Balita

Sudah Coba Omega 3 untuk Anak? Ini Dia Manfaat Utamanya!

Sudah Coba Omega 3 untuk Anak? Ini Dia Manfaat Utamanya!

Omega 3 untuk anak dapat ditemui pada vitamin khusus anak dan juga makanannya. Bagi sebagian anak, vitamin omega 3 cenderung memiliki rasa amis dan tidak enak, itulah sebabnya banyak dari mereka yang langsung menolak saat diberi omega 3 untuk anak. 

Manfaat Omega 3 Untuk Tumbuh Kembang Anak


Walaupun rasanya cenderung kurang disukai anak, omega 3 memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si kecil seperti dilansir dari laman Healthline. Simak pemaparan selengkapnya:

  1. Mengurangi Gejala ADHD pada Anak

    ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder) atau gangguan perilaku yang kerap terjadi pada anak-anak dan ditandai dengan kurangnya perhatian, menjadi sangat aktif (hiperaktif), bahkan impulsif. Ditemukan beberapa penelitian yang mencatat bahwa anak-anak dengan gejala ADHD memiliki kadar asam lemak omega-3 yang lebih rendah dalam darah dibandingkan anak-anak yang tidak terdiagnosa gangguan perilaku ini. Inilah salah satu manfaat omega tiga untuk anak, yaitu dapat mengurangi gejala ADHD. Omega 3 untuk anak dapat dengan mudah ditemui pada minyak ikan dan boleh digunakan untuk perawatan pada anak yang memiliki gangguan ADHD.

  2. Membantu Mengurangi Penyakit Asma pada Anak

    Penyakit asma merupakan jenis penyakit paru-paru kronis dengan gejala seperti batuk, sesak napas, dan suara napas yang berbunyi. Asma biasanya disebabkan karena adanya peradangan dan pembengkakan di saluran udara pada paru-paru seseorang. Bila tidak diobati, asma akan membahayakan dan tentu saja membuat orang yang memiliki penyakit ini merasa tidak nyaman. Penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi omega 3 untuk anak dapat mengurangi kemungkinan anak mengidap asma.

  3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

    Sebuah penelitian dilakukan untuk mengamati orang-orang yang sering mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi. Hasilnya, omega 3 pada ikan dapat membantu memelihara kesehatan jantung dengan beberapa pertimbangan seperti :

    • Omega 3 dapat menyebabkan penurunan besar trigliserida, biasanya dalam kisaran 15-30%;

    • Omega 3 dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita darah tinggi;

    • Omega 3 dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL baik;

    • Omega 3 dapat mencegah penggumpalan darah trombosit yang sering berujung pada pembekuan darah; dan

    • Omega 3 membantu mencegah terjadinya plak yang dapat mengeraskan arteri.

    • Meski memiliki manfaat yang baik untuk jantung, namun belum ditemukan penelitian yang mengungkapkan bahwa suplemen atau vitamin yang mengandung omega 3 dapat menyembuhkan serangan jantung dan stroke. Jadi fungsinya hanya untuk memelihara kesehatan pada jantung saja.
  4. Meningkatkan Kesehatan Otak Bayi Selama Kehamilan

    DHA memiliki peran menyumbang asam lemak tak jenuh ganda pada otak sebanyak 40% dan 60% sisanya untuk retina mata. Inilah sebabnya omega 3 untuk anak baik diberikan bahkan saat ibu sedang hamil. Janin yang ada dalam kandungan akan memiliki pertumbuhan dan perkembangan otak yang baik bila Ibu mengkonsumsi DHA selama masa kehamilan. Tak hanya itu saja, bayi juga akan mengalami penurunan resiko ADHD, autisme, dan celebral palsy. Tentu saja pemberian omega ini harus tetap sesuai saran dokter kandungan Ibu ya. Bila memilih susu formula, Ibu sebaiknya memilih susu formula dengan kandungan DHA yang tinggi karena akan membuat penglihatan si kecil lebih baik dibandingkan dengan susu formula yang tidak memiliki kandungan DHA.

