Balita Dibaca 71 kali

11 Rekomendasi Merk Sippy Cup Bayi dan Tips Penggunaannya

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
11 Rekomendasi Merk Sippy Cup Bayi dan Tips Penggunaannya

Singkat kata, sippy cup bayi adalah jenis gelas yang digunakan pada masa transisi (perpindahan) dari botol ke gelas biasa, dalam rangka pembelajaran untuk bayi. Nggak ada aturan yang baku tentang kapan semestinya bayi diajarkan menggunakan sippy cup ini, ada yang sudah bisa menggunakannya di usia empat bulan. Namun, menurut American Dental Association, penggunaan sippy cup ini disarankan setelah usia anak satu tahun.

Penggunaan sippy cup bayi, mengutip dari laman Baby Center, dipandang mampu membantu melatih koordinasi antara mulut dan tangan anak, setelah kemampuan motoriknya berkembang, bayi akan mampu memegang sendiri sippy cup-nya, dan hal ini juga dipandang melatih anak mandiri. Di balik sisi baik ini, ternyata ada beberapa hal yang mesti Ibu ketahui tentang risiko penggunaan sippy cup bayi. Berikut beberapa di antaranya:

  • Sippy cup bisa memengaruhi perkembangan mulut bayi. Mulut bayi dan puting Ibu, are the best match! Maksudnya, bentuk dan tekstur puting Ibu seakan ‘didesain’ khusus untuk kebutuhan bayi menghisap susu, sehingga tepat untuk keseluruhan struktur mulut bayi. Sementara, spout pada sippy cup dan tutup sippy cup mengharuskan bayi ekstra beradaptasi dalam menggunakannya. Mungkin, efeknya nggak langsung terlihat, tapi ada kemungkinan efek ini datang belakangan, misalnya efek pada pembentukan wajah dan fungsi menelan.

  • Sippy cup mungkin berdampak pada kemampuan bicara anak. Penggunaan sippy cup bayi dalam jangka panjang, bisa menghambat perkembangan motorik oral. Misalnya, membuat anak kesulitan mengucapkan kata tertentu. Makanya, jangan sampai anak "ketergantungan" menggunakan sippy cup bayi, ya.

  • Penggunaan sippy cup bisa memicu gigi bayi tanggal. Penggunaan sippy cup bayi ini bisa menjadi kebiasaan. Contoh, selain menjadi mainan anak, nggak jarang anak tertidur masih dengan menggigit sippy cup-nya, seperti empeng. Nah, jika sippy cup bayi ini diisi dengan cairan yang mengandung gula, maka lama-kelamaan, kebiasaan mengonsumsi minuman mengandung gula ini tentunya bisa merusak gigi anak. Kerusakan gigi pada anak, bisa berdampak hingga ia dewasa. Lebih lanjut, jika anak terbiasa mengonsumsi minuman manis, maka bisa berisiko mengalami berat badan berlebih.

Jadi, sebelum melatih si Kecil menggunakan sippy cup bayi, itulah beberapa hal yang perlu Ibu ketahui. Untuk penggunaan yang lebih aman, pastikan Ibu memilih sippy cup dengan spout yang lembut, tidak mengisi sippy cup bayi dengan minuman manis, membongkar seluruh bagian untuk dicuci bersih sebelum digunakan dan tidak menggunakan sippy cup dalam jangka panjang. Saran lainnya adalah memberi anak dengan cangkir plastik sebagai alternatif. Pastinya, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter, tentang sebaiknya anak menggunakan sippy cup bayi ini.

