Keluarga Dibaca 353 kali

10 Tempat Rekreasi di Jakarta yang Ramah Anak

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie

Terakhir diperbaharui 23 November, 2019 08:11

10 Tempat Rekreasi di Jakarta yang Ramah Anak

Padatnya kegiatan sehari-hari, seringkali membuat kita mengatakan jika kita membutuhkan liburan keluarga. Sekadar untuk melepas jenuh atau menghilangkan stress. Namun, siapa bilang kalau rekreasi hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja? Nyatanya, anak-anak juga membutuhkan rekreasi, loh.

Jadwal pekerjaan yang padat dan waktu libur yang terbatas, bisa jadi bikin kita sulit untuk membawa anak-anak pergi liburan, biaya yang dikeluarkan untuk berangkat sekeluarga pun, pastinya nggak sedikit. Apalagi kalau menunggu waktu liburan sekolah, wah, biayanya bisa meningkat banyak, deh. Nah, sebagai solusi nggak perlu keluar kota atau keluar negeri untuk mengajak rekreasi, di Jakarta juga banyak, kok, tempat rekreasi ramah anak. 

Intinya, taman bermain atau tempat rekreasi di Jakarta yang ramah anak ini menyediakan tempat untuk bermain dan belajar. Di sini, anak bisa belajar berinteraksi, yang bermanfaat terutama untuk anak yang sering merasa kesepian di rumah. Playground juga melatih anak bersosialisasi dan membangun rasa percaya diri. Selain itu, bermain dan berolahraga membuat tubuh menjadi bugar, dan pikiran menjadi lebih rileks setelah menghirup udara segar dari pepohonan di taman. Dengan begini, anak bakal kembali ceria dan lebih semangat ke sekolah. 

Selain itu, mengajak dan menemani anak berekreasi juga baik untuk membangun hubungan antara Anda dan anak. So, ke tempat rekreasi di Jakarta mana aja kita bisa mengajak anak-anak di akhir minggu ini?

Tempat Rekreasi di Jakarta yang Ramah Anak

  1. Mengenal budaya di Galeri Indonesia Kaya

    Galeri Indonesia Kaya, adalah tempat rekreasi di Jakarta yang menjadi ruang edukasi untuk mengenalkan budaya Indonesia pada anak yang dikemas dengan menggunakan teknologi modern. Konsep ini pas, nih, buat anak zaman sekarang yang lekat dengan teknologi. Di sini, anak bisa mengenal ragam pakaian daerah, menonton pertunjukan wayang hingga belajar tentang tradisi Indonesia. Buat anak yang lebih besar, bisa menonton pertunjukan yang digelar setiap pekan. Untuk kenang-kenangan, di sini tersedia spot untuk berfoto juga. 

    Berkunjung ke Galeri Indonesia Kaya, bisa dibilang rekreasi ‘all in one’. Maksudnya, karena lokas tempat rekreasi di Jakarta ini berada di dalam di pusat perbelanjaan, jadi semua bisa dilakukan berbarengan. Setelah menemani anak berlibur sambil belajar, Anda bisa menyantap makan siang bersama, sekaligus berbelanja.

    Keterangan:

    Biaya masuk: gratis
    Jam berkunjung: 10 pagi sampai 09.30 malam
    Alamat: Jl. M.H. Thamrin No. 1, Tanah Abang, Jakarta Pusat
    Telepon: (021) 23580679

  2. Bermain Profesi Impian di KidZania

    Buat Anda yang belum pernah berkunjung, KidZania adalah salah satu tempat rekreasi di Jakarta. Sejak dibuka hingga sekarang, KidZania selalu ramai pengunjung. KidZania memiliki konsep theme park yang mengutamakan unsur edukasi dan hiburan. Jadi, di sini, anak-anak nggak hanya puas bermain tapi juga belajar. Di KidZania, anak-anak bisa mengenal beragam profesi, seperti dokter dan koki, juga belajar hal lain misalnya rambu-rambu lalu lintas, dan masih banyak fasilitas seru lainnya di sini.

    Serunya lagi, tempat rekreasi di Jakarta ini juga bisa dinikmati anak hingga usia 16 tahun. Jadi, anak yang lebih kecil bisa bermain dengan si Kakak. Sama seperti Galeri Indonesia Kaya, KidZania juga berada di dalam pusat perbelanjaan elit di Jakarta. 

