Rekomendasi

6 Rekomendasi Tempat Play Therapy Jakarta, Lengkap Dengan Biayanya!

6 Rekomendasi Tempat Play Therapy Jakarta, Lengkap Dengan Biayanya!

Bermain adalah dunianya anak-anak, lewat bermain terkadang kita juga bisa melihat dengan jelas bagaimana karakter si kecil. Terutama jika ia mengalami masalah psikologis, sosial maupun emosional.

Saat ini, terdapat tempat play therapy Jakarta yang dapat mengatasi masalah tersebut. Terapi ini konon baik untuk membantu anak menuturkan perasaan, apalagi jika ia memiliki trauma tertentu.

Ada banyak tempat play therapy Jakarta yang bisa Ibu kunjungi. Tarifnya pun berbeda-beda. Kalau Ibu tertarik, simak rekomendasi tempat play therapy Jakarta berikut ini yuk!

Mengenal play therapy lebih mendalam


Play therapy atau terapi bermain adalah suatu bentuk terapi yang digunakan khusus untuk anak-anak. Beberapa anak mungkin tidak mampu memproses emosinya sendiri atau mengutarakan masalahnya kepada orang tua atau orang dewasa lainnya.

Meskipun terlihat seperti waktu bermain biasa, namun proses pendekatan pada play therapy bisa lebih dari itu. Dikutip dari Healthline therapy dilakukan oleh terapis khusus yang sudah bersertifikasi.

Terapis nantinya akan mengamati dan mendapatkan informasi tentang masalah anak, melalui pendekatan dengan cara bermain. Jika ditemui adanya masalah, terapis kemudian akan membantu anak mengeksplorasi emosi dan mengatasi trauma yang belum terselesaikan.

Play therapy, memungkinkan anak-anak dapat mempelajari mekanisme penanggulangan masalah pada dirinya dengan lebih mudah. Cara ini juga dapat membantu mengontrol dan mengarahkan perilaku anak yang tidak pantas.

Tempat play therapy juga biasanya harus sudah memiliki lisensi khusus dari psikolog maupun psikiater. Nah, menariknya lagi, menurut survei khusus dari Play Therapy International sebanyak 71% anak-anak yang dirujuk ke terapi bermain kemungkinan besar dapat mengalami perubahan positif.

Meskipun beberapa anak mungkin awalnya ragu-ragu, perlahan kepercayaan pada terapis pun pada akhirnya akan tumbuh. Ketika mereka menjadi lebih nyaman dan ikatan mereka semakin kuat, anak mungkin menjadi lebih kreatif atau lebih bisa lebih percaya diri untuk mengungkapkan perasaannya.

Sehingga, jika dirangkum play therapy sejatinya memiliki manfaat yaitu:

  • Membuat anak lebih berperan mengambil lebih banyak tanggung jawab atas perilaku tertentu
  • Bantu anak mengembangkan strategi penanggulangan dan keterampilan pemecahan masalah yang kreatif
  • Punya self-respect yang tinggi dan menghargai diri sendiri
  • Meningkatnya rasa empati dan menghormati orang lain
  • Mengurangi rasa cemas yang muncul
  • Anak dapat belajar untuk sepenuhnya mengalami dan mengungkapkan perasaan
  • Membentuk keterampilan sosial yang lebih kuat
  • Hubungan keluarga yang lebih kuat
  • Meningkatkan keterampilan bahasa serta meningkatkan keterampilan motorik halus dan kasar.

Rekomendasi tempat play therapy Jakarta

1. Waktu Bermain 


Alamat: Jl. Darmawangsa-X No.A 20, North Cipete, Kebayoran Baru, South Jakarta City, Jakarta  12160, ID

Biaya: Mulai dari Rp 3 juta untuk 15 sesi

Waktu Bermain merupakan salah satu tempat play therapy Jakarta, yang mengedepankan permainan untuk membantu mengatasi masalah psikologis anak. Play therapy Jakarta di Waktu Bermain, mengedepankan sentuhan sebagai salah satu dasar untuk anak bisa berekspresi.

Tak heran, cara para terapis di tempat ini mengetahui adanya masalah pada diri anak adalah dengan mengajak bermain. Permainannya juga kebanyakan lebih mengedepankan permainan sensorik, sebut saja seperti clay dan permainan edukatif lainnya.

Tempat play therapy Jakarta yang satu ini, menyarankan agar terapi dilakukan paling minimal 12 kali/sesi. Di mana 6 di sesi awal memungkinkan anak untuk membangun hubungan dengan terapis, sisanya fokus pada tujuan utama.

2. Ruang Tumbuh

Alamat: 

  • Gedung Prof. UFA lt 3, Jatiwaringin, Pondok Gede
  • Jl. Pinang Raya no 34, Pondok Labu, Jakarta Pusat
  • Kebayoran Arcade 2 B3 no 30
  • Ruko Panoramic Garden, Jl Raden Saleh, Sukmajaya, Depok

Biaya: Mulai dari Rp 250 ribu/sesi

Klinik psikologi Ruang Tumbuh, ternyata juga memiliki layanan play therapy khusus untuk anak-anak yang memiliki masalah psikologi dan sosial. Dalam penerapannya, klinik ini fokus pada pengembangan diri anak agar menjadi lebih baik.

