Keluarga

18 Ragam Hadiah Tahun Baru Untuk Bahagiakan Orang Tersayang

18 Ragam Hadiah Tahun Baru Untuk Bahagiakan Orang Tersayang

Tahun akan segera berganti dan kamu mulai mempertimbangkan hadiah tahun baru untuk orang-orang terdekatmu. Dengan bergantinya tahun, banyak harapan-harapan baru ingin dicapai di tahun berikutnya.

Hadiah tahun baru bisa jadi penyemangat untuk menjalani tahun berikutnya dengan baik. Hmm, kira-kira hadiah tahun baru apa yang cocok untuk keluarga, teman, suami atau anak? Sebelum mencari ide hadiah tahun baru yang cocok, simak dulu tips dari Ibupedia berikut ini, ya!

Tips memilih hadiah tahun baru

1. Pilih berdasarkan jenis usia


Usia penerima menjadi petunjuk pertama untuk menentukan hadiah tahun baru yang cocok. Ini akan memudahkan kamu untuk menyortir pilihan dan lebih bermanfaat untuk penerima.

Hadiah tahun baru untuk orang tua, keponakan, sepupu atau saudara kandung, suami/istri bahkan anak tentu berbeda. Untuk anak-anak, berikan hadiah tahun baru yang mendukung aktivitas tumbuh kembangnya. Misalnya crayon, building blocks, buku cerita, atau puzzle.

Remaja biasanya menyukai aksesoris lucu, topi, ikat pinggang, atau paket skincare remaja. Orang tua lebih membutuhkan sesuatu yang berkaitan dengan hobinya atau bisa digunakan sehari-hari. Misalnya seperti alat pancing, paket alat rajut, sweater hangat, sampai ke pakaian untuk ibadah.

Bagaimana dengan pasangan? Kamu bisa mempertimbangkan hadiah tahun baru yang berhubungan dengan aktivitas ranjang, lho.

2. Pertimbangkan kesukaan penerima


Ini juga tidak kalah penting. Setiap orang pasti memiliki kesukaannya maing-masing dan akan selalu senang menerima hadiah yang berkaitan dengan kesukaannya itu. Ini juga merupakan bentuk dukungan agar orang tersebut berkembang dengan kesukaannya.

3. Jangan ragu untuk menanyakan resolusi tahun 2023 penerima sebelum memilih hadiah


Supaya lebih tepat sasaran, nggak ada salahnya kamu bertanya tentang resolusi tahun berikutnya sebelum hari memberikan hadiah. Misalnya jika sahabat dekatmu ingin punya target menabung Rp 10.000.000 di tahun 2023, kamu bisa menghadiahinya dompet dan buku budgeting.

Ini akan membantu sahabatmu untuk menentukan berapa jumlah uang yang harus ia sisihkan per hari/per minggu/per bulan untuk mendapatkan jumlah tersebut. Contoh lainnya, jika kakak atau adikmu ingin lebih bugar di tahun 2023, kamu bisa memilih matras yoga atau sepatu lari untuk mendukung kebiasaan sehat berolahraga.

4. Tentukan budgetmu


Budget untuk membeli hadiah tahun baru juga perlu dirancang dengan baik. Kamu mungkin sudah berusaha menabung untuk keperluanmu sendiri, tapi ternyata justru banyak pengeluaran untuk memberikan hadiah tahun baru.

Tapi jangan salah. Memberikan hadiah pada orang lain membantu mempeerat hubunganmu dengan orang terdekat dan menjadi sarana sedekah yang baik. Melansir dari laman Positively Frugal, dalam mengatur budget untuk hadiah tahun baru bisa direncakan pada bulan-bulan sebelumnya.

Kamu bisa menyisikan sejumlah uang setiap bulannya untuk membeli hadiah di hari-hari penting dalam 1 tahun. Misalnya, untuk ulang tahun pasangan, lebaran, natal, imlek, serta tahun baru.

