Kesehatan

10 Obat Meriang Alami, Ampuh Bikin Tubuh Lebih Nyaman Saat Sakit

10 Obat Meriang Alami, Ampuh Bikin Tubuh Lebih Nyaman Saat Sakit

Di cuaca yang sedang tidak menentu seperti saat ini, Ibumin sering sekali meriang dan merasa nggak enak badan. Rasanya malas sekali kalau harus minum obat-obatan medis.

Apalagi, meriang yang Ibumin alami cenderung ringan. Walau bikin tubuh tetap terasa nggak nyaman dalam beraktivitas.

Tapi, ternyata ada lho obat meriang alami yang bisa dikonsumsi. Bahkan, obat meriang alami tersebut terbukti aman dan dapat dikonsumsi oleh anak-anak, bumil maupun busui sekalipun.

Penasaran seperti apa obat meriang alami paling ampuh yang Ibumin maksud? Yuk, kita simak bersama dalam ulasan berikut ini.

Tanpa efek samping, beberapa obat meriang alami paling ampuh


1. Ekstrak moringa (daun kelor)

Nah, ternyata moringa atau sejenis daun kelor selain bisa membantu meningkatkan produksi ASI, juga bisa menjadi salah satu obat demam alami untuk orang dewasa yang cukup tersohor sejak dahulu, lho! Hal ini dibuktikan dalam sebuah jurnal berjudul; Antipyretic activity of hydro-alcoholic extracts of Moringa oleifera in rabbits yang menyebutkan manfaat khusus moringa sebagai obat meriang alami yang cukup diandalkan.

Moringa sendiri umumnya tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia. Tumbuhan ini memiliki daun yang kecil-kecil, peneliti membuktikan penggunaan moringa pada yang di lakukan pada kelinci, terbukti dapat membantu meredakan suhu tubuh yang sedang tinggi.

Daun kelor juga kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan zat antibakteri. Cara penggunaan daun kelor sebagai obat demam alami untuk orang dewasa, cukup cuci bersih daunnya, kemudian direbus hingga daunnya layu, saring dan Ibu bisa minum air rebusan tersebut.

Selain untuk orang dewasa, moringa juga bisa dimanfaatkan sebagai obat meriang alami untuk anak. Namun, agar si kecil mau mengonsumsinya, Ibu bisa memanfaatkannya menjadi sayur bening sebagai tambahan lauk pauknya.

2. Kunyit dan jahe


Sudah nggak asing lagi, sejak kecil ketika Ibumin sedang demam, orang tua Ibumin seringkali memberikan obat meriang alami yang satu ini sebagai alternatif pengobatan medis. Ternyata, setelah dewasa baru Ibumin ketahui hal ini bukan hanya isapan jempol semata.

Karena mengutip dari The Health Site kunyit sendiri mengandung kurkumin, zat kuning alami pada kunyit yang mengandung antioksidan dan antivirus. Konduksi rebusan kunyit atau ekstrak kunyit yang diparut dan di peras, bantu meningkatkan kekebalan dan memperbaiki peradangan dalam tubuh.

Sementara jahe, adalah obat meriang alami yang juga bisa menghangatkan tubuh, mengurangi peradangan dan membantu mengurangi gejala demam, pilek, batuk, serta sakit tenggorokan. Jahe dan kunyit juga menjadi obat meriang alami untuk Ibu hamil, anak-anak dan juga Ibu menyusui yang aman tanpa efek samping.

3. Bone broth/kaldu tulang


Jika mengutip Healthline bone broth atau kaldu tulang memiliki sifat dan manfaat sebagai obat meriang alami untuk Ibu menyusui, Ibu hamil, anak-anak maupun orang dewasa lain yang cukup ampuh bikin tubuh jadi nyaman. Hal ini karena, kaldu tulang mengandung sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik untuk tubuh saat sedang tidak enak badan.

Apalagi jika diikuti dengan gejala pilek dan batuk. Maka, kaldu tulang yang kaya akan kolagen dan asam amino ini dapat membantu mempercepat pemulihan kesehatan.

Ibu bisa memanfaatkan konsumsi kaldu tulang sebagai obat meriang alami dengan cara, dibuat sup yang bisa ditambahkan irisan jahe, dan kapulaga.

