Kelahiran

Bikin Sendiri Yuk! 7 Minuman Pelancar ASI Alami Agar ASI Banyak

Bikin Sendiri Yuk! 7 Minuman Pelancar ASI Alami Agar ASI Banyak

Di awal kelahiran si kecil tiap Ibu tentu mendambakan produksi ASI yang berlimpah.

Tujuannya tak lain agar kecukupan gizi bayi selalu terpenuhi dengan baik. ASI yang berlimpah juga bisa menjadi mood booster sendiri bagi tiap Ibu, sehingga bisa sedikit mengurangi kemungkinan Ibu mengalami baby blues pasca melahirkan.

Sayangnya, kondisi tiap Ibu tentu berbeda-beda ya Bu. Ada yang setelah melahirkan produksi ASInya langsung berlimpah, namun ada pula yang butuh waktu untuk mengeluarkan ASInya agar lebih deras.

Salah satu hal yang menjadi ikhtiar para Ibu untuk melancarkan produksi ASInya adalah dengan mengonsumsi minuman pelancar ASI. 

Minuman ini dipercaya sangat ampuh untuk melancarkan aliran ASI yang tersumbat dan tidak lancar dan seringkali menjadi keluhan para Ibu baru.

Namun disarankan untuk memilih minuman pelancar ASI secara alami agar lebih aman dan meminimalisasi efek sampingnya ya Bu. Untuk itu, berikut adalah beberapa minuman pelancar ASI alami yang lebih menyehatkan dan aman bagi Ibu yang bisa jadi pilihan.

Apa akibat jika produksi ASI terhambat?


Setidaknya sampai usia 6 bulan, bayi hanya bisa mengonsumsi ASI alias air susu Ibunya. Mengingat ASI merupakan komponen penting dalam menunjang kehidupan si kecil, komposisi ASI harus diperhatikan dengan baik.

Tujuannya agar nutrisi yang dibutuhkan bayi tetap terpenuhi. Melansir Pregnancy Birth Baby ketika aliran ASI terhambat akan sangat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sehingga bayi berisiko mengalami kekurangan gizi.

Minuman pelancar ASI secara alami

Pasokan ASI bisa saja terhambat atau rendah pada wanita dengan kondisi medis tertentu seperti sindrom ovarium polikistik, hipotiroidisme, diabetes atau sedang rutin minum obat tekanan darah, minum obat flu dan menggunakan alat kontrasepsi. 

Pada beberapa wanita, operasi payudara atau lebih memungkinkan kelenjar ASI menjadi terhambat dan membuat proses menyusui menjadi lebih sulit.

Untuk itu, agar produksi ASI menjadi lebih lancar maka Ibu mungkin memerlukan minuman pelancar ASI alami yang tidak memiliki efek samping. Sehingga aman bagi kesehatan Ibu dan juga bayi.

1. Barley 


Barley atau dalam bahasa Indonesia lebih akrab dikenal dengan jali-jali ini merupakan makanan jenis serealia yang masih masuk dalam keluarga padi-padian. Barley adalah sumber makanan yang kaya akan beta-glukan, polisakarida yang telah terbukti meningkatkan kadar prolaktin.

Melansir Today’s Parent kadar prolaktin ini dikenal sebagai hormon menyusui pada makhluk hidup termasuk manusia dan hewan. Barley bisa diolah menjadi minuman pelancar ASI dan dimanfaatkan sebagai teh barley.

2. Susu kacang


Melansir Sanford Health kacang memiliki kandungan protein yang tinggi, serat serta vitamin yang penting untuk melancarkan ASI. Selain bisa dimakan sebagai camilan, kacang juga bisa diolah menjadi minuman pelancar ASI. Beragam minuman pelancar ASI yang berasal dari kacang-kacangan yang paling terkenal adalah:

  • Susu kacang kedelai;
  • Susu kacang almond;
  • Susu kacang hijau; dan
  • Susu kacang mede dan sebagainya.

