Keluarga

Ampuh! Lakukan 10 Cara Agar Anak Tidak Malas Sekolah

Ampuh! Lakukan 10 Cara Agar Anak Tidak Malas Sekolah

Sekolah merupakan kegiatan wajib bagi si kecil. Namun tak jarang mood anak yang sering berubah membuat ia seringkali merasa malas belajar dan pergi ke sekolah.

Kalau sudah begini, sudah pasti bikin kepala Ibu jadi pusing deh! Apalagi kalau ditambah dengan ‘drama-drama’ tantrum dan mogok makan ya Bu? Biasanya jadi lebih susah dibujuknya.

Sebelum itu, pernah nggak sih Ibu mencari tahu apa yang menjadi penyebab si kecil malas sekolah? Misalnya ada masalah kesulitan belajar, tidak nyaman dengan lingkungan, kelelahan atau bahkan mendapatkan bullying dari teman-temannya.

Sebelum melabeli anak malas sekolah, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa alasan anak tidak mau sekolah ya Bu. Sebab, jika masalah ini tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan si kecil ketinggalan pelajaran di sekolah dan susah bersosialisasi dengan teman-temannya.

Untuk itu masalah ini memang perlu perhatian ekstra dari orang tua dan tidak boleh disepelekan ya. Nah, agar anak tidak malas belajar dan mengikuti pelajaran, yuk simak cara agar anak tidak malas sekolah yang dilansir dari Psychology Today berikut ini.

Cara agar anak tidak malas sekolah


1. Cari penyebab anak malas sekolah

Ada tipe anak yang senang memendam perasaan dan mengatakan ‘tidak mau’ tanpa alasan. Kalau sudah seperti ini, Ibu bisa melakukan pendekatan empat mata ke anak dan tanyakan perlahan apa hal yang mengganjal dan membuat ia tidak mau ke sekolah.

Dengarkan penjelasan si kecil tanpa harus menghakimi alasannya ya Bu. Dengan begitu ia bisa menjadi lebih terbuka dan menceritakan hal apa yang sebenarnya ia rasakan agar anak tidak malas belajar di sekolah lagi.

2. Hindari berdebat dengan anak

Setelah mendengar penjelasan anak mengenai apa alasan ia malas ke sekolah, sebaiknya respon dengan bijak dan hindari kata-kata yang menghakimi sehingga memancing perdebatan ya Bu. Hal ini hanya akan membuat si kecil tidak terbuka dan takut mengungkapkan perasaannya kembali pada orang tua.

3. Cari tahu melalui guru di sekolah

Kedua orang tua harus bertemu dengan guru atau wali kelas anak di sekolah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa hambatan yang dialami oleh anak saat belajar di kelas.

Hal ini pun sekaligus bertujuan agar orang tua mengetahui secara lebih pasti apa saja hambatan yang si kecil alami dan terlihat saat di rumah. Sekaligus membiasakan kita sebagai orang tua untuk selalu terlibat dalam masalah yang dihadapi anak secara langsung.

4. Jangan biasakan alasan sakit untuk bolos sekolah

Salah satu cara agar anak tidak malas sekolah selanjutnya adalah jangan biasakan si kecil untuk menggunakan alasan sakit untuk bolos sekolah. Jika si kecil benar-benar sakit maka ajak ia memeriksakan diri ke dokter.

Setelahnya biarkan ia istirahat dan tidur di kamar tanpa menyalakan TV atau membiarkan ia bermain game. Tujuannya agar si kecil tahu dan jujur terhadap apa yang ia rasakan jika benar-benar sakit dan tidak selalu menjadikan alasan sakit untuk bolos sekolah.

5. Tetap menjadi pendukung yang baik untuk anak

Cara agar anak tidak malas belajar di sekolah selanjutnya adalah tetap jadi pendukung yang baik untuknya. Meski dengan alasan apapun, orang tua tetap harus support segala yang anak rasakan ya Bu.

