Keluarga

10 Aneka Perabotan Rumah Tangga Cocok untuk Pengantin Baru

10 Aneka Perabotan Rumah Tangga Cocok untuk Pengantin Baru

Aneka perabotan rumah tangga tertentu wajib dimiliki oleh pengantin baru untuk mengisi sebuah rumah yang nantinya akan mempermudah dan membuat suasana menjadi lebih hangat. Memilih aneka perabotan rumah tangga biasanya adalah hal yang paling digemari oleh para Ibu. 

Pemilihan aneka perabotan rumah tangga juga tak luput dari tema desain interior rumah seperti apa yang Ibu pilih. Melansir dari laman Arsitektur Indonesia, jenis-jenis desain interior berikut ini punya banyak peminat seperti: Bohemian (Boho Chic) Style, Industrial Style, Minimalist Style, Rustic Style, Maroko Style, Scandinavian Style, ataupun Vintage. 

Dengan berbagai macam desain interior yang ada, maka tak heran bila banyak Ibu yang sering kali mencocokkan furniture rumah tangga dengan tema interior yang dipilih, misalnya bila Ibu memiliki desain rumahyang minimalis, maka perabotan rumah tangga minimalis pastilah menjadi perhatian utama dan sebagainya.

Tips Memilih Furniture Rumah Tangga yang Tepat


Pengantin baru wajib memiliki sejumlah aneka perabotan rumah tangga yang juga baru entah itu saat menempati rumah hunian baru, tinggal di kontrakan, ataupun tinggal bersama orang tua. Mengutip dari laman Architecture Art Designs, berikut ini ada tips singkat bagaimana memilih furniture rumah tangga yang tepat bagi pengantin baru:

1. Sepakati Tema Bersama Suami 

Ibu harus sepakat dulu nih dalam memilih tema yang pas dengan suami atau seluruh anggota keluarga yang ada. Bila sudah sesuai, maka aneka perabotan rumah tangga yang dipilih juga lebih mudah untuk dipilih. Misalnya Ayah dan Ibu memilih tema tradisional, berbagai aneka perabotan rumah tangga berbahan kayu akan sangat pas untuk rumah Ibu. Atau Scandinavian Style, maka pergi ke toko furniture rumah tangga yang khusus menjual aneka perabot rumah tangga dengan tema ini juga dapat mempermudah segalanya.

2. Membeli Sesuai Kebutuhan dan Budget

Penting sekali melakukan budgeting atau membuat daftar aneka perabotan rumah tangga apa saja yang paling dibutuhkan saat ini. Selain dapat lebih hemat, cara ini akan membuat Ibu lebih terkontrol dan terhindar dari pembelian furniture rumah tangga yang tidak perlu. Jangan memaksakan keadaan, bila perabotan rumah tangga minimalis adalah yang paling pas dikantong saat ini, maka wujudkanlah!

3. Tentukan Tempat Belanja yang Sesuai

Saat ini toko furniture rumah tangga sudah sangat banyak dan sangat tersegmen. Ibu bisa menuju IKEA untuk perabotan minimalis dengan desain yang praktis namun tetap indah, atau menuju Ace Hardware dengan koleksi barang modern-nya. Berbelanja aneka perabotan rumah tangga juga dapat dilakukan secara online seperti di Dekoruma dan masih banyak lagi.

Aneka Perabotan Rumah Tangga Wajib Bagi Pengantin Baru

Sudah menjalani tips di atas? Maka selanjutnya mari coba kita buat daftar aneka perabotan rumah tangga apa saja yang wajib dimiliki oleh pengantin baru.

1. Area Kamar Tidur

Area kamar tidur utama harus menjadi perhatian nomor satu apapun kondisinya baik itu mengontrak maupun menempati rumah baru. Kamar tidur adalah tempat di mana jiwa-jiwa yang lelah beristirahat setelah setiap hari menjalani rutinitas. 

Belilah kasur yang nyaman untuk kualitas tidur yang baik, lengkapi dengan 2 bantal dan 2 guling yang terbuat dari bahan berkualitas. Usahakan untuk memiliki minimal 2 sprei beserta sarung bantal gulingnya untuk digunakan secara bergantian. Area kamar tidur juga wajib memiliki penerangan yang pas, lemari baju, cermin, dan gantungan baju di balik pintu.

