Keluarga

3 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Menurut Ilmu Sains!

3 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Menurut Ilmu Sains!

Menghilangkan bau amis ikan bisa menjadi satu hal yang menantang saat memasak di dapur. Pasalnya, bau amis pada ikan bisa jadi tetap tercium setelah masak selesai atau bahkan tertinggal di dalam kulkas.

Nah, sebenarnya perlu trik khusus untuk menghilangkan bau amis ikan, supaya ikan yang tersaji tetap lezat saat disantap. Apalagi terkadang, ketika ikan terlalu amis, bikin baunya masih menempel bahkan setelah makan.

Duh, rasanya nggak enak banget, deh! Ujung-ujungnya, ikan yang disajikan jadi nggak dimakan lagi. Sayang banget ya, Bu?

Untuk itu, supaya ikan yang hendak Ibu masak nggak jadi mubadzir, Ibumin akan mengulas tentang cara menghilangkan bau amis pada ikan. Nggak hanya itu, Ibumin juga akan memberikan tips khusus untuk menghilangkan bekas amis pada kulkas, dan mencegah bau amis setelah memasak.

Harapannya, cara menghilangkan bau amis pada ikan berikut ini bisa lebih memudahkan Ibu dalam menyajikan makanan bergizi buat keluarga. Yuk, kita simak ulasan lengkapnya!

Panduan memilih ikan supaya tidak berbau amis


Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau amis pada ikan, kita simak dulu nih panduan memilih ikan yang tepat supaya masak menjadi lebih mudah.

Melansir dari laman Fulton Fish Market dalam ulasannya “How to Get Rid of Fish Smell After Cooking”, terdapat jenis-jenis ikan dengan bau amis yang masih wajar. Simak pertimbangan membeli ikan yang tidak terlalu amis berikut ini:

  • Belilah ikan yang masih segar karena cenderung tidak terlalu amis dan rasanya masih legit.
  • Ikan air tawar dan jenis ikan anadromous (ikan laut yang bermigrasi ke air tawar untuk bertelur), cenderung tidak terlalu amis jika dibandingkan dengan ikan laut karena tidak mengandung TMA (trimethylamine).
  • Hindari ikan seperti lele karena ikan ini tak cuma amis namun juga memiliki bau lumpur yang khas.

Bau amis pada ikan sebenarnya hal yang wajar. Hal ini juga belum tentu jadi pertanda bahwa ikan yang Ibu beli sudah busuk. 

Ikan memiliki kandungan amine trimethylamine oxide (TMAO) yang berguna untuk mempertahankan homeostasis di air asin. Penyerapan amine trimethylamine oxide, membantu ikan melawan rasa air asin yang ekstrim di lautan.

Proses karboksilasi akan dimulai setelah ikan mati saat terkena udara. Prosesnya akan mengubah amine trimethylamine oxide (TMAO), menjadi trimetilamina (TMA) yaitu amina yang akan mengeluarkan bau amis.

Semakin lama ikan mati terkena udara, maka semakin banyak amine trimethylamine oxide yang diubah menjadi trimetilamina, sehingga bau ikan akan tercium lebih amis. Nah, supaya baunya tidak terlalu tajam, Ibu perlu mengetahui cara menghilangkan bau amis ikan yang tepat!

Ketahui cara menghilangkan bau amis pada ikan sebelum dimasak


Melansir dari laman Southern Living, tingkat bau amis akan hilang bila Ibu melakukan teknik masak yang benar, selain menghilangkan bau amis sebelum mengolahnya. Biasanya saat menyiapkan ikan dengan teknik masak digoreng, bau amis pada ikan akan tercium sangat tajam.

Lakukan cara menghilangkan bau amis ikan yang benar, supaya Ibu lebih nyaman saat memasak. Melansir dari laman Life Hacker, berikut ini terdapat tiga cara jitu mengurangi bau amis pada ikan menurut sains:

1. Lakukan teknik pencucian yang tepat

Menghilangkan bau amis ikan dapat dilakukan melalui teknik pencucian yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan air dingin saat mencuci ikan.

