Konsepsi

8 Tips Hamil Kembar Tiga Secara Alami Bisa Dicoba! Ini Caranya!

8 Tips Hamil Kembar Tiga Secara Alami Bisa Dicoba! Ini Caranya!

Hamil kembar tiga bagaimana rasanya ya? Pasti seru sekali memiliki keluarga besar ya Bu, rumah ramai dengan tawa canda buah hati tercinta dan juga tangisan merdu mereka semua. Hamil kembar tiga di Indonesia ini mungkin sedikit jarang, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan sama sekali. Selain melalui program bayi tabung dengan bantuan tenaga medis, hamil kembar tiga dapat diusahakan juga secara alami.

Serba-Serbi Hamil Kembar Tiga

Kehamilan memang merupakan momen yang paling dinantikan bagi para pasangan suami istri, tak heran bila apapun dilakukan untuk mewujudkannya. Sebelum mengetahui bagaimana caranya untuk hamil kembar tiga, kita simak terlebih dahulu bagaimana proses hamil kembar tiga terbentuk seperti yang dilansir melalui laman Parenting First Cry berikut ini:

1. Melalui Monozigotik

Metode monozigotik ini merupakan proses di mana embrio membelah menjadi tiga yang identik. Hal ini juga memungkinkan Ibu melahirkan bayi dengan jenis kelamin dan gen yang sama. Monozigotik dihasilkan melalui satu sel telur yang dibuahi oleh sperma dan membentuk satu zigot. 

Kembar monozigotik juga sering dikenal dengan kembar identik dan kembar jenis ini tidak banyak dijumpai. Kembar monozigotik ini akan selalu memiliki kelamin yang sama dan punya genetik yang juga sama. 

Tingkat kemiripan pada kembar jenis ini benar-benar sama hingga susah untuk dibedakan namun saat beranjak dewasa kembar ini akan berkurang kemiripannya karena bagaimanapun juga anak kembar adalah individu yang berbeda dengan kesukaan yang berbeda, gaya hidup yang berbeda, hingga pola perilaku yang juga berbeda, mereka hanya mirip dari segi fisik dan tampilan saja.

2. Melalui Dizigotik

Kembar dizigotik terjadi karena zigot-zigot terbentuk dari sel telur yang berbeda. Pada proses ini terdapat lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim yang terbuahi oleh sel-sel sperma pada saat yang bersamaan.

Kembar dizigotik ini seringnya dikenal dengan sebutan kembar non-identik yaitu secara genetik tidak ada perbedaan dengan memiliki saudara biasa, sel ini berkembang dalam amnion dan plasenta terpisah sehinga bisa memiliki jenis kelamin berbeda atau bisa juga sama namun punya kemungkinan memiliki kondisi fisik yang berbeda. Kembar dizigotik biasanya merupakan faktor genetik atau turunan.  

3. Melalui Cara Lainya

Selain melalui kedua proses di atas, masih ada cara lain untuk membentuk hamil kembar tiga yaitu ketika embrio melahirkan anak kembar  dan disertai dengan embrio lain yang dibuahi secara terpisah. Proses ini sering disebut sebagai bayi cadangan dimana ia akan memiliki jenis kelamin dan disposisi genetik yang berbeda dari bayi kembar di dalam rahim.


Tingkat Kemungkinan Hamil Kembar Tiga

Hamil kembar tiga tidak bisa dialami oleh semua Ibu kecuali memang melalui bantuan medis seperti proses bayi tabung meskipun persentasenya juga tidak dapat dipastikan. Coba kenali fakta ini terlebih dahulu tentang hamil kembar tiga:

A. Riwayat Keluarga

Hamil kembar tiga tidak mudah, namun bila ada riwayat keluarga yang pernah dan berhasil mengalami hamil kembar tiga, maka peluang Ayah dan Ibu memiliki triplets sangatlah terbuka lebar. Riwayat keluarga ini mungkin saja tidak langsung datang dari gen kandung tapi bisa juga melalui kerabat manapun yang masih memiliki hubungan keluarga.

B. Peluang di Usia yang Lebih Tua

Kehamilan di usia yang terbilang matang atau justru lebih tua biasanya dianggap rentan dan harus melalui pemeriksaan yang tepat serta teratur untuk memantau kesehatan Ibu dan janin dalam kandungan. Namun kehamilan di usia 30 tahun atau lebih justru punya peluang tinggi pada hamil kembar tiga.