2. Area Kamar Mandi

Tak ada orang yang tak membutuhkan kamar mandi, paling tidak belilah gayung untuk melengkapi bak mandi Ayah dan Ibu di rumah tersebut. Pastikan juga tersedia sabun mandi, handuk, sikat gigi, pasta gigi, dan sabun pelengkap lainnya. Aneka perabotan rumah tangga untuk area ini sepertinya tidak terlalu banyak dan cukup minimalis.

3. Area Dapur dan Meja Makan

Furniture rumah tangga yang wajib dimiliki selanjutnya adalah satu set meja makan. Ibu bisa memilih untuk dua orang atau lebih pada  segmen ini. 

Sementara itu, aneka perabotan rumah tangga pada area dapur dan meja makan yang wajib dimiliki adalah sebagai berikut: kompor, rice cooker, perlengkapan masak lengkap, serta set alat makan. Kulkas juga sangat berguna untuk menyimpan bahan makanan berhari-hari atau sesuai kebutuhan.

4. Area Ruang Tamu

Bila memiliki space untuk ruang tamu untuk berkumpul bersama dengan orang tercinta, maka Ibu akan membutuhkan meja dan kursi tamu serta televisi. Namun bila belum memungkinkan, meja dan kursi tamu dapat diganti dengan karpet atau alas duduk apa saja yang nyaman ya. 

5. Alat Kebersihan Rumah Tangga

Menjaga rumah tetap bersih akan membuat suasana rumah sangat nyaman, terutama di pandemi saat ini, setiap sudut rumah wajib steril dan bebas kuman. Alat kebersihan merupakan salah satu aneka perabotan rumah tangga yang wajib dimiliki seperti sapu, pengki, alat pel, tempat sampah, sikat serbaguna, dan semacamnya.

6. Peralatan Cuci Gosok Baju

Salah satu dari aneka perabotan rumah tangga yang wajib dimiliki bila ingin berhemat biaya laundry adalah mesin cuci, setrika, jemuran baju, ember serbaguna. Semuanya tak bisa dipisahkan, namun untuk mencuci baju ada pilihan lain yaitu mencuci dengan menggunakan tangan. Semua tergantung pilihan mana yang menurut Ibu lebih praktis.

7. Penyejuk Ruangan

Kondisi iklim Indonesia yang tropis membuat sebagian dari kita akan mudah merasa gerah atau kepanasan. Penyejuk ruangan dapat menjadi salah satu aneka perabotan rumah tangga yang perlu dimiliki bagi pengantin baru. 

Tak melulu harus AC (Air Conditioner) karena kipas angin pun juga cukup untuk membuat hawa ruangan lebih sejuk serta segar. Kondisi ruangan yang nyaman dengan adanya penyejuk ruangan juga kelak sangat dibutuhkan bila memiliki momongan nantinya, jadi ini adalah investasi yang cukup bagus!

8. Galon Isi Ulang dan Pompanya

Jaman sekarang, galon isi ulang merupakan hal yang penting dan tak lepas dari sebuah kehidupan rumah tangga. Saat ini air isi ulang juga sudah banyak macamnya jadi Ibu bisa memilih mana air isi ulang yang dirasa lebih sehat, lebih segar, atau lebih enak untuk seluruh anggota keluarga di rumah. Sementara itu, untuk memudahkan menuang air dari galon tersebut, Ibu bisa menggunakan dispenser maupun pompa khusus ya.

9. Gas Elpiji dan Regulatornya

Memiliki kompor tentunya wajib memiliki gas elpiji beserta kelengkapan lainnya seperti regulator. Melansir dari laman iPrice, untuk varian gas elpiji tabung baru 3 kg beserta isinya memiliki harga yang bervariasi yaitu kisaran 125,000 rupiah, kemudian untuk Bright gas  isi 5 (5kg) tabung baru berkisar 300,000, sementara untuk tabung gas baru warna biru ukuran 12 kg, dibandrol dengan kisaran harga 450,000 rupiah. Harga mungkin akan berbeda di beberapa tempat.

10. Perabot Pelengkap Lainnya

Aneka perabotan rumah tangga yang sifatnya pelengkap biasanya akan terpenuhi bila kebutuhan furniture rumah tangga atau perabot utama sudah dimiliki. 

