kita.

  15. Alula
    Adalah nama bintang kembar yang pertama. Jikalau Ibu punya anak kembar, mungkin Luna bisa menjadi pilihan nama anak yang lainnya.

  16. Aurora
    Ini adalah pilihan nama indah lainnya. Aurora merupakan sebuah fenomena alam yang menampilkan permainan warna yang indah di langit malam. Saking indahnya, orang berbondong-bondong ingin melihat keindahan aurora di langit Islandia.

Itulah beberapa pilihan nama bayi yang bisa dipilih. Nama-nama tersebut juga bisa dipadukan, satu sama lain, atau menggambarkan waktu kelahiran anak. Ibu dan Ayah, suka nama yang mana?

(Stephanie / Dok. Freepik)