Usia merupakan salah satu faktor yang cukup besar menentukan hamil kembar tiga karena pada usia 30 - 40 tahun tubuh Ibu mengalami lonjakan kesuburan karena memasuki tahun pre-menopause sehingga akan ada banyak sel telur yang dilepaskan untuk proses pembuahan dalam rahim.

C. Riwayat Keluarga Hiperovulasi

Hiperovulasi merupakan proses dimana rahim Ibu melepaskan lebih dari satu sel telur (pelepasan sel telur secara berlebihan) yang terjadi pada siklus menstruasi rutin Ibu. Hiperovulasi ini juga memungkinkan Ibu memiliki dua kali masa subur dan dua kali periode menstruasi dalam sebulan. Jika di keluarga Ibu punya riwayat hiperovulasi, maka kemungkinan hamil kembar tiga bisa terjadi.

D. Persentase Kemungkinan Faktor Lain

Menurut penelitian Australia, yang dilansir melalui laman Parenting First Cry, ada kemungkinan hamil kembar tiga dengan skala 1:9000 pada setiap tubuh manusia. Persentase ini menandakan bahwa sebenarnya setiap wanita mungkin mengalami kondisi ini namun untuk kepastiannya belum dapat ditentukan. Selain itu, Ibu juga memiliki peluang 1 dari 40 untuk hamil kembar tiga dengan bantuan perawatan kesuburan tertentu.


Tips Hamil Kembar Tiga Secara Alami

Sudah tertarik dan tidak sabar mencoba proses hamil kembar tiga? Bagi sebagian orang, memiliki anak kembar tiga adalah momen menyenangkan dan tak terlupakan. Menurut penelitian dari Australia yang dikutip melalui laman Parenting First Cry, berikut ini ada beberapa tips terbaik untuk hamil kembar tiga yang alami:

1. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Ibu bisa mulai mencoba mengkonsumsi makanan tertentu untuk memperlebar peluang hamil kembar tiga. Beberapa makanan yang dapat membantu proses ini adalah dengan mengkonsumsi ubi, susu, atau produk susu turunan lainnya. 

Jenis-jenis makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Ibu untuk menyiapkan kehamilan triplets ini. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang merangsang produksi progesterone seperti almond, kenari, ayam, telur, serta biji-bijian juga dapat membantu proses hamil kembar tiga.

2. Berhubungan Seks pada Masa Subur

Kenali masa-masa subur Ibu supaya dapat melakukan hubungan seksual lebih sering dari biasanya untuk membuka peluang hamil kembar tiga. Mengenali masa subur dapat dilakukan secara manual atau melalui alat tes ovulasi yang ada di pasaran. Kalkulator ovulasi juga dapat membantu Ibu untuk mengetahui kapan waktu yang tepat melakukan hubungan seksual dalam program kehamilan saat ini.

3. Pengalaman Hamil Kembar Sebelumnya

Apakah Ibu sudah pernah merasakan hamil anak kembar sebelumnya? Maka peluang hamil kembar tiga akan mungkin terjadi. Apalagi bila kehamilan kali ini terjadi pada rentang usia 30 – 40 tahun, maka keajaiban ini bisa terwujud lebih nyata. Periksakan kembali kondisi Ibu bila menginginkan kehamilan triplets kali ini supaya kehamilannya lebih sehat.

4. Tetapkan Gaya Hidup Sehat dan Aktif

Satu-satunya cara yang akan mempengaruhi proses kehamilan Ibu adalah bagaimana gaya hidup Ibu selama ini. Gaya hidup sehat dan aktif dianggap mampu membuka peluang hamil kembar tiga karena tubuh dapat dikatakan dalam kondisi sehat dan prima. Perhatikan juga berat badan Ibu supaya berada di level yang ideal. Bila berat badan Ibu kurang, untuk hamil kembar tiga kali ini Ibu harus menaikkan berat badan hingga benar-benar ideal. 

Sementara itu, obesitas juga akan menghambat proses kehamilan seseorang, jadi pastikan berat badan Ibu ada pada kondisi normal atau konsultasikan hal ini dengan dokter. Gaya hidup juga meliputi aktif bergerak dan berolahraga supaya racun-racun dalam tubuh bisa keluar melalui keringat dan digantikan dengan hormon bahagia. Disarankan juga untuk berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol bila memutuskan menjalani program hamil, ini berlaku untuk Ibu dan Ayah.

