Keluarga

9 Tips Mencuci Baju Di Mesin Cuci Agar Bersih, Ternyata Simpel Banget!

9 Tips Mencuci Baju Di Mesin Cuci Agar Bersih, Ternyata Simpel Banget!

Ibu, sedang cari-cari tips mencuci baju dengan mesin cuci? Ibumin punya tips lengkapnya, nih! Mencuci dengan mesin cuci memang lebih hemat tenaga dan waktu, tapi benar nggak sih kalau hasilnya kurang bersih seperti saat dicuci secara manual dengan tangan?

Asal tahu tips mencuci baju, hasil cucian dengan mesin cuci pun bisa sebersih dengan tangan. Tentunya dengan waktu yang lebih singkat dan tenaga yang lebih sedikit!

Penasaran kan seperti bagaimana caranya? Yuk, simak tips mencuci baju di mesin cuci agar bersih berikut ini.

Tips mencuci baju dengan mesin cuci

1. Pisahkan pakaian berdasarkan jenis bahan dan warnanya

Pakaian warna putih dipisahkan dari pakaian berwarna. Tips mencuci baju yang satu ini, dilakukan agar pakaian putih tidak terkena lunturan dari baju berwarna.

Begitu juga pakaian dengan bahan halus yang sensitif, seperti kemeja sutra. Selain itu, Ibu perlu memisahkan pakaian dengan bahan halus dari pakaian berbahan tebal seperti celana jeans. Mengutip Martha Stewart, cara ini efektif menjaga kualitas bahan dan warna dari pakaian. Artinya, Ibu bisa lebih lama memakai pakaian tersebut, kan?

2. Kain lebar dicuci terpisah

Saat berputar di dalam mesin cuci, kain lebar seperti handuk dan seprai akan cenderung menempel ke dinding tabung mesin cuci. Akibatnya, pakaian atau cucian lain yang ukurannya lebih kecil pun akan terjebak di dalamnya. 

Padahal, cucian harus saling bergesekan untuk bisa bersih (seperti saat pakaian dikucek dengan tangan). Bukan cuma kurang bersih, ini juga bisa membuat pakaian masih terlalu basah saat dikeluarkan dari mesin cuci. Jadi, mulai sekarang cuci terpisah ya bu!

3. Cek lebih dulu semua kantong

Tips mencuci baju dengan mesin cuci selanjutnya adalah, mengecek semua kantong pakaian. Pastikan seluruh kantong pakaian sudah kosong sebelum masuk ke mesin cuci. 

Benda-benda asing seperti uang koin bisa menghambat perputaran mesin cuci. Saat perputaran mesin cuci kurang optimal, maka hasil cucian akan cenderung kurang bersih.

Selain itu, benda seperti tisu dan kertas juga harus dikeluarkan dari kantong. Sebab, benda-benda tersebut mudah hancur saat terkena air. Alih-alih bersih, pakaian justru bakal kotor terkena tisu dan kertas yang ambyar kena air.

4. Jangan lupa balik pakaian

Selalu balik pakaian, terutama yang memiliki gambar atau sablon. Tips mencuci baju yang satu ini wajib dilakukan agar gambar atau sablon pada pakaian tetap awet.

Akan tetapi, bagaimana jika ada noda yang perlu dihilangkan? Biasanya masalah ini Ibu jumpai pada pakaian si kecil. Tenang saja, Ibu tetap bisa mencucinya dengan mesin cuci kok!

Dikutip dari Very Well Family, sebelum memasukkan pakaian si kecil ke mesin cuci cobalah untuk lebih dulu mengoleskan sabun cair pada bagian yang terkena noda. Diamkan selama beberapa menit baru kemudian cuci menggunakan mesin.

5. Tutup ritsleting, buka kancing 

Sebelum masuk ke mesin cuci, pastikan ritsleting pakaian sudah tertutup. Ini karena ritsleting pakaian yang keras bisa merusak pakaian lain.

Sebaliknya, untuk kancing pakaian justru harus dibuka sebelum masuk ke mesin cuci. Kenapa? Dalam kondisi baju tertutup, ada kemungkinan benang kancing akan tertarik saat mesin cuci mulai berputar. Jadi, sebaiknya pakaian dibiarkan dalam kondisi terbuka waktu masuk ke dalam mesin.

6. Pasang pengait bra

Selain ritsleting dan kancing, jangan lupa perhatikan pengait pada bra. Sebelum dimasukkan ke mesin cuci, jangan lupa pasang pengait bra. Lebih bagus lagi kalau bra dimasukkan ke laundry bag khusus.

Pengait bra yang tidak terpasang dengan benar bisa tersangkut pada baju lain. Saat mesin sudah berputar, maka bra akan ikut tertarik hingga menjadi kendor.

7. Bersihkan noda membandel lebih dulu

Fungsi utama mesin cuci memanglah untuk membersihkan pakaian. Namun bukan berarti lantas semua pakaian kotor langsung dimasukkan ke mesin cuci.

Pakaian kotor yang langsung dimasukkan ke mesin cuci justru akan mengotori pakaian lain. Alih-alih bersih, pakaian yang dicuci justru jadi makin kotor.

8. Siapkan takaran detergen dengan pas

Tips mencuci baju dengan mesin cuci selanjutnya berhubungan dengan bahan pembersihnya, yaitu deterjen atau sabun cuci baju.

Banyak yang beranggapan kalau makin banyak deterjen yang digunakan, maka makin bersih hasil cuciannya. Namun yang terjadi justru sebaliknya.

Deterjen yang terlalu banyak justru akan menghasilkan terlalu banyak busa di dalam mesin cuci. Saat busa terlalu banyak, ada kemungkinan air di dalam mesin cuci tidak bisa membilas dengan maksimal.

Hasilnya, pakaian mungkin terlihat bersih, tapi saat dipegang justru terasa lengket. Jika pakaian terkena air, maka pakaian pun akan berbusa kembali.

9. Pilih mode dan kecepatan yang tepat

Tips mencuci baju dengan mesin yang terakhir ada hubungannya dengan mesin cuci itu sendiri. Pastikan untuk memilih mode dan kecepatan cuci sesuai dengan jenis pakaian yang dicuci. 

Jangan lupa juga untuk memilih waktu pencucian dengan tepat. Hindari waktu cuci yang terlalu singkat karena bisa menyebabkan pakaian kurang bersih. Namun, jangan juga mencuci terlalu lama karena dapat membuat pakaian rusak, terutama jika sedang mencuci pakaian berbahan halus.

Nah, itu dia beberapa tips mencuci baju dengan mesin cuci agar hasil cucian bersih maksimal. Mana tips yang sudah pernah dicoba? 

Selain melakukan tips mencuci baju di atas, jangan lupa juga untuk membersihkan mesin cuci, ya! Parents bisa simak tipsnya di artikel tentang membersihkan mesin cuci di sini!

Editor: Aprilia