    Keterangan:

    Biaya masuk: mulai dari Rp. 50.000 – Rp 185.000 (untuk lima hingga delapan jam durasi bermain)
    Jam berkunjung: 09:00 – 18:00 (hari kerja) dan 09:00 – 19:00 (akhir pekan)
    Alamat: Pacific Place, L6 – 601, Kawasan Niaga Terpadu, Jl. Jend Sudirman, Jakarta Selatan
    Telepon: 5154888

  3. Lompat Trampoline di Houbii

    Anak-anak mana yang nggak suka melompat-lompat? Daripada anak melompat-lompat di Kasur atau di sofa, ajak sana ke Houbii di kawasan Pondok Indah, di sini, anak bisa melompat sepuasnya di trampoline. Di Houbii tersedia beberapa macam arena, seperti Ninja, The Foam Zone dan The Air Bag. Sambil menunggu anak bermain, Anda juga bisa ikut mencoba, loh, bahkan bisa mengadakan pesta ulang tahun di sini. Untuk informasi pemesanan tiket, silakan melihat website Houbii.

    Keterangan:

    Biaya masuk: Rp 275.000 
    Jam berkunjung: 12:00 – 21:00 (hari kerja), 08:00 – 21:00 (akhir pekan)
    Alamat: Jl. Metro Pondok Indah blok BB no. 3, Jakarta Selatan

  4. Pinjam Buku di Perpustakaan Anak Rimba Baca

    Untuk anak yang suka membaca buku atau yang lebih suka dengan kegiatan sambil ‘duduk manis’, Anda bisa mengajak mereka ke Perpustakaan Anak Rimba Baca. Apalagi, harga buku khusus anak-anak biasanya mahal, nah, dengan membawa mereka ke tempat rekreasi di Jakarta ini nggak hanya mereka menjadi senang tapi juga menghemat biaya. Selain bebas membaca buku, di sini juga ada tempat untuk belajar seni, seperti origami atau melukis. Anak-anak juga bisa bermain dengan beberapa hewan seperti kura-kura dan kelinci. Meskipun tempatnya nggak terlalu besar, tapi dijamin cozy dan bikin anak happy.

    Keterangan:

    Biaya masuk: Rp 30.000 per anak dan Rp 5.000 per pendamping
    Jam berkunjung: 10:00 – 19:00 buka setiap hari
    Alamat: Jl. Intan RSPP, no. 21B, Cilandak, Jakarta Selatan
    Telepon: 7664517

  5. Berseluncur di Waterbom

    Butuh trik menghadapi Jakarta yang panas? Ya, pergi berenang, dong. Waterbom ini merupakan water park pertama di Indonesia yang memiliki standar internasional dan pertama kali didirikan di Bali. Sejak tahun 2007, warga Jakarta dan sekitarnya sudah bisa menikmati serunya bermain air di Waterbom. Terletak di ujung Jakarta, tepatnya di kawasan Pantai Indah Kapuk, tempat rekreasi di Jakarta ini punya banyak wahana seru untuk dicoba. Dijamin bikin anak malas pulang, deh, karena asik berenang. Jika rajin mengecek situs resminya, ada banyak harga promosi menanti Anda sekeluarga.

    Keterangan:

    Biaya masuk: Rp 190.000 – Rp 230.000
    Jam berkunjung: 08:00 – 20:00 (buka setiap hari)
    Alamat: Jl. Pantai Indah Barat no. 1, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

  6. Bermain dengan Kucing di Kopi Cat Cafe by Groovy

    Buat Anda keluarga pencinta kucing, yuk, datang ke Kopi Cat Café by Groovy. Di tempat rekreasi di Jakarta ini, selain tersedia kopi dan cake, Anda dan anak-anak juga bisa bermain dengan kucing. Apalagi jika anak suka kucing tapi nggak berkesempatan memeliharanya di rumah, wah, tempat ini dijamin bikin anak happy, deh. 

    Nggak sekadar bermain, interaksi dengan kucing sebagai hewan peliharaan juga bisa mengajari anak untuk menyayangi sesama makhluk hidup. Selain itu, juga mengajar anak mematuhi peraturan, karena rata-rata café hewan memiliki beberapa aturan yang mesti diikuti, seperti dilarang bermain bersama kucing dengan barang pribadi bawaan, dilarang menggendong kucing dengan paksa dan dilarang memotret dengan flash. Selain kucing-kucingnya, minuman yang dijual pun menggemaskan, banget.

