Rekomendasi

12 Film Komedi Romantis yang Sayang Bila Dilewatkan!

12 Film Komedi Romantis yang Sayang Bila Dilewatkan!

Menonton film komedi romantis paling seru kalau ditemani pasangan nih Bu. Selain untuk quality time, genre film komedi romantis biasanya cenderung menyuguhkan film dengan alur cerita ringan dan menyenangkan lho. Rekomendasi film dengan genre ini juga terbilang sangat banyak dan datang dari negara mana saja. Serangkaian film komedi romantis Netflix bisa menjadi pilihan Ayah dan Ibu untuk menghabiskan waktu senggang ketika si kecil sudah tertidur lelap. Sudah coba belum?

Manfaat Menonton Film Komedi Romantis


Genre film komedi romantis biasanya sangat digemari oleh para Ibu, sementara para Ayah mungkin akan lebih suka film dengan genre action, horor, thriller, ataupun Sci-Fi. Tapi tak ada salahnya dicoba di waktu luang kali ini karena ternyata, menonton film komedi romantis punya manfaat tersendiri. Melansir dari laman Elite Daily, penelitian mengungkapkan sebuah fakta tentang sejumlah manfaat yang bisa dipetik bila menonton film komedi romantis seperti berikut:

1. Menjadi Individu yang Lebih Sensitif dan Tebuka

Penelitian baru yang sedang dikembangkan ternyata mengungkap sebuah fakta yang cukup unik yaitu bila seseorang menonton film komedi romantis, maka ia akan menjadi lebih sensitif, peka, dan terbuka secara moral. Psikolog Jonathan Haidt menyebutkan bahwa moral yang dimaksudkan ini sangat berkaitan erat dengan kesetiaan, keadilan, rasa hormat, kemurnian, peka terhadap bahaya, dan meningkatnya perhatian. 

2. Bisa Belajar Lebih Romantis

Mencoba menonton film komedi romantis adalah sebuah pelajaran berharga bagi Ayah atau Ibu yang merasa sulit untuk melakukan hal romantis kepada pasangan karena melalui rekomendasi film ini, Ayah dan Ibu akan belajar banyak. Bersikap romantis terhadap pasangan sangatlah diperlukan untuk memberikan bumbu istimewa pada sebuah hubungan pernikahan untuk jangka panjang. Tak melulu tentang memberi bunga mawar pada pasangan, bisa jadi memenuhi bahasa cinta pasangan akan membuat benih cinta di antara Ayah dan Ibu akan semakin tumbuh dengan baik. 

3. Menumbuhkan Hormon Bahagia

Tertawa bersama sembari menonton film komedi romantis bisa jadi suatu cara menumbuhkan atau memunculkan hormon bahagia. Tak perlu pergi ke bioskop, cukup menonton film komedi romantis Netflix atau channel resmi lainnya di ruang tamu bisa mengubah mood negatif seharian! Cobain yuk Bu!

4. Pilihan yang Tepat untuk Bersantai

Memilih film komedi romantis adalah pilihan yang tepat untuk bersantai sejenak dan melepas penat dari aktifitas seharian. Ibu bisa melakukannya kapan saja bila membutuhkan waktu santai seperti saat si kecil tidur. Nikmati waktu selagi bisa bukanlah hal yang buruk karena anak-anak kita butuh Ibu yang bahagia lahir dan batin.

5. Banyak Pesan Moral yang Bisa Dipelajari

Jangan salah! Film komedi romantis biasanya tersimpan pesan moral yang sangat bagus dan menyentuh. Entah itu kisah romantisnya, perjalanan hidup dari tokohnya, atau perjuangan yang dilakukan pasangan yang ada di film tersebut. Yang pasti, pesan moral ini bisa dijadikan pelajaran hidup selanjutnya bagi siapa saja yang menonton kisah tersebut.

Rekomendasi Film Komedi Romantis

Ada banyak rekomendasi film komedi romantis yang bisa Ibu tonton di waktu luang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa pilihan film komedi romantis dari banyak negara:

1. Isn’t It Romantic


Film Komedi Romantis Barat yang diperankan oleh Rebel Wilson, Adam Devine, Liam Hemsworth, dan Priyanka Chopra ini berhasil mencuri perhatian dengan alur cerita yang tak biasa. Film komedi romantis yang rilis pada tahun 2019 lalu ini berkisah tentang skeptisme seorang gadis muda bernama Natalie (Rebel Wilson) tentang kisah cinta yang romantis dan bahagia bak film-film Holywood pada umumnya. 