5. Konsumsi Suplemen Makanan

Makanan dan suplemen makanan yang mengandung asam folat sangat bagus untuk menyiapkan kehamilan hingga saat Ibu menjalani masa kehamilan nantinya. Suplemen asam folat juga biasanya diberikan khusus oleh dokter selama hamil untuk membantu memberikan nutrisi pada si kecil di dalam rahim. 

Asam folat diketahui bagus untuk mencegah cacat lahir dan gangguan kehamilan lainnya. Sementara itu, asam folat pada buah dapat ditemui pada alpukat, pisang, dan masih banyak lagi.

6. Konsultasi Tentang Perawatan Kesuburan

Perawatan kesuburan dapat ditemui di setiap rumah sakit, baik rumah sakit umum atau khusus Ibu dan anak. Jika Ayah dan Ibu membutuhkan perawatan kesuburan untuk program hamil kembar tiga, maka Ibu bisa langsung menanyakan hal ini pada dokter untuk tindakan perawatan selanjutnya. Perawatan kesuburan selain melalui medis juga bisa didukung dengan perawatan di rumah seperti mengkonsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan rahim serta sperma.

7. Hindari Stress dan Hiduplah Bahagia

Kondisikan psikis Ibu supaya tidak mudah stress dan dapat menjalani hidup lebih bahagia. Kehamilan tunggal ataupun hamil kembar tiga akan menyita banyak waktu dan perhatian Ibu, kondisi fisik dan psikis juga harus tetap stabil dan prima karena bila Ibu mudah stress hingga mengarah ke depresi akan menyebabkan pertumbuhan janin terganggu. Cobalah cari hal-hal yang membuat Ibu bahagia dan terus bersyukur saat menjalani hidup. Tanamkan juga pikiran yang positif untuk menunjang kesehatan psikis Ibu.

8. Diskusikan Segala Hal dengan Pasangan

Memiliki triplets tidaklah mudah, ada banyak hal yang harus didiskusikan dari mulai bagaimana mengasuh bayi kembar tiga sekaligus, bagaimana dana darurat untuk mereka, bagaimana pendidikannya kelak, hingga hal-hal kecil seperti biaya imunisasi, konsultasi dokter, vitamin, jenis makanan, ataupun keperluan bayi lainnya. 

Mendiskusikan segala hal dari yang besar hingga paling kecil sedikitpun akan membantu mengurai beban yang mungkin Ibu rasakan bersama pasangan. Carilah jalan tengah untuk segala permasalahan yang mungkin muncul nantinya. Bersiap-siap dengan segala kemungkinan sangat diperlukan. 


Komplikasi Hamil Kembar Tiga

Hamil kembar tiga yang sehat dapat diwujudkan, namun ada juga komplikasi yang dapat terjadi pada kehamilan special kali ini. Risiko komplikasi pada hamil kembar tiga kemungkinan juga lebih tinggi dibandingkan dengan kehamilan normal dan ini umum terjadi. Berikut ini ada beberapa komplikasi hamil kembar tiga yang mungkin akan dialami:

A. Komplikasi pada Ibu

Komplikasi hamil kembar tiga bisa terjadi melalui Ibunya seperti: morning sickness yang sangat parah di pagi hari (mual-mual cukup parah), mengalami maag, tekanan darah tinggi, anemia, preeklamsia, kelahiran prematur, plasenta praevia, diabetes gestasional, kelebihan cairan ketuban pada plasenta, keguguran, sulit bernafas, mengalami varises, pendarahan hebat, hingga kesulitan saat proses menyusui tiga bayi sekaligus nantinya.

B. Komplikasi pada Bayi

Tak hanya Ibunya saja, namun risiko komplikasi hamil kembar tiga dapat juga dialami oleh bayinya. Meskipun ini tidak diharapkan, namun Ibu wajib waspada dengan beberapa hal seperti: bayi lahir mati tunggal atau ganda, adanya kelainan pertumbuhan pada janin, tali pusar mengalami kekusutan, hingga ada kemungkinan melahirkan bayi dengan kondisi down syndrome.

 

Editor: Atalya