Balita

Nggak Hanya Seru, Serial Nussa dan Rara Ini Baik Untuk Anak

Nggak Hanya Seru, Serial Nussa dan Rara Ini Baik Untuk Anak

Nussa dan Rara merupakan serial kartun anak-anak dengan nuansa islami yang penuh dengan hal-hal edukatif dan bisa diajarkan kembali kepada anak-anak kita. Serial Nussa dan Rara pertama kali diperkenalkan melalui kanal youtube Nussa Official dengan tiga karakter utama, yaitu Nussa, Rara, dan Umma (Ibu Nussa dan Rara).

Hingga saat ini, kanal youtube tersebut telah mencapai 6,9 juta subscribers lho! Tentu saja bukan tanpa alasan Nussa dan Rara mampu memikat hati banyak orang hingga saat ini karena sebagian besar konten yang ditayangkan sangatlah menghibur, penuh edukasi, dan dengan animasi yang indah. Ayah dan Ibu pun dapat dengan nyaman mengajarkan banyak hal melalui serial Nussa dan Rara dari mulai ajaran agama Islam hingga contoh-contoh perilaku yang wajib si kecil tiru.

Bagi yang belum sempat menonton, berikut Ibupedia rangkumkan 10 hal menarik yang dapat dipetik dari serial Nussa dan Rara seperti berikut ini:

  1. Nussa dan Rara Mengajarkan Tentang Indahnya Berbagi

    Berbagi bisa menjadi satu tantangan besar bagi sebagian anak-anak terutama balita. Nggak heran kalau Ibu kerap kali merasa kewalahan saat melihat Kakak berebut mainan dengan sang adik ya. Nah, dalam serial Nussa dan Rara yang berjudul Stop! Jangan Berebut! terdapat cuplikan adegan tentang bagaimana berbagi dengan saudara lainnnya.

    Di video ini, Rara sedang bermain gawai, kemudian Nussa meminta supaya Rara bisa bergantian dengannya. Tapi permintaan Rara tidak didengar oleh Nussa dan akhirnya mereka berebut gawai sehingga mengakibatkan gawai tersebut jatuh dan pecah. Umma mengetahui hal tersebut dan merasa kecewa lalu memutuskan mereka berdua tidak boleh lagi meminjam gawai tersebut.

    Karena menyesal, Nussa dan Rara membuat kesepakatan yang isinya masing-masing dari mereka hanya boleh bermain gawai 15 menit saja kemudian bergantian dan hal ini wajib disepakati oleh mereka berdua. Umma pun menyetujui kesepakatan kedua anaknya tersebut.

    Hal yang Dapat Diajarkan kepada Anak

    Setelah selesai menyimak video pada serial ini, ada banyak baik yang langsung bisa diajarkan kepada si kecil seperti berikut ini:

  2. Mengajarkan Anak Tentang Kata "Tolong" dan "Terima Kasih"

    Video berikutnya berjudul "Tolong dan Terima Kasih", isinya tentang Nussa yang sedang sibuk belajar kemudian menyuruh Rara untuk mengambilkan kertas. Ketika sudah diambilkan kertas, ternyata jenis kertasnya salah dan membuat Nussa sedikit marah kepada Rara. Disini, Rara yang sedang membantu Nussa merasa tidak dihargai apalagi Nussa tidak meminta tolong bahkan berterima kasih.

    Belum selesai hal tersebut, Nussa masih menyuruh Rara mengambilkan air minum untuknya. Mengetahui anak gadisnya menggerutu kesal kepada sang kakak, Umma kemudian mengambil alih hal tersebut lalu mengantarkan air minum ke kamar Nussa dan membuat Nussa kaget dan ia pun buru-buru mengucapkan terima kasih karena merasa tidak enak pada Umma.

    Setelah hal ini, Umma mengingatkan kepada Nussa, bahwa kepada siapapun, ketika butuh bantuan sebaiknya kita berucap minta tolong dan jangan lupa berterima kasih kepada yang membantu kita.

    Hal yang Dapat Diajarkan kepada Anak

    Setelah melihat video edukasi Nussa dan Rara dengan durasi yang singkat ini, Ibu boleh langsung mengajarkan pada si kecil hal-hal berikut ini:

    • Jangan lupa dengan kata ajaib seperti maaf, tolong, dan terima kasih;

    • Kata ajaib diucapkan kepada siapa pun tak memandang tua atau muda; dan

    • Bersopan santun pada siapa pun itu perlu.