Ibu tertarik memberikan sippy cup pada bayi? Berikut beberapa referensi merek sippy cup bayi:

  1. Pigeon MagMag Spout Cup

    Bentuk spout pada Pigeon MagMag Spout Cup disesuaikan dengan bentuk mulut bayi, sehingga jumlah cairan yang terhisap, bisa disesuaikan oleh masing-masing penggunanya. Sippy cup bayi merk ini bisa dipakai untuk air panas maupun dingin. Terbuat dari bahan yang bebas BPA, aman digunakan pada microwave dan disterilkan di dalam air panas. Dengan botol yang bisa diganti dari soft spout ke straw, menjadikan sippy cup bayi ini praktis dan lebih hemat. Pilihan jenis sippy cup bayi dari Pigeon ini ada banyak, untuk informasi lengkapnya bisa Ibu cek di situs resminya yaitu pigeon.co.id. Harga sippy cup merk Pigeon mulai dari kisaran Rp58.000 hingga Rp140.000 (untuk yang lengkap). Klik di sini untuk membeli.

  2. Avent Philips Classic Spout Cup 6 Month +

    Ibu mencari produk perlengkapan bayi merk terkenal tapi harganya tetap terjangkau? Silakan coba Avent Philips Classic Spout Cup 6 Months +. Design dan warnanya menggemaskan, kapaitasnya juga cukup banyak, yaitu 207ml. Spout-nya menggunakan silikon lembut dan dilengkapi dengan katup internal, sehingga gampang dipasang dan praktis. Bagian-bagian dari produk ini juga gampang dicuci, bahkan bisa dicuci dengan dishwasher. Tersedia dalam warna hijau biru dan pink ungu. Pastikan belanja produk asli di official store, misalnya di marketplace berikut yaitu Philip E-Store, dapatkan seharga Rp88.000.

  3. Nuby Flip N’ Sip Twin Handle Cup 6 Month +

    Nuby Flip N’ Sip Twin Handle Cup dilengkapi dengan weighted straw (atau sedotan yang diberi pemberat) yang bisa bergerak 360 derajat, jadi gampang digunakan bayi dalam beragam posisi. Sippy cup dari Nuby ini BPA free, anti bocor dan memiliki ‘click-ittechnology, jadi dengan adanya suara ‘klik’ ini, Ibu bisa memastikan kalau tutup sudah terpasang dengan baik. Sedotannya terbuat dari silikon dengan kapasitas besar, 270ml. Produk gampang dibersihkan, misalnya jika dicuci dengan dishwasher, jangan lupa selalu gunakan rak bagian atas, ya. Produk ini dijual dengan harga Rp109.000 di sini .

  4. Munchkin Gentle Transition Cup 4 Month +

    Munchkin Gentle Transition Cup, dengan anti spill atau anti bocor. Spout-nya lembut, sehingga aman buat gusi bayi yang sensitif. Gagangnya removable, bisa juga digunakan susu dan jus. Produk ini BPA free dan bisa dicuci menggunakan dishwasher. Pembelian produk ini bisa dilakukan di beberapa marketplace sekaligus, dengan harga dan jenis yang bervariasi, yaitu dengan kisaran harga Rp100.000, misalnya di sini. Jangan lupa, pastikan Ibu membeli di toko yang punya reputasi baik, ya.

  5. Tommee Tippee First Sippee Cup 4 Month +

    Tommee Tippee First Sippee Cup, terdiri dari beberapa bentuk spout. Dengan botol dan spout yang terbuat dari silikon, BPA free dan BPS free. Didesain khusus agar gampang dipegang oleh tangan anak. Produk ini gampang dibersihkan, bisa pakai sterilizer, dishwasher dan microwave. Informasi dari ulasan, bentuk gagang dan body sippy cup ini pas di tangan bayi, sehingga tidak banyak bergerak. Kapasitasnya 150ml, ada warna hijau, oranye dan merah jambu. Belanja produk Tommee Tippee praktis di marketplace berikut, dengan harga Rp115.000 atau cek di akun IG @tommeetippeeid

