Keluarga

Walau Ibu Sibuk, Ternyata Bisa Tetap Menerapkan Hidup Sehat, Lho!

Walau Ibu Sibuk, Ternyata Bisa Tetap Menerapkan Hidup Sehat, Lho!

Jiwa dan raga yang sehat, merupakan anugerah paling indah yang kita dapatkan selama hidup di dunia. Akan tetapi, kesibukan seorang Ibu setiap hari terkadang bikin Ibu justru jadi kurang memerhatikan kesehatannya.

Kesehatan memang sebuah hal yang mahal harganya. Untuk menjaga kesehatan, maka seorang Ibu perlu menerapkan pola hidup sehat yang diterapkan setiap hari.

Yup! Meskipun kegiatan sehari-hari bikin Ibu sibuk, dan bahkan nggak sempat memerhatikan kesehatan tubuh, namun Ibu sibuk sejatinya tetap bisa menerapkan pola hidup sehat, lho! Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh Ibu sibuk untuk menerapkan hal tersebut?

Kuncinya adalah, hidup sehat lebih mudah dilakukan jika Ibu melakukannya selangkah demi selangkah dan punya perencanaan yang jelas. Sehingga nantinya, perubahan berkelanjutan ini dapat berkontribusi pada gaya hidup yang lebih sehat dalam jangka panjang.

Memang, sudah pasti membutuhkan waktu dan adaptasi khusus ya Bu. Tapi, nggak ada salahnya dicoba, kan?

Tips menerapkan hidup sehat ala Ibu sibuk


Seorang Ibu memang seringkali mengemban berbagai macam tanggung jawab dan kegiatan. Mulai dari tanggung jawab pekerjaan kantor hingga keluarga. Hal ini membuat Ibu yang terlalu sibuk, kesulitan untuk menjalankan pola hidup sehat.

Mengutip dari Scripps psikolog keluarga, Amanda Jainchhill, MD dari Scripps Clinic Rancho San Diego mengatakan, memang dalam menerapkan pola hidup sehat bagi Ibu sibuk mungkin membutuhkan banyak penyesuaian. Namun, ia menjamin bahwa hasil yang didapatkan nantinya akan sepadan.

Meski Ibu sibuk, tapi tetap dapat menyeimbangkan kesibukan dengan pilihan yang sehat, dan bikin tubuh Ibu merasa lebih baik setelahnya. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan Ibu sibuk, dalam menerapkan pola hidup sehat, agar energi harian selalu meningkat, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan hidup di masa depan.

1. Stock makanan sehat setiap hari

Bagi Ibu yang terlalu sibuk, memiliki stok makanan sehat menjadi hal yang wajib dimiliki. Ganti junk food dan makanan yang diproses secara berlebihan dengan pilihan yang lebih sehat, misalnya makanan yang terbuat dari gandum utuh, berprotein tinggi serta buah dan sayuran segar.

Stock makanan sehat ini, bisa mencegah Ibu beralih ke makanan tidak sehat. Terutama ketika sedang lapar atau ingin ngemil. Sebagai bagian dari Ibu sibuk, Ibumin biasanya selalu menyetok sereal atau energi bar jika suatu saat ingin ngemil setelah jam makan besar.

2. Makan tepat waktu

Ibumin paham betul, sebagai Ibu sibuk terkadang bikin sering telat makan bahkan makan di waktu yang terlampau jauh dari yang seharusnya. Padahal, Ibu sibuk tetap perlu makan tepat waktu, lho!

Mengutip dari Very Well Fit makan yang teratur dapat meningkatkan kinerja tubuh saat hendak bekerja. Bahkan, makan teratur bagi Ibu sibuk, juga dapat meningkatkan mood jadi lebih bahagia, tubuh jadi lebih sehat, dan otak bisa berpikir kreatif.

3. Batasi penggunaan media sosial

Media sosial bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk tetap terhubung dengan teman-teman. Tapi, media sosial ternyata juga bisa menyita banyak waktu dan mengalihkan perhatian Ibu terhadap tugas-tugas penting:

Selain itu, kecemasan dan depresi dapat muncul jika Ibu mulai membandingkan hidup dengan orang lain yang nampaknya lebih bahagia di dunia maya. Solusinya adalah, Ibu sibuk wajib menetapkan batasan, agar bisa memiliki lebih banyak waktu untuk aktivitas sehat seperti berolahraga, memasak, atau sekadar beristirahat.

Ibu bisa memulai dengan mematikan notifikasi, membuat aturan untuk mengecek media sosial hanya sekali atau dua kali sehari. Tetapkan batas waktu dan hindari membuka sosial media dekat dengan waktu tidur, yang dapat mengganggu tidur.