Besaran budget hadiah juga bisa kamu sesuaikan untuk setiap orang yang akan menerima. Nilai untuk orang tua, anak atau pasangan tentu berbeda dengan rekan kantor atau sahabat. 

5. Berikan hadiah tahun baru yang berkesan


Seperti apa sih hadiah tahun baru yang berkesan itu? Laman India Parenting menyebutkan bahwa, hadiah berkesan adalah hadiah yang memiliki makna tersembunyi yang ditujukan khusus hanya untuk si penerima.

Hadiah yang kamu pilih haruslah bisa menyentuh hati penerimanya dan bermakna besar bagi penerimanya. Misal, untuk penerima bertipe pekerja keras, yang sudah giat bekerja setahun penuh, jarang menyenangkan dirinya sendiri dan fokus hanya pada keluarganya, kamu bisa memilihkan voucher paket spa atau voucher menginap di hotel.

Makna dari hadiah ini bukan sekedar voucher dipakai lalu kesenangan selesai. Tapi lebih kepada bagaimana akhirnya seseorang yang jarang menyenangkan dirinya sendiri ini akhirnya mendapatkan self reward  dan bisa menikmati hadiah tahun barunya tanpa harus memikirkan orang lain dulu sejenak.

Nah, dari kategori-kategori yang bisa kamu pertimbangkan tadi, yuk tentukan hadiah tahun baru kamu lewat daftar ini.

Ragam pilihan hadiah tahun baru


1. Buku

Buku bisa jadi pilihan untuk siapa saja penerima hadiah. Hampir semua kalangan dan usia cocok diberi kado buku. Buku juga jadi pilihan kado yang bersifat mendukung seseorang. Apalagi jika kamu memberikan tema yang sesuai untuk penerimanya.

Anak-anak menyukai buku cerita dan buku aktivitas. Remaja biasanya menyukai novel romansa atau petualangan. Buku-buku non fiksi, finansial dan psikologis disukai kebanyakan orang yang bekerja.

2. Mainan edukatif

Mainan edukatif seperti building blocks, puzzle, pasir kinetik atau clay cocok untuk anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Selain bagus untuk menunjang perkembangan motoriknya, hadiah tahun baru ini bisa dimainkan berulang dan disukai anak-anak.

3. Skincare

Sudah makin banyak orang yang peduli pada kesehatan wajah dan pilihan skincare dengan kandungan premium juga mudah ditemukan di pasaran. Hadiah serum wajah, serum mata, sampai mini package brand skincare tertentu bisa jadi pilihan untuk teman atau saudara.

4. Bodycare

Nggak cuma skincare, bodycare juga jadi pilihan tepat untuk hadiah tahun baru. Pilihannya juga beragam, lho. Mulai dari lotion, body cream, body scrub, sabun atau shampo organik, atau bathbomb.

5. Parfum

Parfum menjadi salah satu hadiah tahun baru yang classy. Karena parfum menghadirkan wangi yang selalu disukai orang dan kemasannya juga sudah banyak yang cocok untuk kado.

6. Aksesoris

Pilihan aksesoris sebagai hadiah tahun baru luas sekali, lho. Kamu bisa memilih berdasarkan penerimanya. Ada ikat rambut, topi, bando, bros hijab, ikat pinggang, sampai dasi. 

7. Kotak multifungsi

Kotak penyimpanan multifungsi dengan banyak sekat sangat bermanfaat untuk orang lain. Apalagi mereka dengan hobi tertentu. Kotak ini bisa digunakan untuk tempat obeng, baut, perlengkapan memancing, atau tempat printilan kotak bekal untuk para Ibu yang suka membuat bekal lucu

8. Perlengkapan olahraga

Kerabat atau teman dengan resolusi ingin lebih sehat bisa banget kamu hadiahkan perlengkapan olahraga. Pilihannya ada dumbbell, matras yoga, raket badminton, baju olahraga, gym ball, sepatu lari atau voucher gym.