  6. Dr. Brown’s Soft-Spout Transition Cup 6 Month 

    Soal perlengkapan bayi, merk yang satu ini sudah nggak diragukan lagi. Dr. Brown’s Soft-Spout Transition Cup, menggunakan spout silikon yang bentuknya serupa ketika menyusu dari botol. Ada tanda takarnya, jadi Ibu bisa mengecek jumlah air yang sudah diminum anak. Dengan tutup yang dirancang agar spout selalu dalam keadaan bersih. Sippy cup bayi ini tersedia dalam dua warna, yaitu merah muda dan biru, pastinya, BPA free. Aman dicuci dengan dishwasherTransition cup dari Dr. Brown’s juga tersedia yang dalam bentuk botol (dengan handle) dan untuk anak usia toddler. Review dari penggunanya, selagi tertutup dengan rapat, jika jatuh maka nggak akan tumpah dan lebih gampang dibersihkan karena bisa dibongkar pasang. Beli Dr. Brown’s Soft-Spout Transition Cup dengan harga Rp115.000 di official store-nya atau cek informasi lainnya di akun IG @drbrownsindo

  7. SugarBaby 2in1 Sippy Cup 6 Months +

    Dinamakan 2in1, sebab sippy cup bayi ini bisa menggunakan spout maupun sedotan. Terbuat dari tritan, produk ini juga FDA approved dan BPA free. Bahannya ringan, nggak gampang pecah, dengan tutup anti spill, gampang dibersihkan dan bisa tahan panas hingga 100 C. Tersedia juga, sippy cup untuk bayi 9 Months + dengan dua desain. Informasi lebih lanjut, cek di akun IG @sugarbaby.co.id, atau langsung klik official store-nya di beberapa marketplace, contohnya di sini. Per produk, bisa Ibu beli dengan harga Rp120.000, harga ini sudah termasuk free brush, loh.

  8. US Baby Training Cup

    US Baby Training Cup dengan smart lid lock mechanism dan bentuk spout yang sudah disesuaikan dengan mulut bayi, sehingga memudahkan bayi mengisap. US Baby Training Cup Ini berkapasitas 150ml dan pastinya juga BPA free. Sippy cup bayi merk ini tersedia dalam tiga warna, yaitu pink, biru dan kuning. Beli di sini seharga Rp176.000.

  9. Boon Fluid Sippy Cup

    Sippy cup bayi merk ini mungkin masih asing di telinga Anda, ya, Bu? Bentuk dan warnanya bikin gemas dan beda dari yang lain. Dengan ‘two handed design’, jadi gampang dipegang oleh tangan yang mungil. Bagian-bagiannya gampang dirakit dan dibersihkan, serta bisa menggunakan dishwasher. BPA free, juga, nih. Beli produk unik ini seharga Rp189.000 di sini.

  10. OXO Tot Grow Soft Spout Sippy Cup

    OXO Tot Grow Soft Spout Sippy Cup juga terbuat dari tritan, silikon, BPA free dan PVC free. Dengan tutup anti tumpah (spill proof), serta menjaga spout tetap tertutup dan higienis. Handle-nya bisa dilepas, berkapasitas 150ml dan disertai dengan garis ukur (takaran). Dalam kemasan ini, sudah termasuk Training Lid yang bisa digunakan untuk anak belajar menggunakan regular cup. Beli produknya di sini senilai Rp229.000. 

  11. BabySafe Cup Weighted Straw

    Tahu, dong, kalau merk ini terkenal dengan slow cooker-nya? Sesuai dengan judulnya, BabySafe Cup Weighted Straw, dilengkapi pemberat pada bagian sedotannya, sehingga mengikuti arah air. Sedotannya terbuat dari silikon yang lembut dan BPA free. Untuk informasi lebih lanjut, bisa melihat tautan yang tersedia di akun IG @babysafe_indonesia, untuk pemesanan bisa dilakukan via WA, dengan nomor tertera di akun tersebut. Ada banyak jenis dan varian harga, di antaranya ada di harga Rp132.000. Belanja ringkas di sini, yuk. 

Itulah beberapa merk sippy cup bayi yang bisa menjadi referensi bagi Ibu. Teliti kembali sebelum membeli ya.

Penulis: Stephanie
Editor: Dwi Ratih