Keluarga

Tips Aman Staycation Di Hotel Saat Pandemi

 Tips Aman Staycation Di Hotel Saat Pandemi

Dua tahun terjebak di tengah pandemi membuat sebagian orang mulai jengah berada di rumah. Mereka merasa mulai butuh staycation di hotel beberapa hari untuk mengembalikan semangat dan melepas kejenuhan.

Dilansir dari How Stuff Works staycation adalah kombinasi dari berlibur dan tetap berada di rumah. Hal ini mungkin terdengar masih membosankan bagi sebagian orang.

Banyak orang memilih untuk tetap tinggal di rumah selama staycation. Supaya terasa seperti staycation di hotel, tak jarang mereka pun mengubah suasana rumah senyaman di hotel. Misalnya saja dengan membuat tenda camping dan lain sebagainya.

Namun ada juga orang-orang yang memilih staycation di hotel dekat rumah demi mendapatkan lingkungan dan suasana yang berbeda. Hotel yang dipilih biasanya masih berada dalam area tempat tinggal mereka.

Akan tetapi kondisi pandemi seperti saat ini membuat orang makin ragu untuk staycation di hotel dengan alasan kesehatan, apalagi jika membawa anak-anak. Meski begitu staycation di hotel sebenarnya tetap aman. Asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada.

Untuk itu berikut adalah tips staycation aman saat pandemi bersama si kecil yang bisa diterapkan saat hendak liburan nanti.

Tips staycation aman saat pandemi


Dilansir dari Bussines Insider, staycation di hotel saat pandemi sebenarnya tidak ada masalah. Asalkan sebelum memilih hotel, Ibu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Pastikan hotel memiliki sertifikasi protokol kesehatan yang aman

Terutama dalam hal kebersihan ruangan. Sebaiknya pastikan hotel tersebut selalu membersihkan ruangan dengan desinfektan tiap kali tamu hotel hendak masuk.

2. Pastikan lokasi hotel adalah zona aman dari Covid 19

Lebih baik cari dulu informasi seputar daerah tersebut apakah berada dalam zona merah, oranye, atau hijau.

3. Pastikan hotel memiliki ruangan atau ventilasi udara yang cukup terbuka

Tujuannya agar sirkulasi udara tetap terjaga dan virus tidak dapat terjebak dalam ruangan. Alangkah lebih baik lagi pilihlah hotel dengan nuansa alam yang banyak pepohonan hijaunya.

4. Pastikan hotel memiliki hansanitizer di tiap sudut ruangannya 

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun tiap kali menyentuh benda di hotel yang memiliki risiko penularan tinggi seperti remote TV, gagang pintu dan lain sebaiaknya.

5. Jika memiliki budget lebih, usahakan staycation di hotel yang memiliki private pool

Tujuannya agar anak-anak lebih puas bermain. Pastikan kolam renangnya selalu dibersihkan tiap kali berganti tamu dan pastikan air yang diisi menggunakan cairan kaporit untuk membunuh bakteri.

6. Usahakan tidak makan sistem buffet di restoran hotel 

Lebih baik pesan makanan untuk diantar ke dalam kamar baik saat sarapan, makan siang maupun malam. Hal ini untuk menghindari tiap tamu saling bertemu dalam satu ruangan di restoran, yang mungkin dapat menjadi kesempatan penularan virus nantinya. Bawa camilan kesukaan si kecil agar tidak perlu keluar dari hotel untuk berbelanja makanan.

7. Pandai memilih waktu staycation di hotel aman saat pandemi

Sebaiknya jangan gunakan weekend sebagai waktu untuk staycation di hotel ya Bu. Lebih baik gunakan waktu weekdays agar staycation di hotel tidak terlalu banyak di kunjungi orang.

8. Usahakan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M

Usahakan selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi.

Tips staycation di hotel lebih berkesan


Perhatikan hal berikut ini yuk Bu, supaya staycation di hotel nanti lebih berkesan dan menarik. Sehingga tak sia-sia jika harus mengorbankam banyak waktu dan uang:

  • Fokus staycation di hotel. Hindari apapun yang berhubungan dengan pekerjaan

    Ambillah cuti beberapa hari agar bisa menikmati liburan kali ini. Supaya lebih fokus lagi, Ibu dan Ayah bisa meninggalkan atau menyimpan laptop dan urusan pekerjaan di rumah.

  • Titipkan peliharaan di pet shop terpercaya

    Jika keluarga Ibu memiliki hewan peliharaan kesayangan, pastikan di titipkan di tempat yang benar agar liburan tetap tenang dan tidak terganggu. Pastikan tempat penitipannya aman dan terpercaya ya Bu. Tujuannya agar ketika kita liburan hati merasa lebih aman meninggalkan hewan kesayangan di tempat penitipan tersebut.

  • Rencanakan staycation sejak jauh hari

     Walau staycation di hotel tidak terlalu jauh dari rumah, namun tetap perlu direncanakan sejak jauh hari lho Bu. Apalagi di musim pandemi seperti sekarang ini beberapa peralatan harus kita bawa sendiri dari rumah. Sehingga butuh waktu yang panjang untuk mempersiapkannya, Terlebih jika masih mempunyai anak usia bayi dan balita.

  • Pilih staycation di hotel yang ramah anak

    Jika hotel memiliki playground atau kolam renang, jangan lupa bertanya soal protokol kesehatan yang mereka terapkan ya Bu. Pastikan kolam renang yang disediakan selalu rutin dibersihkan berkala. Apabila kolam renang terlalu banyak orang, usahakan untuk mencari kegiatan lain dan hindari keramaian.

Secara keseluruhan, staycation di hotel saat pandemi tetap aman dilakukan. Asalkan memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas ya Bu.

Pastikan keluarga sedang dalam keadaan sehat, tidak memiliki tanda demam dan lain sebagainya. Lebih baik tunda staycation di hotel jika mengalami gejala seperti itu. Demi kepentingan dan kesehatan bersama. Stay safe everyone!

Penulis: Aprilia Ramdani
Editor: Dwi Ratih