Rekomendasi

8 Shampo Anti Ketombe Ini, Ampuh Atasi Masalah Rambut Rontok Dan Berminyak!

8 Shampo Anti Ketombe Ini, Ampuh Atasi Masalah Rambut Rontok Dan Berminyak!

Punya rambut berminyak dan berketombe? Jelas bikin aktivitas sehari-hari jadi nggak nyaman. Apalagi kalau menggunakan pakaian serba hitam.

Terkadang, ketombe bisa rontok dan bikin rasa kepercayaan diri jadi berkurang. Waduh! Apakah Ibu pernah mengalami hal tersebut? Ada nggak sih shampo anti ketombe paling ampuh membasmi ketombe yang mengganggu?

Yup! Meski ada banyak sekali merek shampo anti ketombe yang dijual di pasaran, tapi kalau pemakaiannya tidak sesuai atau tidak digunakan secara teratur, hal ini akan percuma, lho! Namun, jika ingin tetap mencoba shampo anti ketombe dan rambut rontok yang ada di pasaran, Ibumin punya rekomendasinya, nih!

Penyebab ketombe di kulit kepala


Ketombe merupakan kondisi yang menyebabkan kulit kepala mengelupas. Sehingga, menyebabkan kerak putih yang mirip kulit kering terkelupas.

Ketombe merupakan kondisi yang wajar dialami semua orang, kondisi ini pun tidak menular atau serius. Namun, hal ini bisa bikin kepercayaan diri jadi berkurang akibat sulitnya mengobati ketombe.

Ketombe ringan dapat diatasi dengan shampo anti ketombe dengan formula khusus, yang lembut di kulit. Jika tidak berhasil, mungkin Ibu memerlukan shampo anti ketombe yang mengandung obat tertentu untuk mengurangi dan mencegah ketombe datang lagi.

Ketombe tak jarang juga bikin kulit kepala jadi gatal, dan bikin rambut rontok. Jika mengutip Mayo Clinic munculnya ketombe mungkin disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Kulit yang teriritasi dan berminyak
  • Kulit kering
  • Jamur mirip ragi (malassezia) yang memakan minyak di kulit kepala orang dewasa
  • Sensitivitas terhadap produk perawatan rambut (dermatitis kontak)
  • Kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis dan eksim.

Hampir semua orang bisa mengalami ketombe, namun ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang rentan mengalami kondisi ini, diantaranya:

  • Usia. Ketombe biasanya dimulai pada usia dewasa muda dan berlanjut hingga usia paruh baya.
  • Gender. Ketombe lebih banyak terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan
  • Penyakit tertentu. Penyakit Parkinson dan penyakit lain yang memengaruhi sistem saraf juga berpotensi meningkatkan risiko ketombe. Begitu pula dengan mengidap HIV atau sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Rekomendasi shampo anti ketombe terbaik, pilihan Ibumin

1. Clear Ice Cool Menthol


Ketombe terkadang disertai dengan rasa gatal yang luar biasa. Bahkan juga disertai dengan rambut yang mulai rontok.

Shampo anti ketombe dari Clear Ice Cool Menthol, dapat mengurangi keluhan tersebut. Shampo ini juga sudah diformulasikan dengan Nutrium 10, paduan dari 10 nutrisi dan ekstrak tumbuh-tumbuhan.

Di mana ramuan ini dapat membantu mengembalikan kesehatan kulit kepala, dan mencegah ketombe balik lagi. Sensasi cooling mentholnya bisa membantu menenangkan kulit kepala yang gatal, dan mengurangi rasa gatal tersebut.

Tokopedia

Shopee

2. TRESemmé Scalp Care Shampoo


Shampo anti ketombe yang satu ini, juga sudah diformulasikan khusus untuk rambut berketombe yang disertai dengan rambut rontok. TRESemmé Scalp Care Shampoo mengandung vitamin E dan zinc essence, di mana keduanya terbukti dapat merawat kulit kepala, membersihkannya, serta menutrisi rambut.