  5. Membuat Mata Lebih Sehat

    Jenis omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan mata adalah omega 3 DHA yang sangat dibutuhkan untuk menjaga komponen utama retina mata. Gangguan penglihatan pada mata ternyata dapat disebabkan karena kurangnya asupan DHA pada tubuh kita. Mengkonsumsi omega 3 untuk anak dan dewasa secara rutin serta dosis yang pas akan menurunkan risiko kerusakan mata permanen dan juga kebutaan. 

  6. Membantu Pengurangan Lemak pada Hati

    Pemyakit hati biasanya identik dengan orang yang sering mengkonsumsi alkohol, namun faktanya, ada juga orang yang tidak pernah mengkonsumsi alkohol dan tetap terserang penyakit hati (Liver). Mengkonsumsi omega 3 dengan rutin ternyata cukup efektif mengurangi lemak pada hati dan mencegah peradangan memburuk bagi penderita Liver.

  7. Meringankan Nyeri Saat Menstruasi

    Sakit saat menstruasi sangat mengganggu aktivitas harian karena akan menyerang perut bagian bawah, panggul, bahkan hingga ke punggung bagian bawah serta paha. Wanita yang sering mengkonsumsi omega 3 akan mengalami rasa sakit saat menstruasi lebih ringan dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi omega 3. Bahkan sebuah studi juga menjelaskan bahwa omega 3 justru lebih baik daripada ibuprofen dalam meredam rasa sakit saat menstruasi.

  8. Melawan Depresi, Kecemasan, dan Memperbaiki Gangguan Mental

    Depresi sering kali terjadi dan paling umum dirasakan setiap orang. Bentuknya juga beragam dengan gejala yang sama seperti kesedihan yang dirasakan terus menerus, kehilangan minat menjalani hidup, merasa cemas berlebihan, bahkan sering kali merasa gugup. Penelitian pun mengungkapkan bahwa omega 3 bermanfaat untuk mengurangi gejala gangguan mental ini bila dikonsumsi secara rutin dan teratur. Jenis omega 3 yang pas untuk membantu mengurangi gejala gangguan mental adalah jenis EPA yang dapat bekerja sebagai antidepresan yang umum.

  9. Membantu Mencegah Kanker

    Omega 3 telah lama di klaim dapat mengurangi risiko penyakit kanker prostat pada laki-laki dan kanker payudara pada perempuan. Kanker lain yang dapat dicegah dengan cara rutin mengkonsumsi omega 3 adalah kanker usus besar.

  10. Membantu Melawan Alzheimer

    Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan fungsi otak menurun seiring bertambahnya usia. Lemak omega 3 dapat membantu mencegah penurunan kesehatan mental dan penyakit Alzheimer terkait dengan bertambahnya usia seseorang, namun diperlukan lebih banyak penelitian lagi mengenai hal ini.

  11. Meningkatkan Kualitas Tidur

    Sering mengalami insomnia atau susah tidur? Sebuah studi menyatakan bahwa melengkapi asupan harian dengan omega 3 dapat membantu mengurangi insomnia dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Tak hanya untuk orang dewasa saja, ini juga berlaku jika Ibu memberikan omega 3 untuk anak.

  12. Membuat Kulit Lebih Sehat

    DHA dan EPA pada omega 3 berfungsi menjadikan kulit kita lebih sehat. DHA mampu memelihara kesehatan membran sel yang ada pada tubuh kita sehingga kulit kita akan lembut, lembab, kenyal, bahkan bebas kerutan. EPA juga memiliki manfaat yang tak kalah baik untuk tubuh seperti: mengatur produksi minyak berlebih, membuat kulit terhidrasi dengan baik, mengurangi penuaan dini, dan juga dapat mengurangi jerawat. Selain itu, omega 3 membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari setiap hari.

  13. Memelihara Kesehatan Tulang dan Sendi

    Osteoporosis dan artritis merupakan dua gangguan kesehatan pada tulang yang sering kali terjadi. Omega 3 dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan cara meningkatkan jumlah kalsium pada tulang sehingga resiko mengalami kedua penyakit ini akan menurun. Radang sendi juga dapat diobati dengan mengkonsumsi omega 3 sehingga nyeri sendi dapat berkurang.

