Kehamilan

Mudah Gerah Dan Berkeringat, Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam Hari?

Mudah Gerah Dan Berkeringat, Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam Hari?

Ibumin ingat sekali, waktu hamil anak pertama, Ibumin sering mandi malam hari menjelang tidur. Apalagi menginjak trimester akhir kehamilan, yang rasanya lebih mudah gerah dan berkeringat.

Mandi sebelum tidur malam, rasanya bikin tubuh Ibumin jadi lebih nyaman dan nyenyak tidur. Tapi, hal ini nggak lagi Ibumin lakukan pada kehamilan kedua.

Khawatir Ibu hamil mandi malam, malah berdampak buruk buat kesehatan. Mulai dari masuk angin pada Bumil, hingga dampak lain buat janin.

Tapi, sebenarnya amankah jika Ibu hamil mandi malam hari? Ketahui selengkapnya dalam ulasan berikut, yuk!

Kenapa Bumil lebih mudah gerah?


Kondisi Bumil yang mudah gerah, memang jadi trigger utama yang bikin Ibu hamil mandi malam. Ibumin merasakan sendiri, ketika Ibu hamil mandi malam sebelum tidur, akan membuat tubuh terasa lebih nyaman dan lebih nyenyak.

Tapi, ternyata kondisi Ibu hamil mudah gerah nggak hanya dirasakan Ibumin saja, nih. Mengutip dari John Hopkins Medicine suhu tubuh Bumil memang akan terasa lebih panas, akibat energi yabg dihasilkan oleh janin dalam kandungan.

Nah, peningkatan energi dan suhu tubuh inilah yang jadi penyebab Bumil rentan gerah dan berkeringat. Apalagi, ketika janin sudah makin membesar dan jelang kelahiran.

Biasanya, lantaran mudah gerah ini bikin segala kegiatan Bumil jadi tidak nyaman. Termasuk saat hendak tidur di malam hari.

Akibatnya, kita sering menemukan Ibu hamil mandi malam. Sayangnya, hal ini justru menimbulkan banyak pro-kontra, mengingat di Indonesia masih banyak mitos dan tradisi yang melarang Ibu hamil mandi malam.

Mitos Ibu hamil mandi malam, bikin masuk angin


Salah satu mitos yang beredar dan melarang Ibu hamil mandi malam adalah, khawatir membuat Ibu hamil rentan masuk angin. Sebenarnya ini nggak ada salahnya juga, lho Bu!

Mengutip dari Standford Medicine menurut peneliti sekaligus dokter bernama Brice Gaudilliere, MD, PhD, kehamilan adalah keadaan imunologis yang unik. Perubahan tubuhnya selama hamil secara otomatis juga dapat mengubah sistem kekebalan tubuhnya.

Biasanya sistem kekebalan tubuh Ibu hamil memang cenderung lebih rendah, sehingga selama kehamilan berlangsung Bumil disarankan untuk selalu berhati-hati dalam melakukan hal apapun, termasuk ketika Ibu hamil mandi malam. Sebab, imunitas yang rendah pada Bumil rentan memicu persalinan dini.

Di mana kondisi ini jelas sangat berbahaya baik bagi Ibu maupun janin. Karena persalinan dini, kebanyakan membuat tubuh bayi belum siap bekerja, sehingga rentan terjangkit berbagai infeksi.

Ibu hamil mandi malam, menurut pandangan medis


Bolehkah Ibu hamil mandi malam? Secara keseluruhan, Ibumin nggak menemukan penelitian medis yang menunjukkan adanya bahaya saat Ibu hamil mandi malam hari. Apalagi mengutip dari The Health Site Ibu hamil setidaknya memerlukan waktu tidur sebanyak 8-9 jam/hari, untuk memaksimalkan kesehatannya selama hamil.

Selama kehamilan, kecukupan tidur setiap hari menjadi hal yang sangat esensial. Namun, perubahan tubuh selama hamil terkadang memang bisa membuat Ibu hamil justru kesulitan tidur.

Sehingga, Ibu hamil mandi malam hari dapat membantu membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan nyenyak tidur. Tapi, perlu diingat, nggak semua Bumil bisa nyaman melakukan kegiatan mandi sebelum tidur ini ya, Bu.

Beberapa Bumil dengan sistem imun yang sedang turun, justru rentan mengalami flu dan masuk angin jika tetap memaksakan mandi sebelum tidur. Apalagi jika Ibu tinggal di daerah dengan iklim yang cukup dingin, pilihan untuk Ibu hamil mandi malam sebaiknya dihindari.

Tapi, kalau Ibu merasa baik-baik saja jika melakukan hal ini, sebaiknya tetap berjaga dengan mandi menggunakan air hangat. Melansir dari Eating Well Ibu hamil mandi malam menggunakan air hangat dapat membantu merileksasi otot yang tegang, menenangkan pikiran, melancarkan peredaran darah, menurunkan stres dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Perhatikan ini sebelum Ibu hamil mandi malam hari


Walaupun Ibu hamil mandi malam punya banyak manfaat buat kesehatan, namun agar lebih aman Ibu tetap perlu memperhatikan beberapa hal. Mengutip dari Times of India jika Ibu hamil mandi malam dan hendak berendam air hangat, sebaiknya kondisi air tidak lebih dari 38 derajat Celcius.

Berendam air hangat di malam hari buat Bumil sebaiknya juga tidak lebih dari 10 menit. Sebab, hal ini dapat menurunkan tekanan darah, yang berdampak pada janin kekurangan oksigen dan nutrisi dalam kandungan.

Akibat fatalnya, dapat menyebabkan Bumil rentan mengalami keguguran. Selain itu, berendam air hangat terlalu lama di trimester pertama kehamilan juga bisa meningkatkan bayi cacat lahir seperti spina bifida, Bumil rentan pusing dan kelelahan akibat uap air yang menguap, serta meningkatkan kemungkinan mengalami hyperthermia.

Meskipun berendam air hangat mungkin sangat menenangkan buat Bumil, tapi hal-hal ini wajib jadi perhatian demi keselamatan Ibu dan janin. Selain memperhatikan hal di atas, sebelum Ibu hamil mandi malam, selama kehamilan sebaiknya hindari melakukan terapi sauna yang berbahaya buat Bumil dan janin.