Keluarga

7 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diet, Salah Satunya Sereal!

7 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diet, Salah Satunya Sereal!

Ibu sedang menjalankan program diet khusus? Nah, itu artinya Ibu wajib mengetahui makanan yang harus dihindari saat diet nih! Yup, ternyata pemilihan jenis makanan juga cukup membantu agar program diet yang Ibu alami jadi lebih maksimal dan berhasil, lho!

Diet bukan hanya dilakukan untuk mengurangi jumlah makanan saja, agar berat badan tetap terkontrol. Namun juga penting untuk memerhatikan, apa saja makanan yang harus dihindari saat diet.

Contohnya seperti mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gluten, tinggi lemak dan lain sebagainya. Terutama buat kamu yang dietnya berkonsentrasi untuk mengurangi berat badan.

Berikut Ibumin rangkum, berbagai makanan yang wajib dihindari saat diet. Perhatikan baik-baik ya Bu!

Daftar makanan yang harus dihindari saat diet


Tahukah Ibu? Ternyata selama ini, masih banyak sekali orang yang salah dalam mengatur makanan dietnya, lho! Kebanyakan orang hanya fokus pada pengurangan kalori untuk menurunkan berat badan.

Padahal, saat menjalankan program diet kita nggak hanya dituntut untuk menghindari makanan yang tinggi kalori saja ya Bu. Sebab, mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi gula, karbohidrat olahan, atau lemak dapat menambah kalori ekstra ke dalam makanan.

Hal ini secara otomatis akan membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit. Untuk itu, mengutip dari Healthline berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat diet defisit kalori:

1. Keripik kentang dan kentang goreng


Kentang goreng dan keripik kentang sangat tinggi kadar lemak dan kalori. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition yang menyebutkan bahwa, mengonsumsi kentang goreng dan keripik kentang berkaitan erat dengan kelebihan berat badan dan obesitas.

Bahkan, keripik kentang dapat menyebabkan lebih banyak penambahan berat badan per porsi dibandingkan makanan lainnya. Terlebih lagi, kentang yang dipanggang, ataupun digoreng mungkin mengandung zat yang disebut akrilamida, yang sangat erat kaitannya dengan kanker.

Tapi bukan berarti makanan ini nggak boleh dikonsumsi sama sekali ya Bu. Sesekali, makanan ini boleh dikonsumsi asal dalam porsi yang sesuai, agar tetap bermanfaat sebagai bagian dari pola makan seimbang. Mengingat kentang merupakan sumber karbohidrat tinggi.

2. Makanan dan minuman manis

Makanan yang harus dihindari saat diet defisit kalori selanjutnya adalah, makanan serta minuman manis. Keduanya diketahui mengandung kadar gula yang sangat tinggi.

Bahkan, kalau dilihat lebih detail pada kemasan, terkadang jumlah gulanya sudah bisa melebihi ambang batas konsumsi harian. Otomatis hal ini cukup terkait dengan penambahan berat badan dan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan, terutama bila dikonsumsi berlebihan.

Contoh makanan yang harus dihindari saat diet adalah; permen, kue manis, biskuit manis, cokelat, buah kaleng, es krim. Sementara minuman manis yang perlu dihindari saat diet adalah; minuman bersoda, jus buah kemasan, jus buah dengan tambahan gula dan lain sebagainya.

3. Aneka makanan yang dipanggang


Ayam panggang, ikan panggang dan segala macam makanan yang dipanggang memang cukup menggugah selera ya Bu. Tapi nyatanya, aneka makanan yang dipanggang ini menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat diet mengecilkan perut, lho!

Wah, kenapa ya? Karena ternyata, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Psychological and Cognitive Sciences makanan yang dimasak dengan proses pemanggangan, mengandung jumlah lemak yang cukup tinggi. Proses pemanggangan juga bisa menghasilkan fruktosa, yang bikin makanan terkaramelisasi dan jadi lebih gurih.

Sayangnya, fruktosa ini bikin kita jadi mengalami rasa lapar yang sangat berlebihan. Otomatis, bikin berat badan jadi sulit turun dan lingkar perut sulit mengecil.

4. Roti putih

Roti putih yang biasa kita makan saat sarapan, ternyata juga menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat diet, lho! Yup, Ibumin juga baru tahu nih, ternyata menurut penelitian yang dilakukan National Library of Medicine tahun 2000 menyebutkan bahwa, roti yang lembut ini mengandung indeks glikemik yang cukup tinggi.

Faktanya, konsumsi makanan yang tinggi indeks glikemik dapat meningkatkan kadar gula darah. Otomatis juga bisa meningkatkan rasa lapar dan mendorong makan berlebihan.

5. Aneka kue basah dan kue kering 


Saat acara kumpul keluarga berlangsung, ketika sedang asyik ngobrol memang paling lengkap jika ditemani dengan segelas teh dan aneka kue basah dan kering ya Bu. Eits, tahan dulu ternyata aneka camilan ini menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat diet berlangsung, lho!

Kue kering, maupun kue basah sudah pasti mengandung kalori dan gula tinggi. Makanan ini juga hanya bisa menimbulkan rasa kenyang yang semu. Artinya, Ibu mungkin akan cepat merasa lapar setelah mengonsumsi makanan berkalori tinggi tersebut.

Belum lagi, konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi juga dikaitkan dengan kelebihan berat badan dan obesitas. Jika Ibu sedang dalam upaya menurunkan berat badan, cobalah membatasi ukuran jumlah konsumsinya.

6. Granola atau sereal dengan tambahan gula

Kita tahu bahwa, mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan kondisi   kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit hati. Makanan tinggi gula tambahan, biasanya akan memberikan jumlah kalori yang tinggi tetapi kekurangan nutrisi penting lainnya, bahkan makanan ini juga tidak terlalu mengenyangkan.

Contoh makanan yang diketahui mengandung tambahan gula dalam jumlah besar adalah sereal dan granola instant. Bukan tanpa alasan, mengutip dari Eat This Not That menurut American Heart Association, kebanyakan sereal dan granola instan saat ini per porsinya mengandung 12 gram gula.

Di mana hal ini mengandung hampir 50% lebih tinggi dari rata-rata asupan gula yang direkomendasikan. Sehingga, sereal dan granola instant menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat diet yang wajib diperhatikan.

Apalagi, meski sedang diet Ibu tetap memerlukan asupan protein dan serat alami untuk tubuh. Bukan sekadar kenyang semu yang nggak bergizi sama sekali.

7. Nasi putih


Bukan nggak boleh dikonsumsi sama sekali ya Bu. Namun, nasi putih tetap menjadi makanan yang harus dihindari saat diet dan dibatasi konsumsinya.

Mengingat nasi putih merupakan salah satu jenis makanan, yang mengandung indeks glikemik yang cukup tinggi. Sama seperti saat Ibu mengonsumsi tawar putih, nasi putih bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Jadi, nggak ada salahnya untuk membatasi porsinya ya Bu!

Diantara 7 makanan yang harus dihindari saat diet di atas, makanan mana nih yang sudah mulai Ibu hindari atau bahkan bikin Ibu kaget karena ternyata selama ini masih mengonsumsi makanan tersebut meski sedang diet?