Keluarga

10 Cara Sederhana Melipat Kertas Origami Yang Mudah

10 Cara Sederhana Melipat Kertas Origami Yang Mudah

Bagi sebagian anak, libur sekolah tahun ini lagi-lagi mungkin harus dihabiskan di rumah aja. Orang tua pasti sudah bingung mau mengajak bermain apa lagi agar mereka tidak bosan dalam menghabiskan waktu liburan di rumah.

Dari pada bingung, lebih baik aja mereka melakukan aktivitas bermain sederhana aja yuk, Bu. Misalnya saja bermain origami, atau seni melipat kertas dari Jepang.

Dilansir dari Psychology Today origami merupakan aktivitas yang sudah diterapkan pada kurikulum anak-anak sekolah dasar di Jepang. Sebab, origami bemanfaat untuk melatih motorik anak agar lebih berkonsentrasi dalam belajar, membuat anak lebih terampil serta melatih kesabaran mereka.

Selain itu apa aja sih manfaat lain dari origami bagi anak-anak? Bagaimana cara melipat kertas sederhana yang cocok bagi anak-anak? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Manfaat melipat kertas origami

Menurut Samuel Tsang’s yang merupakan seorang ahli origami berbasis London, melalui buku The Book of Mindful Origami seni melipat kertas ini memiliki manfaat tidak hanya untuk anak-anak lho Bu. Melainkan untuk orang tua yang ikut belajar dan mengajarkannya kepada si kecil. Berikut adalah 5 manfaatnya:

  1. Origami meningkatkan kemampuan seseorang untuk lebih peka atau sadar atas apa yang terjadi di sekelilingnya. Mereka akan jauh lebih fokus dalam belajar atau memecahkan suatu masalah.
  2.  Aktifitas seni melipat kertas sederhana ini dapat membuat anak menjadi lebih percaya diri dan menghindari ia dari sifat perfeksionis.
  3. Origami dapat meningkatkan imajinasi dan rasa bahagia pada anak. Sehingga anak menjadi tidak mudah marah dan lebih bisa bersabar dalam menghadapi suatu masalah.
  4. Origami adalah seni melipat kertas sederhana yang mudah dan praktis, dapat dimainkan kapanpun asalkan ada bahannya yakni kertas itu sendiri. Sehingga siapapun bisa bermain permainan ini.
  5. Orang Jepang percaya bahwa memberikan lipatan kertas origami sebagai hadiah untuk teman, dapat membuat anak menjadi lebih dekat dengan teman-temannya dan percaya diri dalam bersosialisasi.

Lalu gimana sih cara bermain kertas origami sederhana yang mudah dibuat di rumah? Nah, Ibu bisa coba cara mudah melipat kertas origami berikut ini ya. Jangan lupa sediakan kertas origami berwarna-warni agar anak-anak lebih tertarik untuk mencoba.

Cara melipat kertas origami yang mudah

1. Orizuru Crane (Burung Bangau)

Photo source: Doodlegraft.blog.com

 2. Origami bentuk ikan

Photo source: Supercoloring.com

3. Origami bentuk katak

Photo source: Itsalwaysautumn.com

4. Origami bentuk kepiting

Photo source: Supercoloring.com

5. Origami bentuk kelinci

Photo source: Supercoloring.com

6. Origami perahu

Photo source: Supercoloring.com

7. Origami kupu-kupu

Photo source: origamiartfanatic.wixsite.com

8. Origami gaun

Photo source: peperorigamiblog.com

9. Origami kepik

Photo source: Supercoloring.com

10. Origami hati

Photo source: Teman kreasi.com

Penulis: Aprilia Ramdhani
Editor: Dwi Ratih