Keluarga

7 Aturan Untuk Anak Nikita Willy Saat Ditinggal Pergi

7 Aturan Untuk Anak Nikita Willy Saat Ditinggal Pergi

Untuk pertama kalinya, anak Nikita Willy, baby Izz, akan terpisah dari Ibunya selama 3 hari. Sebab, Nikita Willy akan menghadiri pernikahan Mikha Tambayong dan Deva Mahenra di Bali.

Pada kesempatan bepergian ini, Nikita memutuskan untuk tidak membawa serta sang anak dan akan menitipkannya pada sang nenek. Nikita membagikan postingan story pada Instagram @nikitawillyofficial94 yang berisikan catatan peraturan selama ia pergi. 

Simak apa saja peraturannya, yuk! Siapa tahu bisa Ibu tiru dan dijadikan salah satu referensi peraturan, ketika hendak meninggalkan si kecil untuk Dinas bekerja di luar kota.

Catatan cinta untuk panduan merawat baby Izz ala Nikita

1. Tidak boleh makan gula


Nikita Willy dikenal memiliki gaya parenting yang baik untuk putra pertamanya, Issa Xander Djokosoetono. Peraturan paling penting yang Nikita tulis adalah larangan memberikan Izz gula.

Gula yang dimaksud di sini adalah segala bentuk makanan manis dan olahan berbahan gula. Ini merupakan aturan yang baik, seperti anjuran ahli gizi dalam Baby Center yang menyebutkan bahwa, gula dan makanan manis tidak memiliki nutrisi yang mencukupi kebutuhan bayi. 

Konsumsi gula di usia bayi juga akan memengaruhi pola makan dan kesukaan di masa dewasanya nanti. Namun jika ingin menawarkan sesuatu yang manis, sebagai alternatif, para Ibu bisa memberi bayi buah yang manis seperti kurma, mangga, wortel, melon, pisang, semangka atau buah naga.

2. Makan kurma hanya boleh satu sehari


Aturan untuk anak Nikita Willy berikutnya adalah batasan saat makan kurma. Kurma memang buah yang kaya nutrisi dan memiliki rasa yang manis alami. Buah ini juga merupakan alternatif pengganti gula pada olahan makanan.

Namun karena ada batasan tertentu untuk makan makanan manis pada bayi dan anak-anak, maka konsumsi kurma juga sebaiknya tidak terlalu banyak. Ini juga bertujuan agar makanan utama untuk pemenuhan nutrisi lengkapnya tidak tergeser.

3. Tidak boleh makan digendong


Siapa nih yang masih menggunakan jurus gendong dan jalan-jalan saat anak makan? Anak Nikita Willy sudah dibiasakan anaknya makan di baby chair dan tidak digendong, lho!

Namun karena dititipkan ke neneknya, di mana nenek biasanya masih menggunakan cara lama untuk memberi makan bayi dengan menggendong, maka Nikita menuliskan aturan ini agar baby Izz tetap melakukan kebiasaan makan dengan duduk. Life Your Way memaparkan manfaat-manfaat bayi makan dengan duduk di baby chair, yaitu:

  • Bayi lebih mandiri
  • Hemat waktu karena bayi lebih fokus untuk makan
  • Bayi aman dan merasa nyaman
  • Bayi merasa dilibatkan saat waktu makan bersama keluarga
  • Bonding dengan Ibu lebih baik.

Ibu di rumah juga bisa mencoba menerapkan cara ini, ya!

4. Kalau nangis malam tunggu 5 menit


Sudah bukan rahasia lagi kalau anak Nikita Willy memiliki trainer khusus untuk melatihnya tidur sendiri. Menangis atau terbangun di tengah tidur normal terjadi pada bayi di usia berapapun.

Namun, bayi memiliki kemampuan yang disebut self soothing atau menenangkan dirinya sendiri dan tidur kembali, begitu dilansir dari Raising ChildrenLaman ini juga menyebutkan bahwa bayi 3-4 bulan sebaiknya dibiarkan melakukan self soothing selama 1-2 menit tanpa bantuan orang lain.

Untuk bayi yang lebih besar, tunggu lebih lama. Karena Baby Izz sudah menginjak 10 bulan, tak heran jika Nikita menetapkan waktu 5 menit untuk menunggu sebelum akhirnya boleh ditenangkan orang dewasa.

5. Kalau tidak mau makan jangan dipaksa


Menciptakan suasana makan yang menyenangkan penting bagi bayi, agar bayi memahami bahwa makan adalah sebuah bagian dari kehidupannya. Jangan sampai momen makan menjadi momen traumatis untuk bayi. 

Memberi kesempatan bayi untuk memutuskan berapa banyak makanan yang diinginkan, dan tidak memaksanya makan jika tidak mau. Ini dilakukan Nikita mengenalkan momen makan yang menyenangkan.

Dalam video-video yang memperlihatkan aktivitas Nikita dan baby Izz sehari-hari, tampak Nikita sangat tenang dan tidak memaksa putranya untuk makan saat Issa sudah menolak makan. Untuk itu, peraturan ini pun ia teruskan melalui pengasuh yang akan bersama baby Izz selama Nikita pergi.

6. Tidur siang 2 kali


Aturan tidur anak Nikita Willy ini bukan tanpa dasar, ya. Melansir dari Mayo Clinic, bayi usia 4 bulan sampai 1 tahun masih memerlukan tidur siang 2 kali dalam sehari. Biasanya di pagi hari setelah sarapan dan mandi, lalu di siang hari setelah makan siang atau mandi sore.

Tidur siang baik untuk perkembangan fisik dan psikis bayi, lho. Nggak heran kalau tidur siang amat disarankan untuk bayi dan anak-anak.

7. Tidur siang tidak boleh lebih dari 2 jam


Masih seputar tidur siang, anak Nikita Willy juga diberi batasan durasi tidur siangnya. Ada alasan logis mengapa bayi sebaiknya tidur siang tidak boleh lebih dari 2 jam.

Ini karena jika tidur melebihi 2 jam, maka waktu makan akan terganggu. Mengingat waktu makan bayi dan anak-anak sekitar 2 jam sekali, berselang-seling untuk makan utama dan waktu cemilan.

Selain itu tidur siang terlalu lama akan mengganggu waktu tidur malamnya. Bayi bisa saja tidak bisa tidur saat malam hari dan ini juga akan berdampak pada pertumbuhannya.

Karena ada golden time di pukul 10-2 malam ketika hormon pertumbuhan bekerja dengan baik. Bayi yang jam tidurnya terganggu juga cenderung lebih rewel.

Nah, dari semua peraturan milik anak Nikita Willy ini, adakah yang serupa dengan peraturan Ibu di rumah?

Editor: Aprilia