Klinik psikologi Ruang Tumbuh, juga menjadi layanan play therapy Jakarta yang memiliki terapis bersertifikasi lengkap. Pendekatan pada anak juga lebih sering menggunakan permainan edukatif, yang dapat mengasah motorik halus dan kasar anak.

Nggak hanya itu, Rumah Tumbuh juga rutin mengadakan beragam seminar yang bisa diikuti orang tua, agar bisa ikut belajar bagaimana menerapkan play therapy di rumah untuk membantu mengatasi masalah pada anak. Jadi, orang tua juga dapat ‘bekalnya’ nih Bu. Menarik ya!

3. Klinik Pela 9

Photo source: Solusi Sehat Mental

Alamat: 

  • Jl, Kramat Pela no 9, Jakarta Selatan
  • Jl. Menteng Raya Blok FA 1 No. 21, Sektor 7, Bintaro Jaya

Biaya: Rp 750 ribu/sesi

Klinik Pela 9 dikenal sebagai salah satu klinik tumbuh kembang anak, yang sangat komperhensif. Nggak main-main, untuk mendeteksi masalah pada anak, klinik ini melibatkan tim dokter spesialis anak, konsultan neurologi, psikiater, psikolog, serta terapis yang kompeten dan profesional.

Para terapis juga berfokus, agar anak dapat mencapai potensi optimal. Para terapis percaya, bahwa penanganan yang tepat, diharapkan dapat membantu anak memiliki kehidupan yang lebih berkualitas, baik pada masa sekolah maupun di masa depan.

Berbagai layanan terapi di sini juga menggunakan permainan sebagai sebuah pendekatan, untuk mendeteksi masalah pada anak. Tak jarang, tempat play therapy Jakarta yang satu ini banyak dipercaya oleh para orang tua, guna mengatasi masalah yang dialami anak lebih tepat.

4. Rainbow Castle 


Alamat: Jl Zamrut Raya no 28, Sumur Batu, Kemayoran

Biaya: Kisaran Rp 250 ribu/sesi

Tempat play therapy selanjutnya adalah Rainbow Castle yang merupakan klinik tumbuh kembang anak, yang fokus pada psikologi dan berbasis pada permainan anak. Play therapy di klinik ini, dapat membantu anak-anak dan remaja untuk mengenali masalah dalam diri mereka.

Apalagi, play therapy juga dipercaya dapat memunculkan proses interpersonal menggunakan kekuatan terapeutik dari bermain. Sehingga nantinya, anak bisa belajar memahami perasaan mereka sendiri.

Nggak hanya bertatap muka, klinik ini juga menyediakan layanan konsultasi online. Di mana tiap sesi akan berlangsung selama 40 menit.

5. OMDC Grow and Shine


Photo source: OMDC

Alamat: Jl Buncit Raya no 6

Biaya: Mulai dari Rp 199 ribu/sesi.

Tempat play therapy anak selanjutnya, ada di klinik OMCD Grow and Shine. Yup! Selain punya klinik khusus gigi, ternyata OMDC juga punya klinik tumbuh kembang khusus yang fokus pada psikologi anak, lho!

OMDC Grow and Shine membantu orang tua mengenali cara tepat untuk anak, agar dapat bertumbuh dan bercahaya sesuai dengan potensinya. Menariknya pada klinik play therapy Jakarta yang satu ini adalah, mereka memiliki ruang bermain khusus yang diberi nama, ruang sensori integrasi yang fokus pada permainan edukatif.

Melalui terapi di berbagai macam permainan yang ada di ruangan ini, dapat memudahkan terapis untuk mengetahui masalah dan potensi yang ada pada diri anak. Utamanya pada anak-anak yang memiliki kesulitan untuk fokus.

6. Klinik Kancil


Photo source: Kancilku

Alamat: Jalan Duren Tiga Raya No.7J, RT.9/RW.5, Duren Tiga, Pancoran, Kota Jakarta Selatan.

Biaya: Rp 550 ribu/sesi, biaya pendaftaran Rp 60 ribu.

Rekomendasi play therapy Jakarta selanjutnya, adalah Klinik Kancil. Klinik ini menyediakan layanan konsultasi psikologi anak, remaja dan keluarga.

Konsultasi ini dilakukan oleh terapis yang sudah berpengalaman mulai dari psikolog, dan terapis psikologi lain yang siap membantu menyelesaikan masalah-masalah psikologi anak dan remaja yang dihadapi oleh keluarga.

Layanan yang tersedia di klinik ini, selain play therapy adalah.

  • Terapi Perilaku Kognitif (CBT)
  • Hypnotherapy
  • Theraplay

Itu tadi adalah rekomendasi play therapy Jakarta yang dapat jadi referensi untuk Ibu, dengan anak yang memiliki masalah psikologis. Mengingat biaya konsultasi yang nggak murah, nggak ada salahnya untuk melakukan konsultasi online terlebih dahulu sampai Ibu sudah benar-benar klik ya, Bu!