9. Perlengkapan ibadah

Pilihan ini cocok untuk hadiah tahun baru orang tua. Kamu bisa memberikan sajadah, sarung, mukena, peci, tasbih, Rosario, dan pakaian baru untuk ibadah ke gereja, pura, atau vihara. Orang tua cenderung lebih senang menerima sesuatu yang mendukung aktivitas keagamaannya.

10. Sweater atau syal

Hadiah tahun baru yang satu ini bisa jadi pilihan untuk segala usia. Sweater, jaket atau syal akan sering dipakai saat cuaca dingin, atau hendak bepergian dengan kendaraan terbuka. Hadiah ini cukup berkesan, lho.

11. Perlengkapan dinas ranjang

Pasutri merapat, yuk! Ini dia hadiah tahun baru untuk suami atau istri supaya makin hot di ranjang. Kalau kamu sedang galau memutuskan akan memilih hadiah tahun baru apa yang paling cocok untuk pasangan, jatuhkan pilihan pada perlengkapan dinas ranjang.

Mulai dari lingerie, pakaian seksi, baju karakter, celana dalam baru, sex toys, madu stamina atau pil empot ayam bisa jadi pilihan untuk ranjang yang lebih gila setahun ke depan.

12. Makanan

Ingin kembali ke hadiah klasik, pilih makanan ringan atau kue untuk hadiah tahun baru orang terdekat. Kukis dan coklat masih jadi pilihan favorit karena… siapa yang tidak suka?

Makanan buatan sendiri juga cocok untuk acara tahun baru bersama keluarga atau teman. Untuk hadiah tahun baru yang praktis dikirim, kamu bisa memberikan teh aneka bunga, madu, atau sarang burung walet kemasan jar.

13. Set keramik

Nah, set keramik selalu classy untuk jadi hadiah tahun baru. Piring, gelas, mangkuk, atau mug cocok untuk kamu berikan pada keluarga atau teman perempuan. 

14. Botol minum

Punya botol minum sendiri akan membantu mengurangi sampah botol plastik. Selain itu, dengan membawa botol minum sendiri, seseorang akan lebih sering minum air putih sehingga lebih sehat.

Botol minum yang bisa di-custom tampilan luarnya cocok nih untuk hadiah tahun baru. Kamu bisa memesan dengan nama penerima, hiasan sesuai kesukaan penerima, bahkan botol dengan garis penanda milliliter air dan kalimat penyemangat.

15. Buket uang

Ingin memberi uang tunai tapi denan cara yang tidak biasa? Buket uang adalah solusinya. Saat ini sudah banyak jasa yang menawarkan pembuatan buket uang terpercaya dan kamu hanya perlu mentransfer uang yang ingin kamu berikan kepada penyedia jasa. 

Mereka akan merangkainya untukmu. Tapi kamu juga bisa membuatnya sendiri, kok. Tutorial pembuatannya banyak berseliweran di sosial media.

16. Voucher

Voucher masih banyak digemari, lho! Kamu bisa memilih menghadiahkan voucher jenis apapun, mulai dari voucher belanja, makan, diskon khusus, sampai voucher untuk staycation. Ini merupakan pilihan hadiah tahun baru untuk keluarga yang tepat.

17. Logam mulia

Investasi kini jadi perhatian utama. Kamu boleh banget memilih logam mulia untuk diberikan sebagai hadiah tahun baru. Tak perlu khawatir besaran gramasinya. Karena kini sudah banyak logam mulia dengan gramasi kecil yang memudahkan kamu memberikan hadiah berkelas tapi tetap sesuai budget.

18. Dompet budgeting

Kebutuhan untuk sehari-hari, menabung, dana darurat, dan persiapan dana pensiun perlu diisi merata dari pendapatan bulanan. Dompet budgeting bisa membantu seseorang mengeposkan pengeluarannya sehingga lebih terarah. 

Inilah kenapa dompet budgeting, amplop challenge, atau media pengatur finansial lainnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai hadiah tahun baru. Ragam pilihan hadiah tahun baru nanti ada banyak, nih. Kira-kira, mana yang paling cocok untuk orang terkasihmu?

Editor: Aprilia