Keluarga

Bikin Jantung Berdebar, Ketahui Efek Samping Minum Kopi Lainnya Bagi Tubuh

Bikin Jantung Berdebar, Ketahui Efek Samping Minum Kopi Lainnya Bagi Tubuh

Zaman sekarang, minum kopi ibarat sudah jadi bagian dari gaya hidup seseorang. Banyak juga yang terlanjur tersugesti bahwa, kalau nggak minum kopi dalam sehari, rasanya tubuh terasa lemas dan nggak bergairah.

Walaupun kopi memiliki banyak manfaat buat tubuh kita, nyatanya terlalu banyak mengonsumsinya juga bisa memberikan efek samping minum kopi yang dapat memengaruhi kesehatan jantung, lho! Hal ini berkaitan dengan kandungan kafein yang ada dalam kopi.

Kafein dalam secangkir kopi yang diminum secara berlebihan, konon dapat menyebabkan kelenjar adrenal. Di mana kelenjar tersebut dapat menghasilkan adrenalin, sehingga berpotensi meningkatkan tekanan darah.

Untuk lebih jelasnya mengenai efek samping minum kopi yang dapat memengaruhi kinerja jantung, yuk kita bahas bersama dalam ulasan berikut ini.

Asal tak dikonsumsi berlebihan, kopi punya manfaat buat kesehatan


Bicara soal kopi, dalam benak kita pasti langsung tersirat mengenai kandungan kafein yang ada di dalamnya, bukan? Padahal, menurut sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari John Hopkins Medicine ternyata kopi tetap memiliki manfaat buat tubuh kita.

Karena, di dalamnya mengandung antioksidan dan zat aktif lainnya, yang dapat mengurangi peradangan serta melindungi tubuh terhadap paparan penyakit. Pada intinya, asalkan konsumsi kopi tidak dilakukan secara berlebihan, kopi memiliki manfaat buat kesehatan, seperti:

  • Dapat membantu seseorang terhindar dari penyakit diabetes tipe 2 (asalkan tidak ditambahkan gula)
  • Kafein di dalam segelas kopi, dapat membantu mencegah kemungkinan seseorang mengalami penyakit Parkinson
  • Melindungi organ hati, mereka yang minum kopi lebih cenderung memiliki tingkat enzim hati yang lebih sehat, dibandingkan orang yang tidak minum kopi
  • Dapat membantu mengurangi kemungkinan kerusakan DNA
  • Menurut penelitian tahun 2016 yang dilakukan oleh National Library of Medicine kandungan kafein di dalam kopi bisa membantu meningkatkan mood menjadi lebih baik, meningkatkan daya ingat serta mengoptimalkan fokus
  • Kandungan kafein di dalam kopi, juga dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Otomatis berat badan juga bisa ikut turun dan berkurang
  • Mengurangi rasa lelah, dan membantu meningkatkan energi tubuh.

Efek samping kopi bagi jantung


Walaupun memiliki manfaat bagi tubuh, nyatanya efek samping kopi juga dapat memengaruhi cara kerja jantung, lho Bu! Hal ini diungkapkan dalam laman Kementerian Kesehatan RI yang menyebutkan bawa kopi berperan dalam meningkatkan tekanan darah.

Peningkatan tekanan darah ini, diketahui berlangsung dalam jangka waktu yang singkat setelah minum kopi. Hal ini dibuktikan melalui 34 studi, yang menunjukkan konsumsi kafein sebanyak 200-300 mg dari kopi (atau sekitar 2 cangkir kopi), dapat meningkatkan rata-rata tekanan darah sistolik sebesar 8 mmHg dan diastolik sebesar 6 mmHg.

Peningkatan tekanan darah ini, bahkan bisa terjadi 3 jam setelah konsumsi kopi baik. Baik itu bagi mereka yang nggak memiliki penyakit hipertensi sebelumnya, maupun yang memiliki bawaan penyakit tersebut.

Namun, penelitian tersebut masih perlu dikaji ulang. Sebab, peneliti juga menemukan hal baru, bahwa efek samping minum kopi pada sebagian orang juga tidak berhubungan dengan peningkatan tekanan darah.

Toleransi tubuh terhadap zat kafein dalam kopi, terutama bagi mereka yang rutin mengonsumsi kopi mungkin saja bisa terjadi. Kemungkinan besar, efek samping minum kopi terhadap peningkatan tekanan darah ini, juga hanya dapat terjadi pada orang yang jarang mengonsumsi kopi.

Nggak heran ya Bu, jika pada orang yang nggak terbiasa konsumsi kopi seringkali mengeluhkan jantung yang berdebar kencang, hingga sakit kepala. Lalu, apakah mereka yang memiliki riwayat hipertensi perlu membatasi konsumsi kopi?

Mengutip dari Mayo Clinic asalkan kopi dikonsumsi dengan dosis yang cukup (nggak lebih dari 400 mg/hari atau 4 cangkir), maka efek samping minum kopi nggak akan terlalu memengaruhi kerja jantung, maupun tekanan darah.

Sebaliknya, kopi justru dapat memberikan manfaat kesehatan pada orang yang sehat, dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 15%. Namun, kembali lagi saat ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat dan efek samping minum kopi, bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Efek samping minum kopi terlalu banyak


Kita tahu bahwa segala yang berlebihan sudah jelas nggak baik ya Bu. Terutama buat kesehatan tubuh. Untuk itu, efek samping minum kopi terlalu banyak yang perlu kita ketahui diantaranya adalah: 

  • Sulit tidur
  • Sakit kepala
  • Jantung berdebar lebih cepat
  • Gelisah
  • Moody atau mudah marah
  • Sering buang air kecil atau tidak mampu mengontrol buang air kecil.

Efek samping minum kopi juga mungkin bisa membuat perut terasa nggak nyaman, terutama bagi para penderita GERD. Untuk itu, pastikan konsumsinya tetap dibatasi, dan hindari minum kopi dalam kondisi perut kosong atau belum makan.