Beberapa aneka perabotan rumah tangga yang dapat menjadi pelengkap adalah sebagai berikut: alat baking (oven, mixer, baskom, dll), selang, vacuum cleaner, home theater, air purifier, rak sepatu, rak buku, rak serbaguna, rak cucian piring, coffee table, segala perabotan yang berhubungan erat dengan sebuah hobi.

Rekomendasi Aneka Perabotan Rumah Tangga Minimalis

Setiap Ibu pasti ingin memiliki perabotan rumah tangga minimalis dan praktis. Berikut ini ada beberapa aneka perabotan rumah tangga impian setiap Ibu untuk memudahkan pekerjaan Ibu saat di rumah, dilansir dari berbagai sumber:

1. Panci Elektrik Teflon Serbaguna

Panci elektrik ini adalah salah satu aneka perabotan rumah tangga yang didesain sebagai perabot pintar karena hanya dengan satu produk saja Ibu bisa melakukan banyak hal seperti memasak sup, menumis, memasak mie, mengukus, menghangatkan makanan, merebus telur, hingga menggoreng. 

Panci elektrik memerlukan daya kisaran 800 – 1000 watt untuk mode cepat dan 400 – 500 watt untuk mode lambat. Yang lebih membuatnya menarik, panci ini terbuat dari bahan anti lengket serta dilengkapi dengan tutup berbahan kaca yang cantik. 

2. Toaster, Waffle Maker, atau Sandwich Maker

Toaster, waffle maker, dan sandwich maker akan membuat menu sarapan Ibu menjadi lebih variatif dan lebih praktis. Ketiga perabotan rumah tangga minimalis ini sangat membantu bila sedang terburu-buru, Ibu hanya perlu menyiapkan roti dan selai atau adonan waffle yang lezat! Daya yang dibutuhkan berkisar hingga 750 watt selain itu bahan anti lengket membantu Ibu saat akan membersihkan peralatan ini.

3. Bread Maker

Ingin membuat roti tawar buatan sendiri? Atau mungkin membuat jenis roti lainnya tanpa harus susah payah melalui proses ulen? Bread maker adalah solusi yang tepat meskipun harga yang dibandrol masih terbilang sedikit mahal yaitu di atas 800,000. Hasil jadi roti pada bread maker ini juga cukup memuaskan dan tak kalah lezat bila dibandingkan dengan cara tradisional. 

4. Grill atau Panggangan

Memanggang apa saja menjadi lebih sehat dan hemat dengan panggangan atau grill khusus. Dikatakan lebih sehat karena grill atau panggangan cenderung bebas dari arang yang menempel di makanan. Selain itu, alat yang satu ini bisa membuat Ibu lebih hemat karena dapat membuat aneka makanan yang dipanggang hanya di rumah saja.

5. Setrika Uap (Streamer)

Aneka perabotan rumah tangga yang praktis dan minimalis pasti menjadi dambaan para Ibu karena biasanya cukup menghemat waktu. Salah satunya adalah setrika uap yang dianggap lebih menghemat waktu daripada setrika biasa. Gantungkan baju lalu kemudian nyalakan setrika uap-nya dan beberapa saat kemudian bisa langsung digunakan. Hasil setrikanya juga terbilang mulus dan cocok digunakan untuk pakaian yang tidak dilipat.

6. Air Fryer

Menggoreng tanpa minyak dan lebih sehat dapat diwujudkan dengan perabotan rumah tangga minimalis seperti Air Fryer. Daya yang digunakan cukup beragam dan berkisar 800 watt. Desain yang elegan serta kemudahan dalam pengoperasiannya membuat alat yang satu ini jadi primadona baru bagi setiap Ibu. Meskipun begitu, Ibu perlu waspada pada produk Air Fryer yang belum memiliki sertifikat aman digunakan karena ditakutkan akan membahayakan kesehatan.

7. Blender atau Chopper

Kini Ibu tak perlu lagi lelah menghaluskan bumbu dengan cara diulek, meskipun bumbu dengan ulekan tangan punya cita rasa tersendiri. Blender atau chopper dapat digunakan untuk menghaluskan bumbu, daging-dagingan, sayuran, buah, hingga es batu. Berbagai macam aneka perabotan rumah tangga dengan tipe ini juga sedang sangat diminati oleh para Ibu karena dengan sekejap dapat menghaluskan bahan makanan yang akan digunakan untuk memasak.

Editor: Dwi Ratih