4. Bawang putih


Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Nutrition tahun 2016 menemukan bahwa, bawang putih telah lama dijadikan sebagai obat meriang alami oleh masyarakat sejak berabad-abad lalu. Hal ini bukan tanpa alasan, menurut penelitian, bawang putih memang bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Konsumsi suplemen ekstrak bawang putih, dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi keparahan yang dialami saat pilek dan batuk. Menambahkan bawang putih ke dalam masakan saat sakit dapat menambah rasa, serta membuat makanan jadi lebih efektif dalam melawan gejala pilek atau batuk tersebut.

5. Air kelapa


Nah, air kelapa juga seringkali dijadikan obat meriang alami yang aman bagi Ibu menyusui, Ibu hamil maupun anak-anak (di atas usia 1 tahun). Hal ini karena, air kelapa kaya akan elektrolit, yang baik untuk mengisi cairan tubuh saat demam.

Air kelapa juga mengandung gula alami, di mana hal ini bisa menjadi sumber energi dan mencegah tubuh menjadi lemas karena sakit. Konon air kepala hijau adalah jenis air kepala yang paling ampuh untuk mengatasi demam dan meriang, Ibu sudah pernah mencoba?

6. Mengompres


Mengutip dari Medicine Net salah satu teknik yang digunakan sebagai obat meriang alami untuk mengatasi demam adalah, dengan mengompres tubuh menggunakan handuk dan air dingin. Namun, tekniknya adalah dengan cara sponging atau menggosok area tubuh tertentu dan diulangi beberapa kali.

Teknik ini sangat baik untuk mengurangi suhu tubuh yang tinggi pada anak-anak dan orang dewasa, terutama mereka yang harus terbaring lemas di tempat tidur karena sakit. Cukup gunakan handuk yang dicelupkan ke dalam air dingin, diperas sebagian, lalu ditempelkan atau digunakan untuk membersihkan permukaan tubuh.

Teknik ini juga dapat diulangi beberapa kali untuk menurunkan suhu tubuh. Sponging biasanya dilakukan pada dahi, dada, area selangkangan, dan pergelangan tangan.

7. Mandi/berendam air hangat


Katanya kalau sedang meriang, kita dilarang untuk mandi air hangat atau dingin sekalipun. Nyatanya, masih mengutip dari Medicine Net hal ini nggak benar ya Bu.

Mandi/berendam air hangat justru sangat disarankan oleh para medis. Ini merupakan cara terbaik untuk menurunkan suhu tubuh dan membantu melemaskan otot serta menenangkan tubuh.

Bahkan, berendam air hangat dapat membantu menghilangkan stres dan memberi energi baru pada tubuh yang sedang lemah.

8. Konsumsi vitamin C


Mengonsumsi makanan kaya vitamin C, menjadi obat meriang alami yang juga dapat mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ibu bisa konsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin C tinggi seperti, buah kiwi, jeruk strawberry atau sayuran hijau lain yang kaya akan vitamin C.

9. Madu


Si manis alami yang berasal dari lebah ini, menjadi obat meriang alami yang nggak kalah tersohor sejak dulu. Madu, mengandung antimikroba yang mampu membunuh bakteri yang membahayakan tubuh.

Kandungan antiradang dalam madu, juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga kerap digunakan untuk mengobati meriang. Kalau Ibu ingin memberikan madu untuk anak, pastikan si kecil sudah berusia di atas 1 tahun ya. Hal ini tak lain demi mencegah si kecil terkena botulisme, kondisi yang menyebabkan gangguan berbahaya yang dapat menyerang saraf pada tubuh si kecil.

10. Istirahat cukup


Istirahat cukup adalah obat meriang alami yang paling mudah dilakukan. Tidur cukup dapat membantu tubuh untuk rileks dan ikut meningkatkan energi, jadi setelah bangun tidur nanti tubuh jadi terasa lebih baik.

Tapi kadang, istirahat juga sulit dilakukan ketika sedang sakit. Jadi, usahakan buat ruangan senyaman mungkin agar tidur lebih mudah dan nyenyak.