  3. Mengajarkan Anak Sifat Jujur dan Menjaga Amanah

    Selanjutnya ada video dengan serial “Jaga Amanah”. Dalam video ini mengisahkan Rara yang punya tugas bercerita di Sekolah keesokan harinya dan ia berencana meminjam mainan roket milik Nussa sebagai bahan ceritanya. Pada mulanya, Nussa dengan berat hati meminjamkan mainan tersebut sehingga membuat Rara sedih dan lesu saat berangkat ke Sekolah.

    Tetapi akhirnya ia membolehkan Rara meminjam roket tersebut dengan satu syarat yaitu roketnya jangan sampai rusak atau hilang. Meski sudah dijaga dengan baik, ternyata roket tersebut sempat hilang. Sejak itu, Nussa mengatakan bahwa Rara tidak amanah dan Umma memberi tahu Rara bahwa menjaga amanah berarti bersikap jujur dan bertanggung jawab atas perbuatannya.

    Lalu kemudian Rara berupaya mencari roket tersebut hingga akhirnya ditemukan oleh seseorang dan ia meminta maaf kepada Nussa karena belum bisa menjaga dengan baik amanah yang diberikan padanya.

    Hal yang Dapat Diajarkan kepada Anak

    Melalui video ini, Ibu dapat mengajarkan kepada si kecil banyak hal seperti:

    • Berani berkata jujur dan mengakui kesalahan;

    • Meminta maaf bila berbuat kelalaian; dan

    • Belajar bertanggung jawab atas barang yang dipinjamkan. 

  4. Mengajarkan Anak Untuk Berkata Baik atau Lebih Baik Diam

    Pada video “Berkata Baik atau Diam” kali ini anak-anak akan diajarkan tentang bagaimana bersikap. Disini diungkapkan bahwa sebaiknya bila kita tidak bisa berbicara yang baik terhadap orang tua atau teman-teman, lebih baik kita diam saja.

    Hal yang dapat diajarkan kepada anak

    Serial yang disuguhkan pada episode kali ini punya tema yang berbeda, bila biasanya disampaikan dengan alur cerita, maka kali ini si kecil diajak bernyanyi dengan lirik yang mudah dipahami. Berikut ini adalah hal yang dapat diajarkan kembali pada si kecil:

    • Bertutur kata yang baik kepada semua orang;

    • Diam bukan berarti hal yang buruk bila tak menyakiti orang lain; dan

    • Menjaga hubungan baik antar sesama dimulai dari diri sendiri.

  5. Mengajarkan Anak Tentang Ajaran Islam

    Media mengajarkan ajaran Islam saat ini jauh lebih mudah apalagi bila sarana belajarnya melalui kumpulan video animasi yang menarik serta penuh warna seperti serial Nussa dan Rara. Alur cerita yang diberikan selalu ringan dan mudah dipahami oleh kedua orang tua dan juga anak-anak.

    Hal yang Dapat Diajarkan kepada Anak

    Di beberapa kumpulan videonya terdapat banyak sekali ajaran agama Islam yang dapat diperkenalkan secara bertahap kepada si kecil, yaitu:

    • Mengenal Ka’bah di Mekkah;

    • Belajar tentang salat lima waktu;

    • Belajar cara berdzikir;

    • Mengenal nama-nama Nabi;

    • Mengetahui apa saja rukun iman;

    • Belajar tentang rukun islam;

    • Melatih anak-anak berpuasa

    • Belajar huruf hijaiyah untuk membaca Al-Qur’an; dan

    • Mengenal suara azan dan ucapannya.

  6. Mengajarkan Anak Tentang Adab yang Baik

    Mengajarkan si kecil adab yang baik dalam kehidupan memang sangat penting. Hal ini akan berpengaruh terhadap caranya bersikap dan bersosialisasi dengan orang lain. Serial Nussa dan Rara menjawab kebutuhan para orang tua untuk memberikan contoh adab yang baik sehari-hari melalui animasi indahnya.

    Hal yang Dapat Diajarkan kepada Anak

    Tak ada salahnya memperkenalkan adab yang baik dan benar dalam bersikap kepada anak sedari dini. Bila contoh perbuatan saja belum cukup, yuk ajak si kecil menonton video ini karena beberapa episode memiliki pelajaran berharga seperti:

    • Mengajarkan adab saat menguap;

    • Mengajarkan adab yang tepat saat makan; dan

    • Mengajarkan adab meminta izin.