Namun diantara susu kacang yang disebutkan di atas, minuman pelancar ASI paling ampuh menurut para Ibu menyusui adalah susu kacang kedelai. Selain harganya murah, susu ini juga sangat mudah di dapat.

3. Air putih

Nggak perlu diragukan lagi, air putih merupakan salah satu minuman pelancar ASI paling ampuh yang murah meriah. Bisa melancarkan ASI, air putih wajib diminum oleh Busui untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Apalagi biasanya saat menyusui si kecil, Ibu akan lebih mudah haus. Sehingga agar suplai ASI tetap terjaga, Ibu wajib minum air putih lebih banyak dari orang biasa.

Kebutuhan cairan Ibu menyusui kurang lebih sekitar 3-3,5 liter. Apabila Ibu kekurangan cairan, maka produksi ASI juga bisa berkurang.

4. Jus sayuran hijau


Ibu menyusui disarankan untuk tetap memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Kalau bosan dijadikan sayur dan lauk pauk harian, Ibu juga bisa menjadikan sayuran hijau sebagai minuman pelancar ASI atau green smoothies lho!

Selain lebih enak dan menyegarkan, jus sayuran ini juga sangat mudah diolah tanpa perlu memasak sayuran tersebut terlebih dahulu. Minuman pelancar ASI yang satu ini cocok bagi Ibu menyusui yang nggak punya banyak waktu untuk memasak.

Pilihan sayur yang bisa dijadikan jus pun beragam mulai dari sayur kale, bayam, sawi dan lain sebagainya. Sayur-sayuran ini juga kaya akan beragam vitamin seperti vitamin A, C dan E yang bisa melancarkan ASI. 

Agar lebih segar Ibu juga menambahkan perasan lemon atau aneka buah-buahan favorit seperti strawberry, kiwi, apel atau pisang.

5. Collagen broth


Collagen broth atau kaldu tulang belakangan ini juga jadi trend di kalangan para Busui lho! Sebab collagen broth dipercaya sebagai minuman pelancar ASI yang ampuh, terutama bagi Ibu yang memiliki masalah ASI yang sering tersumbat.

Melansir Birth Eat Love collagen broth merupakan makanan paling sederhana namun padat nutrisi yang cocok diminum oleh Busui. Kaldu tulang dibuat dengan memasak tulang ayam, sapi atau seafood secara perlahan selama sekitar 24 jam.

Proses ini dapat mengeluarkan kolagen, gelatin, dan asam amino seperti glutamin yang dapat membantu dalam proses penyembuhan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan memperbaiki rambut, kulit, dan kuku. 

Nggak heran jika collagen broth menjadi salah satu superfood yang dianggap paling ampuh bagi para Busui. Mau yang lebih hemat? Tenang Bu, kamu juga bisa buat collagen broth sendiri di rumah lho!

6. Fenugreek


Fenugreek atau tanaman kelabat adalah salah satu minuman pelancar ASI yang biasa dijadikan minuman herbal bersama jahe, kunyit dan aneka tanaman herbal lain. Fenugreek merupakan tanaman yang kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti serat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Selain itu fenugreek juga baik dikonsumsi sebagai anti inflamasi terutama bagi Ibu setelah melahirkan. Nggak hanya itu, fenugreek juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti menstabilkan gula darah, menjaga kesehatan jantung dan membantu menjaga berat badan.

7. Susu oat


Melansir What To Expect oat milk atau susu oat dapat meningkatkan produksi ASI. Sebab oat masih masuk dalam keluarga gandum dan padi-padian yang kaya akan zat besi dan mineral yang baik untuk mendukung suplai ASI.

Selain itu susu oat juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menstabilkan gula darah. Berbeda dengan jenis padi-padian lainnya, oat juga dikenal memiliki kadar gluten yang rendah sehingga cocok dijadikan sebagai pengganti nasi.

Susu oat memiliki rasa yang sangat enak jika dibanding susu lainnya. Sayangnya harga minuman pelancar ASI susu oat ini memang cukup mahal di pasaran, sehingga kembali lagi pilihan tersebut ada pada Ibu.

Editor: Dwi Ratih