Keluarga

Cek Panduan #NgemilBijak ala Mondelez, Bantu Terapkan Cara Ngemil yang Lebih Bijak

Cek Panduan #NgemilBijak ala Mondelez, Bantu Terapkan Cara Ngemil yang Lebih Bijak

Kesibukan sehari-hari, terkadang bikin kita jadi mudah stres dan sangat berdampak pada kesehatan mental. Karenanya, rehat sejenak dari padatnya aktivitas, sedikit banyak dapat membantu menghindari kedua kondisi tersebut.

Nah, saat break atau rehat, selain makan makanan utama, rasanya masih ingin makan sesuatu makanan yang cenderung ringan di perut. Makanan ringan ini seringkali kita sebut sebagai camilan.

Bagi Ibumin, ngemil menjadi salah satu self healing terbaik yang dapat kita lakukan kapanpun saat rasa bosan melanda. Bahkan, kebiasaan ngemil bisa jadi bagian dari pola makan sehat, jika dilakukan dengan cara yang benar, lho!

Namun, agar manfaatnya bisa didapat, Ibu harus mengikuti beragam tips ngemil berikut. Sebab, tips ngemil yang kita bahas dalam ulasan ini bisa membantu Ibu ngemil dengan sehat dan bijak, serta tetap bermanfaat bagi tubuh kita.

Pentingnya ngemil buat Ibu dan si kecil


Yes! Selain orang dewasa, si kecil juga butuh asupan camilan yang sehat dan bermanfaat buat tubuhnya, lho! Inilah pentingnya menerapkan tips ngemil yang baik setiap harinya.

Jika dikutip dari Kids Health tips ngemil buat anak ini punya manfaat penting. Terutama dalam memenuhi kebutuhan nutrisi yang sulit masuk pada jam makan besar, agar gizi yang dibutuhkan tetap terpenuhi dan seimbang.

Beberapa manfaat menerapkan tips ngemil sehat lainnya diantaranya adalah:

  1. Mencegah anak jadi sangat lapar sehingga menjadi rewel
  2. Menerapkan tips ngemil sehat dapat membantu mencegah makan berlebihan saat makan
  3. Menerapkan tips ngemil sehat, jadi kesempatan untuk menambah lebih banyak nutrisi ke dalam tubuh mereka
  4. Memberikan tambahan energi saat kadar glukosa atau gula darah sedang rendah
  5. Nyemil bersama dengan si kecil, dapat membantu meningkatkan bonding antar orang tua dan anak
  6. Membantu mengenalkan tekstur makanan baru bagi si kecil
  7. Tips ngemil sehat, jadi waktu yang tepat untuk melepaskan diri dari beban mental yang mengelilingi setiap hari. Ngemil juga bisa jadi bagian dari self reward
  8. Ngemil bisa menghasilkan hormon bahagia atau dopamine.

Mengingat manfaat menerapkan tips ngemil yang baik ini sangat penting untuk Ibu dan si kecil, maka menerapkan ngemil bijak atau mindful snacking jadi hal yang wajib dilakukan. Ngemil bijak bermanfaat agar tubuh tetap bisa mengatur pola konsumsi, agar tidak terjebak pada kebiasaan ngemil berlebih yang rentan akan dampak negatif untuk tubuh dan pikiran.

Gimana sih, cara melakukan ngemil bijak dengan tepat?


Banyak yang salah menduga, bahwa kegiatan nyemil seringkali dianggap sebagai waktu ‘cheating’ untuk makan makanan ringan, layaknya cokelat, permen dan snack lainnya. Jelas, hal ini perlu diluruskan terlebih dahulu ya Bu.

Sebab, kita masih bisa melakukan ngemil bijak (mindful snacking) dengan tepat, agar tips nyemil sehat bisa tetap bermanfaat buat tubuh kita, terutama anak-anak. Dikutip dari Healthy Children nggak semua camilan, harus berbentuk makanan ringan, yang nilai gizinya bahkan nggak ada sama sekali atau terlalu rendah.

Nyemil bijak, nyatanya tetap bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, lho! Salah satunya dengan bijak memilih camilan sehat dan mana yang banyak manfaatnya untuk tubuh maupun pikiran.

Menyajikan camilan sehat buat si kecil juga perlu diperhatikan kandungan gizinya. Sehingga, penting untuk selalu cek tabel gizi atau Guideline Daily Amount (GDA), yang berisi informasi nilai gizi dan kalori berdasarkan peraturan Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) pada camilan kemasan yang hendak dikonsumsi.

Dikutip dari Cleveland Clinic berikut adalah tips ngemil sehat yang bisa diterapkan setiap hari:

1. Kombinasikan dengan tepat

Tips ngemil sehat yang pertama adalah, Ibu harus pandai memilih kombinasi camilan yang tepat. Misalnya saja dengan menggabungkan protein, lemak, dan karbohidrat sehat dalam satu penyajian.

Ini juga berlaku saat hendak memberikan camilan buat si kecil. Supaya ia lebih mudah mengonsumsinya, contoh, Ibu bisa menyajikan makanan tinggi protein, karbohidrat dan lemak seperti biskuit gandum dengan selai kacang atau selain keju.