4. Mulailah dan akhiri setiap hari dengan minum air putih

Air sangat penting perannya untuk berbagai fungsi tubuh. Memulai hari dengan segelas air putih membantu metabolisme berfungsi menjadi lebih baik, dan mengakhiri hari dengan minum segelas air dapat membantu proses detoksifikasi saat tidur.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa kebutuhan air harian bagi tiap orang memang berbeda-beda. Namun, normalnya adalah 8 gelas 230 ml/setara dengan 2 liter/hari.

Disarankan juga, Ibu sibuk wajib mengawali hari dengan minum satu atau dua cangkir air putih di pagi hari, dan sebelum tidur untuk membantu memastikan tubuh tetap terhidrasi. Sebab, dehidrasi sangat bangun tidur bisa menyebabkan kelelahan dan sakit kepala, hingga menguras energi yang sangat dibutuhkan Ibu yang terlalu sibuk setiap hari.

5. Bangun pagi lebih awal

Bangun satu jam atau bahkan 30 menit lebih awal, ternyata bisa membuat membuat perbedaan yang signifikan terhadap tubuh kita, lho! Ibu dapat menggunakan waktu ekstra ini untuk berolahraga, meditasi, atau sarapan sehat. Bangun pagi juga memungkinkan rutinitas pagi yang lebih tenang, mengurangi risiko memulai hari dengan terburu-buru.

6. Lalukan power nap saat istirahat siang

Beri jeda tubuh di tengah kesibukan Ibu setiap hari. Biarkan tubuh beristirahat saat jam istirahat siang, hal ini sedikit banyak dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan fokus.

Bahkan berdasarkan studi dari Sleep Health Foundation tiap tahun, Australia mengalami kerugian ekonomi hingga $16.9 akibat banyak karyawan yang kurang produktif akibat kurang tidur. Sejalan dengan studi tersebut, The Bussines Women Media mengungkapkan betapa pentingnya power nap bagi Ibu sibuk yang punya manfaat sebagai berikut:

  • Mengurangi kelelahan berlebih akibat perjalanan dari rumah ke kantor yang macet
  • Meningkatkan kewaspadaan seseorang
  • Meningkatkan performa kognitif
  • Meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
  • Meningkatkan produktifitas sehingga dapat berpikir lebih jernih.

Power nap akan bermanfaat bagi Ibu sibuk jika dilakukan secara rutin dan tidak dilakukan lebih dari 30 menit. Sebab hal ini tidak akan bermanfaat dan hanya membuat tubuh Ibu terasa lebih lelah sepanjang hari.

7. Wajib luangkan waktu untuk berolahraga

Olahraga sangat penting untuk mempertahankan hidup sehat. Cobalah konsisten melakukan kegiatan ini dengan latihan interval, yang intens.

Ini adalah metode latihan hemat waktu yang sesuai dengan jadwal Ibu sibuk. Sedikitnya 30 menit per hari dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung dan kebugaran secara keseluruhan.

8. Hindari berkegiatan multi-tasking

Meskipun multi-tasking mungkin sangat diperlukan bagi Ibu sibuk dengan jadwal harian yang padat, hal itu sebenarnya dapat menyebabkan stres dan menurunkan produktivitas. Berfokus pada satu tugas pada satu waktu meningkatkan efisiensi dan mengurangi potensi kesalahan.

9. Usahakan selalu hirup udara segar

Nggak ada salahnya sesekali keluar gedung perkantoran, untuk sekadar menghirup udara segar. Hal ini dapat bermanfaat bagi kesehatan, apalagi udara segar bisa membantu meremajakan tubuh dan pikiran, sedangkan sinar matahari menyediakan sumber alami vitamin D.

10. Makan camilan sehat

Kelaparan dapat membuat Ibu sibuk merasa lelah dan mudah tersinggung, serta dapat menyebabkan sakit kepala. Mengonsumsi camilan sehat sepanjang hari dapat membantu mempertahankan tingkat energi, yang stabil dan mencegah makan berlebihan pada waktu makan.

Pilih camilan berprotein tinggi seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, atau buah dan sayuran kaya serat. Mereka akan membuat Ibu lebih kenyang sementara, sampai waktu makan berikutnya.

Nah, semoga 10 langkah yang Ibumin sebutkan di atas bisa membantu Ibu sibuk untuk bisa hidup lebih sehat lagi. Meskipun dengan jadwal yang cukup padat setiap hari, semangat untuk hidup lebih sehat ya, Bu!