  7. Mengajarkan Anak Tentang Toleransi Antar Sesama

    Serial Nussa dan Rara pada episode "Toleransi" ini bercerita tentang Nussa dan Rara yang sedang bermain kemudian bertemu dengan orang yang sedang kesusahan di jalan. Karena hal tersebut, Nussa dan Rara memutuskan membantu orang itu dan tampaknya ia memiliki keyakinan berbeda dengan mereka berdua.

    Ini diketahui dari beberapa ucapan yang ia utarakan. Seperti kata mutiara yang ada pada akhir video: mudahkanlah urusan orang lain, maka Allah SWT akan memudahkan urusan kita, maka Nussa dan Rara telah melakukan hal yang baik melalui toleransi.

    Hal yang Dapat Diajarkan kepada Anak

    Melalui video kali ini, si kecil akan diajarkan tentang beberapa hal penting seperti:

    • Toleransi antar umat beragama perlu diterapkan dalam kehidupan sosial;

    • Saling tolong menolong tidak pandang agama, ras, suku, atau warna kulit; dan

    • Saat menolong orang sebaiknya tidak mengharapkan imbalan.

  8. Mengajarkan Anak Untuk Percaya Diri dan Mencintai Dirinya

    Kalau diperhatikan dengan jelas, tokoh Nussa di sini memiliki kekurangan fisik yaitu satu kakinya yang kurang sempurna dan harus dibantu kaki palsu. Kisah ini diceritakan melalui video berjudul "Nussa Bisa".

    Mengetahui hal ini, Umma sebagai Ibu sangatlah bersedih sehingga sering kali khawatir dengan kondisi Nussa. Tapi siapa sangka, Nussa sangat percaya diri dan merasa dirinya mampu mengikuti olahraga sepakbola yang ia sukai sejak kecil. Meski Umma tak memperbolehkan ia mengikuti klub bola sejak taman kanak-kanak, namun Nussa tak pantang menyerah.

    Ia pun berusaha keras melatih dirinya bermain bola di halaman rumah dan dibantu oleh Rara. Mengetahui anaknya begitu percaya diri, Umma pun ikut yakin dan membolehkan Nussa masuk ke club Bola impiannya.

    Hal yang Dapat Diajarkan kepada Anak

    Keunikan yang dimiliki Nussa telah menghadirkan warna lain pada setiap serial yang disajikan. Untuk kali ini tak hanya si kecil yang belajar, namun Ayah dan Ibu juga turut belajar. Inilah beberapa hal yang dapat dipetik:

    • Rasa percaya pada diri sendiri yang wajib dipupuk sejak kecil;

    • Ayah dan Ibu wajib percaya pada kemampuan anaknya;

    • Dukungan keluarga sangat penting untuk membantu tumbuh kembang anak; dan

    • Kekurangan merupakan keunikan yang tetap bisa dibanggakan.

  9. Mengajarkan Anak untuk Menyayangi Orang Tua

    Banyak sekali video edukatif yang juga menyentuh hati seperti beberapa kumpulan video Nussa dan Rara yang bertema tentang orang tua. Tokoh Nussa dan Rara sendiri pada setiap serialnya digambarkan menjadi anak-anak yang selalu mendengarkan perkataan kedua orang tua dan memiliki perilaku sopan dan santun.

    Hal yang Dapat Diajarkan kepada Anak

    Di video dengan tema orang tua banyak digambarkan tentang bagaimana anak-anak harus bersikap terhadap orang yang telah membesarkan mereka. Berikut ini pelajaran yang dapat diambil:

    • Wajib hukumnya menyayangi kedua orang tua;

    • Ayah dan Ibu punya cinta dan kasih sayang penuh untuk anak-anaknya; dan

    • Ayah dan Ibu punya peran penting dalam tumbuh kembang anak.

  10. Mengajarkan Anak untuk Ramah Terhadap Orang Lain

    Kali ini si kecil akan diajak Nussa dan Rara untuk berkunjung ke Panti Asuhan bertemu dengan teman-teman di sana. Tak Cuma berbagi, mereka juga diajarkan untuk ramah terhadap orang lain dengan menjadi anak yang murah senyum. Dikatakan juga pada episode ini bahwa senyum itu juga sedekah..

    Hal yang Dapat Diajarkan kepada Anak

    Serial dengan judul “Senyum Itu Sedekah” punya banyak hal baik untuk diterapkan pada anak seperti:

    • Berbuat baik antar sesama;

    • Tersenyum adalah bagian dari sedekah; dan

    • Berperilaku ramah terhadap orang lain itu perlu.

Penulis: Luciana
 Editor: Dwi Ratih