Membuat akar rambut menjadi lebih kuat hingga ke ujungnya. Belum lagi aroma wangi dari shampo anti ketombe ini, dijamin bikin kamu ketagihan untuk menggunakannya kembali, deh!

Tokopedia

Shopee

3. Clear Perawatan Komplit


Berbeda dengan jenis shampo Clear sebelumnya, jenis yang satu ini khusus untuk kamu yang memiliki ketombe dengan rambut rusak. Clear Complete Soft Care Shampoo diformulasikan khusus dengan 3 Zero Tech dan scalp vitamin, yang bisa digunakan oleh pria dan juga wanita.

Shampo ini dapat mengurangi rasa gatal akibat ketombe, serta menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Nggak perlu khawatir kulit kepala jadi kering dan nggak nyaman, shampo yang satu ini akan menutrisi kulit kepala dan merawat kelembutan rambut yang rusak sekalipun. 

Tokopedia

Shopee

4. Selsun Yellow Double Impact


Shampo anti ketombe Selsun Yellow Double Impact, tak jarang juga jadi salah satu shampo anti ketombe pilihan. Karena, shampo ini bisa membantu mengatasi masalah ketombe yang mengganggu kulit kepala dan menghilangkan rasa gatal. 

Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup usapkan pada kulit kepala, biarkan selama 2-3 menit. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil lebih optimal. 

Tokopedia

Shopee

5. Zinc Anti Dandruff Black Shine Shampoo


Zinc merupakan salah satu merek shampo anti ketombe yang mengandung selenium sulfida, yang mampu menjaga kebersihan rambut dan mencegah ketombe datang kembali. Selain dapat membantu menghilangkan ketombe, dengan kandungan urang-aringnya shampo ini juga bisa sekaligus membuat rambut hitam berkilau. 

Sehingga, membuat shampo ini cocok buat menjaga wara hitam alami rambutmu. Harganya pun terbilang murah, yakni berkisar Rp 14 ribu-an saja.

Tokopedia

Shopee

6. Sebamed Anti Dandruff Shampoo


Sebamed Anti-Dandruff Shampoo juga dikenal sebagai produk shampo anti ketombe, yang diklaim bisa membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala yang berminyak. pH 5,5 yang dimiliki produk ini juga sangat pas untuk membantu menjaga rambut tetap sehat dan lembap.

Terdapat kandungan bahan aktif berupa piroctone olamine, yang bekerja secara efektif untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala. Apalagi jika ketombe yang muncul disertai dengan jamur yang bikin kulit kepala jadi super gatal.

Klaim dari produk ini, konon bisa menghilangkan ketombe sampai 50% dalam rentang waktu 14 hari, lho! Wah, menarik untuk dicoba, nih!

Tokopedia

Shopee

7. Erhair Scalperfect Piroctone Olamine & Climbazole Anti Dandruff Shampoo


Erhair merupakan shampo anti ketombe ampuh, yang paling Ibumin rekomendasikan nih. Dengan pemakaian teratur, produk ini mampu membantu mengatasi permasalahan kulit kepala, termasuk ketombe yang membandel. 

Shampo anti ketombe ini, memiliki kandungan Climbazole & Piroctone Olamine ini juga efektif untuk mengatasi ketombe akibat dermatitis seboroik. Terdapat pula kandungan menthol yang memberikan efek sejuk dan nyaman pada kulit kepala. 

Tak ketinggalan, efek sejuk ini ternyata juga berfungsi menenangkan kulit kepala yang gatal, lho! 

Tokopedia

Shopee

8. Neril Anti-Dandruff Shield Shampoo


Rekomendasi shampo anti ketombe yang terakhir adalah, Neril Anti-Dandruff Shield Shampoo. Klaim produk ini adalah, dapat membantu mengatasi ketombe dan rambut lepek.

Apalagi terkadang, ketombe juga bisa membuat kulit kepala jadi berminyak. Selain itu, shampo anti ketombe ini juga bisa membantu mengatasi rasa gatal pada kulit kepala, yang bikin aktivitas harian jadi nggak nyaman. 

Tokopedia

Shopee