Kehamilan

Kenapa Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil Sangat Penting?

Kenapa Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil Sangat Penting?

Hampir semua dokter meresepkan suplemen asam folat untuk Ibu hamil sejak awal kehamilan. Pentingkah suplemen asam folat selama hamil?

Ibu hamil wajib mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Salah satu asupan yang wajib dipenuhi adalah asam folat. Asam folat penting dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi.

Asam folat merupakan bentuk sintesis dari folat atau vitamin B9. Jumlah asupan asam folat yang direkomendasikan untuk Ibu hamil adalah sekitar 600 mikrogram (mcg) tiap harinya. Jika Ibu hamil pernah melahirkan bayi dengan kondisi cacat tabung saraf, asupan asam folat harian perlu ditingkatkan menjadi sebanyak 4.000 mcg.

Kekurangan asam folat dikenali dari munculnya gejala berupa diare, tubuh lemas, dan lidah terasa perih.

Manfaat suplemen asam folat untuk Ibu hamil

kenapa-suplemen-asam-folat-untuk-ibu-hamil-sangat-penting-1

Asam folat yang cukup tidak hanya dibutuhkan saat masa kehamilan saja, tapi sejak merencanakan kehamilan. Asupan asam folat bisa didapatkan dari suplemen asam folat selama hamil.

Apa saja manfaat suplemen asam folat untuk ibu hamil?

1. Mencegah cacat tabung saraf

Manfaat suplemen asam folat untuk Ibu hamil yang pertama adalah guna mencegah cacat tabung saraf pada janin. Asam folat berperan penting pada pertumbuhan tabung saraf bayi. Jika pembentukan tabung saraf janin berkembang dengan baik, ini akan menghindari risiko lahirnya bayi dengan kondisi cacat tabung saraf seperti anensefali dan spina bifida.

Anensefali adalah kondisi dimana bayi dilahirkan tanpa otak dan tulang tengkorak. Bayi yang menderita anensefali sebagian besar meninggal sesaat dilahirkan.

Sementara, spina bifida adalah kelainan yang membuat bayi memiliki celah pada tulang belakang dan saraf tulang belakangnya. Bayi yang mengalami kondisi ini berisiko mengalami berbagai komplikasi berupa kesulitan berjalan, infeksi otak dan saraf tulang belakang, masalah dalam tumbuh kembang, hingga cacat permanen.

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa kadar kecukupan asam folat pada Ibu hamil dapat mencegah terjadinya bibir sumbing dan penyakit jantung bawaan.

2. Menurunkan risiko preeklampsia

Manfaat suplemen asam folat selama hamil berikutnya adalah dapat menurunkan risiko preeklampsia. Ibu hamil yang mendapat asupan asam folat cukup sejak trimester kedua kehamilan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami preeklampsia menurut beberapa penelitian. 

Kondisi ini berupa komplikasi kehamilan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, kadar protein dalam urin, dan bengkak pada kaki.

Jika preeklampsia tidak segera ditangani, Ibu hamil akan berlanjut mengalami eklampsia yang ditandai dengan kejang-kejang. Preeklampsia juga meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan kurang.

3. Mencegah keguguran

Jika Ibu hamil mengkonsumsi suplemen asam folat untuk Ibu hamil, risiko terjadinya keguguran dapat dikurangi. Keguguran merupakan hilangnya kehamilan atau kematian janin saat usia kehamilan kurang dari 20 minggu.

Selain keguguran, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan asam folat Ibu hamil yang cukup menurunkan risiko gangguan kehamilan lainnya seperti persalinan prematur dan gangguan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

4. Mencegah anemia

Ibu hamil harus mendapat kecukupan asupan asam folat karena dapat mencegah anemia pada Ibu hamil. Anemia yang menjadi salah satu masalah kesehatan bagi Ibu hamil di Indonesia dapat menimbulkan berbagai komplikasi kehamilan yang berpotensi mengancam nyawa Ibu dan bayi.

Suplemen Asam folat untuk Ibu hamil

Salah satu cara mencukupi asam folat sebelum dan selama kehamilan adalah dengan mengkonsumsi suplemen asam folat untuk Ibu hamil. Apa sajakah merk suplemen asam folat untuk Ibu hamil?

1. Folavit

kenapa-suplemen-asam-folat-untuk-ibu-hamil-sangat-penting-2

Folavit adalah salah satu merk suplemen asam folat untuk Ibu hamil yang cukup populer. Suplemen ini dijual bebas di pasaran dengan dua dosis, yakni 400 mcg dan 1000 mcg. Harga suplemen asam folat ini dijual cukup murah, yakni mulai dari Rp 9.000/strip dengan 1 strip berisi 10 tablet.

2. Folamil Genio

kenapa-suplemen-asam-folat-untuk-ibu-hamil-sangat-penting-3

Folamil Genio adalah salah satu merk suplemen asam folat untuk Ibu hamil yang juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti beta karoten, DHA, vitamin B12, dan lain-lain.

Dosis dalam satu kapsul lunak Folamil Genio cukup tinggi, yaitu 1000 mcg asam folat. Biasanya dokter kurang menyarankan Ibu hamil mengkonsumsi suplemen asam folat untuk Ibu hamil ini saat trimester satu kehamilan karena dapat menambah rasa mual.

Harga suplemen asam folat ini mulai dari Rp 123.000 per botol dengan isi 30 kapsul lunak.

3. Afolat

kenapa-suplemen-asam-folat-untuk-ibu-hamil-sangat-penting-4

Jika Ibu menginginkan suplemen asam folat untuk Ibu hamil dengan harga yang sangat ekonomis, Afolat lah jawabannya. Afolat dijual dalam bentuk satu strip yang berisi 10 buah tablet dengan harga Rp 3.000 per strip.

Dosis Afolat adalah 400 mcg untuk tiap tabletnya.

4. Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold

kenapa-suplemen-asam-folat-untuk-ibu-hamil-sangat-penting-5

Salah satu suplemen asam folat untuk Ibu hamil yang populer lainnya adalah Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold. Kadar untuk 1 tablet adalah 500 mcg asam folat. Harga suplemen asam folat ini adalah mulai dari Rp 190.000 botol dengan isi 150 butir.

Pastikan asupan asam folat Ibu hamil dalam level yang cukup. Ibu dapat mengkonsumsi suplemen asam folat untuk Ibu hamil untuk memastikan kecukupannya.

Editor: Dwi Ratih