  14. Melawan Penyakit Autoimun

    Penyakit autoimun merupakan suatu penyakit dimana sistem kekebalan tubuh seseorang salah mengenali sel sehat yang ada pada tubuh dan mulai menyerangnya. Contoh penyakit ini adalah diabetes tipe 1, yaitu sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel penghasil insulin yang ada di pankreas. Omega 3 diklaim mampu memerangi penyakit ini dan omega 3 untuk anak perlu diberikan sejak kecil. omega 3 juga membantu mengobat penyakit lain seperti penyakit lupus. 

  15. Melawan Peradangan yang Ada Pada Tubuh

    Asam lemak omega 3 dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang menyebabkan peradangan terjadi dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan juga menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa asupan omega 3 yang rutin akan membuat peradangan berkurang. Peradangan berat dan tidak segera diatasi justru akan menyebabkan penyakit lanjutan seperti jantung hingga kanker.

Makanan yang Kaya Akan Omega 3

Tak semua orang menyukai rasa amis yang ditimbulkan pada omega 3, terutama anak-anak. Jangan bingung karena Ibu tetap bisa memberikan omega 3 untuk anak dalam bentuk makanan bergizi yang ada di sekitar kita. Dilansir dari laman Health Line, berikut ini adalah makanan-makanan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi:

  • Ikan Salmon

    Banyak yang memberikan ikan salmon pada si kecil karena memiliki kandungan omega 3 untuk anak cukup tinggi, vitamin D, vitamin B, selenium, dan juga protein. Ikan yang sering dijual dalam bentuk potongan atau fillet ini juga terbilang mudah diolah. Sebuah studi juga mengungkapkan anak-anak atau orang dewasa yang sering mengkonsumsi ikan berlemak lainnya seperti salmon ini memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, demensia, bahkan depresi. Setengah fillet ikan salmon mengandung omega 3 sebesar 4,123 mg.

  • Ikan Makarel

    Kandungan omega 3 pada ikan makarel ini sebanyak 4.107 mg per porsi atau sebanyak satu potong ikan makarel asin. Jenis ikan makarel memang kecil namun penuh gizi dan nutrisi seperti vitamin B12 dan juga selenium. Memberikan ikan makarel sebagai asupan tambahan omega 3 untuk anak sangat tepat. Ibu bisa mengolahnya sedemikian rupa supaya rasa ikan bisa menjadi lebih lezat.

  • Ikan Sarden

    Ikan sarden mengandung omega 3 sebanyak 2.205 mg per 149 gr yang disajikan. Selain itu ikan ini juga megandung vitamin B12, vitamin D, dan juga selenium. Ikan sarden paling sering dijumpai di Indonesia dan biasanya sudah dalam bentuk kalengan. Sarden juga mudah diolah sebagai hidangan lezat untuk setiap anggota keluarga.

  • Minyak Hati Ikan Kod

    Minyak hati ikan kod banyak ditemukan pada vitamin khusus anak-anak karena memiliki kandungan omega 3 untuk anak yang cukup tinggi dan diekstrak dari hati ikan kod. Selain omega 3, minyak hati ikan kod juga mengandung vitamin D dan juga vitamin A. Setiap satu sendok makan mengandung omega 3 sebanyak 2.682 mg dan dianjurkan hanya dikonsumsi sekali setiap harinya.

  • Ikan Haring

    Ikan haring mungkin tak banyak ditemukan di pasar tradisional di Indonesia, tapi Ibu bisa coba mendatangi supermarket besar untuk mencari ikan jenis ini. Omega 3 yang terkandung pada 40 gr ikan haring adalah 946 mg.

  • Kerang

    Kerang punya kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh meski saat ini sepertinya sulit menemui kerang dengan kualitas bagus karena beberapa telah tercemar lingkungan. Kerang memiliki kandungan zinc paling tinggi dibandingkan jenis makanan lainnya. Kandungan omega 3 pada kerang tiram adalah sebesar 435 mg pada setiap 100 gr kerang yang disajikan. Bagi anak-anak yang kesulitan mengkonsumsi ikan, Ibu bisa sajikan Ikan Hering sebagai asupan omega 3 untuk anak sehari-hari ya.

