Kelahiran

Masih Pemulihan, Bolehkah Menyetir Mobil Setelah Operasi Caesar?

Masih Pemulihan, Bolehkah Menyetir Mobil Setelah Operasi Caesar?

Proses pemulihan seorang Ibu pasca melakukan operasi caesar, memang membutuhkan proses yang tidak sebentar. Bahkan proses pemulihan bagi tiap Ibu berbeda-beda.

Ada yang bisa pulih 4 minggu setelah melahirkan, namun ada pula yang membutuhkan waktu hingga 6 minggu lebih. Dalam proses pemulihan ini, kitapun diminta untuk lebih menjaga kesehatan, mengingat ada jahitan bekas luka yang juga perlu kita jaga.

Tapi, gimana ya kalau pasca melahirkan caesar kita dituntut untuk tetap beraktivitas seperti biasa. Misalnya saja seperti menyetir mobil setelah operasi caesar.

Meski merasa tubuh sudah fit, namun Ibu perlu lebih waspada dengan semua aktivitas yang dilakukan. Nah, sebenarnya bolehkah menyetir setelah operasi caesar?

Membayangkannya saja, rasanya sudah bikin Ibumin merinding dan merasa ngilu, deh! Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas bersama mengenai bolehkah menyetir mobil setelah operasi caesar dalam ulasan berikut. 

Bolehkah menyetir mobil setelah operasi caesar?


Melansir dari laman Healthline, pemulihan setelah operasi caesar memerlukan waktu yang lebih lama dan perawatan yang lebih intensif. Terutama, pada bagian luka bekas sayatan yang memiliki potensi infeksi atau komplikasi yang tidak terduga. 

Biasanya, dokter akan memberitahukan kepada Ibu tentang apa yang boleh dilakukan dan apa yang sebaiknya ditunda dulu hingga waktu yang tepat. Lalu, bolehkah menyetir mobil setelah operasi caesar? 

Menurut dokter, Ibu tidak diperkenankan menyetir mobil selama dua minggu sejak momen kelahiran si kecil. Namun, hal ini tentu bisa berbeda antara Ibu satu dengan lainnya, beberapa Ibu bisa jadi membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya, karena ada masalah kesehatan tertentu.

Ini cukup menjawab rasa penasaran Ibu tentang bolehkah menyetir mobil setelah operasi caesar, bukan? Lebih dari itu, ada alasan yang masuk akal mengapa dokter melarang Ibu aktif menyetir sebelum 2 minggu setelah operasi.

Operasi caesar yang Ibu jalani merupakan operasi besar yang memiliki risiko serius, dan efek samping selama masa pemulihan. Rentang gerak Ibu akan lebih terbatas, karena ada luka sayatan dan beberapa otot akan terpengaruh selama proses operasi dilakukan.

Bolehkah menyetir mobil setelah operasi caesar? Boleh, dengan syarat ketentuan berlaku. Perlu dipahami bahwa setelah melakukan operasi caesar, gerakan sederhana saja dapat memengaruhi kemampuan Ibu saat menyetir lho, misalnya saja seperti:

  • Memutar kepala saat harus memeriksa titik buta di jalan
  • Gerakan kaki untuk mengerem, menekan gas, hingga kopling
  • Mengencangkan sabuk pengaman yang mungkin akan mengenai luka sayatan
  • Beberapa bagian tubuh yang masih terasa tidak nyaman setelah operasi.

Tidak perlu terburu-buru melakukan banyak aktivitas fisik. Alih-alih sibuk dengan pertanyaan bolehkah menyetir mobil setelah operasi caesar, akan lebih baik bila Ibu fokus untuk pemulihan diri, perawatan si kecil, dan waktu berharga setelahnya.

Kapan bisa berolahraga setelah operasi caesar dilakukan?


Jika sebelumnya Ibu penasaran bolehkah menyetir mobil setelah operasi caesar, maka sekarang Ibu pasti sudah rindu berolahraga untuk mengembalikan kesehatan tubuh yang lebih fit, bukan?