Namun, tetap arahkan anak ke jalan yang terbaik tanpa menghakimi atau marah. Disaat ia sedang malas belajar atau pergi ke sekolah, dukungan orang tua dan keluarga sangat penting agar ia kembali percaya diri dan semangat untuk pergi ke sekolah lagi.

6. Terlibat dalam proses belajar si kecil

Melansir Oxford Learning setelah mengetahui apa hambatan yang dialami anak, ada baiknya untuk sementara waktu orang tua perlu terlibat dalam proses belajar si kecil. Selain membantunya menyelesaikan soal pelajaran yang mungkin ia tidak mengerti, kamu juga bisa membuat suasana belajar jadi lebih nyaman baginya.

Misalnya saja, ketika anak masih belajar daring dari rumah pastikan berikan anak ruangan yang nyaman dengan suasana tenang. Berikan fasilitas berupa alat tulis yang memadai atau memancing ia semangat belajar, Ibu bisa membeli alat tulis dengan karakter yang lucu dan menggemaskan. 

Di jam istirahatnya, jangan lupa sediakan makanan dan camilan yang ia suka agar saat jam belajar tiba ia menjadi lebih fokus dalam menyerap pelajaran.

7. Jangan ragu berikan pujian

Anak paling suka dipuji, apalagi jika ia mendapatkan nilai bagus atau sekadar mengerti pelajaran yang diajarkan oleh gurunya. Nah, ketika ia menceritakan tentang pengalamannya di sekolah jangan ragu untuk sesekali memberikan pujian ya Bu.

Hal ini sedikit banyak dapat membuat si kecil makin semangat sekolah. Kamu juga bisa memberikan hadiah kecil sebagai ungkapan terima kasih karena sudah mau belajar dan menjadi anak yang baik selama di sekolah.

8. Hindari si kecil mengalami stress saat belajar

Cara agar anak tidak malas sekolah yang satu ini mungkin seringkali tidak terpikirkan oleh orang tua. Padahal anak juga bisa mengalami stress jika terlalu dipaksa belajar saat moodnya sedang tidak baik lho Bu.

Dari pada membuat si kecil mengalami gangguan belajar, ada baiknya ajak si kecil jalan-jalan saat weekend seperti ke taman, mendengarkan musik sebelum memulai pelajaran di sekolah dan mengajak sarapan dengan makanan favoritnya. 

Rutin mengajak anak berolahraga setiap hari juga bisa mengurangi stress yang ia alami dan membuat anak lebih fokus dalam belajar.

9. Cukupi waktu tidurnya

Agar anak tidak malas belajar di sekolah, ada baiknya orang tua harus pastikan anak tercukupi waktu tidurnya. Apakah ia mengalami gangguan tidur saat malam hari, seberapa sering mimpi buruk dan lain sebagainya.

Sebab, ketika anak kurang tidur otomatis akan berpengaruh pada moodnya. Sehingga otomatis ia menjadi malas datang ke sekolah dan menjadi tantrum.

10. Minta bantuan ahli

Terkadang, ketika orang tua sudah melakukan berbagai cara seperti di atas sudah tidak mempan maka cara agar anak tidak malas sekolah yang terakhir adalah dengan meminta bantuan ahli seperti dokter atau psikolog untuk memantau perkembangannya. Bisa jadi, metode pelajaran yang ada di sekolah tidak cocok bagi si kecil.

Atau mungkin si kecil memiliki masalah lain yang tidak bisa diselesaikan sendiri dengan orang tua. Fungsi psikolog atau dokter adalah sebagai penengah dan membantu memecahkan masalah yang terjadi pada si kecil.

Nah, itu tadi beragam cara agar anak tidak malas sekolah yang bisa Ibu lakukan di rumah. Perlu diingat, tiap anak tentu memiliki perkembangan dan masalah yang berbeda-beda ya Bu. Usahakan jangan melabeli anak malas sekolah sebelum kamu mengetahui apa yang menjadi akar masalahnya.

Editor: Dwi Ratih