    Keterangan:

    Biaya masuk: Rp 30.000 per orang per jam
    Jam berkunjung: 09:00 – 18:00 (hari kerja), 09:00 – 19:00 (akhir pekan)
    Alamat: Jl. Kemang Selatan VIII no 63 A-B, Bangka, Jakarta Selatan

  7. Faunaland Ancol

    Berkunjung ke Ancol nggak cuma untuk main di pantai saja, loh, tapi juga ada ada kebun binatangnya, yaitu Faunaland dan tempatnya luas banget. Karena konsep utamanya adalah Papua, di tempat rekreasi di Jakarta ini ada banyak sekali hewan unik terutama yang berasal dari wilayah timur Indonesia dan dari negara-negara lainnya. Cocok sekali buat mengajak anak berinteraksi sambil mengenal jenis-jenis hewan. Anda juga bisa berfoto bersama hewan, loh. Selain Faunaland, di kawasan ini juga ada Sea World, Dunia Fantasi dan Taman Pantai. Lengkap, kan?

    Keterangan:

    Biaya masuk: Rp 60.000 – Rp 100.000
    Jam berkunjung: 09:00 – 17:00 (hari kerja), 09:00 17:30 (akhir pekan)
    Alamat: Ecovention Building - Ecopark, Jl. Lodan Raya, Ancol, Jakarta Utara
    Telepon: 29222222

  8. Bermain skateboard di RPTRA Kalijodo

    Kawasan Kalijodo yang dulu punya citra buruk, kini sebagian kawasannya sudah ‘disulap’ menjadi sebuah RPTRA. RPTRA adalah sebuah konsep ruang terbuka hijau atau taman yang fungsinya diutamakan untuk beragam kegiatan anak, seperti rekreasi, bermain serta belajar. 

    Taman Kalijodo adalah skate park terbesar di Jakarta. Dengan luas 1,4 hektar, anak-anak yang punya hobi bermain skateboard dan sepatu roda, bisa belajar beragam teknik di lekukan dan tanjakan yang tersedia. Selain itu, Taman Kalijodo juga sering dipakai untuk berlatih trik sepeda. 

    Bagi yang belum memiliki alat, ada, kok, tempat penyewaan skateboard dengan harga terjangkau di tempat rekreasi di Jakarta ini. Untuk anak-anak yang lebih kecil, bisa menyewa becak mini atau membaca di perpustakaan. Serunya lagi, setiap minggu di sini diadakan bazaar.

    Keterangan:

    Biaya masuk: gratis
    Alamat: Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

  9. Bermain di RPTRA Akasia Tebet

    Taman Kalijodo bukanlah satu-satunya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak di Jakarta, tapi masih ada banyak lagi, salah satunya adalah RPTRA Akasia Tebet. Taman ini diresmikan di tahun 2015 oleh Bapak Basuki Tjahaja Purnama dan dibangun atas kerjasama Pemprov DKI dan Tanoto Foundation. Di tempat rekreasi di Jakarta yang sejuk ini, anak nggak hanya bebas bermain di playground tapi jua bisa belajar mengenal jenis-jenis pohon dan membaca di perpustakaan. Bisa juga, sekadar bersantai di sekitar air mancur sambil melihat ikan. 

    Keterangan:

    Biaya masuk: gratis
    Alamat: Jl. Tebet Barat Raya

  10. Melihat Kawanan Ikan di Jakarta Aquarium

    Ingin mengajak anak belajar sambil relaksasi? Nggak perlu jauh-jauh, Anda bisa berkunjung ke Jakarta Aqurium. Nggak tanggung-tanggung, di tempat rekreasi di Jakarta ini, ada sekitar enam ratus jenis satwa. Serunya, anak bisa memegang beberapa jenis hewan, dan jika Anda tertarik, Anda bisa menjajal aquatrekking, yaitu menyelam sambil dikelilingi beragam satwa, termasuk ikan pari dan hiu. Ada pula pertunjukan dan restoran boga bahari untuk melengkapi liburan Anda dan keluarga. 

    Keterangan:

    Biaya masuk: Rp 125.000 - Rp 200.000
    Jam berkunjung: 10:00 - 20:00 (buka setiap hari)
    Alamat: Neo Soho Floor LG 101, Jl. Letjen. S. Parman, Jakarta Barat
    Telepon: 1500212

Itulah beberapa tempat rekreasi di Jakarta yang berbayar dan yang gratis di Jakarta. Mana yang menjadi pilihan Anda dan keluarga?

(Stephanie / Dok. Waterbom Jakarta)