Hindari membilas ikan dengan air panas, karena pemakaian air dingin akan akan menghilangkan sebagian besar bakteri dan trimetilamina (TMA).

2. Rendam dengan air susu


Cara menghilangkan bau amis pada ikan selanjutnya adalah dengan teknik perendaman air susu. Hal ini dikarenakan kandungan kasein dan protein dalam susu, akan mengikat trimetilamina (TMA) sehingga mampu membuat ikan berbau segar.

Pastikan susu yang digunakan tidak memiliki kandungan gula, dan biarkan ikan terendam selama kurang lebih 20 menit sebelum Ibu siap mengolahnya menjadi santapan yang lebih lezat.

3. Menggunakan kandungan asam

Trimetilamina (TMA) yang terkandung pada ikan memiliki sifat basa. Oleh karena itu saat Ibu memberi garam dan air pada ikan, maka asam pada ikan akan bereaksi sehingga ikan tidak akan amis dan rasanya tetap lezat. 

Selain itu, Ibu bisa menggunakan cuka makan, air lemon, air jeruk nipis, atau rendam ikan ke dalam saus asam seperti saus tartar untuk menghilangkan bau amisnya. Semua cara menghilangkan bau amis ikan ini, bisa mengurangi baunya selama ikan masih dalam kondisi segar dan layak untuk dikonsumsi.

Berbagai cara menghilangkan bau amis pada ikan


Selain menghilangkan bau amis ikan sebelum dimasak, Ibu juga perlu tahu nih tips tentang menghilangkan bau amis ikan pada tempat lainnya. Melansir dari laman Cleanipedia, berikut tipsnya:

  • Menghilangkan bau amis ikan di tangan

Kita kerap kali menemukan bahwa tangan masih tersisa bau amis setelah mengolah ikan. Tentu saja, ini hal yang tidak menyenangkan, apalagi bila Ibu harus melakukan aktivitas lain setelahnya. Lakukan cara berikut ini untuk menghilangkannya:

  • Gosokkan tangan pada wastafel berbahan stainless steel, kemudian bilas dengan sabun dan air hingga bersih.
  • Percikkan sedikit cuka makan, air lemon, atau garam ke telapak tangan Ibu lalu kemudian bilas hingga bersih. Tak disarankan bila tangan Ibu memiliki kulit yang sensitif.
  • Cuci tangan dengan air hangat dan sabun yang mengandung jeruk nipis kemudian bilas seperti biasa.

Ibu juga bisa menggunakan alternatif lainnya supaya bau ikan di tangan tidak tercium sama sekali, yaitu mengolah ikan menggunakan sarung tangan khusus masak.

  • Menghilangkan bau amis ikan di kulkas atau freezer

Sering juga kita temukan bau amis ikan menempel pada freezer atau kulkas, padahal ikan sudah dimasak beberapa hari yang lalu. Bau amis ikan ini tentunya akan mencemari bahan makanan lainnya, dan membuat rasanya menjadi tidak sedap. 

Caranya adalah dengan membersihkan kulkas Ibu sepenuhnya untuk menghilangkan bau amis tersebut. Lakukan langkah berikut:

  • Lepas semua perangkat yang ada pada kulkas seperti rak atau lacinya dan cabut stop kontak kulkas saat akan membersihkannya.
  • Siapkan larutan pembersih air hangat yaitu cairan pencuci dan baking soda, (buat hingga satu liter) dengan takaran: satu liter air hangat campurkan dengan beberapa tetes sabun pencuci piring dan seperempat cangkir baking soda atau soda kue.
  • Aplikasikan pada seluruh kompartemen kulkas menggunakan spons. Jika sudah rata, Ibu bisa mengeringkannya dengan kain atau handuk. Setelah itu, oleskan ektrak vanilla untuk membuat kulkas Ibu lebih harum dan menghilangkan bau amis ikan.
  • Tunggu beberapa saat atau benar-benar kering kemudian kulkas bisa digunakan kembali.

Cara lain bisa digunakan supaya kulkas Ibu tidak mudah bau, yaitu dengan memberi perangkat anti lembap kulkas atau kamper kulkas yang tersedia dengan berbagai macam merk.

Editor: Aprilia