Balita

Sudahkah Si Kecil Mencapai Perkembangan Bayi 10 Bulan Ini?

Sudahkah Si Kecil Mencapai Perkembangan Bayi 10 Bulan Ini?

Bahagianya hati Ibu saat memperhatikan perkembangan si kecil seperti perkembangan bayi 10 bulan yang disarankan!

Bayi 10 bulan sudah banyak mengalami perkembangan baik motorik kasar yang lebih aktif hingga komunikasi yang lebih baik. Bayi sudah dapat duduk sendiri bahkan beberapa sudah dapat berdiri sendiri. Si kecil pun sudah mulai tampak mengucapkan kata sederhana. Kadangkala, perkembangan bayi 10 bulan belum tumbuh gigi dapat membuat Ibu khawatir.

Bagaimanakah perkembangan bayi 10 bulan laki laki dan perempuan?

Tinggi dan Berat Badan

sudahkah-si-kecil-mencapai-perkembangan-bayi-10-bulan-ini-1

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), berat badan bayi 10 bulan berjenis kelamin laki-laki normalnya berkisar 9-11 kilogram dan bayi perempuan berkisar antara 8,5-10 kg.

Pertambahan berat badan bayi 10 bulan berbeda-beda satu sama lain karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti nutrisi, genetik, hingga penyakit tertentu.

Standar tinggi badan antara bayi 10 bulan juga berbeda-beda. Idealnya, tinggi badan bayi 10 bulan berkisar 73-78 cm untuk bayi laki laki dan 70-76 untuk bayi perempuan. 

Perkembangan bayi 10 bulan dan stimulasinya

sudahkah-si-kecil-mencapai-perkembangan-bayi-10-bulan-ini-2

Perkembangan tiap bayi tidaklah sama. Meskipun demikian, ada beberapa garis besar yang dapat diamati pada perkembangan bayi 10 bulan yang normal. Apa sajakah?

1. Komunikasi lebih baik

Perkembangan bayi 10 bulan yang normal mungkin tidak termasuk sudah dapat berbicara. Namun ia sudah mulai memahami perkataan Ibu. Jangan heran apabila si kecil dapat bertepuk tangan saat diputarkan lagu atau melambai sembari mengucapkan “dadah”. 

Bahkan, bayi juga sudah mulai mengucapkan kata sederhana seperti “Ibu” atau “mama”. Perkembangan bayi 10 bulan laki laki dan perempuan untuk soal komunikasi sebenarnya relatif sama.

2. Kemampuan motorik kasar yang lebih terasah

Perkembangan bayi 10 bulan yang normal terlihat dari kemampuan motorik kasarnya yang semakin baik. Bayi sudah dapat duduk sendiri dan berdiri sambil berpegang pada benda besar di dekatnya. Saat si kecil merangkak, gerakannya akan semakin cepat dan ia menunjukkan tanda bersiap merambat untuk latihan berjalan.

Meski bayi laki laki kerap dianggap memiliki motorik kasar yang lebih bagus dibandingkan bayi perempuan, namun perkembangan bayi 10 bulan laki laki dan perempuan di bagian motorik kasar sebenarnya relatif sama.

3. Koordinasi mata-tangan yang lebih baik

sudahkah-si-kecil-mencapai-perkembangan-bayi-10-bulan-ini-3

Koordinasi mata-tangan yang lebih baik menunjukkan perkembangan bayi 10 bulan laki laki dan perempuan yang normal. Misalnya ia dapat menyuap makanannya sendiri. Merangkak pun sebenarnya termasuk dalam perkembangan koordinasi mata-tangan yang semakin sempurna.

4. Bertambahnya kemampuan kognitif

Pada usia ini, bayi mulai dapat menemukan benda-benda yang diletakkan di tempat tersembunyi. Ia juga dapat menirukan gerak-gerik Ibu. Misalnya saat Ibu makan ataupun saat sedang berbicara di telepon.

Jika Ibu memiliki bayi yang lahir prematur, mungkin si kecil mengalami perkembangan bayi 10 bulan belum merangkak. Ini sepenuhnya normal karena tumbuh kembang bayi prematur harus diukur berdasarkan tanggal perkiraan persalinan, bukan hari lahir yang sebenarnya sehingga wajar jika tumbuh kembangnya terlihat terlambat.

5. Dapat mengkonsumsi makanan lebih padat

Meski Ibu memiliki anak yang memiliki perkembangan bayi 10 bulan belum tumbuh gigi, Ibu tidak sepatutnya khawatir karena bayi mengunyah menggunakan gusinya yang keras.

Biasanya, bayi usia 10 bulan sudah mampu mengkonsumsi makanan yang dipotong-potong memanjang dan kecil atau yang biasa dikenal finger food. Sayuran, buah-buahan, dan bahkan protein dapat dijadikan finger food.

Ternyata, finger food adalah salah satu cara yang efektif dalam menyapih bayi. Bahkan riset yang tertulis di jurnal Current Nutrition Reports menunjukkan bahwa bayi makan lebih baik dengan finger food.

FInger food juga mampu mengurangi rewel dan melatih anak dapat mengendalikan nafsu makan.

Stimulasi bayi 10 bulan

sudahkah-si-kecil-mencapai-perkembangan-bayi-10-bulan-ini-4

Lantas, bagaimana jika si kecil termasuk perkembangan bayi 10 bulan belum merangkak? SImak perkembangan bayi 10 bulan dan stimulasinya di bawah ini.

Ibu harus terus memastikan apakah tumbuh kembang si kecil berjalan dengan seharusnya. Di usia 10 bulan, stimulasi tumbuh kembang harus dilakukan lewat kegiatan yang menyenangkan, misalnya bermain sambil belajar.

Jika si kecil termasuk perkembangan bayi 10 bulan belum merangkak, jangan khawatir. Ada beberapa perkembangan bayi 10 bulan dan stimulasinya yang bisa dilakukan orang tua.

  • Bermain cilukba;
  • Bermain peran sederhana;
  • Bermain menyusun balok warna-warni;
  • Menyanyikan lagu-lagu ceria;
  • Bermain tangkap bola;
  • Membacakan buku ke anak dan menjadikannya rutinitas; dan
  • Berbicara dengan bayi dan meresponsnya.

Selain sering melakukan stimulasi pada bayi agar tumbuh kembangnya berjalan normal, pastikan tidak ada benda beracun, tajam, atau berukuran kecil di lantai yang dapat membuatnya tersedak. Tutup colokan listrik dan pastikan bangku, lemari, dan mebel cukup kokoh saat bayi menjadikannya pegangan berdiri.

Pastikan juga semua lemari terkait di dinding. Ibu juga dapat membuat batas area bermain bayi dengan pagar pembatas atau mengajaknya bermain di ruangan khusus yang sudah dipastikan keamanannya.       

Selain itu, Ibu juga tidak usah khawatir jika menemukan perkembangan bayi 10 bulan belum tumbuh gigi.

Kini Ibu sudah mengetahui perkembangan bayi 10 bulan dan simulasinya. Selalu pantau terus tumbuh kembang si kecil ya, Bu!

Editor: Dwi Ratih