Baginya, kisah cinta romantis tak ada di dunia nyata dan tak ada pria yang menyukai dirinya sampai akhirnya ia mengalami hal tak biasa setelah siuman saat ia pingsan dan akan mengubah pandangannya terhadap kisah cinta romantis.

2. Crazy Rich Asian


Siapa yang tidak kenal dengan film komedi romantis yang satu ini? Crazy Rich Asian adalah film komedi romantis barat yang rilis pada tahun 2018 dan diangkat dari judul novel yang sama karya Kevin Kwan. Film komedi romantis ini berkisah tentang Rachel, seorang professor muda yang menjalin hubungan dengan Nick teman kuliahnya. 

Rachel terkejut karena ternyata Nick berasal dari salah satu keluarga terkaya di Negara tersebut. Sayangnya kisah cinta keduanya tak mulus karena keluarga Nick menolak Rachel yang berasal dari keluarga yang tidak sempurna bagi mereka.

3. Imperfect


Film komedi romantis Indonesia berjudul Imperfect ini sempat booming ketika pertama kali rilis tahun 2019 lalu. Imperfect disutradarai oleh Ernest Prakasa dan diambil dari Novel karya Meira Anastasia dengan judul yang sama. Dengan mengusung tema Karier, Cinta, dan Timbangan, film ini sukses mengambil hati banyak orang, terutama bagi mereka yang selalu dikelilingi rasa insecure terhadap sebuah penerimaan diri.

 Ajaibnya, film komedi romantis yang dibintangi Jessica Mila (Rara) dan Reza Rahardian (Dika) ini cukup berhasil membangun banyak hal positif dan membantu banyak orang untuk lebih menerima diri mereka apa adanya dan terlepas dari rasa insecure yang justru mengganggu langkah seseorang.

4. Milly & Mamet


Buat yang sudah sering menonton Ada Apa dengan Cinta, kedua tokoh bernama Milly dan Mamet pasti tidak asing lagi. Film komedi romantis Indonesia yang dirilis pada tahun 2018 ini berkisah tentang kehidupan keduanya setelah menikah, dimana Milly memutuskan resign dari pekerjaannya lalu menjadi Ibu rumah tangga dan merawat satu-satunya anak mereka.

Sementara Mamet yang punya hobi memasak sedikit mengalami kendala karena ia tak sepenuhnya bisa menjadi dirinya sendiri sebagai suami Milly dan justru bekerja di pabrik Ayahnya Milly. Konflik yang ada di alur cerita Milly dan Mamet sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari dan cara menyelesaikan konflik tersebut dapat memberikan semangat dan motivasi lebih bagi siapa saja yang menontonnya.

5. Falling Inn Love


Film komedi romantis asal Amerika besutan sutradara Roger Kumble ini dirilis pada tahun 2019 dan mengisahkan tentang seorang gadis kota bernama Gabriela yang tiba-tiba mengikuti sebuah kontes lalu berhasil menjadi pemenang dengan hadiah sebuah penginapan di Selandia Baru. Namun tak disangka, penginapan yang berada di sebuah desa tersebut tak layak huni sehingga mengharuskan Gabriela untuk merenovasi total bangunan tersebut.

Karena renovasi inilah sang gadis kota bertemu dengan Jake Taylor, seorang kontraktor handal nan tampan yang akan merenovasi rumahnya. Bukan hanya penginapan mewah yang akan Gabriela dapatkan, namun cinta sejati seorang kontraktor muda.

6. On Your Wedding Day


Penggemar film korea pasti tak akan melewatkan film komedi romantis korea yang satu ini. Melansir dari laman Merdeka, film On Your Wedding Day ini rilis pada tahun 2018 dengan lakon utama Park Bo-Young dan Kim Young-Kwang. Film komedi romantis berdurasi kurang lebih 110 menit ini bercerita tentang Woo-Yeon (Kim Young-Kwang) seorang siswa SMA yang sangat suka berkelahi dan menjadi siswa yang buruk di sekolahnya. 

Suatu hari, Woo-Yeon bertemu Seung-Hee (Park Bo-Young), murid pindahan baru dari sekolah lain dan ia mengalami cinta pada pandangan pertama. Sayang sekali, Seung-Hee saat itu tak tertarik dengan pria manapun. Namun keduanya membuat sebuah kesepakatan yaotu berpura-pura berpacaran untuk menjauhkan Seung-Hee dari godaan siswa laki-laki lainnya. Hubungan keduanya berlanjut lebih serius dan Seung-Hee berhasil membujuk Woo-Yeon untuk tidak berkelahi lagi dan menjadi siswa yang baik. Romantisme hubungan keduanya juga dibumbui dengan banyak adegan kocak dari Woo-Yeon saat jatuh cinta. Menarik kan?

