Rekomendasi

Manual Hingga Elektrik, Alat Penyedot Ingus Ini Bikin Napas Bayi Lebih Lega

Manual Hingga Elektrik, Alat Penyedot Ingus Ini Bikin Napas Bayi Lebih Lega

Buat Ibumin, ketika punya bayi, alat penyedot ingus menjadi salah satu peralatan yang wajib dimiliki. Teringat ketika anak Ibumin berusia 2 minggu, terdapat lendir di dalam hidung yang bikin napas si kecil jadi berbunyi grok-grok.

Walau dokter mengatakan bahwa, kondisi ini normal terjadi, sayangnya hal ini seringkali bikin ia jadi nggak nyaman dan rewel, terutama saat malam hari. Meski awalnya Ibumin nggak berani menggunakan alat penyedot ingus bayi, namun pada akhirnya alat inilah yang bisa membantu membuang lendir di dalam hidung si kecil.

Saat ini, ada banyak sekali jenis alat penyedot ingus bayi yang beredar di pasaran. Mulai dari alat penyedot ingus bayi elektrik, hingga manual.

Ibu tertarik membeli? Cek dulu rekomendasi alat penyedot ingus pada anak berikut ini, ya!

Alat penyedot ingus bayi, tidak boleh digunakan sembarangan


Dikutip dari Childrens Mercy alat penyedot ingus bayi memang nggak boleh digunakan sembarangan. Namun, terkadang bayi memang memerlukan bantuan orang dewasa untuk membantu membersihkan area hidungnya yang terdapat lendir.

Tapi, tetap saja alat penyedot ingus bayi ini sebaiknya tidak dipakai sembarangan tanpa sebab. Beberapa kondisi bayi yang perlu menggunakan alat penyedot ingus diantaranya adalah:

  • Bayi sedang flu, dan terdapat lendir di area hidungnya yang bikin bayi kesulitan bernapas
  • Bayi tersedak susu formula/ASI dan keluar melalui hidung.

Nah, nantinya fungsi alat penyedot ingus bayi ini akan bekerja menarik keluar lendir atau cairan yang ada di hidung. Sehingga, bayi lebih lega saat bernapas.

Rekomendasi alatnya, cek di sini!

Saat ini, alat penyedot ingus anak memang sangat beragam. Beberapa diantaranya juga sudah dilengkapi dengan teknologi baterai, sehingga memudahkan penggunaan.

Sebelum membeli alat penyedot ingus bayi di pasaran, cek dulu rekomendasinya berikut ini supaya alat tersebut sudah pas sesuai pilihan Ibu!

1. Pigeon Nose Cleaner


Pigeon Nose Cleaner terdiri dari pompa karet untuk memompa dan sedotan silikon. Gabungan keduanya berfungsi menyedot keluar ingus di hidung, tanpa perlu bersentuhan langsung antara hidung bayi dan mulut orang dewasa.

Nggak perlu khawatir dengan ukuran lubangnya, alat penyedot ingus bayi yang satu ini didesain sesuai dengan besarnya lubang hidung bayi. Lubangnya kecil, namun tetap bisa masuk ke dalam lubang hidung bayi dan maksimal saat menyedot ingus.

Pigeon Nose Cleaner merupakan alat penyedot ingus bayi manual, yang sudah dilengkapi dengan tutup agar selalu bersih sebelum digunakan.Cara mensterilkan alat ini juga cukup mudah, Ibu bisa merendamnya dengan air panas, kemudian diamkan beberapa saat. Keringkan, dan alatnya sudah siap digunakan.

Tokopedia

Shopee

2. Dodo Nasal Aspirator


Dodo Nasal Aspirator terdiri dari pompa karet, alat sedot, dan tutup bening. Alat penyedot ingus bayi yang satu ini, nggak membutuhkan effort untuk menyedot dengan mulut orang dewasa.

Cara penggunaannya cukup arahkan lubang pada hidung bayi, kemudian pencet pompa karetnya untuk mengambil cairan ingus. Udara yang terperangkap pada pompa karet, menjadi pengganti penyedot ingus orang dewasa. Lebih mudah, bukan?

Tokopedia

Shopee

3. Pigeon Nose Cleaner Tube


Rekomendasi alat penyedot ingus bayi kembali berasal dari merek Pigeon. Berbeda dengan jenis sebelumnya, Pigeon Nose Cleaner Tube bukan menggunakan sedotan, tetapi selang silikon dan wadah penampung lendir.

Untuk menyedot ingus, Ibu tinggal mengisap melalui selang dengan mulut secara lembut dan perlahan. Nah, kalau sudah selesai digunakan, Ibu tinggal merendam alat ini dengan air hangat.

Yup! Sebaiknya dengan air hangat ya Bu. Sebab, bagian tubenya rentan memuai dan tutupnya menjadi kendur dan kurang pas dengan selang silikonnya.

Tokopedia

Shopee

4. Dr. Isla Nasal Aspirator


Nggak mau effort menyedot ingus bayi dengan isapan manual? Tenang, saat ini sudah tersedia alat penyedot ingus elektrik yang diklaim mampu mengisap ingus bayi dengan maksimal, lho!

Dr. Isla Nasal Aspirator salah satunya, alat ini bekerja dengan batu baterai yang bisa di charge melalui kabel USB. Daya isap alat juga dikatakan kuat, dengan empat tombol pada alat untuk menyalakan, mematikan, mengontrol kecepatan, dan memutar musik.

Ada 3 jenis alat sedot silikon yang disediakan, yakni masing-masing untuk membersihkan flu, ingus, dan ingus kering. Bagian lubangnya juga mudah dibersihkan menggunakan cotton buds.

Walau daya isapnya kuat, tapi nggak akan membuat bayi jadi tersedak dan kaget. Ibu sudah punya alatnya di rumah? Cus, dibeli!

Tokopedia

Shopee

5. Mothercare Nasal Aspirator


Mothercare ternyata juga memiliki alat penyedot ingus bayi manual, tanpa memerlukan baterai, lho! Alat ini sudah dilengkapi dengan 2 jenis ujung yang berbeda, khusus newborn dan infant.

Wadah ingus dan ujungnya bisa dilepas-pasang. Sehingga memudahkan Ibu untuk membersihkannya, setelah pemakaian.

Tokopedia 

Shopee

6. COCONI Baby Electric Nasal Aspirator


COCONI merupakan jenis alat penyedot ingus bayi elektrik yang dioperasikan menggunakan baterai. Terdapat 2 jenis kepala penyedot yang bebas BPA dan dapat disesuaikan dengan usia bayi.

Alat penyedot ingus elektrik ini daya isapnya juga cukup kuat, tapi nggak bikin si kecil jadi terganggu. Ibu bisa menyesuaikan 3 tahap pengisapan yang dapat disesuaikan.

Selain itu, ada juga fitur led screen untuk menunjukkan level hisap dan daya baterai. Tujuannya, untuk membantu bayi lebih tenang saat proses ini dilakukan.

Tokopedia

Shopee

7. Sakumini


Sakumini adalah alat penyedot ingus bayi yang terbuat dari silikon, yang aman untuk si kecil. Alat penyedot ingus bayi manual yang satu ini, perlu diisap menggunakan mult orang dewasa.

Nggak perlu khawatir, alat ini tetap aman digunakan. Sebab, terdapat selang sepanjang 15 cm yang terhubung ke tabung. Setelah digunakan, tabung silikon dapat dicuci dan direndam dengan air hangat. 

Tokopedia 

Shopee