2. Pastikan hidrasi tetap terpenuhi

Menerapkan tips ngemil bijak juga tetap harus memperhatikan kebutuhan hidrasi tubuh. Air putih adalah minuman alami yang paling disarankan, untuk mendampingi keluarga saat nyemil.

Sebab, air putih dapat membantu tubuh Ibu dan si kecil merasa lebih kenyang, meningkatkan metabolisme sel, sehingga otot jadi lebih bisa bekerja secara maksimal. Mengonsumsi air putih setelah menerapkan tips ngemil bijak, juga bisa membantu menjaga hidrasi tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

3. Camilan kaya protein sangat disarankan

Camilan yang kaya protein dapat membantu menjaga berat badan tubuh Ibu maupun anak-anak tetap ideal. Sebab, kebanyakan camilan berujung bisa menghasilkan tambahan lemak berlebih di dalam tubuh, yang jelas sangat berbahaya di kemudian hari.

Beberapa rekomendasi camilan tinggi protein antara lain, kacang mete, kacang almond, biji labu, chia seed, atau selai kacang.

4. Buat snacking plan

Selain membuat meal plan harian, membuat snacking plan juga bisa jadi solusi untuk menerapkan tips nyemil bijak dan sehat, lho! Snacking plan ini juga bisa Ibu manfaatkan sebagai bekal anak ke sekolah setiap hari.

Beberapa pilihan snack sehat buat si kecil dan seluruh keluarga di rumah diantaranya adalah, buah-buahan yang bisa Ibu siapkan saat malam hari. Usahakan buah yang dipilih berukuran kecil (atau bisa dipotong-potong) agar lebih mudah dikonsumsi nantinya.

Panduan #NgemilBijak ala Mondelez Indonesia


Ibu pasti nggak asing dengan produk camilan OREO, Cadbury, dan Biskuat, kan? Yes! Ketiganya merupakan produk yang diproduksi oleh Mondelez Indonesia, lho!

Melalui tiga produk andalannya tersebut, Mondelez Indonesia mengajak lebih banyak orang untuk menerapkan kebiasaan ngemil lebih bijak melalui kampanye #NgemilBijak, pada setiap kemasan produk tersebut.

Tujuannya tak lain untuk makin memperjelas informasi konsumsi produk, sesuai takaran saji. Jadi, nantinya diharapkan lebih memudahkan masyarakat dalam menerapkan kebiasaan ngemil yang lebih bijak.

Nah, sebenarnya di Indonesia sendiri, kampanye #NgemilBijak sudah hadir sejak 2017. Menurut Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate and Government Affairs Mondelez Indonesia menjelaskan bahwa, penambahan panduan pada kemasan ini merupakan bagian dari kampanye #NgemilBijak (mindful snacking) dari Mondelez.

Tujuannya, tak lain agar masyarakat menjadi lebih mudah memahami takaran saji produk yang mereka konsumsi. Apalagi, kampanye #NgemilBijak ini juga sejalan dengan program Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), terkait dengan upaya mendorong masyarakat untuk membaca label pangan olahan pada kemasan.

Berdasarkan Survei The State of Snacking Mondelez International, dapat disimpulkan bahwa, sebanyak 93% masyarakat Indonesia mencari camilan untuk meningkatkan kesehatan mental. Selain itu, 72% lainnya mengatakan bahwa, menerapkan tips nyemil ini jadi motivasi atau self reward untuk diri mereka sendiri (self-reward).

Sementara, dari sisi psikologis, Tara De Thouars selaku Psikolog Klinis mengatakan, kebiasaan menerapkan tips ngemil ini dapat menghasilkan feel good hormone. Apalagi, jika ditambah dengan kesadaran memilih camilan sehat yang dikonsumsi, alasan mengapa kita ngemil, dan bagaimana kesan yang didapatkan dari aktivitas ngemil.

Nah, menurut Tara, kegiatan #NgemilBijak sendiri, dapat dilakukan dengan mudah yakni:

  • Mengenali isyarat tubuh yang membuat ingin ngemil; apakah karena lapar, apakah sekadar untuk mengembalikan mood dan lain sebagainya
  • Pilih camilan sesuai isyarat tubuh dan sesuaikan porsinya dengan panduan di kemasan
  • Nikmati camilan dengan memaksimalkan seluruh panca indera, sehingga kita jadi lebih tahu, kapan harus berhenti. Agar nyemil jadi nggak berlebihan dan berujung jadi nggak baik buat tubuh kita.

Sebagai tambahan informasi, tahun ini Mondelez Indonesia juga menghadirkan #NgemilBijak Private class untuk menginspirasi lebih banyak orang. Berbagai tips untuk #NgemilBijak dapat dilihat di website https://www.snackmindful.com/id/

Yuk, lebih bijak dalam menerapkan tips ngemil sehat setiap hari! Agar, hal ini jadi langkah tepat untuk mendapatkan kepuasan akan kebutuhan tubuh dan pikiran, sehingga #NgemilBijak tetap bisa bermanfaat buat tubuh kita nantinya.