7. Tune In For Love


Film komedi romantis Korea berjudul Tune in For Love adalah film yang rilis pada tahun 2019 dengan latar film seperti tahun 1994-2005 silam. Meski latar film cukup retro dan lebih jadul, namun pecinta drama Korea akan dimanjakan dengan berbagai macam tempat-tempat keren dan fashion vintage yang menawan. Film ini bercerita tentang kisah cinta antara Hyun Woo dan Mi Soo yang sangat lama, yaitu sebelas tahun. Kisah cinta mereka pun lekat dengan siaran radio yang sedang hits pada masa itu, yaitu Music Album.

8. 200 Pounds Beauty


Film yang keluar pada tahun 2006 ini merupakan film komedi romantis Korea yang tidak lekang oleh waktu lho. Kisah cinta seorang gadis muda bersuara emas, Ha-na kepada produsernya, Sang-joon harus bertepuk sebelah tangan karena penampilan Ha-na yang kurang menarik. Demi mewujudkan cita dan cintanya, Ha-na melakukan operasi plastik dan berhasil membuat banyak orang takjub serta terpana. Selain kisah cinta yang cukup unik, film ini sarat akan komedi dan juga pesan moral yang menyentuh hati bagi siapa saja yang menontonnya.

9. Holidate


Film komedi romantis keluaran tahun 2020 ini mengusung tema kisah cinta yang terjalin khusus hanya pada hari libur atau hari besar saja seperti Natal, Valentine, bahkan Thanksgiving. Dua orang lajang yaitu Sloane (Emma Roberts) dan Jackson (Luke Bracey) memiliki masalah percintaan disepanjang hari-hari besar tersebut. Sloane sangat membenci penilaian keluarga terhadap dirinya yang masih saja lajang saat harus merayakan hari besar, sementara itu Jackson tidak pernah bisa memiliki teman kencan yang benar-benar layak. 

Akhirnya kedua lajang ini bertemu tanpa sengaja lalu kemudian membuat kesepakatan bahwa mereka akan menjadi sepasang kekasih pada setiap hari besar dan harus mendatangi acara keluarga yang diadakan. Tanpa sengaja benih cinta keduanya muncul meskipun jalannya tak semulus yang mereka kira karena keraguan keduanya.

10. First Love (Crazy Little Thing Called Love)


Thailand memiliki film komedi romantis yang tak kalah seru dengan genre horornya. Sebuah film komedi romantis Thailand berjudul First Love ini sangat booming pada tahun 2010. Film ini dibintangi oleh aktor muda tampan yang cukup terkenal yaitu Mario Maurer sebagai Chon dan Pimchanok Luevisadpaibul sebagai Nam. Film ini adalah film khas kisah cinta anak remaja yang sangat seru dan berkisah tentang Nam yang jatuh cinta dengan kakak kelasnya (Chon) dan berusaha mati-matian untuk menarik perhatiannya. Meski termasuk film lama, film ini masih bagus untuk ditonton di waktu luang kali ini.

11. May Who?


Masih dari kisah romantisme remaja, film komedi romantis Thailand berikutnya berjudul May Who yang rilis pada tahun 2015 dengan bintang utama Sutatta Udomsilp, Thiti Mahayotaruk dan Thanapob Leeratanakajorn. Film ini bercerita tentang Pong (Thiti Mahayotaruk) yang suka menggambar dan suka membuat komik tentang kegiatan sehari-harinya dan ia menyukai Ming. Kemudian ada May Nhai (Sutatta Udomsilp), seorang gadis remaja unik karena tubuhnya akan memancarkan kekuatan listrik bila jantungnya berdegup terlalu kencang, ia sangat sering pindah sekolah karena kedua orang tuangnya khawatir bila orang lain tahu kekuatanya ini. Sementara itu, May Nhai sudah lama menyukai Fame (Thanapob Leeratanakajorn), anak laki-laki terkenal di sekolahnya. Ketiganya terlibat cinta yang tak biasa dengan akur cerita yang juga tak biasa namun sangat menghibur karena dipenuhi adegan komedi ringan.

12. Love Actually


Film komedi romantis barat yang diproduksi pada tahun 2003 ini punya tema Natal yang sangat kental. Disutradarai oleh Richard Curtis, Love Actually ini merupakan kumpulan dari 10 kisah cinta yang unik dan melibatkan banyak individu. Kisah cinta pada film komedi romantis Love Actually ini ada yang diambil dari kisah nyata dan diceritakan kembali. Tak heran bila film ini cukup menarik banyak peminat karena tak hanya terdapat komedi yang menarik, namun kisah-kisah cinta yang ada di film ini sangat menyentuh hati.

Editor: Dwi Ratih