Melansir dari laman Associates in Women’s Healthcare, pada umumnya, Ibu yang melahirkan caesar disarankan untuk menunggu selama kurang lebih tiga minggu sebelum melakukan aktivitas olahraga. Pakar kesehatan juga menyarankan, waktu tiga minggu ini agar tidak menjadi patokan utama, melainkan Ibu harus mengenali kapan tubuhnya sendiri merasa siap melakukannya.

Olahraga yang disarankan juga merupakan olahraga ringan seperti, jalan kaki di pagi hari di area perumahan, juga yoga dengan gerakan yang lebih bersahabat dengan Ibu pasca melahirkan. Sama halnya seperti rasa penasaran Ibu tentang bolehkah menyetir mobil setelah operasi caesar, olahraga juga harus menunggu waktu yang lebih tepat. 

Aktivitas peregangan yang dapat Ibu lakukan setelah operasi


Melansir dari laman WebMD, meski aktivitas fisik setelah operasi caesar terbatas, namun sangat disarankan agar Ibu tetap bangun dari tempat tidur dan berjalan-jalan ringan dalam kurun waktu 24 jam setelah operasi. Hal ini, dapat membantu Ibu meredakan gas yang berkumpul di dalam perut, membantu Ibu buang air besar, dan mencegah pembekuan darah.

Ibu juga bisa melakukan beberapa latihan ringan seperti:

1. Ambil napas dalam secara berkala

Lakukan latihan ringan seperti, mengambil dua atau tiga napas dalam-dalam setiap setengah jam. Hal ini dilakukan sebagai upaya, pencegahan terjadinya kemacetan pada paru-paru akibat terlalu banyak duduk di tempat tidur.

2. Lakukan gerakan lingkar bahu

Caranya, Ibu harus duduk tegak terlebih dahulu (pastikan sudah diperbolehkan untuk duduk tegak oleh dokter). Kemudian, lakukan gerakan memutar bahu sebanyak 20 kali ke dua arah berbeda setiap jam. Ini dilakukan untuk mengatasi kekakuan pada area bahu hingga punggung.

3. Lakukan peregangan lembut

Ibu bisa melakukan peregangan lembut juga, jika sudah bisa benar-benar berdiri tegak setelah operasi caesar. Caranya, berdirilah menyandar tegak pada dinding, kemudian angkat kedua tangan perlahan ke atas kepala sampai Ibu merasakan otot-otot meregang (pastikan juga luka bekas operasi tidak terlalu sakit saat melakukannya).

Tahan selama kurang lebih lima detik lalu lepaskan agar rileks. Aktivitas ringan ini, dapat Ibu lakukan hingga 10 kali sehari untuk meningkatkan kelenturan di sekitar jahitan operasi caesar.

Hindari rasa penasaran tentang bolehkah menyetir mobil setelah operasi caesar terlebih dahulu ya, Bu. Sebaiknya, lakukan peregangan lembut ini saja supaya badan Ibu terasa lebih ringan dan fit.

Waktu yang tepat untuk aktivitas fisik lainnya


Setelah operasi caesar, Ibu perlu waktu yang lebih lama untuk melakukan aktivitas fisik. Secara umum, ini waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas lainnya dengan catatan tubuh Ibu sudah siap melakukannya:

  • 4 sampai 6 minggu sebelum melakukan latihan berat yang melibatkan perut atau mengangkat sesuatu yang lebih besar dari bayi Ibu.
  • Bolehkah menyetir mobil setelah operasi caesar? Boleh, waktu yang disarankan 2 minggu setelah menjalani operasi.
  • 3 minggu setelah operasi Ibu bisa mandi atau berenang dengan nyaman.
  • Hindari berhubungan seks selama 4 sampai 6 minggu pertama.

Luka sayatan bekas operasi caesar juga perlu diperiksa secara berkala apakah sudah kering atau belum, apakah ada infeksi setelahnya, dan apakah rasa nyerinya sudah mulai berkurang. Tak hanya itu saja, perban untuk menutupi bekas operasi harus dalam kondisi kering, bersih, dan diganti sesuai anjuran dokter.

Editor: Aprilia