  • Biji-Bijian (Flax Seeds, Chia Seeds)

    Tidak terlalu suka ikan? Maka Ibu bisa mencoba menambahkan flax seeds atau chia seeds ke dalam makanan yang disajikan. Minyak flax seeds juga sering kali digunakan sebagai suplemen makanan karena kandungan omega 3 yang tinggi. Selain omega 3, flax seeds juga mengandung omega 6 yang baik untuk kesehatan. Pilihan biji-bijian lain dengan kandungan omega 3 tinggi juga terdapat pada chia seeds. Biji chia juga kaya akan mangan, selenium, magnesium, dan nutrisi lainnya. Kedua jenis biji-bijian ini paling sering digunakan untuk melengkapi semangkuk sarapan oatmeal yang lezat atau sebagai topping smoothies yang mengenyangkan. Memberikan omega 3 untuk anak melalui menu ini bisa menjadi salah satu menu favoritnya setiap hari lho Bu.

  • Kacang Kedelai

    Kacang kedelai adalah sumber serat yang baik, mengandung protein nabati yang tinggi, asam folat, riboflavin, vitamin K, magnesium, dan juga kalium. Omega 3 pada kacang kedelai jumlahnya tidak sedikit, yaitu sebesar 670 mg dalam 47 gram yang tersaji. Anak-anak juga bisa mengkonsumsi kacang kedelai kok Bu, biasanya mereka lebih suka mengkonsumsi dalam bentuk susu kedelai segar. Berikan makanan kaya omega 3 untuk anak dengan menu lain seperti ini cukup bermanfaat juga Bu.

Kebutuhan Omega 3 Harian Sesuai Anjuran Menkes

Kekurangan omega 3 untuk anak dan dewasa memang berdampak tidak baik pada tubuh, namun kelebihan omega 3 juga memiliki dampak yang sama. Oleh karenanya, setiap orang memiliki kebutuhan akan omega 3 yang berbeda sesuai dengan umur, situasi, dan kondisi. Mengutip dari laman Health Kompas, berikut ini adalah nilai kebutuhan omega 3 harian sesuai dengan PMK Indonesia  No.28 tahun 2019, selengkapnya:

  1. Omega 3 untuk Anak dan Bayi

    Omega 3 untuk anak dan bayi sebaiknya diberikan sewajarnya, berikut ini rekomendasi omega 3 harian sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG):

    • Usia 0-11 bulan: 500 mg per hari;

    • Usia 1-3 tahun: 700 mg per hari;

    • Usia 4-9 tahun: 900 mg per hari; dan

    • Omega 3 untuk Laki-Laki.

    Omega tiga untuk laki-laki salah satunya bermanfaat mencegah kanker prostat. Rekomendasi berikut ini terbagi menjadi 2 golongan usia:

    • 10-12 tahun: 1.200 mg ; dan

    • 13-80 tahun ke atas: 1.600 mg.

  2. Omega 3 untuk perempuan

    Jumlah kebutuhan harian omega 3 pada perempuan lebih sedikit dibandingkan dengan laki-laki. Berikut ini panduan AKG kebutuhan omega 3 pada wanita setiap harinya:

    • 10-12 tahun: 1.000 mg 

    • 13-80 tahun ke atas: 1.100 mg 

  3. Omega 3 untuk Ibu hamil

    Saat hamil, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu tentang asupan omega tiga yang harus dikonsumsi per hari. Berikut ini saran omega 3 yang boleh dikonsumsi saat hamil:

    • Trimester 1 - 3: 300 mg (kurang lebih atau sesuai anjuran dokter).

  4. Omega 3 untuk Ibu Menyusui

    Masa menyusui tak kalah pentingnya karena asupan si kecil tergantung dari kualitas ASI Ibu.selain mengkonsumsi makanan bergizi, asupan omega 3 yang boleh dikonsumsi adalah sebagai berikut:

    • 6 Bulan pertama: 200 mg (kurang lebih atau sesuai anjuran dokter); dan

    • 6 Bulan kedua: 200 mg (kurang lebih atau sesuai anjuran dokter).

Penulis: Novia Luciana
Editor: Dwi Ratih