Balita

Seru dan Mendidik! 10 Kartun Anak yang Bisa Diakses Online

Seru dan Mendidik! 10 Kartun Anak yang Bisa Diakses Online

Anak-anak sudah pasti tertarik dengan kartun anak. Baik yang ada di TV maupun yang ditayangkan online pada channel youtube, Netflix, atau yang ditonton secara streaming. Pemilihan kartun anak sebaiknya bersifat edukatif dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Nah, jika Ibu membutuhkan referensi kartun anak untuk ditonton, teruskan membaca artikel ini, ya.

Rekomendasi Kartun Anak Online

1. Upin dan Ipin

Photo source: lescopaque.com

Kartun anak yang satu ini langganan mendapatkan penghargaan baik di Indonesia maupun di Negara asalnya, Malaysia. Peminatnya cukup banyak. Upin dan Ipin tayang di TV juga, kok. Tetapi, rumah produksi mereka, Les’ Copaque Production, memiliki channel resmi youtube yang berisikan video-video terbaru Upin dan Ipin. Episode baru yang belum tayang di TV seringkali ditayangkan lebih dulu di channel Youtube. Seperti pada episode Kain Merah Ipin dan Raya Penuh Makna. Di channel tersebut juga disajikan musik khas Upin dan Ipin yang sudah pasti disukai anak-anak.

2. Nussa Rara

Photo source: nussaoffial.com

Nussa Rasa merupakan tayangan berbasis Islami untuk anak-anak. Tayangan ini bertokohkan kakak beradik Nussa dan Rara dan berlatar keseharian keduanya. Kartun anak ini direkomendasikan pada orang tua yang ingin secara tidak langsung memberikan pendidikan agama melalui kartun. Beberapa waktu ke belakang Nussa Rara produksinya sempat terhenti karena beberapa hal. Tetapi di tahun ini, Nussa Rara siap meluncurkan film yang akan tayang di bioskop. Di ranah maya pun, Nussa Rara hadir melalui akun resmi Nussa Official yang siap menghibur sekaligus mendidik anak-anak.

3. Robocar Poli

Photo source: goodreads.com

Robocar Poli adalah kartun berceritakan tentang tim penyelamat yang terdiri dari Poli si mobil polisi, Amber si mobil ambulans, Roy si mobil pemadam kebakaran, dan Heli si Helikopter penyelamat. Nilai moral dari kartun ini banyak sekali. Mulai dari bagaimana menyelamatkan diri saat bencana, berhati-hati saat ada pencuri, bagaimana harusnya bersikap saat makan, serta pendidikan tentang keselamatan di musim panas. Kartun anak ini sebenarnya adalah serial TV. Kartun anak asal Korea ini sudah booming di Negara asalnya sejak 2015. Namun baru mendapatkan tempat spesial di hati anak Indonesia 2 tahun belakangan. Menurut website resmi Robocar Poli, seri kartun anak ini tersedia di Netflix. Tetapi, bila keluarga tidak berlangganan Netflix, Robocar Poli juga bisa ditonton secara gratis melalui channel youtube Robocar Poli TV atau yang berbahasa Indonesia di bawah naungan Robocar Poli RTV.

4. Tayo The Little Bus

Photo source: Netflix.com

Kartun anak ini juga berasal dari Korea dan bermula dari serial TV. Mengisahkan tentang Tayo dan teman-teman bis kecil lainnya yang menjalani pekerjaan sehari-hari membawa penumpang. Ceritanya ringan dan anak mudah mencerna alur cerita atau konfliknya. Untuk bisa menontonnya, anak bisa mengakses youtube channel resmi Tayo The Little Bus.

5. Toy Story

Photo Source: disneyplus.com

Film kartun anak ini diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan ditelurkan oleh Walt Disney Pictures. Toy Story mengisahkan petualangan Woody dan teman-teman mainannya bertualang. Petualangan mereka pun tak jauh dari semua hal tentang Andy, pemilik mereka. Film kartun anak ini dapat mendidik anak tentang persahabatan, tanggung jawab terhadap mainan, dan rasa cinta kasih kepada sesama. Jika ingin menontonnya secara online, silahkan akses di Netflix, ya. 

6. The Good Dinosaur

Photo source: Kayusirih.com

The Good Dinosaur mengisahkan tentang Dinosaurus berjenis Apatosaurus yang penakut dan pemalu. Namanya Arlo. Ia bertemu dengan Spot, anak kecil yang awalnya berusaha ia tangkap bersama Ayah Arlo terseret arus sungai saat mencoba mengejar Spot. Di pertemuan kedua bersama Spot, Arlo perlahan bisa berteman baik. Ia juga mengalahkan rasa takutnya dan belajar untuk tidak malu lagi. Film kartun anak ini dapat diakses pada Netflix untuk dinikmati.

7. Up

Photo Source: Pixar animation pictures

Film legendaris berkisahkan tentang kisah cinta seorang kakek tua dengan istrinya, di mana sampai sang istri meninggal, kakek tua itu berusaha mewujudkan mimpi mereka dengan membawa rumah tua mereka ke tebing impian. Perjalanan menuju tebing itu ditempuh dengan ribuan buah balon dan seorang bocah pramuka bernama Russel. Tidak disangka film ini justru mengulik hal lain dari kisah seekor burung langka. Anak-anak dapat merasakan serunya bertualang di film ini dan memahami arti persahabatan dan kesetiaan.

8. Zootopia

Photo Source: disneyanimation.com

Judy Hopps, kelinci kecil pemberani yang bertekad baja untuk bisa menjadi anggota kepolisian Zootopia dikisahkan dalam film kartun anak ini. Meski ia kalah secara ukuran dibanding teman-temannya, tapi keberanian dan kesungguhannya melampaui itu semua. Ia bahkan berhasil mengungkap kejahatan terselubung yang juga melibatkan anggota kepolisian lainnya, lho. Film kartun anak ini mengajarkan nilai moral yang baik untuk anak. Yuk, ditonton.

9. Finding Nemo dan Finding Dori

Photo Source: amazon.com

Finding Nemo sebetulnya film yang cukup lama. Tapi kisahnya sangat fenomenal hingga mampu melekat pada ingatan. Kisah cinta Ayah dan usahanya yang begitu keras demi menemukan Nemo, dapat mendidik anak-anak bahwa cinta orang tua tiada batasannya. Di sekuel kedua, yaitu Finding Dori, sudut pandang berubah menceritakan kisah Dori si ikan pelupa. Cinta terhadap keluarga juga diangkat pada film ini. Menarik untuk ditonton, bukan?

10. Coco

Photo source: pinterest.com

Kisah tentang Miguel si anak Meksiko yang menyukai musik tapi tidak bisa leluasa bermain musik karena keluarganya melarang adanya musik sama sekali. Film ini penuh teka-teki untuk memecahkan siapa sebenarnya kakek buyut Miguel yang konon adalah pemusik legendaris yang meninggalkan keluarganya. Film ini berlatarkan adat dan tradisi di Meksiko, sebuah wawasan baru juga untuk anak.

Memastikan apa yang ditonton anak berkualitas membuat orang tua patut mencoba rekomendasi 10 film dan serial diatas. Film dan serial tersebut bahkan cocok ditonton tidak hanya anak-anak tapi juga orang tuanya. Selamat menonton bersama keluarga! 

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih